cover
Contact Name
Maizi Latifa
Contact Email
perpustakaan2@uinib.ac.id
Phone
+6281363258111
Journal Mail Official
makdis@uinib.ac.id
Editorial Address
Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Maktabatuna: Jurnal Kajian Kepustakawanan
ISSN : 27230163     EISSN : 27230171     DOI : .
Core Subject : Humanities,
Jurnal Maktabatuna merupakan Maktabatuna: Jurnal Kajian Kepustakawanan merupakan Jurnal UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang yang telah terbit dari tahun 2019
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022)" : 8 Documents clear
KEPUASAN PEMUSTAKA PERPUSTAKAAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU Khaidir Alimin; Supliadi Supliadi; Ari Eka Wahyudi
Maktabatuna Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/mj.v4i1.4294

Abstract

Penelitian ini berjudul Kepuasan pemustaka Perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Tempat penelitian di Perpustakaan UIN SUSKA Riau. Penyebaran kuesioner direncanakan selama kurang lebih satu bulan, terhitung bulan Oktober - November 2021. Untuk penyebaran kuesioner dilakukan dengan memanfaatkan googleform. Responden dalam survey ini sebanyak 255 orang terdiri dari para mahasiswa, Dosen dan Pegawai yang sedang berkunjung di perpustakaan dan menjawab pertanyaan survey di googleform. Berdasarkan rumusan masalah yang peneliti ungkapkan, ada beberapa hal yang dapat peniliti simpulkan yaitu: (1) Tingkat kepuasan pengguna terhadap empat rumusan yang menjadi batasan masalah yakni kemudahan akses, kualitas layanan, effesiensi dan waktu pelaksanaan layanan, ternyata tidak ada satupun yang betul-betul memuaskan pemustaka UIN SUSKA Riau. (2) Perbaikan dalam empat hal yang diajukan kepada pemustaka perlu dilakukan secara berkelanjutan. Sebab antara harapan dan kenyataan pada umumnya timpang. Karena kebutuhan semakin hari semakin meningkat, sedangkan kesanggupan kadang-kadang tidak sejalan dengan kebutuhan. (3) Kunci utama dalam kepuasan pengguna atau pengunjung berada pada sikap petugas dalam melayani penggunanya. Dimana komunikasi sangat berperan penting dalam hubungan tersebut.
PELUANG DAN TANTANGAN PUSTAKAWAN KOLEKSI LANGKA PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA: REPRESENTASI PADA LAYANAN SURAT KABAR LANGKA TERJILID Miftakhus Salami
Maktabatuna Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/mj.v4i1.4126

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai peluang dan tantangan yang dihadapi oleh para Pustakawan koleksi langka khususnya para Pustakawan Koleksi Surat Kabar Langka Terjilid Perpustakaan Nasional RI.Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan intepretatif.Berdasarkan hasil peniltian, ditemukan bahwa peluang bagi Pustakawan koleksi langka pada Layanan Koleksi Surat Kabar Langka Terjilid adalah dapat menjadi subject specialist dalam bidang ilmu Sejarah. Adapun tantangan yang dihadapi oleh Pustakawan koleksi langka di Layanan Surat Kabar Langka Terjilid adalah mengenali karateristik koleksi surat kabar langka, penguasaan Aksara dan Bahasa, pemahaman terhadap makna kata yang berbeda, pengetahuan dasar dalam penelusuran informasi masa lalu.Dapat disimpulkan bahwa dengan kompetensi yang dimiliki, Pustakawan Koleksi akan dapat menemukan berbagai informasi sejarah yang bermanfaat dalam perkembangan ilmu sejarah. Tantangan-tantangan yang perlu dihadapi oleh para pustakawan Koleksi Langka di Layanan Surat Kabar Langka Terjilid ini, diharapkan menjadi pemacu semangat untuk para Pustakawan Koleksi Langka untuk mengembangkan kompetensinya
PROFESIONALITAS PUSTAKAWAN DALAM MEWUJUDKAN EKSISTENSI PERPUSTAKAAN SEPANJANG MASA (LONG LIFE LIBRARIES) Aris Nurohman
Maktabatuna Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/mj.v4i1.4102

