cover
Contact Name
Nur Priyanto P
Contact Email
jurnal@tni-au.mil.id
Phone
+6221-8709989
Journal Mail Official
jurnal@tni-au.mil.id
Editorial Address
Skomlek-Cilangkap Gedung B1 Lantai 7, Jakarta Timur
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal TNI Angkatan Udara
ISSN : 28095464     EISSN : 28095723     DOI : 10.62828/jpb
Jurnal TNI Angkatan Udara (Jurnal Patriot Biru, JPB) is a multidisciplinary journal in science and technology applications in various aspects. JPB publishes original research articles, review articles (only selected/invited authors), as well as short communication. JPB covers the following topics, but it is not limited to: 1. Applied Natural sciences (Chemistry, Physics, Biology) in all aspects 2. Applied formal sciences (Mathematics, statistics, actuarial) in all aspects 3. Frontier technology (especially air space technology) 4. Material science for military and defense 5. Research about STEM JPB is published four times a year in February, May, August, and November.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2024): Jurnal Patriot Biru Triwulan Kedua" : 9 Documents clear
1. RANCANGAN RECEIVER ADS-B MENGGUNAKAN RTL-SDR UNTUK PEMBACAAN DATA ASTERIX DI PROGRAM STUDI TEKNIK NAVIGASI UDARA Rahman Sofian Pasaribu; Much. Furqon Muchaddats; Dianditama T.R.
TNI Angkatan Udara Vol 3 No 2 (2024): Jurnal Patriot Biru Triwulan Kedua
Publisher : TNI Angkatan Udara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62828/jpb.v3i2.97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang Perhubungan yang profesional, unggul, dan trampil sesuai dengan bidang penerbangandan peralatan telekomunikasi, navigasi serta surveillance (pengamatan). Oleh karena itu dibutuhkan alat praktek yang dapat menujang pendidikan taruna, selama taruna menimba ilmudi Program Studi Teknik Navigasi Udara PPI Curug. Di Program Studi TNU PPI curug telahdilengkapai dengan beberapa fasilitas penunjang yang masih ada sampai saat ini seperti:VHG Air to Ground, VOR, NDB, SSB, DME, Heatkit, komputer, dan lain-lain. Seiring denganperkembangan teknologi yang terus berkembang, fasilitas pendukung pelayanan surveillance(pengamatan) ruang udara juga terus mengalami perkembangan. Salah satu perkembangannya ialah pengunaan RTL-SDR sebagai receiver ADS-B, sebagai fasilitas surveillance yangdapat di implementasikan seperti di bandar udara internasional Lombok guna meningkatkanpelayanan navigasi penerbangan. Penggunaan RTL-SDR dimaksudkan agar proses sinyalyang dipancarkan oleh transponder pesawat dapat terima, dimana mode transimisi yangdigunakan ialah protokol standar ASTERIX sesuai dengan KP 103 tahun 2015 tentangstandar teknis dan operasi (Manual of Standard CASR 171-2) Spesifikasi teknis fasilitastelekomunikasi penerbangan menyebutkan bahwa mode transmisi data yang digunakanialah protokol standar ASTERIX yang sesuai dengan Category peralatan yang digunakan.Data ASTERIX sangat penting karena merupakan salah satu input data Automation yangmemberikan informasi kepada ATC. Oleh karena itu data ASTERIX yang diterima harusbenar dan sesuai dengan aturan yang telah diatur di dalam pedoman EUROCONTROL
2. RANCANGAN RESTRUKTURISASI VFR ROUTE DI MAJALENGKA CTR PERUM LPPNPI UNIT KERTAJATI Neo Retno; Muchammad Furqon Muchaddats; Dika Twin R
TNI Angkatan Udara Vol 3 No 2 (2024): Jurnal Patriot Biru Triwulan Kedua
Publisher : TNI Angkatan Udara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62828/jpb.v3i2.98

