cover
Contact Name
Ahmad Tohir
Contact Email
Symfonia.iaiqi@gmail.com
Phone
+6281373132273
Journal Mail Official
symfonia@iaiqi.ac.id
Editorial Address
Jln. Lintas Timur Km. 36, Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, Kode Pos 30862 Telp: 0711 580 793 Email: symfonia@iaiqi.ac.id
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 28302761     EISSN : 28300424     DOI : https://doi.org/10.53649/symfonia.v3i2.56
Symfonia Jurnal Pendidikan Agama Islam merupakan jurnal ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Al-Qur`an Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya, Sumatera Selatan. Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan menyalurkan minat berbagi dan diseminasi ilmu pengetahuan bagi para cendikiawan, mahasiswa, praktisi, dan pemerhati Pendidikan Islam baik tingkat regional, nasional maupun internasional. Fokus dari jurnal ini adalah pada bidang pembelajaran pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, kebijakan pendidikan Islam, sejarah dan pemikiran pendidikan Islam, hingga model dan manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan sekali, bulan Juni dan Desember, dan menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris.
Articles 42 Documents
Peran Guru Dalam Penerapan Pendidikan Moderasi Beragama Di Sekolah Paizaluddin
Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2021): Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/symfonia.v1i1.1

Abstract

Artikel ini berjudul “Peranan Guru dalam Pelaksanaan Pendidikan Moderasi Keagamaan di Sekolah”. Artikel ini berupaya menganalisis strategi penerapan pendidikan moderasi beragama melalui penerapan pendidikan kecerdasan emosional di sekolah. Penerapan pendidikan moderasi keagamaan di sekolah dinilai memiliki peran strategis karena sekolah merupakan wadah yang disediakan sebagai sarana pembentukan dan pengembangan potensi siswa. Penerapan moderasi beragama di lembaga pendidikan diimplementasikan dalam bentuk kurikulum tersembunyi. Artikel ini akan membahas beberapa aspek terkait penerapan pendidikan moderasi beragama di sekolah, antara lain: Apa yang dimaksud dengan Islam moderat? Bagaimana penerapan moderasi Islam dalam kehidupan berbangsa dan bernegara? Bagaimana peran guru dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui penerapan pendidikan emosi di sekolah atau madrasah?. Dari hasil analisis artikel ini berhasil disimpulkan bahwa Islam moderat adalah pemahaman Islam yang memiliki keseimbangan antara dua jalan atau dua arah yang berlawanan atau berlawanan. Contoh: konflik antara spiritualitas dan materialisme, kontekstualisme dan idealisme, konsisten dengan perubahan. Asas keseimbangan sejalan dengan hakikat penciptaan manusia dan alam yang selaras dan serasi. Umat ​​Islam adalah umat pilihan karena diprioritaskan oleh Allah untuk berlaku adil, terbaik dalam mengamalkan ajaran Islam dan menempuh jalan lurus yang berbeda dengan jalan orang-orang yang murka (Yahudi) karena meremehkan syariat dan tidak juga jalan orang yang sesat (Kristen) karena kelebihan agama. Selanjutnya untuk membentuk karakteristik dan mengembangkan kecerdasan emosional siswa dalam menerapkan moderasi beragama di sekolah, pembinaan dapat dilakukan dalam aspek-aspek berikut, yaitu: pertama, kesadaran diri, yaitu melatih kemampuan mengenali dan memahami suasana hati dan motivasi diri, sebagai serta pengaruhnya terhadap orang lain. Kedua, pengaturan diri, yang berupaya mengembangkan kemampuan seseorang untuk tidak bereaksi gegabah. Ketiga, motivasi internal, yaitu mengembangkan kemampuan siswa yang berkaitan dengan minat belajar guna melakukan perbaikan diri secara terus menerus. Keempat, empati, yaitu mengembangkan kemampuan untuk memahami reaksi emosional orang lain. Kelima, keterampilan sosial, yaitu upaya mengembangkan kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan sosial dan memenuhi kebutuhan tersebut atas dasar bersama, mengelola komunikasi dan membangun jaringan.
Implementasi Asesmen Portofolio Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Nurhayati
Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2021): Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/symfonia.v1i1.2

