cover
Contact Name
Alvaro R. Simatupang
Contact Email
mr.awinwijaya@gmail.com
Phone
+6282142428742
Journal Mail Official
mr.awinwijaya@gmail.com
Editorial Address
Jl. Arjuno I/1172
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
ISSN : -     EISSN : 30327482     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Meneliti dan Menulis (Kolibi). Jurnal nasional ini bertujuan untuk mendiseminasikan penelitian ilmu komunikasi di berbagai bidang antara lain Komunikasi Politik, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Pemasaran dan Komunikasi Pembangunan.
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik" : 25 Documents clear
Kajian Kampanye Organik Kpopfication "Aniesbubble" di Platform Twitter/X sebagai Ekspresi Partisipasi Anak Muda dalam Kampanye Pemilihan Presiden Indonesia 2024 Kiyasati Putri Kurniasih; Alvanov Zpalanzani Mansoor; Ifa Safira Mustikadara
Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik Vol. 1 No. 3 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan elemen-elemen khas yang digunakan oleh penggemar K-pop dalam kampanye politik calon presiden Anies Baswedan melalui akun Twitter/X @aniesbubble, serta untuk memahami dampaknya terhadap partisipasi politik generasi muda. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori imitasi Aristoteles sebagai kerangka teoretis. Data diperoleh dari observasi terhadap konten akun @aniesbubble dan akun penggemar K-pop, serta dari analisis literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @aniesbubble berhasil mengadopsi strategi komunikasi yang mirip dengan fandom K-pop, termasuk penggunaan struktur bahasa, layout visual, representasi emoji, dan strategi promosi. Implementasi strategi-strategi ini kemudian membentuk komunitas penggemar calon presiden Anies Baswedan di platform Twitter/X. Hasil analisis menunjukkan bahwa @aniesbubble secara kreatif mengadopsi elemen-elemen khas yang digunakan oleh penggemar K-pop, yang diimplementasikan untuk mendukung calon presiden Anies Baswedan.
CSR Sebagai Aktivitas Komunikasi Organisasi PT Pos Indonesia Semarang Untuk Mencapai Keberlanjutan Andini Puspita Wicaksana; Febriana Dwi Cahyaningrum; Thea Athalia Putri Kirana; Shabrina Maharani
Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik Vol. 1 No. 3 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia berkaitan erat dengan kebijakan, visi, misi, dan budaya perusahaan masing-masing. Undang-undang mewajibkan perusahaan, terutama yang terkait dengan sumber daya alam, untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Evaluasi keberhasilan CSR melibatkan dampak pada citra perusahaan dan kualitas hidup masyarakat serta efektivitas komunikasi perusahaan dengan masyarakat dalam merancang dan melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosial. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi dampak dan manfaat program CSR, menganalisis efektivitas komunikasi perusahaan dengan masyarakat, serta memahami strategi PT Pos Indonesia Semarang dalam mengatasi tantangan bisnis dan lingkungan melalui implementasi program tanggung jawab sosial.
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTISME DALAM BERINTERAKSI SOSIAL DI SEKOLAH LUAR BIASA INSAN TIARA BANGSA Kamalia Zuhrifa Luthfiana; Muhammad Yasin; Nabilla Tsuroyyaa; Zulfa Fahmi; Irma Masfia
Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik Vol. 1 No. 3 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kemampuan komunikasi anak autisme dalam berinteraksi sosial di Sekolah Luar Biasa Insan Tiara Bangsa. Penelitian dilakukan pada 22 Maret 2024 dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi terhadap tiga subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak autisme memiliki kemampuan komunikasi yang bervariasi, dari yang minim hingga lumayan baik, tergantung pada tingkat pendidikan dan terapi yang telah dijalani. Subjek yang lebih tua dan telah menjalani pelatihan lebih lama cenderung memiliki kemampuan komunikasi dan interaksi sosial yang lebih baik. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang perkembangan kemampuan komunikasi dan interaksi sosial anak autisme di lingkungan Sekolah Luar Biasa Insan Tiara Bangsa.
PENGARUH KONFLIK RUSIA-UKRAINA TERHADAP KETAHANAN PANGAN DI NEGARA-NEGARA ASIA TENGGARA Mar’ie Hamzah; M. Feyza Miskatlubby; Dr. Ardli Johan Kusuma, M.HI.
Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik Vol. 1 No. 3 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konflik Rusia-Ukraina terhadap ketahanan pangan di negara-negara Asia Tenggara. Sebelum konflik, ketahanan pangan di kawasan ini sudah dalam kondisi yang rentan, dengan prevalensi stunting yang tinggi dan dampak negatif dari pandemi COVID-19. Konflik Rusia-Ukraina memperburuk situasi ini melalui gangguan besar pada pasar pertanian global, peningkatan harga pangan dan energi, serta kekurangan pasokan pupuk dan biji-bijian. Indonesia, yang sangat bergantung pada impor gandum dari Ukraina, mengalami kenaikan harga bahan baku makanan yang signifikan, yang berdampak pada daya beli masyarakat dan meningkatkan risiko ketidakamanan pangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik ini memperparah kerentanan ketahanan pangan di Asia Tenggara, memperburuk kondisi yang sudah rentan akibat pandemi.