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dialami oleh personel Air Traffic Controller (ATC) di Perum LPPNPI Unit Kertajati dalam pemberian pelayanan lalu lintas penerbangan di Majalengka CTR, dan berkontribusi membuat rancangan restrukturisasi (selanjutnya disebutkan sebagai pembaharuan) VFR route sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan level satu dengan pendekatan secara kualitatif dan pemaparan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan ketika melaksanakan On the Job Training App Procedural, wawancara, studi dokumentasi dan studi literatur. Sedangkan teknik pengolahan data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan validasi. Berdasarkan data yang dikumpulkan, diketahui informasi bahwa VFR route yang letaknya tidak separate dengan rute pesawat IFR menjadi faktor yang menghambat kelancaran arus lalu lintas penerbangan di Majalengka CTR. Dengan begitu, penulis membuat rancangan pembaharuan VFR route di Majalengka CTR Perum LPPNPI Unit Kertajati. Perancangan VFR route menggunakan simplified/standard method dengan pembuktian masalah yang mengikuti prosedur pada ICAO Doc 8168 OPS/611 Aircraft Operation Volume II Sixth Edition, ICAO Doc 9426 Air Traffic Services Planning Manual, ICAO Annex 11 Air Traffic Services 13rd Edition, dan ICAO Doc. 8126-AN/872, Aeronautical Information Service Manual, 6th Edition, 2.
3. PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL ALAT PENCITRAAN POSITIF PERSONEL TNI ANGKATAN UDARA Much. F. Muchaddats; Andi Johan; Huzzatulislami; Praditama Dika
TNI Angkatan Udara Vol 3 No 2 (2024): Jurnal Patriot Biru Triwulan Kedua
Publisher : TNI Angkatan Udara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62828/jpb.v3i2.99

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada setiap personel atau anggota yang diakibatkan karena kurang pemahaman dari personel atau anggota mengenai etika dalam bermedia sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah personel yang terkait serta bertanggung jawab pada penggunaan media sosial prajurit TNI AU yang bertugas di Mako Koopsudnas. Penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data dengan cara triangulasi, member check serta penggunaan bahan referensi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data serta menyimpulkan hasil analisisdata. Hasil penelitian ini yang pertama menjelaskan bahwa Adaptasi yang dilakukan personel TNI AU saat ini berjalan dengan baik. Proses adaptasipenggunaan media sosial oleh personel TNI AU saat ini berada pada fase Full participation. Karena personel pada saat ini merasa nyaman dan berhasil membina hubungan serta menerima kebudayaan yang baru terkait penggunaan media sosial yang marak digunakan. Kedua, proses adaptasi anggota TNI AU dalam penggunaan media sosial di masa mendatang dapat ditingkatkan denganlebih baik. Peningkatan tersebut dapat ditunjang dari internal maupun eksternal anggota TNI AU.
4. PENGARUH ATTITUDE AIR TRAFFIC CONTROLLER PADA TIM TERHADAP KESELAMATAN PENERBANGAN PESAWAT MILITER DI RUANG UDARA MAKASSAR Ivan Yusri A; Much. Furqon Muchaddats; Tutiaditama; Andika Tri
TNI Angkatan Udara Vol 3 No 2 (2024): Jurnal Patriot Biru Triwulan Kedua