Abstract

Perpustakaan yang kita lihat saat ini berkembang mengikuti kebutuhan pengguna jasa yang terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Demikian pula pasar global telah memasuki bidang apapun, termasuk perpustakaan dengan profesi pustakawan. Oleh karena itu, profesi pustakawan harus terus dikembangkan. Menjadi profesional berarti menjadi aktor yang handal untuk mengelola perpustakaan yang berkualitas. Makalah ini berfokus pada membahas bagaimana pustakawan memahami apa yang harus dilakukan melalui kesadaran akan efektivitas layanan, aplikasi teknologi web, modifikasi sistem dan pola kinerja, komitmen layanan, dan promosi. Penguatan kemampuan profesional dilakukan dengan mengkaji kurikulum pendidikan perpustakaan, melanjutkan pelatihan profesional, dan memperhatikan lembaga-lembaga terkemuka dan pemerintah. Penguatan pustakawan profesional dapat menjaga sekaligus mengangkat eksistensi perpustakaan sepanjang zaman. Perpustakaan menjadi lembaga yang akan terus eksis karena dibutuhkan dan tidak akan pernah terlupakan oleh zaman sehingga perpustakaan akan terus eksis dalam waktu yang lama.
PELATIHAN MANAJEMEN REFERENSI BAGI MAHASISWA PASCASARJANA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA Ifonilla Yenianti
Maktabatuna Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/mj.v4i1.3564

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendreskripsikan tentang pelatihan Zotero yang diselenggarakan oleh perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan 3 (tiga) teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling dalam proses wawancara adalah dengan purposive sampling yaitu pustakawan yang berperan sebagai tutor atau pendamping tutor pelatihan Zotero dan peserta pelatihan Zotero. Penelitian ini bersifat partisipatif, peneliti terlibat langsung dalam pelaksanaan pelatihan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pelatihan aplikasi Zotero yang diberikan oleh Perpustakaan IAIN Salatiga meliputi pengenalan dan instalasi Zotero, mengenal menu dalam Zotero, mengatur pangkalan data Zotero, mengelola sumber referensi online menggunakan Zotero, mengelola sumber referensi offline menggunakan Zotero, membuat sitasi dan daftar pustaka menggunakan Zotero, menentukan dan menambah reference style pada Zotero. Pelatihan Zotero yang diberikan perpustakaan kepada mahasiswa pascasarjana Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dapat diimplementasikan pada kepenulisan akademik maupun non-akademik mahasiswa.
AKSES DAN PENELUSURAN SUMBER INFORMASI BERBAHASA ARAB BAGI CIVITAS AKADEMIKA DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI Lailatur Rahmi
Maktabatuna Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/mj.v4i1.4314

Abstract

Sumber Informasi digital menjadi lebih populer dari pada sumber daya cetak karena portabilitas, fleksibilitas, dan ketersediaan instan sumber informasi tersebut. Perubahan paradigma ini membuat perpustakaan juga menghabiskan sejumlah besar anggaran mereka untuk sumber daya dan layanan informasi digital. Artikel ini membahas konsep sumber informasi bahasa Arab yang menjelaskan bahwa “Sumber informasi bahasa Arab adalah dokumen dan sumber daya non-buku lainnya dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka dengan latar belakang keilmuwan bahasa Arab. Sumber informasi bahasa Arab digital digambarkan melalui beberapa situs yang diakses melalui komputer dan teknologi Internet. Disimpulkan bahwa civitas akademika pada perguruan tinggi dapat memperoleh informasi yang berkualitas dari layanan Internet dan database khususnya rujukan berbahasa arab. Direkomendasikan bahwa perpustakaan perguruan tinggi harus mengambil peran utama untuk menciptakan lebih banyak kesadaran di kalangan Akademisi tentang penggunaan database online yang tersedia bagi mereka dengan mengadakan program pelatihan penelusuran, workshop, seminar, dan konferensi untuk menambah tingkat pengaksesan dan pemanfaatan sumber daya serta layanan informasi bahasa Arab digital.
KARAKTERISTIK MAHASISWA PASACASARJANA DALAM MENCARI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI Muh Ahlis Ahwan
Maktabatuna Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/mj.v4i1.4265

