cover
Contact Name
Sularno
Contact Email
soelarno@unidha.ac.id
Phone
+6288270875130
Journal Mail Official
jipmjurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Veteran dalam no.24d, Kota Padang, Sumatera Barat 25112
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Imiah Pengabdian Pada Masyarakat (JIPM)
Published by CV ITTC Indonesia
ISSN : -     EISSN : 30261163     DOI : doi.org/10.47233/jipm
Jurnal Imiah Pengabdian Pada Masyarakat (JIPM) merupakan jurnal pengabdian kepada masyarkat yang diterbitkan oleh CV.INDONESIA dengan Nomor Registrasi ISSN : 3026-1163 (Online). Terbit pertama kali bulan Juni 2023, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan (Juni dan Desember). Setiap manuskrip yang dikirimkan akan melalui proses peer-review dengan metode double-blind. JIPM diharapakan mampu menjadi media komunikasi dan sosialisasi seluruh civitas akademika terkait dengan hasil inovasi dan solusi dalam berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat. Redaktur mengundang para penulis untuk menyumbangkan artikel hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bidang IpTek , Bisnis dan Umum.
Articles 84 Documents
Pengembangan Pemasaran Digital Dan Desain Pengemasan Pada Aneka Snack Padang Nagita Salsabillah
Jurnal Imiah Pengabdian Pada Masyarakat (JIPM) Vol 1 No 1 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini berlangsung dengan sangat pesat. Hal ini tidak terlepas dari keberadaan internet sebagai salah satu media komunikasi dan penyedia informasi. Dengan adanya internet, seseorang dapat menyampaikan informasi kemana saja dan kepada siapa saja tanpa dibatasi oleh tempat, ruang, maupun waktu tertentu. Meledaknya penggunaan Internet dan teknologi seperti web menyebabkan munculnya teknologi E-commerce yang berbasis teknologi Internet. E-commerce merupakan konsep dari pemasaran global yang digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada dunia online atau pertukaran informasi melalui jaringan informasi internet.
Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM ES Teh Kampul Salsabila Febriani
Jurnal Imiah Pengabdian Pada Masyarakat (JIPM) Vol 1 No 1 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan website sudah menjadi suatu perhatian oleh banyak kalangan, mulai dan pengusaha, akademisi, pemasaran, praktisi media massa, perusahaan, hingga instansi pemerintahan. Dari website ini banyak kalangan menggunakannya sebagai media promosi, alat penjualan, hingga memberikan materi informasi yang berkaitan dengan gambaran detail suatu instansi atau lembaga.
Sosialisasi Penerapan Pemasaran Digital Pada Pondok Soto Ceker Mimi Jelli Nurrahman
Jurnal Imiah Pengabdian Pada Masyarakat (JIPM) Vol 1 No 1 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perancangan Web Design mensupport program Project Base Learning (PBL) sebagai bentuk realisasidari Mata Kuliah Web Design yang ditawarkan kepada mahasiswa semesterlima Program Studi Administrasi Bisnis Jurusan Administrasi Niaga Politeknik NegeriPadang.
Peningkatan Produktifitas Umkm KOPI KODAM Melalui Edukasi Digital Marketing Diana Rose Marcelina
Jurnal Imiah Pengabdian Pada Masyarakat (JIPM) Vol 1 No 1 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perancangan Web Design mensupport program Project Base Learning (PBL) sebagai bentuk realisasidari Mata Kuliah Web Design yang ditawarkan kepada mahasiswa semester lima Program Studi Administrasi Bisnis Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Padang. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia merupakan salah satu prioritas dalam pembangunan ekonomi nasional, selain karena UMKM menjadi tulang punggung sistem ekonomi kerakyatan yang tidak hanya ditunjukan mengurangi masalah kesenjangan antar golongan pendapatan dan antar pelaku usaha, ataupun pengentasan kemiskinan dan penyerapan tenaga kerja. pengembangan UMKM akan memperluas basis ekonomi dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempercepat struktural, yaitu meningkatkan perekonomian daerah dan ketahanan ekonomi nasional.
Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm Desain Rumah Minimalis Renti Magrina
Jurnal Imiah Pengabdian Pada Masyarakat (JIPM) Vol 1 No 1 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perancangan Web Design mensupport program Project Base Learning (PBL) sebagai bentuk realisasi dari Mata Kuliah Web Design yang ditawarkan kepada mahasiswa semester lima Program Studi Administrasi Bisnis Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Padang. Adanya masalah pemasaran pada UMKM Desain Rumah Minimalis yang mana pemilik usaha masih menggunakan pemasaran dari social media seperti instagram dan whatsApp, maka dari itu Bentuk Program Base Learning (PBL) yang diberikan oleh tim kepada pemilik UMKM berupa Rancangan Blogger yang mana dapat memajukan usaha dalam pengembangan pemasaran secara E-Commerce.