Publisher : TNI Angkatan Udara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62828/jpb.v3i2.100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh attitudeATC pada kerja tim terhadap keselamatan penerbangan di Approach Control Unit (APP)Makassar Air Traffic Service Center (MATSC). Penelitian dilakukan di Makassar Air TrafficService Center (MATSC), Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan Maret 2019 s.d. Juni 2019.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, teknik pengumpulan datamenggunakan kuesioner, skala pengukuran menggunakan skala likert, sedangkan teknikanalisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment yang dilanjutkan dengan ujikoefisien determinasi dan regresi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh ATC di APPUnit yang memiliki license dan rating APP surveillance yang berjumlah 24 orang. Penelitianmenyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang kuat antara attitude ATC pada kerja timterhadap keselamatan penerbangan dengan koefisien korelasi sebesar 0,8343 dan koefisiendeterminasi sebesar 69%, artinya bahwa pengaruh attitude ATC pada kerja tim terhadapkeselamatan penerbangan adalah sebesar 69% dan selebihnya 31% ditentukan oleh faktorfaktor lain.
5. ANALISIS KINERJA UNINTERRUPTIBLE POWER SUPPLY 140 kVA PADA AIRFIELDLIGHTING SYSTEM BANDARA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA Lasmadi; Haris K. Irsyad; Rindu A. Funny
TNI Angkatan Udara Vol 3 No 2 (2024): Jurnal Patriot Biru Triwulan Kedua
Publisher : TNI Angkatan Udara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62828/jpb.v3i2.101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja UPS yang digunakan dalamsistem pencahayaan landasan pacu di Bandara Adisutjipto. UPS di Bandara Adisutjiptomemiliki kapasitas daya 140 kVA. Penelitian ini menggunakan metode survei lapangan,pengumpulan data operasional UPS, serta analisis performa berdasarkan data historis.Data hasil pemantauan dan pengukuran terkini digunakan untuk mengevaluasi total dayabeban, kapasitas baterai, dan runtime UPS dalam menyuplai ALS. Hasil penelitian yangdiperoleh bahwa UPS load di Bandara Adisutjipto Yogyakarta terpakai sebesar 14,09%(terpakai 19,734 kVA dari 140 kVA). Berdasarkan Hasil perhitungan ini berarti masih dapatdilakukan penambahan beban atau server yang lebih banyak lagi. Berdasarkan perhitunganUPS rating ideal, UPS di Bandara Adisutjipto Yogyakarta memiliki daya yang lebih besar dariUPS rating ideal (oversizing UPS). Ini dilakukan untuk mendapatkan runtime yang lebih lamadan untuk mengantisipasi bila ada penambahan server. Berdasarkan nilai daya terpasangsekarangdengan beban yang digunakan pada Airfield Lighting System, UPS ini mampumendapatkan runtime selama 6 jam 50 menit ketika suplai pasokan listrik PLN mengalamigangguan.
6. RELIABILITY ANALYSIS OF HELICOPTER BLADE ROTOR PLAY BELL 412 USING NORMAL DISTRIBUTION METHOD Rastra Arif Pradana; Kris Hariyanto; Fajar Khanif R; Muchammad Furqon Muchaddats; Adityarahma T
TNI Angkatan Udara Vol 3 No 2 (2024): Jurnal Patriot Biru Triwulan Kedua
Publisher : TNI Angkatan Udara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62828/jpb.v3i2.102

