cover
Contact Name
Usep Saepul Mustakim
Contact Email
serumpunmendidik@gmail.com
Phone
+6287773362340
Journal Mail Official
serumpunmendidik@gmail.com
Editorial Address
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Syekh Manshur Jalan Raya Labuan Kilometer 5 Kadulisung Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten Indonesia, 42253.
Location
Kab. pandeglang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
ISSN : -     EISSN : 30473535     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik (SM) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Syekh Manshur. Jurnal ini dapat dijadikan sebagai wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti pada semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal SM ini terbit perdana pada tahun 2024 dan terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari (Semester Ganjil) dan Juli (Semester Genap) dengan harapan dapat memberikan kemudahan bagi Author untuk submit tulisan hasil penelitian terbaiknya disini.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik" : 4 Documents clear
SASARAN SIKAP PROFESIONAL DAN PENGEMBANGAN SIKAP PROFESIONAL GURU Ratna Dewi
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru merupakan sosok yang begitu dihormati karena memiliki sumbangan yang cukup besar terhadap kcberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mencapai kemampuan optimalnya. Ketika orang tua mendaftarkan anaknya di setiap jenjang pendidikan pada sekolah tertentu, pada saat itu juga ia menaruh harapan cukup besar terhadap guru, agar anaknya dapat memperoleh pendidikan, pembinaan dan pembelajaran serta bimbingan sehingga anak tersebut dapat berkembang secara optimal
ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENATAAN DENAH TEMPAT DUDUK Qiqi Alawiyah, Ajeng Muliasari , Nurul Ilma, Jihan Nurathifah, Risma Rahmayanti, Mala Awaliah, Sulis
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui minat belajar siswa dalam penataan denah tempat duduk siswa berbentuk letter U dan segitiga ditengah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode Kualitatif Deskripti dengan mengikuti langkah-langkah metode yaitu: 1)Rancangan penelitian. 2)Populasi dan sampel, 3)Teknik pengmpulan data dan 4)Teknik analisis data. Adapun hasil yang didapatkan dari respon siswa terkait penataan denah tempat duduk siswa dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa yaitu aspek antusias mendapatkan persentase sebesar 7%, aspek perhatian sebesar 24%, aspek keaktifan 32% dan aspek kefokusan sebesar 37%. Yang melatar belakangi aspek antusias mendapatkan persentase paling rendah, karena adanya karakter guru yang tegas di SDN Pasirhuni yang menjadikan siswa memberikan respon antusias menjadi aspek terendah. Namun, dengan penataan denah tempat duduk ini dapat dikatakan berhasil karena aspek perhatian, keaktifan dan kefokusan mendapatkan persentase yang signifikan yang menjadikan minat siswa dalam belajar menjadi meningkat.
ANALISIS PERAN PENGAJAR TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGI SISWA Mia Rismawati, Omah Mukarromah, Yeni Sulaeman, Rifki Arif Nugraha, Usep Saepul Mustakim
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil observasi peneliti di SD Mandalawangi 3 pada 8 Mei 2024 diperoleh data secara umum siswa terlihat aktif mengikuti kegiatan pembelajaran karena peran pengajar yang baru mereka temui seperti mahasiswa sebagai peneliti di sekolah tersebut ada pengaruhnya dengan hal tersebut terhadap psikologi anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang baik didalam kelas. Berbagai jenis aktifitas yang termasuk dalam psikologis anak sangat menarik serta dikaji untuk selanjutnya peniliti mengambil judul analisis peran pengajar terhadap perkembangan psikologis anak di kelas III SD Mandalawangi 3 dan mengkaji tentang gambaran psikologi anak yang mencakup kognitif, afektif dan psikomotorik. akibatnya tahap perkembangan pra-operasional ketika anak sudah berpikir konkret, adalah fokus dari hasil pengamatan i.ni. Fokus pertumbuhan pada pengamatan ini adalah pada tahap mesosistem, dimana terdapat interaksi antara tahap mikrosistem, seperti hubungan antara pengalaman keluarga dengan pengalaman sekolah. Dari hasil penelitian psikomotorik ini siswa mampu mengembangkan kemandiriannya seperti : menolong diri sendiri, membantu orang lain, keterampilan disekolah misal menyapu, mengepel dan juga ketrampilan saat bermain.
ANALISIS PENATAAN RUANG KELAS DALAM MELIHAT RESPON SISWA Neneng Kurniasih, Ajeng Muliasari, Filda Halimatuzzahroh, Anggun Nurlaila, Siti Haeriyah, Ratu Natas
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penataan Ruang Kelas merupakan salah satu elemen penting dalam pengelolaan kelas yang berpengaruh langsung pada kualitas pembelajaran. Menata ruang kelas dengan cermat tidak hanya memperhatikan aspek estetika tetapi juga memprioritaskan kebutuhan operasional dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Aktivitas anak didik dan mobilitas belajar sangat tinggi. Dimana  anak  didik  dituntut  untuk  belajar  mandiri,  mengerjakan  tugas,  mengambil  dan mengembalikan   bahan   belajar, melakukan   pengamatan   baik   secara individual  maupun  kelompok,  semuanya  dilakukan  secara  terarah  dan  tidak  diawasi  guru secara terus menerus. Metode penelitian ini menggunakan  kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk menggali dan mengungkap bagaimana penataan ruang kelas dapat membentuk dan mempengaruhi respons siswa kelas 2 di SDN Kalanggunung Cipeucang pandeglang. Studi ini menemukan bahwa 3% siswa percaya bahwa lingkungan belajar mereka tidak memadai, yang menyebabkan tantangan yang signifikan dalam lingkungan pembelajaran mereka. Seringkali mereka tidak memiliki postur yang tepat, posisi yang benar, dan konsentrasi yang baik. 26% siswa percaya lingkungan belajar mereka baik, tetapi masih ada area untuk perbaikan. 36% siswa percaya bahwa lingkungan belajar mereka baik, dan 40% siswa percaya lingkungan pembelajaran mereka ideal. Faktor-faktor yang berkontribusi pada ini termasuk postur yang baik, manajemen ruang yang efisien, dan dekorasi yang baik. Siswa didorong, termotivasi, dan terinspirasi oleh lingkungan belajar mereka.

Page 1 of 1 | Total Record : 4