cover
Contact Name
Handy Nur Cahya
Contact Email
handy.nur@dsn.dinus.ac.id
Phone
+6224-3567010
Journal Mail Official
jekobs@feb.dinus.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang Jalan Nakula I No. 5-11, Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 29648866     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEKOBS) adalah media publikasi penelitian empiris ataupun konseptual oleh mahasiswa Jurusan Manajemen dan Akuntansi. Artikel - artikel yang dipublikasikan merupakan publikasi Tugas Akhir mahasiswa dalam menyelesaikan jenjang pendidikan, baik Strata 1, 2, maupun 3. Artikel yang terbit sudah melalui uji proposal, uji lisan dan presentasi, selayaknya ujian akhir pada proses penyusunan Tugas Akhir mahasiswa. Serta, penyusunan standar penulisan karya ilmiah sesuai kedalaman materi mahasiswa pada masing-masing Strata. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEKOBS) diterbitkan berkala dalam basis 3 bulanan setiap Maret, Juni, September, Desember, serta diterbitkan secara Online pada website: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEKOBS) mempublikasikan Jurnal dalam cakupan bidang keilmuan meliputi: --Management Science Marketing Management Operations Management Financial management Human Resource Management International Business Entrepreneurship --Accounting Sciences Taxation and Public Sector Accounting Accounting information system Auditing Financial Accounting Management accounting Behavioral accounting
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis" : 6 Documents clear
Pengaruh Literasi Keuangan, Locus Of Control dan Financial Technology Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Individu Alfarizqi Nur Eugenianda; Maria Safitri
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Financial Management Behavior is an activity carried out by individuals in compiling, organizing and managing their finances. This study aims to determine the influence of financial literacy, locus of control, and financial technology on individual financial management behavior. The type of research used in this study is quantitative research and data analysis techniques using Structural Equation Modeling (SEM) analysis with SmartPLS 3.0 software. The total population obtained was 527 management students of Dian Nuswantoro University in 2020. The number of samples obtained was 172 respondents using purposive sampling techniques and taken from an online questionnaire in the form of a google form. The results of the study concluded that financial literacy and locus of control have a positive and significant influence on financial management behavior. However, financial technology does not affect financial management behavior.Perilaku Pengelolaan Keuangan adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dalam menyusun, mengatur dan mengelola keuangan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, locus of control, dan financial technology terhadap perilaku pengelolaan keuangan individu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif serta teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS 3.0. Jumlah populasi yang diperoleh sebesar 527 mahasiswa manajemen universitas dian nuswantoro tahun 2020. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 172 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling serta diambil dari kuesioner online berupa google form. Hasil riset menyimpulkan bahwa literasi keuangan dan locus of control memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Akan tetapi, financial technology tidak memberi pengaruh terhadap perilaku pengelolaan keuangan.Keywords:Literasi KeuanganLocus of ControlFinancial TechnologyPerilaku Pengelolaan Keuangan
Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2018 – 2022 Kevin Sayudha Adi Saputra; Linda Ayu Oktoriza
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menilai dampak perputaran kas, persediaan, serta piutang pada profitabilitas perusahaan yang tercatat di BEI (Bursa Efek Indonesia) dari sub-sektor makanan serta minuman. Faktor – faktor yang diteliti pada penelitian ini meliputi perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling, 18 perusahaan sub-sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI dipilih sebagai sampel penelitian. Data yang digunakan bersifat sekunder berupa laporan keuangan dari perusahaan sampel, data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui situs resmi www.idx.co.id, serta rangkuman laporan keuangan perusahaan yang tersedia pada situs resmi setiap perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, heteroskedastisitas, autokorelasi, serta multikolinearitas, yang kemudian dilanjutkan dengan melakuakn uji hipotesis, analisis koefisien determinasi, analisis korelasi, dan analisis regresi linier berganda menggunakan program aplikasi SPSS Statistic 20. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perputaran kas dan perputaran piutang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas. Tetapi perputaran pesediaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas. Selain itu, perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan secara bersama – sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas. Keywords:Perputaran KasPerputaran PiutangPerputaran PersediaanProfitabilitas
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Saluran Distribusi dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang) Ivan Prabaswara Rizky; Maria Safitri
