cover
Contact Name
Sri Wahyuni
Contact Email
jurnal.nunchi@um-tapsel.ac.id
Phone
+6281260730297
Journal Mail Official
jurnal.nunchi@um-tapsel.ac.id
Editorial Address
PIAUD, Fakutas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Jl. Stn Mhd Arief No 32 , Kota Padangsidimpuan. jurnal.nunchi@um-tapsel.ac.id
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
Nunchi : Islamic Parenting Journal
ISSN : 30250382     EISSN : 30474043     DOI : http://dx.doi.org/10.31604/ipj
Nunchi : Islamic Parenting Journal adalah jurnal peer review yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Semua artikel akan dikirim langsung oleh penulis melalui OJS, kemudian artikel akan direview dan diseleksi untuk diterbitkan. Nunchi: Islamic Parenting Jurnal didedikasikan untuk bertukar hasil penelitian berkualitas dalam semua aspek pendidikan anak usia dini. Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal adalah kajian dan analisis penelitian yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini meliputi; masalah Parenting, kurikulum anak usia dini, strategi pembelajaran anak usia dini, media pembelajaran anak usia dini, inovasi pendidikan anak usia dini, manajemen pendidikan anak usia dini, penilaian perkembangan anak usia dini, pemberdayaan lingkungan anak usia dini, multipel Kecerdasan anak, pendidikan inklusif anak usia dini, perkembangan nilai moral dan agama anak usia dini, perkembangan fisik motorik anak usia dini, perkembangan sosial emosional anak usia dini.
Articles 15 Documents
Upaya Kepala Sekolah dalam Memotivasi Guru di RA Darul Ulum Kota Padangsidimpuan Rahmy Novita Sari; Rosmaimuna Siregar; Sri Wahyuni; Ferdiansyah Daulay
Nunchi : Islamic Parenting Journal Vol 1, No 1 (2023): Jurnal Nunchi (Islamic Parenting): Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/ipj.v1i1.40-48

Abstract

Penelitian ini membahas upaya kepala sekolah dalam memotivasi guru-guru di RA Darul Ulum Kota Padangsidimpuan serta mengungkapkan berbagai kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam memotivasi guru-guru tersebut. Rumusan masalah terdiri, pertama bagaimana upaya kepala sekolah dalam memotivasi guru di RA Darul Ulum. kedua kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam memotivasi guru. Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam memotivasi guru-guru RA/TK di Kota Padangsidimpuan, serta untuk mengungkapkan kendala-kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam memberi motivasi. Subjek penelitian kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan upaya kepala sekolah dalam memotivasi guru meliputi melakukan pembinaan dan pengembangan, menjalin komunikasi dan hubungan kerja yang baik, memberikan kesempatan untuk maju, serta pemberian penghargaan. Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam memotivasi guru yang terdiri faktor internal, kurangnya percaya diri guru, faktor eksternal sarana dan prasarana sekolah belum maksimal.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA LOOSE PART DI KELAS B TK SADAR BAKTI KECAMATAN SUNGAI AUR KABUPATEN PASAMAN BARAT Tri Daen Damerta; sri wahyuni; darliana sormin; jumaita nopriani lubis
Nunchi : Islamic Parenting Journal Vol 1, No 2 (2023): Nunchi: Islamic Parenting Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/ipj.v1i2.14790

Abstract

Because teachers often use whiteboard media to make students recognize the name of the letter but do not know the letter when asked. The purpose of the study was to see whether through loose part media can improve children's ability to recognize letters.This type of research is a class action research carried out in Class B of TK Sadar Bakti, Sungai Aur District, West Pasaman Regency. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation. The study was carried out with III cycles, each cycle 3 meetings. In each cycle has shown an increase in ability in children. The results of research in the first cycle showed an increase in the ability to recognize letters by 40%. Cycle II rose again by 66.67%. Scycle III grew rapidly by 93.33%. Thus, it is concluded that classroom action research using loose part media can improve children's ability to recognize letters.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH RUMAH TANGGA DI PAUD SAROHA DESA AEK NATAS ANGKOLA SELATAN Halimatus Sya'diyah; Rini Agustini; Jumaita Nopriani Lubis; Isma Ayurani
Nunchi : Islamic Parenting Journal Vol 1, No 1 (2023): Jurnal Nunchi (Islamic Parenting): Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/ipj.v1i1.1-12