Abstract

— Penelitian ini merupakan langkah sebagai penentu di awalinya pengoperasian,sudut rotor utama pada helikopter yang dipastikan berada dalam kondisi terbaik. Karenasemakin tua maka kondisi sudut rotor utama akan semakin berkurang dikarenakan adanyabeberapa bengkokan, kelelahan material, dan juga faktor kesalahan dari manusia padasaat pengoperasian. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka perlu dilakukan identifikasitingkat keandalan main rotor blade pada helikopter Bell 412 dengan menggunakan metodedistribusi normal. Data penelitian adalah umur komponen sudu rotor utama pada helikopterBell 412 selama 27 tahun. Berdasarkan analisis perhitungan tingkat keandalan, menggunakanmetode distribusi normal dan menggunakan Microsoft Excel, diperoleh nilai keandalan (R)seluruh serial. Angka sudu rotor utama helikopter Bell 412 sebesar 99% yang menunjukkankeandalan sudu rotor utama helikopter Bell 412 sangat baik.
7. ANALISIS TENSILE STRENGTH PADA KOMPOSIT HYBRID SERAT SINTETIS, SERAT ALAM PELEPAH SALAK, FILLER SIC DAN AL2 O3 DENGAN METODE VACUUM ASSISTED RESIN TRANSFER MOLDING Nur Agnes Eka Anggraeni; Muslimin; Vika Rizkia; M. Abdul Ghofur
TNI Angkatan Udara Vol 3 No 2 (2024): Jurnal Patriot Biru Triwulan Kedua
Publisher : TNI Angkatan Udara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62828/jpb.v3i2.103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan usaha pertahanan keamanan terhadap ancaman yang terjadi terutama didaerah-daerah konflik menuntut kelengkapan persenjataan dan perlindungan balistik yang lebih baik bagi pasukan-pasukan keamanan khusunya Tentara Nasional Indonesia. Salah satu bahan yang digunakan dalam perlindungan balistik adalah komposit yang biasa digunakan untuk rompi tahan peluru. Penelitian ini adalah bagian dari penelitian besar dalam menguji coba manufaktur bahankomposit resin epoxy berpenguat serat pelepah salak, serat karbon, serat kevlar menggunakanfiller SiC dan Al2O3 dengan metode Vacuum Assisted Resin Transfer Molding (VARTM) yang melakukan analisis pada uji kekerasan, kekuatan impak, kekuatan tarik, mikrostruktur, dan kemampuan balistik. Tetapi, penelitian ini hanya akan fokus menganalisis kekuatan tarik dari bahan komposit tersebut. Variasi volume serat yang diterapkan dalam komposit adalah variasiI (10% serat pelepah salak dan 10% serat kevlar), variasi II (5% serat pelepah salak dan 15% serat kevlar), variasi III (7,5% filler SiC, 7,5% filler Al2O3 dan 20% serat kevlar) dan variasi IV (5% filler SiC, 5% filler Al2O3 dan 25% serat kevlar). Spesimen dianalisis dengan menggunakan uji tarik menurut ASTM D 3039/D 3039M. Kekuatan tarik yang dihasilkan variasi II lebih besar 39,8% dari variasi I, sedangkan variasi IV lebih besar 9,41% dari variasi III.
8. SEGMENTASI TINGGI BADAN DAN BERAT BADAN KADET MAHASISWA MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING nadiza lediwara; Aulia Khamas Heikmakhtiar; Sembada Denrineksa Bimorogo; Army Kanaya; Almas Shafwan; Audrey Nur Aisyah
TNI Angkatan Udara Vol 3 No 2 (2024): Jurnal Patriot Biru Triwulan Kedua
Publisher : TNI Angkatan Udara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62828/jpb.v3i2.104

Abstract

Penelitian ini merupakan langkah awal yang digunakan sebagai syarat utamaserta bekal dan persiapan dalam rangka menentukan Kadet mahasiwa UNHAN RI yangakan bekerja pada instansi pertahanan yang memiliki pengetahuan akademik dan militer.Penelitian ini bertujuan untuk segmentasi kadet mahasiwa berdasarkan tinggi badan danberat badan yang nantinya akan membantu pembuat keputusan dalam hal pembinaan fisik.Untuk segmentasi kadet mahasiswa ini peneliti menggunakan metode K-Means Clustering.Dari hasil segmnetasi didapat tiga cluster yaitu cluster 0, cluster 1, dan cluster 2. Cluster 0menunjukkan adanya potensi untuk dilakukan pembinaan lebih lanjut, sedangkan cluster 1dan cluster 2 juga bisa dilakukan pembinaan tapi dengan level sedang dan sederhana
9. PREDIKSI PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN UNHAN RI nadiza lediwara; Sembada Denrineksa Bimorogo; Aulia Khamas Heikmakhtiar; Ananda Yessica Margaretha Hutagalung; Mufti Labib Ahmada; Tiara Damayati
TNI Angkatan Udara Vol 3 No 2 (2024): Jurnal Patriot Biru Triwulan Kedua
Publisher : TNI Angkatan Udara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62828/jpb.v3i2.105

Abstract

Pelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan perpustakaan, pemodelan ARIMA dapat digunakan sebagai alat prediktif untukmemproyeksikan jumlah peminjaman buku di masa yang akan datang. Penelitian inimengeksplorasi penggunaan prediksi time series dalam software RapidMiner untukmembangun model prediktif peminjaman buku berdasarkan faktor-faktor tertentu.RapidMiner digunakan untuk mengekstraksi pola dan tren dari data tersebut serta untukmembangun model regresi yang dapat memprediksi jumlah peminjaman buku di masadepan. Hasil penelitian ini memberikan prediksi peminjaman dalam waktu ke depanmenunjukkan buku dengan kategori science yang akan banyak diminati oleh pengu

Page 1 of 1 | Total Record : 9