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Purchasing decision is the process by which a consumer or organization chooses whether or not to buy a product or service. The purpose of this study is to ascertain how service quality, distribution channels and discounts on the purchase decisions of shopee users in students of the faculty of economics & business, dian nuswantoro university. This type of research used a quantitative approach and data analysis techniques using structural equation modeling (SEM) analysis with smartpls 3.0 software. the number of samples obtained was 192 respondents using purposive techniques and taken from online questionnaires. the results of the research concluded that service quality, distribution channels and discounts have a positive and significant influence on purchasing decisions.Keputusan pembelian adalah proses di mana konsumen atau organisasi memutuskan apakah akan membeli atau tidak membeli suatu produk atau layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, saluran distribusi dan diskon terhadap keputusan pembelian pengguna shopee pada mahasiswa fakultas ekonomi & bisnis Universitas Dian Nuswantoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS 3.0. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 192 responden dengan menggunakan teknik purposive serta diambil dari kuesioner online. Hasil riset menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan, saluran distribusi dan diskon memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Keywords:Kualitas PelayananSaluran DistribusiDiskonKeputusan Pembelian
Pengaruh Brand Equity, Customer Value dan Price terhadap Repurchase Intention Konsumen Indomie di Kota Semarang Dhimas Aditya; Imam Nuryanto
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Repurchase intention is a behavior of people who buy products repeatedly which arises because of a previous feeling of satisfaction. Repurchase interest is part of purchasing behavior where in the context of repurchase interest there is the concept of loyalty. Many factors influence repurchase intention, including brand equity, customer value and price. The main objective of this research is to test and analyze the influence of brand equity, customer value and price on the repurchase intention of Indomie consumers in Semarang City. The population is the entire population in Semarang City who have Repurchase Intention on Indomie products. The sample for this research was 119 respondents. The sampling technique is purposive sampling. Verification analysis in this research uses statistical testing tools, namely the variance-based structural equation test or better known as SEM-Partial Least Square (PLS). The results of this research show that brand equity has a positive and significant effect on the repurchase intention of Indomie consumers in Semarang City. Customer value has a positive and significant effect on the repurchase intention of Indomie consumers in Semarang City. Price has a positive and significant effect on the repurchase intention of Indomie consumers in Semarang City. Repurchase intention merupakan salah satu perilaku masyarakat yang membeli produk secara berulang yang timbul karena adanya rasa kepuasan sebelumnya. Minat beli ulang merupakan bagian dari perilaku pembelian dimana didalam konteks minat beli ulang tersebut terdapat konsep loyalitas. Banyak faktor yang mempengaruhi repurchase intention, diantarana adalah brand equity, customer value dan price. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand equity, customer value dan price terhadap repurchase intention konsumen Indomie di Kota Semarang. Populasi adalah keseluruhan masyarakat di Kota Semarang yang melakukan repurchase intention pada produk Indomie. Sampel penelitian ini sebanyak 119 responden. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Analisis verifikatif dalam penelitian ini menggunakan alat uji statistik yaitu dengan uji persamaan struktural berbasis variance atau yang lebih dikenal dengan nama SEM-Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention konsumen Indomie di Kota Semarang. Customer value berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention konsumen Indomie di Kota Semarang. Price berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention konsumen Indomie di Kota Semarang. Keywords: Brand Equity Customer Value PriceRepurchase Intention
Pengaruh Struktur Aset, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Harga Saham dengan Earning Per Share Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Retail yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2022) Siti Adinda Amelia Nisa Asyhar; Lenni Yovita; Bara Zaretta; Suhita Whini Setyahuni