Abstract

Kemampuan motorik halus anak usia dini di paud saroha belum berkembang secara optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan kegiatan kolase dengan media limbah rumah tangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase dengan memanfaatkan limbah rumah tangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subejek penelitian ini adalah peserta didik usia 5-6 tahun di PAUD Saroha desa Aek Natas Angkola Selatan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mendapatkan data analisis melalui observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus yang dirancang secara sistematis dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peningkatan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase dengan memanfaatkan limbah rumah tangga pada pra siklus rata-rata 1 dengan rata-rata persentase 6,7. Mlihat kemampuan motorik halus anak usia dini yang masih rendah maka di rncanakan siklus 1. Pada siklus 1 kemampuan motorik halus anak usia dini mulai meningkat dengan rata-rata 4,2 persentase sebanyak 28, pada siklus dua sudah mulai mengalami peningkatana dengan rata-rata 12,25 persentasenya sebanyak 81,6. Pada siklus dia kemampuan motorik halus anak usai dini sidah mengalami peningkatan namun belum sesuai dengan tingkat capaian yang di targetkan maka dilanjutkan pada siklu 3. Siklus tiga sudah mencapai rata-rata 13,75 dengan rata-rata persentase 91,6. Karena sudah mencapai target yang di harapkan maka penelitian dilaksanakan sampai siklus 3. Maka dapat disimpulan bahwa peningkatan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase dengan memanfaat kan limbah rumah tangga di PAUD Saroha Desa Aek Natas Angkola Selatan meningkat.
Analisis Penyebab Keterlambatan Berbicara Pada Anak Usia 3 Tahun Di Rumoh Terapi Tabina Mulya Riyyana; Jaizaton Muzil; Yeni Susanti; Hijriati Hijriati
Nunchi : Islamic Parenting Journal Vol 2, No 1 (2024): Jurnal Nunchi (Islamic Parenting Journal): Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/ipj.v2i1.16031

Abstract

Speech delays in children are part of the language development aspect. A child can be said to have Speech Delay if his speaking ability is far below the average for children his age. The aim of this research is to determine the causes of speech delays in 3 year old children at the Rumoh Terapi Tabina. The method used in this research is a qualitative description method. The qualitative description method is a method based on postpositivism that researchers use to study the condition of natural objects, according to visible facts. Researchers collected data using observation and documentation techniques. The results of this research indicate that the cause of children experiencing speech delays at the Rumoh Terapi Tabina is the lack of time between parents and children, where children are entrusted to their caregivers so that children do not receive optimal stimulation in the form of two-way communication. communication between parents and children. Then children are given the freedom to use gadgets. Another cause is the lack of friends of the child's age in the environment where the child lives, so that the child does not have friends to communicate with.
ARTI TANGISAN BAYI lily zefrina hasibuan; afriani harahap; rahmah yasrah dalimunthe
Nunchi : Islamic Parenting Journal Vol 1, No 2 (2023): Nunchi: Islamic Parenting Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/ipj.v1i2.14544

Abstract

Crying is the main communication medium for babies in presenting their desires to the environment, especially to mothers or babysitters. Some conditions that can cause babies to cry are when the baby feels hungry, uncomfortable, sleepy, in pain, and so on.  This research is a type of qualitative research that uses literature research methods. The purpose of this study was to find out what exactly the baby's cry meant. It is through crying that the baby conveys his wish that the mother or babysitter can fulfill his wish. If the mother or babysitter is wrong in fulfilling the baby's wishes, misunderstands the baby's wishes, then the baby will continue to cry until his wishes are fulfilled. Each cry can exhibit certain characteristics by acoustic signals that are classified based on the cause of the baby's crying. The development of infant speech increases with age and development of the baby. Environmental conditions and infant comprehension that will help in the learning process of baby speech, for example when the baby is less than 1 month old the intensity of crying will be higher than that of babies aged 9 months.
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KOLASE BERBAHAN ALAM DI KELAS B TK NUR ADILAH SIMANGAMBAT Sri Ulina; Rawalan Harapan Gaja; Isma Ayurani; Darliana Sormin; Jumaita Nopriani Lubis
Nunchi : Islamic Parenting Journal Vol 2, No 1 (2024): Jurnal Nunchi (Islamic Parenting Journal): Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/ipj.v2i1.16375

Abstract

Based on researchers' observations at Nur Adilah Simangambat Kindergarten, there were 10 children whose creativity had not yet developed with a percentage of 69%. To overcome this problem, researchers carried out research with the aim of increasing children's creativity through collage activities using natural materials. The type of research is Classroom Action Research (PTK) which consists of 2 cycles, per cycle 3 meetings with four stages, namely, planning, implementation, observation and reflection. The subjects in this study were 14 students in class B at Nur Adilah Kindergarten. In collecting data, researchers used observation, performance and documentation methods. This research is said to be successful if 11 children with a presentation of 80% are at the Developing According to Expectations stage. After the researcher carried out the research, the pre-cycle results showed that there were 0 children with a percentage of 0%, in cycle 1 there were 2 children with a percentage of 10%, in cycle 2 there were 12 children with a percentage of 84%, in accordance with the success target, so this research has been successful with The conclusion is that collage activities using natural materials can increase the creativity of children aged 5-6 years at Nur Adilah Simangambat Kindergarten.
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN ALFABET DI TK ABA 1 PADANGSIDIMPUAN Yusrani Yusrani; Darliana Sormin; Sri Wahyuni; Jumaita Nopriani Lubis
Nunchi : Islamic Parenting Journal Vol 1, No 1 (2023): Jurnal Nunchi (Islamic Parenting): Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/ipj.v1i1.13-22

