cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
aktivajurnal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Aktiva: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Published by Actual Insight
ISSN : 27765687     EISSN : 2774972X     DOI : https://doi.org/10.56393/aktiva.v1i1.33
Core Subject : Economy, Science,
Aktiva: Jurnal Manajemen dan Bisnis merupakan jurnal penelitian di bidang Ilmu Manajemen yang menerbitkan penelitian ilmiah tentang teori dan praktik manajemen. Jurnal mencakup dalam ruang lingkupnya semua aspek manajemen yang berkaitan dengan strategi, kewirausahaan, inovasi, teknologi, dan organisasi serta semua bidang fungsional bisnis, seperti akuntansi, keuangan, sistem informasi, pemasaran, dan operasi. Jurnal ini mencakup studi tentang pengambilan keputusan organisasi, manajerial, kelompok dan individu, baik dari perspektif normatif dan deskriptif. naskah-naskah didasarkan pada disiplin dasar ilmu ekonomi, matematika, psikologi, sosiologi, dan statistik, tetapi penelitian lintas-fungsi, multidisiplin yang mencerminkan keragaman profesi ilmu manajemen juga didorong. Minat jurnal meluas ke masalah manajerial dalam berbagai bentuk organisasi, seperti perusahaan, lembaga sektor swasta dan publik, dan jaringan formal dan informal individu. Jurnal ini menyambut baik kontribusi teoritis, eksperimental (lapangan atau laboratorium) dan empiris. Benang pemersatu dari semua artikel ilmu manajemen dengan fokus analitis untuk meningkatkan pemahaman tentang manajemen. Naskah yang dapat diterima harus relevan dengan teori atau praktik manajemen, harus memenuhi standar ketelitian yang tinggi, dan harus menjadi minat yang luas bagi komunitas sarjana ilmu manajemen. eksperimental (lapangan atau lab) dan kontribusi empiris. (lapangan atau lab) dan kontribusi empiris.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): Januari" : 5 Documents clear
Niat Pembelian Ulang Generasi Z Terhadap Produk Merek Miniso Iin Nuraini Agustina Kumalasari; Faizal Ardiyanto; Anindita Imam Basri
Aktiva : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/aktiva.v1i1.33

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan efek persepsi kualitas produk, kepuasan pelanggan, kepercayaan merek, dan citra merek terhadap niat pembelian kembali produk merek Miniso di Yogyakarta. Penelitian kuantitatif ini mengumpulkan data dari 180 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa persepsi kualitas produk secara signifikan dan positif mempengaruhi niat pembelian kembali, kepuasan pelanggan memiliki efek yang signifikan dan positif pada niat pembelian kembali, kepercayaan merek memiliki efek yang signifikan dan positif pada niat pembelian kembali, citra merek memiliki efek yang signifikan dan positif pada niat pembelian kembali. Persepsi kualitas produk, kepuasan pelanggan, kepercayaan merek, dan citra merek memiliki efek yang signifikan dan positif pada niat pembelian kembali secara bersamaan. Hasil penelitian menemukan bahwa niat pembelian ulang konsumen merupakan hal penting bagi perusahaan agar konsumen tetap setia menggunakan merek produk di masa depan. Empat variabel independen yaitu persepsi kualitas produk, kepuasan konsumen, kepercayaan merek, dan citra merek yang memiliki pengaruh 53,5% terhadap niat pembelian ulang. Sedangkan sisanya sebesar 46,5% dipengaruhi oleh variabel lain.
Pengaruh Pengalaman, Kesadaran, Keterikatan, dan Kualitas Hubungan Merek Terhadap Resonansi Merek pada SIM Card Rizky Ismail Fauzi; Faizal Ardiyanto; Anindita Imam Basri
Aktiva : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/aktiva.v1i1.34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman merek, kesadaran merek, keterikatan merek, dan kualitas hubungan merek terhadap resonansi merek. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen produk sim card merek Telkomsel yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan 120 sampel penelitian. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan sampel penelitian adalah purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 0.365 + 0.020 X1 + 0.156X2 + 0.393 X3 + 0.359 X4. Berdasarkan hail uji t menunjukkan bahwa pengalaman merek tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen resonansi merek. Hasil uji F menunjukkan bahwa pengalaman merek, kesadaran merek,keterikatan merek, dan kualitas hubungan merek berpengaruh secara simultan terhadap resonansi merek dengan nilai fhitung sebesar 82,504 dengan nilai sig 0.000 (<0.05). sementara itu nilai R square sebesar 0.742 yang artinya 74,2% resonansi merek sim card Telkomsel dapat dijelaskan dengan pengalaman merek, kesadaran merek, keterikatan merek, dan kualitas hubungan merek.
Pengaruh Keamanan, Kualitas Informasi, Word Mouth Electronic dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Kepercayaan Merek Online Suryani Suryani; Faizal Ardiyanto; Anindita Imam Basri
Aktiva : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/aktiva.v1i1.35

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keamanan, kualitas informasi, word mouth electronic, dan pengalaman berbelanja terhadap kepercayaan merek online. Penelitian ini dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen/pengguna Shopee. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dan pengambilan sampel menggunkan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunnjukkan bahwa secara parsial keamanan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai sig. 0,000<0,05, kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai sig. 0,000<0,05 electronic word of mouth tidak berpengaruh positif dan signifikan karena nilai sig. 0,779>0,05, pengalaman berbelanja berpengaruh positif dan signifikan dengan sig. 0,002<0,05. Secara simultan keamanan, kualitas informasi, electronic word of mouth, dan pengalaman berbelanja berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek online dengan nilai sig. 0,000<0,05. Pengaruh keamanan, kualitas informasi, word mouth electronic, dan pengalaman berbelanja terhadap kepercayaan merek online dijelaskan oleh adjusted R2 sebesar 69,5%
Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Keputusan Pembelian di Ace Hardware Yogyakarta Taufan Sukmawijaya; Anindita Imam Basri
Aktiva : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/aktiva.v1i1.36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel komunikasi pemasaran terpadu terhadap keputusan pembelian di Ace Hardware Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang dilanjutkan dengan uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel iklan/publikasi (X1), promosi penjualan (X2), even (X3), publik relasi (X4), pemasaran langsung (X5), pemasaran interaktif (X6), word of mouth (X7), dan penjualan personal (X8) secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji t menghasilkan nilai t pada variabel iklan sebesar 5,025, promosi penjualan sebesar 2,855, even sebesar 0,143, publik relasi sebesar -5,424, pemasaran langsung sebesar 6,894, pemasaran interaktif sebesar 3,155, word of mouth sebesar-2,343, dan penjualan personal sebesar 6,093 dan berdasarkan hasil uji F menghasilkan nilai F=109,129 dengan besarnya pengaruh (Adjusted R2) sebesar 0,828 (82,8%) dan sisanya 17,2 % dipengaruhi oleh variabel lain.
Pengaruh Komitmen Organisasi, Budaya Organisasi, dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior Nur Wahyu Lestari; Inayat Hanum Indriati; Anindita Imam Basri
Aktiva : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/aktiva.v1i1.37

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi, budaya organisasi dan kepemimpinan transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior. Hasil pengujian secara simultan komitmen organisasi, budaya organisasi dan kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior ditunjukkan. Pengaruh komitmen organisasi, budaya organisasi dan kepemimpinan transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior ditunjukkan dengan nilai Adjusted R2 sebesar 51,1%, sisanya sebesar 48,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 5