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to analyze the influence of asset structure, profitability and leverage on share prices with Earning Per Share (EPS) as an intervening variable in Retail Sub Sector Companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2018-2022 period. The sample in this research was determined using the purposive sampling method. This research method uses SPSS 26 software, namely path analysis. Research data was taken for 5 years, namely 2018-2022, so that 128 data samples were processed. The results of this research show that partially in equation 1, asset structure has no effect on EPS, profitability has a positive effect on EPS, while leverage has a negative effect on EPS. Partial research results in equation 2 show that asset structure has a positive effect on stock prices, while profitability and leverage variables have a negative effect on stock prices. Simultaneous research results in equation 1, asset structure, profitability and leverage influence EPS. Meanwhile, simultaneously with equation 2, asset structure, profitability, leverage and EPS influence stock prices. The research results show that the asset structure variable has no effect on stock prices through earnings per share, the profitability variable has a positive effect on stock prices through earnings per share. Meanwhile, the leverage variable (DER) has no effect on share prices through earnings per share. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur aset, profitabilitas dan leverage terhadap Harga Saham dengan Earning Per Share (EPS) sebagai variabel intervening pada Perusahaan Sub Sektor Retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan software SPSS 26 yaitu analisis jalur. Data penelitian diambil selama 5 tahun, yaitu tahun 2018-2022, sehingga diperoleh 128 sampel data yang diolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pada persamaan 1, struktur aset tidak berpengaruh terhadap EPS, profitabilitas berpengaruh positif terhadap EPS, sedangkan leverage berpengaruh negatif terhadap EPS. Hasil penelitian secara parsial pada persamaan 2, struktur aset berpengaruh positif terhadap harga saham, sedangkan variabel profitabilitas dan leverage berpengaruh negatif terhadap harga saham. Hasil penelitian secara simultan pada persamaan 1, struktur aset, profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap EPS. Sedangkan secara simultan persamaan 2, struktur aset, profitabilitas, leverage dan EPS berpengaruh terhadap harga saham. Hasil penelitian variabel struktur aset tidak berpengaruh terhadap harga saham melalui earning per share, variabel profitabilitas berpengaruh positif terhadap harga saham melalui earning per share. Sedangkan variabel leverage (DER) tidak berpengaruh terhadap harga saham melalui earning per share. Keywords:Struktur AsetProfitabilitasLeverageHarga SahamEarning Per Share
Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Pada Pelanggan Aqua Galon Di Kota Semarang) Erna Prichati Ningsih; Agung Sedayu
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aqua became one of the pioneers in the bottled beverage industry in Indonesia through PT Golden Mississippi in Bekasi, West Java. Aqua as the first bottled beverage company is able to rank first and is known throughout the Indonesian society. This study aims to prove the effect of brand image, product quality, and brand trust on customer loyalty through customer satisfaction as an intervening variable on Aqua gallon customers in Semarang City. The number of samples used in this study were 160 respondents. The sampling technique is a non-probability sampling technique of purposive sampling type. The analysis method in this study uses SEM-PLS using SmartPLS software version 3.3. The results of the study state that the variables of Brand Image, product quality, and brand trust have a significant effect in the direction of customer satisfaction. Customer satisfaction variables have a significant effect with direction on customer loyalty. The Brand Image variable has no significant effect with a positive direction on Customer Loyalty. Product quality and brand trust variables have a significant effect with direction on customer loyalty. Brand image variables, product quality, and brand trust have a significant effect in the direction of customer loyalty through customer satisfaction as an intervening variable for Aqua gallon customers in Semarang City.Aqua menjadi salah satu pelopor dalam industri minuman kemasan di Indonesia melalui PT Golden Mississippi di Bekasi, Jawa Barat. Aqua sebagai perusahan minuman kemasan pertama mampu menempati urutan pertama dan dikenal seluruh masyrakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh citra merek, kualitas produk, dan kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada pelangga Aqua galon di Kota Semarang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 160 responden. Teknik pengambilan sampel adalah teknik non probability sampling jenis purposive sampling. Metode analisis pada penelitian ini mengunakan dengan SEM-PLS dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.3. Hasil Penelitian menyatakan bahwa variabel Citra Merek, Kualitas produk, dan Kepercayaan merek berpengaruh secara signifikan dengan arah terhadap kepuasan pelanggan. Variabel Kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan dengan arah terhadap loyalitas pelanggan. Variabel Citra Merek tidak berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap Loyalitas Pelanggan. Variabel Kualitas Produk dan Kepercayaan merek berpengaruh secara signifikan dengan arah terhadap loyalitas pelanggan. Variabel Citra Merek, Kualitas produk, dan Kepercayaan merek berpengaruh secara signifikan dengan arah terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada pelanggan Aqua galon di Kota Semarang. Keywords:Citra MerekKualitas ProdukKepercayaan MerekKepuasan PelangganLoyalitas Pelanggan 

Page 1 of 1 | Total Record : 6