Abstract

Kemampuan kognitif anak di TK ABA 1 Padangsidimpuan masih harus ditingkatkan, hal ini disebabkan kurangnya kreatifitas guru dalam penggunaan media pembelajaran Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan alfabet. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di TK ABA 1 Padangsidimpuan pada kelompok B yang berjumlah 15 anak dengan menggunakan metode Tanya jawab, praktek langsung, pemberian tugas. Teknik pengumpulan data berupa observasi, format hasil penelitian dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Di setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak. Hasil penelitian pada kondisi awal rendahnya kemampuan kognitif anak melalui permainan. Pada siklus I, perkembangan kognitif anak mulai meningkat dapat dilihat pada akhir siklus I nilai rata-rata persentase sebesar 31% dan mengalami kenaikan lagi pada akhir siklus II menjadi 76%. Dengan demikian disimpulkan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan permainan alfabet dapat meningkatkan kemampuan kogniif anak.
PRINSIP PERKEMBANGAN ANAK DALAM KANDUNGAN ropikah amelia; halijah mikenola; muhammad mizwar pasaribu; rahul pasaribu; rahmah yasrah dalimunthe
Nunchi : Islamic Parenting Journal Vol 1, No 2 (2023): Nunchi: Islamic Parenting Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/ipj.v1i2.14546

Abstract

Basic principles of student learning development to facilitate the teaching and learning process. Education is an effort to create an environment for children that can stimulate the development of their potential and will bring about desired changes in their habits and attitudes. So, these students will be assisted by teachers, parents and other adults to utilize the capacity and potential they carry in achieving the growth and development they desire. In achieving student development maturity, it turns out that there are many principles that exist in the development process. This principle must be understood by every teacher or leader in education so that there is formation/maturation of the development experienced by students and makes it easier for educators or educational leaders to create a curriculum or educational program that will suit the students.
Analisis Bibliometrik (2012-2023): Penyebab Penyakit Marasmus Yang Terjadi Pada Anak Usia Dini Agis Tiara; Anisa Pratama; Miftha Khaeronnisa; Syahla Magfisyah; RR. Deni Widjayatri
Nunchi : Islamic Parenting Journal Vol 2, No 1 (2024): Jurnal Nunchi (Islamic Parenting Journal): Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/ipj.v2i1.15886

Abstract

Marasmus is a form of malnutrition in which the amount of protein and calories consumed does not meet the body's needs, resulting in an energy deficit in the body. The purpose of this analysis is to analyze the causes of marasmus disease that occurs in early childhood so that readers can find out what symptoms if the child is affected by marasmus disease. The research method used is a literature review using bibliometric analysis of literature studies and the Publish or Perish application with Google Scholar as a data base. After narrowing the results by selecting a special topic on 'Causes of Marasmus Disease That Occurs in Early Childhood', 186 related articles were obtained for review from 1000 articles from the initial search results. Then the VOSViewer meta data application was used to visualize the research trend. The results showed that the classification of analysis on the Causes of Marasmus Disease That Occurs in Early Childhood was divided into 4 clusters. (green and red). Thus, our findings indicate that the main causes of marasmus in early childhood are malnutrition, infection, and environmental factors.
SEJARAH BERDIRINYA PENDIDIKAN RAUDHATUL ATHFAL (RA) AL QUR’AN ULFAH DI PADANGSIDIMPUAN Rahmah Rahmah; Darliana Sormin; Sri Wahyuni; Rahmah Yasrah
Nunchi : Islamic Parenting Journal Vol 1, No 1 (2023): Jurnal Nunchi (Islamic Parenting): Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31604/ipj.v1i1.23-30

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana latar belakang berdirinya RA Al Qur’an Ulfah, mulai dari inisiator pendirian, upaya pendirian, jumlah siswa, guru, kepala sekolah pertama dan untuk mengetahui mengetahui bagaimana sejarah berdirinya pendidikan Raudhatul Athfal (RA) Al Qur’an Ulfah di Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dengan menggunakan tehnik wawancara, bobservasi dan dokumentasi. Perkembangan RA Al Qur’an Ulfah Padangsidimpuan  saat ini dimana tiap tahunnya murid selalu berkembang atau bertambaah jumlah muridnya yang saat ini sudah mencapai rata-rata 300 yang diwisuda tiap tahunnya,  administrasi/manajemen sekolah RA Al-Quran Ulfah Padangsidimpuan sudah memiliki kurikulum/ pembelajaran, ketenagaan, sarana dan prasarana, keuangan, hubungan masyarakat, layanan khusus, administrasi kelas, yang sudah memadai dan berjalan sebagaimana mestinya serta sudah dilaksanakan seperti hubungan kepala sekolah dan guru-guru hubungan guru dan guru hubungan kepala sekolah dan siswa hubungan kepala sekolah dan orang tua hubungan guru dan orang tua sudah berjalan dan dilaksanakan sebagaimana seharusnya dan akan terus dikembangkan untuk memperoleh hasil yang lebih baik lagi.

Page 1 of 2 | Total Record : 15