cover
Contact Name
Lalu Usman Ali
Contact Email
ahsjurnal@gmail.com
Phone
+6285333491112
Journal Mail Official
ahsjurnal@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Kila Rengganis Blok E5 Bajur Kecamatan Labuapi, Kab. Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 83361
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Semesta
ISSN : -     EISSN : 29868874     DOI : -
Core Subject : Education,
SEMESTA : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran [e-ISSN: 2986-8874] adalah Jurnal Open Access yang diterbitkan oleh Yayasan Alpatih Harapan Semesta. SEMESTA membahas terkait tentang dinamika ilmu pendidikan dan pengajaran yang terjadi dalam konteks masyarakat di tingkat Pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Penulis bisa berasal dari mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, maupun pemerhati pendidikan dan pengajaran. Jurnal SEMESTA dimaksudkan untuk mengkomunikasikan penelitian asli dan isu terkini tentang pendidikan dan pengajaran termasuk: penelitian tentang strategi pembelajaran dan pengajaran, pengembangan kurikulum, penilaian dan pengembangan materi, Inovasi Pembelajaran guru, Pendidikan Dasar, Penelitian Tindakan Sekolah dan kebijakan evaluasi pendidikan. Jurnal SEMESTA menerbitkan artikel penelitian yang bersifat komprehensif dengan mengundang ulasan dari para ahli terkemuka di bidangnya. Makalah yang masuk akan ditinjau oleh rekan sejawat dan dipilih berdasarkan studi ilmiah yang tinggi dan kemampuan untuk memberikan kontribusi penting di lapangan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2023): November 2023" : 6 Documents clear
Pengaruh Bulliying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Riska Candrawati; Agung Setiawan
SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2023): November 2023
Publisher : Alpatih Harapan Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dampak perilaku bullying terhadap motivasi belajar peserta didik di SDN Tanjung Jati 2 Kamal Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui  (1) bagaimana jenis bullying yg terjadi pada SDN Tanjung Jati 2 Kamal  (2) bagaimana akibat yang ditimbulkan dari bullying terhadap motivasi belajar peserta didik pada SDN Tanjung Jati 2 Kamal (3) untuk mengetahui kontribusi apa saja yang sudah dilakukan oleh sekolah dalam menangani bullying. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan pada penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dimana penelitian ini mengharuskan peneliti untuk terjun langsung kelapangan guna memperoleh data yang diharapkan.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan konklusi/ verifikasi data. yang akan terjadi dari penelitian ini adalah tindakan bullying yang sering terjadi pada SDN Tanjung Jati 2 Kamal adalah bullying fisik, bullying verbal serta bullying mental serta adanya dampak yang disebabkan sang sikap bullying terhadap motivasi belajar peserta didik sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik
Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf Melalui Pendekatan Konstruktivisme Muatan Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V SDN Karangasem Mojokerto Adella Tiara Bintara Firdaus; Agung Setiawan
SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2023): November 2023
Publisher : Alpatih Harapan Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada peserta didik kelas V SDN Karangasem Mojokerto, dikarenakan adanya permasalahan yaitu hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya kemampuan menemukan ide pokok paragraf masih rendah. Melalui pendekatan konstruktivisme permasalahan ini dicoba untuk diperbaiki dan ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mencari ide pokok paragraf peserta didik kelas V di SDN Karangasem Mojokerto. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian SDN Karangasem Mojokerto. Subjek penelitan ini adalah peserta didik kelas V SDN Karangasem Mojokerto, yang berjumlah 11 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian menggunakan beberapa metode penelitian yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Oleh sebab itu, data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran kondisi kelas. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif dengan mencari nilai rerata. Hasil penelitian ini bahwa setelah menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil kemampuan mencari ide pokok paragraf pada mata pelajaran bahasa indonesia di SDN Karangasem Mojokerto. Hasil belajar yang diperoleh adalah peningkatan hasil belajar peserta didik sesuai dengan ketuntasan yaitu 74. Peserta didik yang mendapat nilai ketuntasan (74) sebelum penelitian sebanyak 3 peserta didik (33%), siklus I sebanyak 5 peserta didik (54,5%), dan siklus II sebanyak 9 peserta didik (81,8%). Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan mencari ide pokok paragraf peserta didik kelas V di SDN Karangasem Mojokerto.
Profil Capaian Iklim Kebhinekaan Jenjang Sekolah Dasar di Provinsi NTB Berbasis Rapor Pendidikan 2023 Bakhtiar Ardiansyah
SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2023): November 2023
Publisher : Alpatih Harapan Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to provide an overview regarding the map of educational quality achievements, especially the climate of diversity at the elementary school level throughout NTB Province using the Education Report Card database issued in 2023. This research is descriptive research with data reduction methods. The data source uses educational report card achievement data, especially diversity climate achievements in each district/city throughout NTB Province as well as documentation from the Character Strengthening Center and several educational units in NTB Province.  The research results provide information that the majority of educational units are in the Good category (57.86% to 91.57%). Most also experienced an increase in achieving a climate of diversity.
Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas III Di SDN Gladak Anyar 4 Shinta Oktafiana; Triyana Fadilah Amir; Putri Novi Astuti
SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2023): November 2023
Publisher : Alpatih Harapan Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dari hasil observasi dikelas III SDN Gladak Anyar 4 yang sudah dilakukan oleh peneliti terlihat bahsa peserta didik masih mempunyai semangat belajar yang rendah, sebagian dari peserta didik masih belum tekun dalam mengerjakan tugas. Untuk mengatasi masalah yang dialami oleh peserta didik maka penelitian ini menggunakan model pembelajaran role playing, dimana role playing ini merupakan model pembelajaran bermain peran sehingga mampu meningkatkan semangat belajar peserta didik kelas III di SDN Gladak Anyar 4. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas III SDN Gladak Anyar 4 yang berjumlah 23 peserta didik. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya kondisi awal baru 50% atau 11 peserta didik yang termasuk dalam kategori mempunyai semangat belajar baik. Dari temuan tersebut maka peneliti menggunakan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik kelas III. Terjadi peningkatan sebesar 72,72% pada siklus I dari 16 peserta didik mempunyai semangat belajar dalam kategori baik. Hal ini terbukti bahwa pada siklus I terjadi peningkatan dari semangat belajar peserta didik, namun peningkatan tersebut belum dikatakan berhasil. Halini dikarenakan persentase peserta didik yang mencapai kategori baik belum mencapai 80%. Hasil pengamatan siklus II mengalami peningkatan 95,45% atau 21 peserta didik yang memiliki semangat belajar kategori minimal baik. Selain itu hasil refleksi menunjukkan bahwa suasana pembelajaran lebih optimal dan efektif pada pelaksanaan siklus II ini. Sebagian besar peserta didik lebih aktif falam proses pembelajaran ataupun bermain peran.
Manfaat Pembelajaran Olah Tubuh Dalam Membentuk Wiraga Seorang Penari Di Sanggar Sak Sak Dance Production Kota Mataram Nusa Tenggara Barat Ariani; Ni Made Ria Taurisia Armayani; Yani Timor Prajawati
SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2023): November 2023
Publisher : Alpatih Harapan Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is to describe the benefits of body exercise learning in forming wiraga a dancer's dance production. The background of this research is that body movements are very influential on the wiraga of professional dancers, namely to form wiraga dancers, prepare the body for movement, flexibility, strength, endurance, endurance and breathing with the many benefits of exercise training, but there are still many professional dancers who have not know it, and this research aims to form wiraga a professional dancer. This study uses descriptive qualitative research, with the data sources used are primary data obtained from interviews of trainers and students and secondary data obtained from library data: books, theses, and journals. Data collection techniques used are non-participant observation, structured interviews, documentation and then analyzed in stages, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of the study can be concluded that 1) The learning process for bodybuilding in the sak sak dance production is divided into several stages, namely: warm-up exercises, core exercises, cooling exercises and balance exercises with a training time of 10-30 minutes, 2) Obstacles in learning exercise in the studio sak sak dance production , namely there are some movements that are too difficult such as kayaking, split, roll and body balance, mood changes and movement equations, 3) The benefits of learning body exercise in the sak sak dance production are being able to shape, flex the body, endurance, balance, endurance, student skills and very influential on student achievement in dance competitions and events and can make the province of West Nusa Tenggara proud;
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi  Belajar Santri Kelas IX MTs Abdurrahman Al-Fatih Bengkulu Sandra Hidayat; Alimni
SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 3 (2023): November 2023
Publisher : Alpatih Harapan Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi langkah-langkah yang diambil oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri terkait pendidikan agama Islam di MTs Abdurrahman Al-Fatih Bengkulu. Fokus utama pada penelitian mencakup analisis terhadap upaya guru dalam meningkatkan semangat belajar santri dan identifikasi kendala yang dihadapi oleh santri selama proses pembelajaran agama Islam. Pendekatan kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menggambarkan bahwa guru pendidikan agama Islam (PAI) di MTs Abdurrahman Al-Fatih Bengkulu telah berhasil dengan cukup baik dalam meningkatkan motivasi belajar Santri kelas IX dengan upaya penerapan metode pembelajaran seperti ceramah (satu arah), tanya jawab (dua arah), dan diskusi dalam pengajaran agama Islam. Selain itu, guru memberikan tugas individu, memberikan apresiasi kepada santri yang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, dan memberikan penilaian pada setiap kegiatan pembelajaran agama Islam. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6