Abstract

Penilaian pada pembelajaran pendidikan agama Islam dapat dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya yaitu melalui portofolio. Penilaian portofolio merupakan salah satu asesmen hasil belajar yang didasarkan kepada kumpulan hasil belajar peserta didik dari waktu ke waktu, atau merupakan koleksi hasil kerja peserta didik, hasil asesmen, dan data lain yang menyajikan prestasi peserta didik. Implementasi asesmen portofolio pada mata pelajaran pendidikan agama Islam ini dapat dilakukan oleh para guru yang dalam menjalankan tugasnya, senatiasa berhadapan dengan kegiatan penilaian dalam proses pembelajaran. Melakukan penilaian bukan berarti memvonis peserta didik dengan harga mati, lulus atau gagal. Menilai adalah mencari informasi tentang pengalaman belajar peserta didik dan digunakan untuk umpan balik (feed back) dengan tujuan membelajarkan mereka kembali. Implementasi asasemen portofolio pada mata pelajaran pendidikan agama Islam merupakan pelaksanaan penilaian terhadap kumpulan hasil karya seseorang, baik dalam bentuk tertulis, karya seni, maupun dalam berbagai penampilan yang tersimpan dalam kaset, atau benda lainnya, yang dipilih dan ditata dengan aturan tertentu sesuai dengan tujuan penilaian dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.
Akreditasi Terhadap Kinerja Pendidik Dan Hasil Ujian Nasional Madrasah Firdaus Basuni
Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2021): Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/symfonia.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak akreditasi pada kinerja guru dan skor Ujian Nasional madrasah. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis dan interpretasi data menunjukkan bahwa: (1) dari titik pandang status akreditasi, tidak ada perbedaan signifikan antara kinerja guru madrasah terakreditasi dan orang-orang dari non-terakreditasi, (2) ada perbedaan yang signifikan antara guru menilai kinerja dari sudut pandang tingkat akreditasi (pada skala A, B, C, atau D), antara guru kinerja madrasah dengan akreditasi A dan akreditasi B dan antara kinerja guru madrasah dengan akreditasi A dan akreditasi C, (3) tidak ada perbedaan yang signifikan antara kinerja guru madrasah dengan akreditasi B dan akreditasi C, (4) ada perbedaan yang signifikan antara nilai Ujian Nasional madrasah terakreditasi dan yang tidak terakreditasi, dan (5) tidak ada perbedaan yang signifikan antara skor Ujian Nasional madrasah dengan skala yang berbeda tingkat akreditasi (A, B, C, atau D). Dapat dikatakan, akreditasi telah lebih berpengaruh pada kinerja guru dari pada nilai Ujian Nasional.
Dinamika Perkembangan Pesantren Dan Tantangan Abad 21 Firmansyah
Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2021): Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/symfonia.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini membahas tentang stigma yang dilekatkan terhadap pesantren, tantangan pesantren abad 21, dan upaya reorientasi pendidikan pesantren. Penelitian ini adalah penelitian riset kepustakaan (library research), dengan sumber data primer penelitian berasal dari hasil riset yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah dan buku, yang diperkaya dengan sumber data sekunder yang berasal dari berbagai rujukan lain yang relevan dengan penelitian ini. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis induktif. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa untuk bisa beradaptasi dengan perubahan zaman di abad 21 ini, maka pesantren dituntut untuk melakukan reorientasi pada kurikulum dan metodologi pembelajaran yang diterapkan di pesantren. Upaya ini penting dilakukan untuk mengupayakan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.
Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di SDN 05 Indralaya Ahmad Maulidin
Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2021): Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/symfonia.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran online di SDN 05 Indralaya pada masa pandemi Covid-19, 2) mengidentifikasi dampak yang terjadi dalam pembelajaran online terhadap guru, siswa, dan orang tua di SDN 05 Indralaya dalam pada masa pandemi Covid-19, dan 3) mengidentifikasi alasan dampak tersebut dapat terjadi dalam pembelajaran online terhadap guru, siswa, dan orang tua di SDN 05 Indralaya dalam pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan orang tua siswa kelas 1 sampai dengan kelas V SDN 05 Indralaya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner terbuka, wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian diperoleh bahwa, 1) pelaksanaan pembelajaran online di SDN 05 Indralaya pada masa pandemi Covid-19 telah dilaksanakan. 2) pelaksanaan pembelajaran online, masing-masing kelas membuat grup WA, guru, 3) dampak positif dalam pembelajaran online adalah mendapatkan pengalaman baru dari pembelajaran online, kemampuan terhadap teknologi meningkat, dan waktu yang lebih fleksibel, 4) Sedangkan dampak negatif terkait kendala yang dialami antara lain, penambahan biaya kuota internet, gangguan jaringan internet, keterbatasan penguasaan teknologi, ketuntasan materi pelajaran tidak sesuai capaian kurikulum
Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Menanamkan Nilai Kesabaran Pada Anak Usia Dini Di KB Mawar Indah Muara Penimbung Ulu Zainuddin; Rini Nopriyanti
Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2021): Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/symfonia.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio visual dalam menanamkan nilai kesabaran pada anak di KB Mawar Indah. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, data yang terkumpul kemudian di analisa dengan metode analis data diantaranya dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media audio visual menjadi alat bantu guru dalam pembelajaran di rumah, sehingga dapat mempermudah guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu, strategi penerapan media audio visual di KB Mawar Indah Muara Penimbung ulu, diantaranya : petama; Guru mengirim video animasi dengan judul “anak sabar di sayang Allah” kedua: Guru menanyai anak apakah selama menunggu video terkirim ada yang marah-marah atau menunggu dengan bersabar, ketiga; Guru menjelaskan kepada anak bahwa bersabar itu adalah sifat yang baik, keempat; guru menghargai sifat sabar yang di tunjukkan anak dengan cara menguatkan melalui kalimat contohnya,”Terima kasih sudah sabar menunggu video nya terkirim tanpa marah-marah”
Internalisasi Nilai-Nilai Quran pada Kurikulum Kampus Merdeka Pada IAIQI Indralaya Ogan Ilir Ahmad Arifai
Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 1 (2022): Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/symfonia.v2i1.8