Abstract

Perilaku pencarian informasi terjadi akibat adanya kebutuhan informasi, namun dalam pelaksanaannya, perilaku seseorang diperagakan berbeda-beda akibat intervensi faktor psikologi, demografi, peran sosial, lingkungan, dan karakter sumber informasi. Kelima faktor tersebut sangat mempengaruhi bagaimana akhirnya seseorang mewujudkan kebutuhan informasi dalam bentuk perilaku informasi. Perilaku tersebut akan mencerminkan karakteristik seseorang dalam mencari informasi di perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana perilaku mahasiswa S2 Linguistik Undip dalam mencari informasi dan apa saja yang mempengaruhi perilakunya. Metode kajian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan cara pengamatan dan studi pustaka. Teknik sampelnya menggunakan purposive sampling terhadap mahasiswa yang memiliki kecenderungan perilaku berbeda dari pada lainnya. Hasilnya menunjukkan bahwa Mahasiswa S2 Linguistik Undip memiliki beragam karakter, yakni pemalu, banyak permintaan, sombong, penurut, pendiam, banyak bicara, dan ramah, akibatnya perilaku mahasiswa dalam memulai, mengkaitkan, menelusur, memilah, memantau, dan menyeleksi informasi berbeda, sementara verifikasi dan penggunaan informasi cenderung sama. Perilaku tersebut dipengaruhi oleh faktor psikologis, demografis, peran sosial, lingkungan, dan karakter sumber informasi yang dialami mahasiswa dalam kehidupannya secara berbeda. Perilaku yang diperagakan oleh mahasiswa mencerminkan karakteristik yang khas ketika mencari informasi di perpustakaan. Kajian ini diharapkan dapat membuka cakrawala baru bagi pustakawan dalam menghadapi pemustaka khususnya mahasiswa pascasarjana saat mencari informasi di perpustakaan. Kajian ini juga diharapkan dapat membantu perguruan tinggi dalam membentuk karakter mahasiswa melalui layanan perpustakaan.
PELESTARIAN BUKU LANGKA DI PUSAT PRESERVASI DAN ALIH MEDIA BAHAN PERPUSTAKAAN PERPUSTAKAAN NASIONAL RI Damaji Ratmono
Maktabatuna Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/mj.v4i1.4269

Abstract

Tulisan ini membahas proses pelestarian buku langka di Pusat Preservasi dan Alih Media Bahan Perpustakaan Perpusnas RI melalui bidang Teknis Penjilidan Bahan Perpustakaan. Perpusnas merupakan perpustakaan pembina bagi seluruh perpustakaan di Indonesia, oleh karena itu proses perbaikan buku langka yang dilakukan oleh Perpusnas perlu diketahui oleh para pengelola perpustakaan di Indonesia. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui usaha-usaha perbaikan dan pencegahan yang dilakukan oleh Pusat Preservasi dan Alih Media Bahan Perpustakaan Perpusnas RI agar dapat menjadi pedoman bagi pengelola perpustakaan di Indonesia dalam pelestarian koleksi terutama buku langka.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Sedangkan jenis atau desain penelitiannya menggunakan penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara  kajian kepustakaan, wawancara, dan observasi. Teknik analisa data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi dan wawancara penulis di Teknis Penjilidan Bahan Perpustakaan menunjukkan bahwa perbaikan buku langka dilakukan dengan cara dijilid dengan metode jilid benang dan jilid perfect binding bagi koleksi yang masih bisa dijilid ulang, adapun koleksi yang tidak bisa dijilid ulang dibuatkan kotak pelindung atau portepel agar kerusakan dapat diminimalisir dan kerusakan tidak bertambah parah.Dengan dilakukannya upaya-upaya pelestarian melalui teknik menjilid dan membuat sarana penyimpanan koleksi, maka koleksi buku-buku langka Perpusnas RI dapat diminimalisir kerusakannya sehingga menambah usia koleksi dan bisa terus dimanfaatkan oleh pemustaka dan sekaligus merawat aset berharga bangsa
PENILAIAN ANGKA KREDIT PUSTAKAWAN “PROBLEMATIKA DAN SOLUSINYA” : PENGALAMAN DI UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU Sutriono Sutriono
Maktabatuna Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : UIN Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/mj.v4i1.4306

Abstract

Jabatan fungsional merupakan jabatan kehormatan dan pengakuan atas keahlian yang dimiliki seseorang. Bentuk penghormatan dan penghargaan ini antara lain berupa tunjangan fungsional, usia pensiun dapat diperpanjang pada jabatan tertentu, dapat naik pangkat/jabatan dua tahun sekali bila telah memenuhi kriteria tertentu dan kenaikannya tidak dibatasi. Salah satu syarat untuk  kenaikan jabatan tersebut pustakawan harus menyusun Sasaran Kerja Pegawai (SKP)  setiap awal tahun dan akan dievaluasi pada akhir tahun dengan dibuktikan hasil kerja fisik yang disusun dalam Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit (DUPAK) Pustakawan sebagaimana diatur melalui PermenPAN No.09/2014 tentang  Angka Kredit Jabatan Fungsional Pustakawan. Terdapat dua faktor yang menjadi persoalan pustakawan dalam menghadapi  proses penilaian angka kredit sehingga berimplikasi pada kelancaran peningkatan karir pustakawan itu sendiri. Adapun Faktor tersebut yaitu faktor yang  timbul dari individu pustakawan (Internal)  meliputi  pengetahuan, keahlian (skill), dan sikap pustakawan sehingga sering ditemukan  DUPAK yang kurang lengkap dan kurang valid, Kedua faktor eksternal meliputi dukungan pimpinan,  kebijakan yang tidak berpihak, masa kerja dan jenjang jabatan; serta regulasi yaitu aturan perundang-undangan yang kurang mendukung jabatan fungsional pustakawan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8