Strategi Pengembangan Pemasaran Digital Menggunakan Blogger pada UMKM OttoKopi di Kota Padang Jenu Ananda Dwi Anjeny; M Eric Illahi; Claresta Aimee Firjatullah; Sularno Sularno; Rafidola Mareta Riesa Riesa
Jurnal Imiah Pengabdian Pada Masyarakat (JIPM) Vol 1 No 2 (2023): Oktober - Desember
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini menyajikan analisis komprehensif dan mendalam tentang strategi pengembangan pemasaran digital dengan menggunakan Blogger sebagai platform untuk Ottokopi, sebuah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berspesialisasi dalam produk kopi di kota Padang. Dengan memeriksa upaya pemasaran digital Ottokopi saat ini dan mengevaluasi manfaat potensial dari penggabungan strategi blogger, makalah ini bertujuan untuk mengusulkan peta jalan yang kuat dan efektif untuk pengembangan pemasaran digital Ottokopi. Strategi ini dimulai dengan pemeriksaan menyeluruh terhadap target audiens, mengidentifikasi preferensi, demografi, perilaku online, dan pola konsumsi mereka. Langkah ini memungkinkan Ottokopi untuk menyesuaikan konten dan strategi pemasarannya agar dapat berinteraksi secara efektif dengan target konsumennya. Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya menciptakan konten yang berharga dan menarik yang sesuai dengan minat, kebutuhan, dan keinginan audiens. Selain itu, strategi yang diusulkan juga mencakup teknik pengoptimalan mesin pencari (SEO) untuk memastikan visibilitas dan penemuan yang lebih baik dari blog Ottokopi. Dengan mengoptimalkan kata kunci, meta tag, dan elemen halaman lainnya, Ottokopi dapat meningkatkan peringkat pencarian organiknya dan menarik lebih banyak pengunjung. Studi ini juga menyoroti pentingnya mengintegrasikan platform media sosial ke dalam strategi, yang memungkinkan Ottokopi untuk memperluas jangkauannya dan membina hubungan pelanggan yang lebih kuat melalui konten yang interaktif dan menarik. Sebagai kesimpulan, studi ini memberikan peta jalan yang komprehensif untuk pengembangan pemasaran digital Ottokopi dengan menggunakan Blogger. Melalui pendekatan yang ditargetkan untuk analisis audiens, pembuatan konten, teknik SEO, dan integrasi media sosial, Ottokopi dapat membangun kehadiran online yang kuat, membina hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan pangsa pasar di industri kopi yang kompetitif di kota Padang.
Penerapan Digital Marketing berbasis Web Guna Pengembangan UMKM COMA Aulia Darma Putra Putra; Putri Indri Yani; Redha Kurnia Kurnia; Novadilastri Novadilastri; Sularno Sularno
Jurnal Imiah Pengabdian Pada Masyarakat (JIPM) Vol 1 No 2 (2023): Oktober - Desember
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The website is used as an electronic catalog that displays the products sold by the company. In this century every company must complete its means of communication by creating a website. The website is used as an electronic catalog that displays the products sold by the company. A company must continue to show their quality in selling products / Interviews are conducted directly with the owners of Coma MSMEs. History of MSMEs Coma the owner is a 2nd year student of the Telecommunications study program. MSME owners saw an opportunity and were inspired in addition to selling wallets, Coma MSMEs themselves have 3 types of products, namely Coma Bracelet, as a result the web can run according to the needs of business owners.
Digital Web Sebagai Strategi Meningkatkan Jual Beli UMKM Sicamer Di Kota Padang afifah desmiyuna; Siti Nurhaliza Nurhaliza; Yolanda Novita Novita; Rafidola Mareta Riesa Riesa; Sularno Sularno
Jurnal Imiah Pengabdian Pada Masyarakat (JIPM) Vol 1 No 2 (2023): Oktober - Desember
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

UMKM merupakan salah satu pendorong terhadap kemajuan ekonomi yang perannya cukup signifikan dalam suatu perekonomian. Pada saat sekarang ini sebuah UMKM tidak hanya dapat menghasilkan suatu produk, namun juga harus beradaptasi dan menerapkan perkembangan teknologi sehingga strategi pemasaran dapat semakin maju dizaman sekarang ini. Penggunaan digital marketing, website merupakan hal yang penting bagi pelaku usaha, teknologi yang semakin berkembang membuat pelaku UMKM juga harus mengikuti perkembangan hal tersebut, sebagai alat pemasaran suatu produk. Tujuan dari penelitian ini untuk mengajarkan pelaku UMKM untuk melakukan penjualan dan pemasaran secara online supaya jualannya dapat berkembang secara cepat. Namun, tidak semua pelaku UMKM dapat melakukan branding dengan baik serta memanfaatkan platform digital sebaik baiknya untuk mengembangkan usahanya.Memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini juga diperlukan karena mempunyai dampak positif bagi penggunanya sehingga dengan adanya perkembangan penjualan secara online para UMKM harus juga menerapkan nya untuk usaha mereka sendiri karena sudah banyak juga yang sudah menggunakan metode penjualan ini dan memberikan dampak positif seperti ekonomi toko menjadi cepat naik, pemasaran cepat, dll. Sehingaa kami para mahasiswa ingin melakukan penelitian dengan UMKM SiCamer dengan menerapkan sistem penjualan dan pemasaran mengunakan patflom penjualan online yang ada. SiCamer merupakan UMKM yang masih baru dan didirikan oleh para mahasiswa yang memiliki ide bisnis yang sangat menarik mengunakan patflom penjualan online untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan.
