cover
Contact Name
Rian Andrian
Contact Email
integratedjurnalpsti@gmail.com
Phone
+6285222484825
Journal Mail Official
integratedjurnalpsti@gmail.com
Editorial Address
Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Integrated : Journal Of Information Technology and Vocational Education
ISSN : 26569760     EISSN : 26570769     DOI : https://doi.org/10.17509/integrated
INTEGRATED is a scientific journal published by the Department of PSTI UPI Kampus Purwakarta. This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on information system and vocational education. INTEGRATED is published twice a year in April and October. The paper is an original script and has a research base on information system and vocational education. The scope of the paper includes several studies but is not limited to the following study. Information System Information Technology Computer Architecture Design Artificial Intelligence Geographical Information System Image Processing Data Mining E-Learning ICT and Education Vocational Education Cryptography Computer Network Security Modelling and Simulation Information Retrieval Information Filtering Operating System Mobile Computing Natural Language Processing Expert System Thus, we invite Academics, Researchers, and Practitioners to participate in submitting their work to this journal. ISSN : 2657-0769 (Online) 2656-9760 (Printed)
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2020)" : 8 Documents clear
Pengembangan purwarupa aplikasi informasi diskon berbasis mobile dengan metode design thinking Rifqi Syamsul Fuadi; Firly Wiryandhani; Ananda Sekar Putri; Aulia Anggita Putri; Regina Aulia Putri
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v2i2.48380

Abstract

Di era teknologi ini seluruh pusat informasi terpusat pada sistem informasi baik dalam bentuk website, aplikasi, atau bentuk sistem informasi lainnya. Banyak pengembang sistem informasi yang berlomba-lomba menciptakan aplikasi yang dapat memecahkan masalah dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan segala aktivitasnya. Banyaknya masyarakat yang kesulitan dalam mencari informasi diskon secara terpusat, maka dari itu perlu dikembangkan aplikasi yang dapat menghimpun informasi diskon dalam berbagai kategori sehingga memudahkan para calon pelanggan untuk mencari kebutuhannya. Salah satu pendekatan yang dapat membantu pengembangan aplikasi ini adalah dengan metode design thinking. Design thinking merupakan sebuah pola pemikiran seperti desainer yang menggunakan pendekatan human oriented dalam pemecahan masalahnya. Pada metode design thinking ini akan dilakukan pengembangan ide secara terstruktur dengan melibatkan langsung pihak yang akan berhadapan atau bersinggungan dengan permasalahan. Melalui analisis terhadap respon calon pengguna akan dihasilkan suatu perancangan fitur yang nantinya akan diimplementasikan ke dalam UI/UX aplikasi yang akan dibuat.
Pembuatan content management system sebagai upaya percepatan penurunan stunting di kota bandung Lukman Hakim; Rickard Elsen
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v5i1.60273

Abstract

Stunting bukan masalah yang bisa di anggap sebelah mata karena pertumbuhan yang tidak sesuai pada anak balita juga berpengaruh pada kemampuan kinerja otaknya. Pemerintah Kota Bandung melakukan gerakan percepatan penurunan stunting di Kota Bandung dengan membuat aplikasi e-Penting.Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung merupakan unsur utama dalam bidang teknologi yang mengembangkan from input stunting. Pembuatan aplikasi ini membutuhkan banyak pihak yang terkait karena dibutuhkan data yang akurat dan cepat. Karena perlu mengumpulkan data dari banyak pihak terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Kesejahteraan Rakyat, Dinas Sosial, dll maka aplikasi e-Penting ini perlu didukung sistem informasi penginputan data stunting untuk mengumpulkan data dari pihak terkait secara berkala yang lebih efisien dan efektif sehingga data yang terkumpul bisa langsung ditampilkan pada aplikasi e-Penting. Selain itu data yang disajikan dari setiap kedinasan masih dalam bentuk Microsoft excel yang dinilai masih kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu aplikasi sistem informasi penginputan data dari setiap kedinasan agar bisa menginput, menghapus, dan tersimpan secara otomatis di database dari aplikasi e-Penting menggunakan metode Prototype dengan framework laravel. Aplikasi e-Penting nantinya akan menyajikan informasi yang akurat karena sudah terintegrasi dengan aplikasi Form Input Stunting. Hasil dari penelitian ini adalah berupa website form input stunting dan semua fungsi berjalan sesuai dengan kemauan pengguna.
Pengembangan purwarupa platform konveksi online dengan metode design thinking Nur Lukman; Deden Eka Purwanto; Gladis Fadila; Hannah Fauzia Rahma; Putri Apriyanti; Rizky Agung Ardiansyah
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v2i2.48382