Abstract

Kajian dalam penelitian ini mengangkat permasalahan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM) di IAIQII tentang kurikulum berbasis al-Quran yang menjadi pertimbangannya, didalamnya ada prinsip-prinsip pengembangan kebebasan untuk memilih kompetensi dan mata kuliah sesuai dengan minat mahasiswa. Dari sekian banyakk kajian yang ada mengenai kurikulum MB-KM yang menjadikan al-Quran sebagai basis kurikulumnya. Kajian ini secara spesifik membahas upaya IAIQI untuk menginternalisasi nilai-nilai al-Quran dalam pengembangan kurikulumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif interpretative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MBKM di IAIQI telah di susun dengan rancangan yang memiliki ide-ide yang tidak terlepas dari basisnya yaitu basis al-Quran. Hal ini bisa dilihat dengan memperhatikan beragam kebijakan dalam kurikulum dalam setiap program studi baik dalam format, struktur kurikulum, sebaran mata kuliah serta alokasi sks pada setiap semester.
Konsep Al-Quran Tentang Islam Moderat Dan Implementasinya Dalam Praktik Pendidikan Islam Munir
Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 1 (2022): Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/symfonia.v2i1.9

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep al-Qur’an tentang Islam moderat dan implementasinya dalam praktik pendidikan Islam. Hal ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa kajian-kajian tentang konsep keilmuan berbasis al-Qur’an cenderung bersifat teoritis, normatif dan sulit untuk diterapkan dalam praktek yang sebenarnya. Konsep Islam moderat sesungguhnya telah banyak dibicarakan cendekiawan dan alim ulama, naman praktek dalam dunia Pendidikan yang dikonstruksi secara komprehensif tampaknya belum begitu populer. Penelitian dalam artikel ini menggunakan pendekatan tafsir maudhu'i atau tematik sebagaimana ditawarkan al-Farmawi. Untuk mendapatkan makna dalam dan substantif, penulis melakukan korespondensi dan melakukan triangulasi data menggunakan beberapa teknik dan analisis komparatif dan dialogis antara teks al-Qur’an dan konteks Pendidikan. Hasil temuan penelitian ini menjelaskan sepuluh prinsip utama Islam moderat menurut al-Quran dan implementasi prinsip-prinsip tersebut dalam praktik pendidikan Islam dapat dilakukan dengan beberapa strategi dan dalam beberapa aspek dan unsur pendidikan.
Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa SD Negeri 2 Serigeni Abdur Rahman
Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2021): Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/symfonia.v1i2.10

Abstract

Dalam perspektif sosiologi orang yang menjadikan game online sebagai candu, cenderung akan menjadi egosentris dan mengedepankan individualis. Hal ini berbahaya bagi kehidupan sosial individu tersebut, mereka dengan sendirinya menjauh dari lingkungan sekitar dan dimungkinkan akan memarjinalkan diri sehingga beranggapan bahwa kehidupanya adalah di dunia maya dan lingkungannya sosialnya hanya pada dimana tempat dia bermain game tersebut. Banyak diantara mereka dari golongan pelajar sekolah dasar sampai jenjang perguruan tinggi, baik dari status dan golongan ekonomi menengah keatas sampai menengah kebawah. Problematika motivasi belajar pada peserta didik sekarang ini semakin kompleks termasuk candu game online yang berkembang pada dinamika masyarakat kita khususnya Indonesia. Asumsi yang ada motivasi belajar dapat dilihat dengan prestasi dan perspektif kognitif dari peserta didik, baik pelajar sekolah dasar atau mahasiswa perguruan tinggi.
Kasus Anak Putus Sekolah Di Desa Danau Rata Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim Winkhey Esa Rahayu
Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2021): Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53649/symfonia.v1i2.11

Abstract

Penelitian ini di lakukan karena tingginya kasus putusnya sekolah anak-anak di desa danau rata kecamatan sungai rotan kabupaten muara enim , dan lebih tepatnya bertujuan untuk mengetahui penyebab masalah ini juga upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif, pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan beberapa penyebab putusnya sekolah anak :1) Keadaan orang tua anak yang sudah tidak lengkap sehingga kurang nya perhatian untuk sekolah anak, ekonomi yang kurang sehingga anak harus membantu pekerjaan orang tua, tingkat pengetahuan orang tua yang rendah tentang arti pentingnya sekolah anak karena tingkat pendidikan orang tua yang rendah , juga pengaruh pergaulan anak yang tidak terpantau oleh orang tua sehingga terjadinya kerusakan akhlak pada anak juga terjadi tingginya tingkat pernikahan usia dini. 2) Untuk upaya upaya mengatasi anak putus sekolah masih kurang, ditandai dengan kurangnya motivasi dan bantuan dari orang tua dalam proses belajar anak, kurangnya pengawasan dan dorongan orang tua, orang tua juga membiarkan anak bekerja membantu meringankan beban pekerjaan orang tua.