cover
Contact Name
Satrio Wibowo
Contact Email
sugali.satrio@gmail.com
Phone
+6285731237009
Journal Mail Official
pgsd.stkip.pgri.sidoarjo@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kemiri, Sidoarjo
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Primary : Kajian Ilmu Pendidikan Dasar Dan Humaniora
ISSN : -     EISSN : 28072278     DOI : -
Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan, terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora)" : 5 Documents clear
PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PETA (IPS) KELAS IV SDN PEGIRIAN 1 SURABAYA Galuh Kartika
Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora)
Publisher : PRODI PGSD STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi pada siswa kelas IV di SDN Pegirian 1 Surabaya yang memiliki pemahaman rendah mengenai materi Peta. Penyebabnya antara lain karena proses pembelajaran yang berlangsung lebih diarahkan pada pencapaian target materi, sehingga berdampak pada aktivitas siswa yang cenderung pasif dan hasil belajar siswa yang belum menunjukkan pencapaian ketuntasan minimal yang sudah ditentukan. Solusi untuk mengatasinya dengan menerapkan model Mind Mapping. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa pada siklus I 60% dan siklus II 82%. Dengan demikian, penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada materi Peta.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Ery Rahmawati
Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora)
Publisher : PRODI PGSD STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran model problem based learning, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS materi pemanfataan sumber daya alam pada siswa kelas IV Sekolah Dasar setelah . Jenis penelitian ini merupakan penelitian experiment dengan one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan sebanyak 26 siswa kelas IV SDN 2 Driyorejo. Hasil dari penelitian ini yaitu keterlaksanaan model problem based learning dinyatakan sangat baik dengan prosentase 88 %, aktifitas siswa tergolong aktif dengan perolehan prosentase sebesar 76 %, hasil belajar mengalami peningkatan dengan perolehan pretest rata-rata hasil belajar siswa sebesar 59,81 sedangkan pada tahap posttest terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata menjadi 81,35. Hasil perhitungan uji T diperoleh t hitung sebesar -21,732. karena nilai thitung (-21,732) ≤ -t tabel (-2,059) yang berarti ada kontribusi penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar IPS materi pemanfatan sumber daya alam pada siswa kelas IV Sekolah Dasar.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR Sandra Anggralita
Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora)
Publisher : PRODI PGSD STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menulis karangan sederhana melalui media gambar seri pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Tanah Kalikedinding II Surabaya dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IIA Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan PTK terdiri dari 2 siklus. Dalam PTK umumnya dikumpulkan dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Data tersebut digunakan untuk menggambarkan perubahan yang terjadi baik kinerja siswa, guru dan suasana kelas. Data kuantitatif yaitu hasil belajar mengarang sederhana siswa sedangkan data kualitatif kalimat-kalimat yang menggambarkan aktivitas dari keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang akan dikumpulkan dan diperoleh datanya melalui observasi dan wawancara. Teknik penilaian yang digunakan peeliti terhadap hasil belajar siswa dalam menulis karangan sederhana berdasarkan kriteria yang teah ditentukan sebelumnya. Berdasarkan hasl penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar setiap siklus mengalami peningkatan yakni pra siklus 33,3%, siklus I mencapai 55 % sedangkan siklus II mencapai 88%.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SOAL CERITA BANGUN DATAR KELAS IV SD DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL AJATAKA Endang Wahyu
Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora)
Publisher : PRODI PGSD STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi soal cerita Bangun Datar pada siswa kelas IV-C semester 2 SDIT Insan Kamil Sidoarjo Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) model Ajataka (Aku Jawab Tantangan Kamu). Siklus I dengan Pembelajaran kooperatif TGT model Ajataka materi Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang. Hasil pencapaian siklus I belum berhasil. Pada siklus II yaitu dengan pembelajaran Kooperatif TGT model Ajataka materi Bangun Datar Segitiga mengalami peningkatan drastis. Jadi hasil pencapaian keaktivan dan hasil belajar pada soal cerita materi Bangun Datar siswa kelas IV-C SDIT Insan Kamil dengan penerapan pembelajaran Kooperatif TGT model Ajataka meningkat dari tindakan yang diberikan siklus I dan siklus II. Sehingga tindakan yang diberikan pada siswa cukup 2 siklus.
MEDIA KOMIK TANPA TEKS DIALOG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG DI SEKOLAH DASAR Titik Rohmatin
Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar dan Humaniora)
Publisher : PRODI PGSD STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Bluru Kidul II Sidoarjo yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini terfokus untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis dialog melalui penggunaan media komik tanpa teks dialog, hasil belajar menulis dialog dengan menggunakan media komik tanpa teks dialog. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melakukan pengamatan, tes, dan catatan lapangan. Hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 72,72% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 90,90%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran komik tanpa teks dialog dapat meningkatkan keterampilan menulis dialog siswa kelas V SDN Bluru Kidul II Sidoarjo.

Page 1 of 1 | Total Record : 5