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komputerisasi dalam beberapa tahun terakhir khususnya di bidang perdagangan. Hal ini menginspirasi setiap pelaku bisnis dan perusahaan untuk bersaing agar dapat dengan cepat memperoleh dan mengkomunikasikan informasi terkini. Hal ini menginspirasi setiap pelaku bisnis dan perusahaan untuk bersaing agar dapat dengan cepat memperoleh informasi Misalnya, kita sering menjumpai maraknya konveksi pakaian, dan kita telah membuat website Konveksi.Kuy berada di wilayah JABODETABEK, dengan adanya sebuah sistem atau alur yang dapat digunakan untuk pelanggan di sekitar wilayah JABODETABEK akan menjadi layak lagi. maka sejak berdirinya konveksi ini akan melakukan transaksi penjualan, dan perusahaan hanya dapat menjangkau calon pelanggan yang berada di wilayah JABODETABEK. Oleh karena itu, pemesanan online diharapkan dapat mengatasi permasalahan di atas. Di antara metode pengumpulan data penelitian melalui penelitian wawancara konveksi dan penelitian kepustakaan, terdapat pengembangan sistem terstruktur yang menggunakan metode design thinking yang memiliki 5, antara lain; Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test.
Game minecraft sebagai langkah kreatif dan inovatif pengembangan model pembelajaran berbasis proyek jarak jauh Rifan Miftahul Fazri
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v5i1.52537

Abstract

Pendidikan jarak jauh merupakan sebuah upaya membimbing, melatih, dan memberikan pengetahuan kepada anak didik. Dengan kegiatan belajar-mengajar di kelas, tanpa melibatkan kontak fisik secara langsung sehingga dilakukan dari jarak jauh. Pendidikan ini memanfaatkan teknologi media digital. Pemanfaatan teknologi media digital ini merupakan langkah inovatif dan kreatif dalam mengembangkan sistem pendidikan dari jarak jauh di Indonesia terutama pada masa ataupun pasca setelah pandemi COVID-19. Salah satu pemanfaatan teknologi media digital yang paling popular saat ini adalah media berbentuk permainan video yang dimana bisa dipadukan dengan metode atau model pembelajaran berbasis proyek. Satu-satunya permainan video yang paling sering dimainkan oleh seluruh orang di dunia dan bisa dimanfaatkan dalam hal ini adalah permainan Minecraft. Dengan menggunakan jaringan internet, Minecraft bisa dimainkan secara online sehingga dapat terjalin interaksi antara siswa dan guru dengan dihadirkan dalam bentuk karakter game yang sedang berkumpul bersamaan di suatu ruangan kelas virtual sebagaimana dalam kelas nyata. Komunikasi yang terjalin melalui saluran suara dengan menggunakan aplikasi tambahan dan untuk model karakternya sendiri dapat menyesuaikan dengan keinginan sendiri. Penggunaan MinecraftEdu sebagai alat bantu pendidikan, mengungkapkan temuan baru bahwa media pembelajaran berbasis game ini mampu mendukung kegiatan pembelajaran khususnya dalam model pembelajaran berbasis proyek dari jarak jauh.
Implementasi frontend web dinamis untuk aplikasi podcast player Rasyad Amhar; Fakhris Syaifunazhirin
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v5i1.60301

Abstract

Podcast saat ini menjadi salah satu media konten yang sangat populer di kalangan pengguna internet. Kelebihan podcast terletak pada fleksibilitas dan intensitas pengalaman yang ditawarkannya dibandingkan dengan media konten lainnya. Podcast memberikan kebebasan kepada pendengarnya untuk mendengarkan konten audio sesuai dengan keinginan mereka, kapan pun mereka inginkan. Hal ini berbeda dengan siaran radio yang memiliki keterbatasan dalam hal akses, frekuensi, dan waktu.. Maka dari itu, diperlukan solusi dengan membuat aplikasi yang bisa memutar podcast dengan akses yang fleksibel dimanapun individu berada. Dengan implementasi menggunakan HTML, CSS, Javascript dan Library Jquery dari design aplikasi untuk pemutar podcast bernama SOUNDS yang sudah ada, menjadi sebuah tampilan web yang dinamis sehingga user tanpa perlu menunggu waktu dan tempat yang cocok untuk memutar podcast kesayangan mereka. Dengan adanya aplikasi SOUNDS ini, diharapkan pengguna internet dapat lebih menikmati podcast favorit mereka dengan cara yang lebih fleksibel dan mudah diakses. Pengembangan aplikasi ini akan memberikan pengalaman yang lebih memuaskan dalam menikmati konten audio melalui podcast, serta membuka peluang untuk pengembangan fitur-fitur tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
Analisis dan perancangan aplikasi lokasi dan registrasi vaksinasi berbasis web di kabupaten purwakarta Intan Tresna Lestari; Nur Melini Ani; Putri Andriani Hartanto; Sabrina Maharani
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v2i2.43459

