cover
Contact Name
Anita Nurgufriani
Contact Email
jurnalbahasatsb@gmail.com
Phone
+6285338894705
Journal Mail Official
jurnalbahasatsb@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan Taman Siswa No. 1 Palibelo, Bima, NTB 84173
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880316     EISSN : 26850133     DOI : https://doi.org/10.37630/jpb
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, seperti: Pendidikan bahasa Indonesia; Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA); Pengajaran dan pembelajaran; Bahasa dalam pendidikan; Linguistik; Pengembangan kurikulum bahasa; Tes bahasa; Sastra dalam dunia pendidikan dan pengajarannya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA" : 5 Documents clear
Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi dan Morfologi dalam Hasil Poster Siswa Kelas 8 SMP Zahra Salsabila
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpb.v13i2.1392

Abstract

Salah satu aspek yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam pembelajaran siswa-siswi adalah kesalahan berbahasa. Hal ini dikarenakan masih terdapat banyak siswa-siswi yang salah penggunaan bahasanya ketika menulis. Tentu hal tersebut akan memengaruhi kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa dalam tataran fonologi dan morfologi. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah hasil poster siswa-siswi kelas 8 SMP Islam Bakti 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik simak dan catat dengan mengkaji kesalahan berbahasa yang terdapat pada hasil poster peserta didik. Berdasarkan analisis data dalam tataran fonologi ditemukan penghilangan fonem, pengurangan fonem, dan perubahan fonem sedangkan dalam tataran morfologi ditemukan kesalahan penggunaan afiksasi, penulisan kata tidak baku, afiksasi yang tidak luluh, kata majemuk, dan proses reduplikasi. Adapun hasil data menunjukkan setidaknya terdapat 25 kesalahan dalam tataran fonologi. Kesalahan tersebut mencakup 3 aspek yang sudah dijelaskan di atas tadi. Kemudian dalam tataran morfologi menunjukkan 13 kesalahan penggunaan afiksasi, 3 penulisan kata tidak baku, 2 penulisan afiksasi yang tidak luluh, 3 penulisan kata majemuk, dan 4 penulisan yang termasuk proses reduplikasi.
Analisis Minat Literasi Membaca di Lingkungan Mahasiswa Fisika Angkatan 2023 Universitas Andalas Reifa Amalia Ramadini
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpb.v13i2.1443

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat literasi dikalangan mahasiswa Unversitas Andalas termasuk dalam kategori kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat, faktor dan solusi apa yang tepat untuk meningkatkan literasi dikalangan mahasiswa Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan google form dengan menyebarkan link melalui whatsapp kepada respoden. Berdasarkan hasil yang didapatkan sebanyak 70,4% menjawab kurangnya minat literasi, 29,6% menjawab minat literasi mahasiswa baik. Faktor yang menghambatnya sebanyak 66, 7% menjawab malas, 25,9% menjawab karena faktor lingkungan, 7,4% menjawab tidak ada waktu. Dari hasil yang diperoleh bisa dikatakan bahwa mahasiswa Universitas Andalas lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan. Hal ini dilakukan karena membaca buku adalah kegiatan yang sangat membosankan.
Analisis Kesalahan Kebahasaan dalam Penulisan Karya Ilmiah Berupa Laporan Praktikum Mikrobiologi Pertanian Mahasiswa Proteksi Tanaman Angkatan 2023 Universitas Andalas Zahara Ramadani
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpb.v13i2.1447

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kesalahan bahasa Indonesia dalam karya tulis ilmiah, (2) faktor penyebab kesalahan, dan (3) solusi untuk meminimalisasi kesalahan berbahasa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel tulisan karya ilmiah berupa laporan akhir praktikum Mikrobiologi Pertanian mahasiswa semester 1 jurusan Proteksi Tanaman. Teknik purposive sampling digunakan untuk memperoleh data penelitian serta melalui wawancara dan analisis dokumen. Model analisis interaktif digunakan sebagai teknik analisis data, teknik ini meliputi empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah 1) terdapat kesalahan kebahasaan yang meliputi 56% aspek kesalahan penulisan cetak miring, 14% aspek kesalahan penggunaan huruf kapital, 26,5% aspek kesalahan penulisan (typo), dan 3,5% aspek kesalahan semantik. 2) faktor yang menyebabkan kesalahan tersebut yaitu ketidaktelitian mahasiswa dalam mengindahkan kaidah kebahasaan, kurangnya pemahaman siswa dan cara penyampaian materi oleh dosen yang tidak efektif 3) solusi untuk mengatasi kesalahan berbahasa tersebut yaitu dengan meningkatkan ketelitian siswa dan dosen menggunakan bahan ajar yang dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran.
Novel Supernova: Akar Karya Dee Lestari Sebuah Tinjauan Referensi Dhini Alvionita
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpb.v13i2.1457

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mendeskripsikan referensi endofora dalam novel Supernova: AKAR karya Dee Lestari. Dalam hal ini, analisis referensi memfokuskan pada aspek referensi endofora. Teori ini sangat penting untuk mendukung dan mengembangkan pemahaman pembaca terhadap teks novel. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu kualitatif, teknik dalam pengambilan data ini menggunakan teknik mencatat dan mencermati. Hasil dari penelitian ini terdapat referensi anafora dan katafora, dan terdapat pronomina persona dan demonstrativa.
Implikasi Prinsip-Prinsip Dasar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Mulyadi Mulyadi
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpb.v13i2.1461

Abstract

Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia memerlukan prinsip-prinsip. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar. Metode penulisan dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat macam prinsip pembelajaranbahasa Indonesia di sekolah dasar yaitu prinsip kontekstual, prinsip integratif, prinsip fungsional, dan prinsip apresiatif. Agar tujuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat tercapai dengan baik, maka pembelajaran bahasa Indonesia yang dilaksanakan pendidik mengacu pada wawasan pembelajaran yang dilandasi keempat prinsip tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 5