cover
Contact Name
Sandi Abriaman
Contact Email
admin@inkhas.ac.id
Phone
+6285624438224
Journal Mail Official
nizamulilmi@inkhas.ac.id
Editorial Address
Jl Bhayangkara No 33, Gunungpuyuh, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat, 43123
Location
Kota sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
NIZAMUL ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 26545489     EISSN : 27151042     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
NIZAMUL ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI) is a scientific publication has the focus of Islamic Education Management including management innovations in Islamic Education; thoughts in Islamic Education Management; Leadership, planning, supervision, evaluation of education in schools, madrasah, pesantren; Planning and developing Human Resources (HR) for schools, madrasah, pesantren; Education funding; Curriculum; Facilities and Infrastructure; Public relations; Students in schools, madrasah, pesantren.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2023): Masalah Pendidikan dan Upaya untuk Mengatasinya" : 5 Documents clear
Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik Wismoyo Sandi Nugroho
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 8 No 1 (2023): Masalah Pendidikan dan Upaya untuk Mengatasinya
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v8i1.95

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah salam rangka untuk meningkatkan kinerja pendidik di Madrasah Aliyah Walisongo. Hasil penelitian ini adalah Penerapan supervisi akademik kepala madrasah di dalam tahapan perencanaan sudah cukup baik. Hanya saja di dalam kegiatan pelaksanaanya maupun evaluasinya atau tindak lanjutnya belum dilakukan dengan baik dan maksimal. Maka dari itu, hendaknya ada kegiatan yang menuju kearah peningkatan dalam penerapan supervisi akademik kepala madrasahnya. Serta kinerja pengajaran bagi para pendidik hendaknya senantiasa di tingkatkan terus, yang dilakukan dengan terus berangsur angsur baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya. Kepala madrasah hendaknya mempunyai pedoman diri yang kuat didalam menentukan segala keputusan dalam menghadapai permasalahan terkait pendidik guna memperbaiki kinerja dari pendidik supaya terjadi peningkatan. Kepala madrasah hendaknya lebih pilih pilih atau selektif dalam merekrut para dewan pendidik baru yang akan dipekerjakan. Dan pada seluruh komponen organisasi yang ada di madrasah baik itu staff karyawan dan para dewan pendidik bersama kepala madrasah hendaknya senantiasa bersama sama meningkatkan mutu madrasah agar tercapainya tujuan pendidikan yang telah di cita citakan bersama.
Kebijakan Pemerintah pada Pembelajaran Online Yuniati Yuniati; Muhammad Syafuddin; Tuti Andriani
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 8 No 1 (2023): Masalah Pendidikan dan Upaya untuk Mengatasinya
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v8i1.181

Abstract

Penelitian terbaru tentang pengalaman pembelajaran online selama pandemi di Indonesia telah memunculkan peran mendasar pemerintah dalam membuat kebijakan. Artikel ini mengungkap beberapa upaya pemerintah dalam menjawab tantangan pandemi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan library research dan bersifat deskriptif. Berdasarkan penelitian, berbagai kebijakan melalui Surat Edaran Menteri telah cukup menjawab berbagai permasalahan yang telah muncul selama masa pandemi covid-19 ini. Peneliti memberikan rekomendasi praktis untuk institusi pendidikan, pembuat kebijakan dan komunitas akademik yang terlibat dalam pembelajaran daring, untuk memastikan kebijakan terkait pembelajaran daring mendukung pencapaian potensi penuh setiap peserta didik.
Hubungan Islam dengan Masalah Pendidikan Fenty Setiawati
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 8 No 1 (2023): Masalah Pendidikan dan Upaya untuk Mengatasinya
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v8i1.194

Abstract

Pada era modern seperti sekarang ini, ummat Islam hidup di zaman yang penuh dengan tantangan sekaligus peluang. Mereka ditantang agar memiliki bekal pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang unggul sehingga mampu bersaing dan merebut berbagai peluang yang ada di hadapannya. Untuk mengetahui lebih jauh, penulis tertarik untuk menguraikan tentang hubungan Islam dengan masalah pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan library research. Dalam penelitian ini sangat dimungkinkan bagi peneliti untuk mengumpulkan informasi yang detail dan kaya yang mencakup suatu kasus. Berdasarkan kajian ditemukan bahwa Islam sangat memperhatikan tentang masalah pendidikan karena ajaran Islam merupakan pendidikan yang paripurna bagi para pemeluknya, dari tingkat dasar sampai dengan tingkatan yang tak terbatas yang mana semangat menuntut ilmu dalam Islam tidak mengenal usia dan tempat.
Strategi Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah Andhika Wirabhakti
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 8 No 1 (2023): Masalah Pendidikan dan Upaya untuk Mengatasinya
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v8i1.195

Abstract

Peningkatan citra sekolah tidak lepas dari peran serta masyarakat yang menjadi faktor penting dalam mendukung tercapainya program-program di lembaga pendidikan. Humas menjadi penyambung komunikasi mengenai informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi humas dalam membangun citra sekolah menjadi sekolah unggulan di kecamatan citamiang. Penelitian ini dilakukan di SMK Pelita YNH Kota Sukabumi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif, dan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subyek utama dalam penelitian ini adalah humas, kepala sekolah, guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan temuan bahwa SMK Pelita YNH Kota Sukabumi melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dengan menggunakan beberapa pendekatan di antaranya pendekatan operasional, pendekatan persuasif dan edukatif, pendekatan tanggung jawab sosial, pendekatan kerjasama dan pendekatan koordinatif dan integratif. Penerapan pendekatan tersebut cukup baik dan efektif dalam mempertahankan citra sekolah.
Gerakan Literasi Sekolah untuk Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik? Putri Issyam Tsani; Ahmad Muhajirin; Eli Susilawati; Ferdiansyah Gunawan; Liah Siti Syarifah
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 8 No 1 (2023): Masalah Pendidikan dan Upaya untuk Mengatasinya
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1042/nizamulilmi.v8i1.196

Abstract

Program Gerakan litersasi sekolah menjadi upaya yang dilakukan secara menyeluh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar untuk menumbuhkan karakter peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program-program Gerakan Literasi Sekolah untuk penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMPTQ Al-Matin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui observasi dan wawancara dan data sekunder melaui studi dokumen. Adapun proses analisis data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data yang dalam hal ini digunakan analisis dengan model interaktif. Berdasarkan penelitian SMPTQ Al-Matin telah melaksanakan program gerakan literasi sekolah melalui beberapa kegiatan di antaranya pojok literasi, jurnal membaca, pekan kreasi, karya inovatif dan karya tulis ilmiah. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi sekolah untuk penguatan pendidikan karakter peserta didik sudah cukup baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5