Abstract

Di era digital ini dalam aktivitas keseharian yang dilakukan manusia hampir semuanya menggunakan sistem. Sistem yang digunakan untuk mempermudah hingga meringankan tugas manusia merupakan salah satu fungsi dari sistem itu sendiri. Maraknya virus covid-19 yang membuat berputar otak pemerintah dengan sekuat tenaga memikirkan cara untuk mengatasi pandemi ini. Pemberian vaksin menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Vaksin diperlukan saat ini karena menjadi kebutuhan masyarakat yang sangat diperlukan. Masyarakat memerlukan vaksin untuk menambah imun tubuh agar terhindar dari penyebaran virus covid-19. Maka dari itu diperlukan adanya rancangan aplikasi yang dapat menjadi penunjang untuk melakukan vaksinasi secara efisien. Dengan adanya aplikasi yang dibangun tim peneliti ini diharapkan masyarakat dapat lebih mudah dengan fitur mencari lokasi vaksin tanpa harus survey terlebih dahulu. Selain itu, juga dapat mendaftarkan diri secara online. Pada penelitian ini menggunakan metode design thinking. Design thinking adalah metodologi desain yang memberikan pendekatan berbasis solusi untuk memecahkan masalah.
Perancangan antarmuka sistem informasi hospital care menggunakan metode design thinking Hastie Audytra; Maulina Aurelly P; Miladia Nurunnisa; Nadila Puspita; Robi Ah
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v2i2.48377

Abstract

Dunia saat ini sedang menghadapi pandemi global yang disebabkan adanya penyebaran Coronavirus Disease atau lebih dikenal dengan istilah Covid-19. Penularan virus Corona bisa terjadi melalui droplet saat seseorang batuk, bersin, bernyanyi, berbicara, bahkan hanya dari bernapas. Saat melakukan hal-hal tersebut, udara yang keluar dari hidung dan mulut mengeluarkan partikel kecil atau aerosol dalam jarak dekat, salah satu cara mencegah penularannya yaitu dengan melakukan social distancing. Hal ini yang menjadi latar belakang peneliti untuk membuat aplikasi berbasis sistem informasi yaitu Hospital Care. Hospital Care merupakan  aplikasi berbasis teknologi informasi yang berfungsi  untuk melakukan pendaftaran sebagai pasien pada sebuah rumah sakit. Aplikasi ini dapat digunakan oleh pengguna ios ataupun pengguna android. Pasien dapat mendaftar dengan mengisi data diri dan memilih jadwal pemeriksaan. Pengguna aplikasi ini akan sangat terbantu karena tidak memerlukan waktu untuk mengantri. Data pasien yang tersimpan pada aplikasi hospital care aman karena aplikasi hospital care memiliki sistem keamanan yang tinggi.
Perancangan aplikasi real estate menggunakan metode design thinking Pakhri Algipari Casapisa; Muhammad Raihan Zaki; Hudzaifi Syah Tsalits Taufiqi; Edo Syeh Surya Maulana
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v2i2.48378

Abstract

Pada perkembangan teknologi seperti halnya sebuah smartphone yang membantu aktivitas sehari-hari, baik itu penggunaan untuk alat rumah tangga maupun yang lainnya. Dalam hal tersebut perancangan sebuah website yang akan membantu masyarakat untuk mencari properti rumah maupun yang lainnya dapat di cari hanya melalui website ini. Website ini akan dirancang dengan menggunakan metode design thinking yang memiliki beberapa tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototyping, testing, dan terdapat pula beberapa hasil responden yang menyatakan memerlukan sebuah website yang membantu untuk mencari sebuah properti rumah tangga, Real Estate adalah nama sebuah website yang akan dibuat untuk memudahkan membantu masyarakat untuk mencari kebutuhan rumah tangga, Karena pada penelitian sebelumnya di Perusahaan Properti X merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan rumah. Sistem yang sedang berjalan di Perusahaan Properti X ini terdapat beberapa kekurangan diantaranya seperti fitur yang membingungkan dan gradasi desain yang kurang enak dilihat serta pemilihan yang kurang baik dan masi menggunakan sistem manual pencahariannya. Real estate pun dibuat untuk mengubah permasalahan tersebut agar bisa menjawab permasalahan permasalahan yang sudah user rasakan, real estate juga memiliki pilihan dan tidak memandang golongan karena dalam real estate mencakup semua golongan masyarakat. Pada real estate juga memudahkan bagi para penjual properti, dikarenakan penjual langsung mengupload, menghapus, mengubah informasi data penjualan nya secara cepat.

Page 1 of 1 | Total Record : 8