cover
Contact Name
Edi Kurniawan
Contact Email
jurnal@poltekpelsumbar.ac.id
Phone
+62811662266
Journal Mail Official
edi@poltekpelsumbar.ac.id
Editorial Address
LPPM Politeknik Pelayaran Sumatera Barat Jl. Syeh Burhanuddin No.1, Korong Tiram, Ulakan Tapakis, Padang Pariaman, West Sumatra, Indonesia 25572
Location
Kab. padang pariaman,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Cakrawala Bahari
ISSN : 27211703     EISSN : 28094727     DOI : https://10.70031
Core Subject : Engineering,
Jurnal Cakrawala Bahari ISSN: 2809-4727 (Electornic) is a peer-reviewed scientific and open access journal published by Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. The journal is dedicated to disseminating the conceptual thoughts, ideas, and research results that have been achieved in the area of maritime. It brings together papers on the different topics that concern the maritime industry. It provides the latest findings and analyses. Emphasis is placed on the port, shipping business, logistics, ship electrical technology, ship operation technology, ship machining technology, shipping information and communication technology, marine environment, maritime HR development, shipping safety, and shipboard levels.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Cakrawala Bahari" : 5 Documents clear
Pengaruh penanganan operasional bongkar – muat terhadap produktivitas petikemas di Pt. Tangguh samudera jaya Jakarta Adhi Pratistha Silen
Jurnal Cakrawala Bahari Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Cakrawala Bahari
Publisher : Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70031/jkb.v4i1.24

Abstract

Dalam penulisan ini, penulis menjabarkan tentang teori-teori yang terkait dengan penanganan bongkar/muat, faktor yang mempengaruhi belum lancarnya dalam operasional bongkar/muat dan upaya yang dilakukan dalam penanganan proses bongkar/muat agar berjalan dengan lancar yang disebutkan dalam kerangka berfikir penelitian dan definisi operasinal yang penulis gunakan. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, dilakukan penelitian tentang penaganan proses bongkar/muat di PT. Tangguh Samudera Jaya Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang berisi tentang pengamatan secara sistematis, logis, dan berdasarkan pada objek yang diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penanganan operasional bongkar muat yang belum efektif di PT. Tangguh Samudera Jaya Jakarta serta mengetahui kendala – kendala apa saja yang dihadapi dalam penanganan operasional bongkar muat di PT. Tangguh Samudra Jaya Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian ini, dalam penanganan bongkar/muat yang terjadi akibat faktor-faktor seperti; faktor alam, faktor sumber daya manusia, dan faktor kurang lancaranya komunikasi yang ada yang sangat berpengaruh dalam proses tersebut. Pada akhirnya, dapat disimpulkan bahwa pengaruh penanganan operasional bongkar muat terhadap produktivitas petikemas memberikan dampak yang positif bagi kemajuan perusahaan tersebut. Selain itu sebagai penyedia jasa yang baik, perusahaan juga berkewajiban menyelesaian berbagai permasalahan yang muncul yaitu kurangnya efisien pelayanan bongkar/muat akibat dari kendala yang terjadi dalam proses bongkar muat petikemas. Dalam mengatasi permasalahan tesebut, harus dapat segera mungkin diambil solusi yang tepat dan bijak sehingga semuanya dapat diselesaikan dengan baik.
Pengaruh penerapan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar taruna Juliandri Hasnur; Melda Yanti; Edi Kurniawan
Jurnal Cakrawala Bahari Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Cakrawala Bahari
Publisher : Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70031/jkb.v4i1.25

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya nilai taruna pada mata kuliah Kepabeanan dilihat dari nilai kemampuan awal taruna pada materi sebelumnya. Pembelajaran masih menggunakan metode konvensional ceramah dan hanya terfokus pada pengajar dalam pembelajaran, sehingga perlu diterapkan metode yang lebih bervariasi agar taruna lebih aktif dalam proses perkuliahan. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan inovasi dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan nantinya adalah pembelajaran Tutor Sebaya. Hasil penelilitan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar taruna ditinjau dari kemampuan awal saat belajar dengan menggunakan metode tutor sebaya. Selanjutnya, terdapat interaksi hasil belajar metode belajar tutor sebaya dan kemampuan awal taruna pada pembelajaran Kepabeanan. Jadi, penerapan Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar taruna pada mata kuliah Kepabeanan.
Pengembangan modul pembelajaran teknologi informatika berbasis android program studi transportasi laut politeknik pelayaran Sumatera Barat Jose Beno; Edi Kurniawan; M. Kurniawan
Jurnal Cakrawala Bahari Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Cakrawala Bahari
Publisher : Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70031/jkb.v4i1.26

