cover
Contact Name
Tegar Roli
Contact Email
journalelhamra@gmail.com
Phone
+6285647771424
Journal Mail Official
journalelhamra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kenanga VII, Tegalmulya, Ledug, Kec. Kembaran Purwokerto 53182, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kab. purbalingga,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Published by CV Amerta Media
ISSN : 25283650     EISSN : 27216047     DOI : https://doi.org/10.62630/elhamra
Core Subject : Education, Social,
Jurnal El-Hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan berfokus pada penerbitan artikel ilmiah yang berkualitas tinggi dan orisinal dalam bidang pendidikan dan kemasyarakatan meliputi: Kurikulum dan penilaian, Teknologi pendidikan, Kepemimpinan pendidikan, Kebijakan pendidikan, Pendidikan inklusif, Pendidikan anak usia dini, Pendidikan dasar dan menengah, Pendidikan tinggi, Pendidikan profesi, Sosiologi, Perencanaan dan Pembangunan Masyarakat, Gender dan Pembangunan, Hak Asasi Manusia, Keberlanjutan dan Lingkungan, Budaya dan Masyarakat.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 3 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan" : 5 Documents clear
Model Pembelajaran Pai Integratif Priyanto
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 3 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Secara umum, pendidikan Agama Islam bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Untuk mencapai tujuan tersebut proses pembelajaran harus sesuai dengan apa yang anak butuhkan. Maka para guru harus memilih dan memilah model pembelajaran yang tepat untuk anak didiknya. Dalam pembelajaran PAI, aspek kognitif, afektif dan psikomotor harus dikembangkan, supaya output dari proses pembelajaran benar-benar menguasai materi dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari hari. Selain integrasi dari ketiga ranah di atas, pembelajaran PAI yang terpadu dapat diterapkan dengan beberapa model, diantaranya pertama, model connected (terhubung) yaitu pembelajaran terpadu yang menghubungkan atau mengkaitkan antara topik atau konsep atau skill yang satu dengan yang lainnya, penghubung ini hanya dapat dilakukan dalam satu bidang studi dan tidak dapat dihubungkan dengan mata pelajaran yang lain. Kedua, Model Sequenced (berurutan) yaitu model pembelajaran yang memadukan melalui urutan topik atau konsep pada masing-masing materi pelajaran yang akan dihubungkan berdasarkan kesamaan ide atau konsep tersebut kemudian disajikan dengan secara paralel atau berbarengan dalam waktu yang sama. Ketiga, Model Integrated, yaitu model perpaduan antar bidang studi/mata pelajaran berbasis pada tema yang dikaji dalam berbagai aspek. Kata kunci: Model Pembelajaran, PAI, Integratif
Konsep Dakwah Pembangunan Masyarakat Desa Aan Herdiana
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 3 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada masa kini, dakwah tidak boleh dipahami dalam artian yang sempit, yakni menyeru ke jalan Allah (kebenaran) saja. Akan tetapi, lebih luas dari pemahaman tersebut, dakwah bisa diartikan sebagai suatu usaha untuk mengajak dan mendorong manusia agar ikut serta (berpatisipasi) dalam proses pembangunan bangsa. Karena bagaimanapun mental spiritual masyarakat Indonesia dalam proses pembangunan adalah faktor yang tidak kalah penting. Pembangunan masyarakat desa menjadi hal penting karena sebagian besar penduduk Indonesia masih tinggal di pedesaan. Dalam hal pembangunan masyarakat desa, strategi dakwah setidaknya terbagi ke dalam dua bentuk yaitu strategi internal- personal dan strategi external institusional. Strategi internal-personal adalah strategi yang menekankan kepada pembangunan atau peningkatan kualitas secara individu. Sedangkan strategi external instiusional adalah strategi yang menekankan kepada pembangunan struktur organisasi masyarakat. Kata kunci: dakwah, pembangunan, masyarakat desa
Manajemen Budaya Pendidikan Karakter Keagamaan Di Lembaga Pendidikan Siti Iskarimah