ANALISIS TEORI MODERNITAS TERHADAP DAMPAK TRANSFORMASI SOSIAL-BUDAYA DAN EKONOMI MASYARAKAT LOKAL DI IBU KOTA NUSANTARA Chubab ‘Ainul Yaqin Al Ghifari; Muhammad Rafi Kurniawan
Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik Vol. 1 No. 3 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangunan merupakan suatu upaya untuk melakukan perubahan, peningkatan yang lebih baik dari sebelumnya dan sering kali disebut sebagai pertumbuhan. Salah satu pembangunan nasional strategis yang kini dijalankan pemerintah saat ini adalah pembangunan IKN. Yang mana ibu kota negara Indonesia yang sebelumnya berada di Jakarta akan dipindahkan ke kawasan Kalimantan Timur. Meskipun pembangunan ini sangat strategis dalam upaya pemerintah melakukan pemerataan pembangunan dan menguatkan perekonomian Indonesia, terdapat risiko lain yang mengiringi kebijakan ini. Sehingga perlu adanya persiapan yang lebih matang untuk meminimalkan segala risiko yang kemungkinan dihadapi kedepannya. Oleh karena itu penulis tertarik mengkaji risiko yang kemungkinan terjadi, terutama yang dialami oleh masyarakat lokal di IKN. Pada kajian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi studi kepustakaan (library research) dan menganalisisnya menggunakan teori Modernitas. Disini penulis memanfaatkan pemaparan, penemuan dan penelitian terdahulu yang masih dalam . Berdasarkan temuan terdahulu
KAJIAN RANCANGAN STRATEGI NASIONAL BISNIS DAN HAM TAHUN 2023 BAGI REMAJA DAN KELOMPOK RENTAN DI INDINESIA Dena Robiatul Mustaspa; Lintang Ayudhia Pancarani; Fransiska Fransiska; Nabila Nabila; Uno Ramadhan
Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik Vol. 1 No. 3 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil data observasi menunjukkan bahwa praktik bisnis yang ada di Indonesia masih mengabaikan hak asasi manusia. Berdasarkan data Komisi Nasional (Komnas) HAM, korporasi menjadi pelaku pelanggaran HAM terbanyak setelah kepolisian pada periode 2017-2021. Praktik pelanggaran HAM yang dilakukan oleh korporasi menyangkut masalah tanah, hak masyarakat adat, penggusuran, pelanggaran hak pekerja, upah tidak layak, PHK sepihak hingga masalah yang mempengaruhi lingkugan. Laporan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penegakan HAM disektor bisnis dengan mendorong percepatan pengesahan Peraturan Presiden Strategi Nasional Bisnis dan HAM (Stranas BHAM). Metodelogi yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan mengkaji literatur, risalah pertemuan, catatan pribadi dan sumber informasi lain yang relevan, serta wawancara dengan pemangku kepentingan yang terlibat dalam kegiatan konsultasi nasional strategi bisnis dan HAM.
EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN TENGGILIS MEJOYO KOTA SURABAYA Vitrotul Mu’affa; Joko Widodo; Radjikan Radjikan
Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik Vol. 1 No. 3 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja pegawai belum mencapai potensi maksimalnya dalam meningkatkan taraf pelayanan publik. Pegawai yang terlambat memberikan pelayanan dan membuat pelanggan menunggu lama merupakan cerminan dari hal tersebut. Kegunaan kinerja pegawai dalam meningkatkan standar pelayanan publik di Kecamatan Tenggilis Mejoyo Kota Surabaya tercakup dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa baik kontribusi kinerja pegawai terhadap peningkatan standar pelayanan publik di Kecamatan Tenggilis Mejoyo Kota Surabaya. Metode deskriptif kualitatif yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan. Teori yang digunakan adalah Steers (2005:226) mengemukakan empat kriteria dalam pengukuran efektivitas, yaitu (1) Produktivitas (2) Kemampuan Adaptasi (3) Kepuasan Kerja (4) Pencarian Sumber Daya Manusia. Reduksi data, visualisasi data, dan penyusunan kesimpulan data merupakan bagian dari metodologi analisis data. Informasi disajikan secara naratif. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan analisis indikator Steers (2005:226) mengemukakan empat kriteria dalam pengukuran efektivitas, yaitu (1) Produktivitas (2) Kemampuan Adaptasi (3) Kepuasan Kerja (4) Pencarian Sumber Daya Manusia. Dari beberapa indikator tersebut sudah dapat dikatakan efektif tetapi ada indikator pencarian sumber daya manusia,yang dimaksud yaitu jumlah sumber daya manusia dan kemampuan pegawai. Untuk itu dapat menambahkan kuantitas pegawai khususnya dalam petugas pelayanan dan memberikan prosedur atau langkah-langkah yang tepat secara menyeluruh dan detail kepada masyarakat dalam pengurusan surat dan berkas.  