Abstract

Penelitian ini berawal masa pandemi Covid-19 inovasi pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran jarak jauh melalui daring Whatapps Grup, Zoom Meeting dan Google Class Room. Berdasarkan hal tersebut terkait belum adanya modul aplikatif berbasis Android pada kuliah Teknologi Informatika, sehingga perlu dilakukan pengembangan modul pembelajaran agar membantu belajar mandiri yang terstruktur, sistemetis dan praktis. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan media pembelajaran yang lebih baik dalam memahami, mengerjakan dan menyimpulkan materi mata kuliah Teknologi Informatika. Pengembangan media pembelajaran tersebut akan diuji cobakan, diterapkan dan dievaluasi agar mendapatkan hasil yang kreatif dan inovatif dengan luaran penelitian yang ditargetkan adalah jurnal lokal.
Peranan kepemimpinan dalam meningkatkan motivasi kerja di atas kapal Mv. heng heng Chanra Purnama
Jurnal Cakrawala Bahari Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Cakrawala Bahari
Publisher : Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70031/jkb.v4i1.27

Abstract

Peranan pemimpin untuk memberikan motivasi kerja kepada anak buah kapal sangat dibutuhkan untuk memberikan dorongan dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan di atas kapal dan tidak terjadi penundaan dan penumpukan. Penellitian ini berlokasi pada kapal MV. Heng Heng dengan menggunakan metode wawancara antara penulis dengan ABK dan Perwira di atas kapal tentang peranan pemimpin dalam meningkatkan motivasi kerja ABK di atas kapal MV. Heng Heng. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah : Pertama bahwa motivasi kerja ABK di atas kapal MV. Heng Heng dipengruhi oleh dua faktor yaitu faktor umur yang dominan ABK berumur 20 - 30 tahun dan faktor ijazah dimana ABK dominan berijazah BST saja. Kedua dari hasil wawancara yang telah dilakukan mayoritas ABK yang menyatakan bahwa pemimpin di atas kapal kurang berperan dalam meningkatkan motivasi kerja kepada ABK dan hal ini dibuktikan dengan hasil rekapitulasi pendapat dan dinyatakan bahwa pemimpin kurang berperan.
Strategi coping dalam menghadapi stres pada taruna/i penyusun karya tulis akhir Mochamad Ely Ridwan; Achmad Ali Mashartanto; Syafni Yelvi Siska
Jurnal Cakrawala Bahari Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Cakrawala Bahari
Publisher : Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70031/jkb.v4i1.28

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya taruna/i yang merasa stres untuk menyusun karya tulis akhir. Oleh karena itu perlu ditinjau hal apa saja yang menjadi sumber stres taruna/i dalam menyusun karya tulis akhir. Selain itu, perlu diketahui strategi coping seperti apa yang digunakan oleh taruna/i tersebut untuk mengantisipasi sumber stres mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sumber stres yang dialami taruna/i angkatan III dalam menyusun karya tulis akhir dan mengidentifikasi strategi coping yang digunakan oleh taruna/i dalam menghadapi sumber stres mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 2 sumber stres yang dominan yang dialami oleh sebagian besar taruna/i yaitu krisis keadaan mendadak (34,2%) dan perkembangan kepribadian (33,3%). Selanjutnya, taruna/i menggunakan 3 jenis strategi coping dalam mengatasi stres, yaitu problem-focused coping (PFC) 42,5%, emotion-focused coping (EFC) 50% dan pshyshology-based coping (PBC) 43,18%. Dari ketiga macam strategi coping tersebut, yang paling banyak digunakan oleh taruna/i dalam mengatasi sumber stres adalah emotion-focused coping (EFC).

Page 1 of 1 | Total Record : 5