Digital Web Desain Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM FJ Collection Pada Pengakplikasian Blogger Di Kota Padang Rahma Mediani; Selvia Rahmayanti Putri Putri; Sonia Sri Fandi Fandi; Sularno Sularno; Rafidola Mareta Riesa Riesa
Jurnal Imiah Pengabdian Pada Masyarakat (JIPM) Vol 1 No 2 (2023): Oktober - Desember
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In the era of digital marketing, websites have certainly become an important essence for business people. That's why many business people, both large and MSMEs, are less competitive than business people who use digital technology. Even large companies that have been around for a long time could go bankrupt if they are not willing to pursue young business people. Here the role of websites for MSMEs becomes more important. Especially if the website used is a professional website so that it can compete on an equal footing with previously established large companies. Technology has continued to develop with the times. In terms of using the internet as a complementary part of human life activities, the internet has touched various groups of people as part of its users. One use is to use internet facilities as part of marketing media. The aim of this research is to obtain a special marketing web application for MSMEs by considering the soft-skill aspects of managers. The MSME data sample was taken in North Sulawesi province. The method used to obtain an overview of the soft-skill understanding of MSME actors is descriptive analysis based on respondent responses. The results obtained from the perception data of MSME actors showed that 85% of respondents were good. Based on this data, a marketing web application was created to be used by MSMEs.Kata Kunci : Manfaat Tujuan Web Desain.
Strategi Pengembangan Pemasaran Digital Menggunakan Blogger pada UMKM OttoKopi di Kota Padang M. Eric Ilahi; Ananda Dwi Anjeny Anjeny; Claresta Aimee Firjatullah Firjatullah; Sularno Sularno; Rafidola Mareta Riesa Riesa
Jurnal Imiah Pengabdian Pada Masyarakat (JIPM) Vol 1 No 2 (2023): Oktober - Desember
Publisher : CV. ITTC INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini menyajikan analisis komprehensif dan mendalam tentang strategi pengembangan pemasaran digital dengan menggunakan Blogger sebagai platform untuk Ottokopi, sebuah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berspesialisasi dalam produk kopi di kota Padang. Dengan memeriksa upaya pemasaran digital Ottokopi saat ini dan mengevaluasi manfaat potensial dari penggabungan strategi blogger, makalah ini bertujuan untuk mengusulkan peta jalan yang kuat dan efektif untuk pengembangan pemasaran digital Ottokopi. Strategi ini dimulai dengan pemeriksaan menyeluruh terhadap target audiens, mengidentifikasi preferensi, demografi, perilaku online, dan pola konsumsi mereka. Langkah ini memungkinkan Ottokopi untuk menyesuaikan konten dan strategi pemasarannya agar dapat berinteraksi secara efektif dengan target konsumennya. Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya menciptakan konten yang berharga dan menarik yang sesuai dengan minat, kebutuhan, dan keinginan audiens. Selain itu, strategi yang diusulkan juga mencakup teknik pengoptimalan mesin pencari (SEO) untuk memastikan visibilitas dan penemuan yang lebih baik dari blog Ottokopi. Dengan mengoptimalkan kata kunci, meta tag, dan elemen halaman lainnya, Ottokopi dapat meningkatkan peringkat pencarian organiknya dan menarik lebih banyak pengunjung. Studi ini juga menyoroti pentingnya mengintegrasikan platform media sosial ke dalam strategi, yang memungkinkan Ottokopi untuk memperluas jangkauannya dan membina hubungan pelanggan yang lebih kuat melalui konten yang interaktif dan menarik. Sebagai kesimpulan, studi ini memberikan peta jalan yang komprehensif untuk pengembangan pemasaran digital Ottokopi dengan menggunakan Blogger. Melalui pendekatan yang ditargetkan untuk analisis audiens, pembuatan konten, teknik SEO, dan integrasi media sosial, Ottokopi dapat membangun kehadiran online yang kuat, membina hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan pangsa pasar di industri kopi yang kompetitif di kota Padang. Kata kunci: Pemasaran Digital Menggunakan Blogger, Strategi Peningkatan Pemasaran UMKM.