cover
Contact Name
Edi Kurniawan
Contact Email
jurnal@poltekpelsumbar.ac.id
Phone
+62811662266
Journal Mail Official
edi@poltekpelsumbar.ac.id
Editorial Address
LPPM Politeknik Pelayaran Sumatera Barat Jl. Syeh Burhanuddin No.1, Korong Tiram, Ulakan Tapakis, Padang Pariaman, West Sumatra, Indonesia 25572
Location
Kab. padang pariaman,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Cakrawala Bahari
ISSN : 27211703     EISSN : 28094727     DOI : https://10.70031
Core Subject : Engineering,
Jurnal Cakrawala Bahari ISSN: 2809-4727 (Electornic) is a peer-reviewed scientific and open access journal published by Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. The journal is dedicated to disseminating the conceptual thoughts, ideas, and research results that have been achieved in the area of maritime. It brings together papers on the different topics that concern the maritime industry. It provides the latest findings and analyses. Emphasis is placed on the port, shipping business, logistics, ship electrical technology, ship operation technology, ship machining technology, shipping information and communication technology, marine environment, maritime HR development, shipping safety, and shipboard levels.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2023): Jurnal Cakrawala Bahari" : 5 Documents clear
Optimalisasi Persiapan Ruang Muat untuk Kelancaran Memuat pada Mt. Nova Naomi Rismi Hani; Naf'an Arifin; Juliandri Hasnur
Jurnal Cakrawala Bahari Vol. 6 No. 1 (2023): Jurnal Cakrawala Bahari
Publisher : Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70031/jkb.v6i1.46

Abstract

Kurangnya aspek pendukung dalam persiapan ruang muat menjadi penghambat persiapan ruang muat, dan merugikan pihak perusahaan dalam mewujudkan kesiapan ruang muat yang maksimal di atas kapal. Penelitian ini bertujuan penelitian untuk mengetahui manajemen persiapan ruang muat, kendala yang dihadapi dalam persiapan ruang muat dan mengetahui upaya yang harus dilakukan guna menghindari keterlambatan proses persiapan ruang muat untuk proses pemuatan di kapal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari interview manajemen persiapan ruang muat, data observasi secara langsung di lapangan. hasil dokumentasi yang memberikan gambaran lebih jelas mengenai informasi yang disampaikan. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi persiapan ruang muat dapat memperlancar pemuatan dalam kapal MT. Nova Naomi. Hal tersebut dilakukan dengan menyusun manajemen persiapan yang dilakukan dalam sebuah kegiatan persiapan ruang muat, dan mengetahui upaya yang dilakukan dalam persiapan ruang muat dalam hal waktu dan peralatan untuk meningkatkan ketelitian dalam persiapan ruang muat.
Analisis Penyebab Jangkar Larat di KM. Kendhaga Nusantara 4 Saat Berlabuh Nadha Rafiudin; Syafni Yelvi Siska; Melda Yanti
Jurnal Cakrawala Bahari Vol. 6 No. 1 (2023): Jurnal Cakrawala Bahari
Publisher : Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70031/jkb.v6i1.47

Abstract

Kegiatan berlabuh jangkar para awak harus tetap dalam kondisi siap siaga. Agar tidak terjadi lagi kecelakaan seperti jangkar larat tersebut dan juga untuk mengetahui apa saja penyebab dari jangkar larat saat berlabuh Pada tanggal 18 November 2022 saat KM. Kendhaga Nusantara 04 sedang berlabuh jangkar di anchorage area Makassar, kapal mengalami jangkar larat yang mengakibatkan kapal hampir kandas menabrak break water. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya jangkar larat pada KM. Kendhaga Nusantara 04 sehingga kegiatan berlabuh jangkar dapat dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses dan prespektif subyek lebih ditonjolkan dalam penelitian ini. Hasil penilitian menunjukan bahwa faktor yang menyebabkan jangkar larat di KM. Kendhaga Nusantara 04 adalah kurangnya kesadaran crew terhadap pentingnya proses berlabuh jangkar, pemilihan tempat berlabuh yang kurang tepat dan juga pelaksanaan proses berlabuh jangkar yang kurang tepat sesuai prosedur, kurangnya pengecekan serta perawatan terhadap peralatan berlabuh seperti jangkar, rantai jangkar, dan juga windlass.
Analisis Kendala dalam Proses Tank Cleaning terhadap Kelancaran Loading Cargo di Spob. Seroja II Muhammad Rezki Albani; Edi Kurniawan; Sarifuddin Sarifuddin
Jurnal Cakrawala Bahari Vol. 6 No. 1 (2023): Jurnal Cakrawala Bahari
Publisher : Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70031/jkb.v6i1.48