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 3 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan karakter merupakan merupakan proses pemberian tuntunan peserta didik agar menjadimanusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga, serta rasa dan karsa. Peserta didikdiharapkan memiliki karakter yang baik, meliputi kejujuran, tanggung jawab, bersih, cerdas dan sehat,peduli dan kreatif. Budaya pendidikan karakter keagamaan memiliki makna keseluruhan sistem berpikir,nilai, moral, norma, dan keyakinan (belief) dalam rangka proses pemberian tuntunan peserta didik agarmenjadi manusia seutuhnya yang berkarakter keagamaan dalam dimensi hati, pikir, raga, serta rasa dankarsa. Adapun manajemen budaya pendidikan karakter di lembaga pendidikan dilaksanakan mealuiperencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan meliputi leading, directing dan controlling,dan evaluasi. Sementara itu, prinsip yang digunakan dalam manajemen pendidikan karakter di lembagapendidikan adalah berkelanjutan, melalui semua mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya satuanpendidikan, nilai tidak diajarkan tapi dikembangkan melalui proses belajar, serta proses pendidikandilakukan peserta didik secara aktif dan menyenangkan. Dalam membangun budaya pendidikan karakterdilakukan melalui Keterlibatan Semua Warga Sekolah dalam Pembelajaran yang Berkarakter danKeterlibatan semua warga sekolah dalam perawatan, pemanfaatan, pemeliharaan sarana dan prasaranaserta lingkungan sekolah. Kata kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Lembaga Pendidikan
Komunikasi Pembangunan (Pola Komunikasi Pemerintah Daerah dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama di Banyumas) Iim Rohimah
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 3 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konflik umat beragama baik internal maupun antar umat beragama, merupakan fenomena yang biasaterjadi, termasuk Kabupaten banyumas. Dalam hal ini perlu diketahui sejauhmana peran komunikasipemerintah daerah dalam memelihara kerukunan umat beragama (KUB). Maka penulis mencobamenggali pola komunikasi Pemerintah Daerah dalam Memelihara KUB di Banyumas. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa Pemda bekerjasama dengan banyak pihak yaitu FKUB, Kemenag, Kesbangpol, MUI,TNI, dan Polri. Komunikasi dilakukan secara rutin yang melibatkan kegiatan rutin dan kasuistik, baiksecara formal maupun informal. Komunikasi kemudian terbentuk secara timbal balik dan sejajar antarsemua pihak yang terlibat dalam memelihara KUB. Kata kunci: Komunikasi, Pemerintah Daerah, Kerukunan Umat Beragama, Banyumas
Pemikiran Feminisme Amina Wadud Ujang Imamul Muttaqin
Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 3 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Publisher : CV. Amerta Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemikiran Amina Wadud sebagai tokoh feminisme yang berpendapat mulai dari penciptaan manusiasampai persaksian perempuan adalah untuk menentang sebagian sikap dan hasil penafsiran tentangwanita dan Alquran. Penafsiran yang mengabaikan prinsip keadilan, persamaan dan kemanusiaan yanglazim. Amina Wadud menganggap kesetaraan laki-laki dan wanita bukan berarti sama. Ia mengakuiadanya perbedaan penting antara laki-laki dan wanita. Maksud kesetaraan menurutnya adalah bahwalaki-laki dan perempuan mempunyai hak dan kewajiban yang sama pada tataran etika agama, danmempunyai tanggung jawab yang sama-sama signifikan pada tataran fungsi sosial. Kata kunci: Pemikiran, Feminisme, Amina Wadud

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 3 (2023): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal el-hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 3 (2022): Jurnal el-hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal el-hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 3 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 2 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 4 No. 3 (2019): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 3 No. 3 (2018): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 3 No. 2 (2018): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 3 No. 1 (2018): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 3 (2017): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan More Issue