KONFLIK INDIA-PAKISTAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEAMANAN DI WILAYAH KASHMIR MELALUI PERSPEKTIF NEOREALISME Idul Akbar
Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik Vol. 1 No. 3 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keamanan di wilayah Kashmir sejak konflik India dan Pakistan diwarnai dengan berbagai dinamika yang terjadi serta memiliki implikasi terhadap keamanan masyarakat Kashmir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa situasi keamanan di wilayah tersebut dengan menggunakan perspektif neorealisme dengan konsep pendekatan pendekatan balance of power dan dilema keamanan, penelitian ini berupaya memberikan wawasan secara mendalam mengenai resolusi keamanan di wilayah Kashmir dengan adanya kesepakatan line of control (LOC) oleh kedua bela pihak.
KOMUNIKASI LINGKUNGAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP (DLH) BANYUASIN DALAM UPAYA PENANGGULANGAN PENCEMARAN AIR LIMBAH PERUSAHAAN: (Studi Kasus PT. Sutopo Lestari Jaya) MR. Sumantri
Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik Vol. 1 No. 3 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pencemaran lingkungan hidup yang diakibatkan oleh limbah industri memberikan dampak buruk terhadap lingkungan dan kehidupan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Banyuasin dalam upaya menanggulangi pencemaran lingkungan serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penanggulangan pencemaran lingkungan di PT. Sutopo Lestari Jaya yang berada di Kabupaten Banyuasin. Metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah metode kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Komunikasi Lingkungan. Informan dalam penelitian ini ada lima yaitu dari pihak Dinas Lingkungan Hidup Banyuasin dan pihak PT.Sutopo Lestari Jaya. Hasil dari penelitian ini adalah dalam melestarikan lingkungan, perlu adanya sebuah kebijakan atau Peraturan Daerah (PERDA), dan program Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yaitu adanya sosialisasi secara langsung dari Dinas Lingkungan Hidup dalam upaya menanggulangi pencemaran lingkungan, ketegasan dari Pemer intah terhadap perusahaan yang membuang limbah sembarangan serta memanfaatkan media massa untuk memotivasi dalam upaya penanggulangan pencemaran. Akan tetapi, dalam upaya penanggulangan pasti ada saja hambatan yang terjadi seperti keterbatasan peralatan laboratorium serta masih rendahnya kesadaran dalam menjaga lingkungan.
PEMANFAATAN TIKTOK PADA KALANGAN LANSIA DI KELURAHAN SEKAR JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU Dimas Rizky Febriansyah; Reza Aprianti; Gita Astrid
Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik Vol. 1 No. 3 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi Tikton ini diminati oleh banyak lansia, pengguna lansia tertarik untuk menggunakan tiktok, sehingga menimbulkan berbagai permasalahan seperti dampak yang diperoleh lansia dalam memanfaatkan tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Tiktok Pada Kalangan Lansia di Kelurahan Sekar Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu. Metode penelitian dalam penulisan ini menggunakan metode deskriptif kulitatif dengan teori new Media. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara yang telah peneliti lakukan kepada 15 informan Lansia di Kelurahan Sekar Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan beberapa tahapan yaitu reduksi data meminimalkan data berarti meringkas data, memilih elemen pokok dari pemanfaat media sosial yang di gunakan oleh lansia dan berfokus pada berbagai macam hal yang penting dan juga tidak penting., display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti tentang bagaimana Pemanfaatan tiktok pada kalangan lansia di Kelurahan Sekar Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu yakni penggunaan TikTok sebagai media yang berguna dalam beberapa aspek yakni Pertama, sebagai media kreativitas dengan memanfaatkan fitur yang telah tersedia pada aplikasi tiktok seperti efek yang terfasilitasi dengan video, foto. Kedua, sebagai media hiburan bagi lansia untuk menghilangkan rasa suntuknya dan mengisi waktu luang diluar kesibukannya sebagai seorang lansia dengan menonton konten hiburan di tiktok. Ketiga, sebagai media informasi mengarah pada aktivitas pengguna lansia mencari informasi yang disampaikan oleh konten kreator menggunakan video hal ini mempermudah lansia untuk mendapat informasi dengan menonton. Keempat, sebagai media untuk belanja mengarah pada aktivitas pengguna lansia mencari produk atau barang dengan menonton hasil penilaian oleh pengguna lain, pada tayangan tiktok terdapat banyak video yang mempromosikan produk UMKM.

Page 1 of 3 | Total Record : 25