Abstract

Crew kapal melaksanakan tank cleaning muatan CPKO (Crude Palm Kernel Oil) akan diganti dengan RBD PALM OLEIN dengan target tank cleaning selama 10 jam, namun kenyataan yang terjadi dilapangan crew kapal tidak dapat menyelesaikan tank cleaning dengan tempo waktu 10 jam dikarenakan beberapa faktor yang ditemukan: jumlah alat kebersihan yang minim, APD yang tidak memadai, kondisi cuaca yang buruk. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan tipe penelitian induktif. Dengan cara peneliti menganalisis hasil dari observasi, wawancara serta dokumentasi tentang pelaksanaan pembersihan ruang muat (tank cleaning) yang baik. Hasil yang diperoleh dari penelitian di kapal SPOB. SEROJA II, yaitu: (1) Pelaksanaan pembersihan ruang muat dapat berjalan baik tergantung pada perencanaan, kegiatannya, pengorganisasian tugas serta tanggung jawab yang baik oleh crew kapal, (2) Crew kapal mengabaikan prosedur dan keselamatan kerja saat melaksanakan pembersihan ruang muat seperti mengabaikan kadar oksigen di ruang muat, tidak menyiapkan peralatan dengan baik, dan tidak memakai alat pelindung diri dengan benar.
Optimalisasi Kinerja Sea Water Service Pump di Kapal MV. Perkasa Rafly Ingwar; Langandriansyah Dwi Yatno; Muhammad Kurniawan
Jurnal Cakrawala Bahari Vol. 6 No. 1 (2023): Jurnal Cakrawala Bahari
Publisher : Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70031/jkb.v6i1.52

Abstract

Latar belakang yang mendasari penulisan penelitian ini adalah pentingnya perawatan Sea Water Service Pump untuk mengoptimalkan kinerja Sea Water Service Pump dikapal MV. PERKASA, dengan dasar pemikiran tersebut penulis memberikan rumusan masalah apa faktor penyebab kinerja Sea Water Service Pump tidak optimal, bagaimana cara mengatasi Sea Water Service Pump yang tidak optimal dan bagaimana sistem perawatan yang tepat pada Sea Water Service Pump. Data yang diperoleh adalah data yang dikumpulkan dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah kurangnya perawatan pada sea water service pump yang diakibatkan oleh kurangnya penerapan PMS, Dampak dari kurang optimalnya perawatan Sea Water Service Pump adalah Kurangnya Tekanan Isap Pada Sea Water Service Pump, kotornya filter sea chest, menurunnya kinerja impller dan kebocoran pada bagian gland packingyang mengakibatkan sistem pendingin menjadi tidak sempurna. Upaya yang dilakukan adalah melakukan perawatan sesuai dengan PMS, Membersihkan filter suction pompa, Membersihkan saringan utama Sea chest, Membersihkan sudu sudu impeller dan mengganti gland packing yang bocor sesuai ketentuan dari pompa
Analisa Turunnya Kinerja Pompa Air Laut pada Proses Pendinginan Mesin Induk di Kapal KM Surya Pioneer Rahman Illahi; Sarifuddin Sarifuddin; Nelfi Erlinda
Jurnal Cakrawala Bahari Vol. 6 No. 1 (2023): Jurnal Cakrawala Bahari
Publisher : Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70031/jkb.v6i1.53

Abstract

Menjaga kinerja pompa air laut sebagai pendingin mesin di kapal KM Surya Pioneer sangat penting dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pompa air laut dan upaya untuk menjaga kinerja pompa air laut tetap dalam kondisi yang baik dan tidak mengalami masalah di kapal KM. Surya Pioneer. Praktek berlayar dilaksanakan di KM. Surya Pioneer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pompa air laut di kapal adalah tersumbatnya strainer oleh lumpur atau sampah, dan tidak lurusnya poros pompa, bocornya mechanical seal. Dampaknya pada mesin yaitu bisa membuat mesin menjadi overheat karena pendingin tidak jalan dan cara mencegahnya dengan membersihkan sea chest strainer, memperbaiki poros yang tidak lurus , dan mengganti mechanical seal yang rusak

Page 1 of 1 | Total Record : 5