cover
Contact Name
Rian Andrian
Contact Email
integratedjurnalpsti@gmail.com
Phone
+6285222484825
Journal Mail Official
integratedjurnalpsti@gmail.com
Editorial Address
Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Integrated : Journal Of Information Technology and Vocational Education
ISSN : 26569760     EISSN : 26570769     DOI : https://doi.org/10.17509/integrated
INTEGRATED is a scientific journal published by the Department of PSTI UPI Kampus Purwakarta. This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on information system and vocational education. INTEGRATED is published twice a year in April and October. The paper is an original script and has a research base on information system and vocational education. The scope of the paper includes several studies but is not limited to the following study. Information System Information Technology Computer Architecture Design Artificial Intelligence Geographical Information System Image Processing Data Mining E-Learning ICT and Education Vocational Education Cryptography Computer Network Security Modelling and Simulation Information Retrieval Information Filtering Operating System Mobile Computing Natural Language Processing Expert System Thus, we invite Academics, Researchers, and Practitioners to participate in submitting their work to this journal. ISSN : 2657-0769 (Online) 2656-9760 (Printed)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2023)" : 5 Documents clear
Perancangan interface kecamatan campaka berbasis website dengan metode design thinking Destia Meilani; Nicho Abdania Saputra; Alfiyatu Nihayah; Idzmah Utmurtia; Dicky Fahmi Saputra
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v5i1.60340

Abstract

Perkembangan teknologi membuat berbagai macam perubahan, hampir semua aktivitas kehidupan menjadikan dunia serba canggih dan mudah, maraknya perkembangan teknologi ini merubah informasi yang disediakan, seperti halnya informasi dan berita yang berada di sebuah wilayah yang disajikan dalam bentuk website. Website adalah suatu penyediaan informasi yang berupa teks, gambar dan video yang menyampaikan berbagai informasi. Adanya perancangan  website Kecamatan Campaka sebagai salah satu bentuk dari pengimplementasian teknologi di aspek pemerintahan, dengan menggunakan metode Design Thinking. Dalam perancangan website menggunakan bahasa pemrograman PHP dan memakai template di bootstrap dengan Framework Laravel. Website ini bertujuan untuk mempermudah semua jenis informasi yang masuk ke Kecamatan Campaka dan menambah minat wisatawan lokal maupun nonlokal untuk datang serta sebagai salah satu bentuk pemanfaatan dari teknologi dan perubahan dari adanya perkembangan teknologi. Penelitian ini dibuat untuk memenuhi tugas praktik industri, penelitian ini juga perlu membutuhkan analisis lebih lanjut terkait website yang dibuat agar menghasilkan website yang siap digunakan.
Perancangan audio streaming menggunakan wifi berbasis mikrokontroler atmega 328 Muhammad Satya Annas; Dimas Maulana
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v1i1.16699

Abstract

Perkembangan teknologi elektronika digital saat ini mengarah pada semakin mengecilnya perangkat keras dengan kemampuan komputasi yang kuat. Begitu juga dengan perangkat audio streaming yang selama ini membutuhkan server PC, telah memungkinkan untuk digantikan dengan mikrokontroler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sistem yang dapat menyiarkan sinyal audio melalui Wi-Fi dari komputer ke set speaker. Dari sejumlah pilihan yang ada, didapatPerkembangan teknologi elektronika digital saat ini mengarah pada semakin mengecilnya perangkat keras dengan kemampuan komputasi yang kuat. Begitu juga dengan perangkat audio streaming yang selama ini membutuhkan server PC, telah memungkinkan untuk digantikan dengan mikrokontroler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sistem yang dapat menyiarkan sinyal audio melalui Wi-Fi dari komputer ke set speaker. Dari sejumlah pilihan yang ada, didapatkan bahwa protokol Wi-Fi paling memungkinkan digunakan sebagai metode komunikasi karena perangkat Wi-Fi telah dipasang pada semua laptop modern. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk memutar file audio dari komputer ke speaker dalam jangkauan jaringan nirkabel. Dalam penelitian ini bertujuan memanfaatkan penggabungan penggunaan perangkat keras, pemrograman perangkat lunak tingkat rendah, dan protokol standar IEEE 802.11 untuk komunikasi nirkabel (Wi- Fi). Pada penelitian ini digunakan pengkodean data audio oleh encoder sesuai dengan spesifikasi format file WAV.  Hasilnya didapatkan bahwa mikrokontroler ATMega328 mampu mengirimkan audio streaming 2 kanal 8 bit dengan sistem yang telah direncanakan.kan bahwa protokol Wi-Fi paling memungkinkan digunakan sebagai metode komunikasi karena perangkat Wi-Fi telah dipasang pada semua laptop modern. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk memutar file audio dari komputer ke speaker dalam jangkauan jaringan nirkabel. Dalam penelitian ini memanfaatkan penggabungan penggunaan perangkat keras, pemrograman perangkat lunak tingkat rendah, dan protokol standar IEEE 802.11 untuk komunikasi nirkabel (Wi- Fi). Pada penelitian ini digunakan pengkodean data audio oleh encoder sesuai dengan spesifikasi format file WAV.  Hasilnya didapatkan bahwa mikrokontroler ATMega328 mampu mengirimkan audio streaming 2 kanal 8 bit dengan sistem yang telah direncanakan.
Digitalisasi permainan tradisional galah melalui media game Irwan Muhamad Faizal; Nisa Nurhasanah; Elita Rahmawati
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v1i1.16705

Abstract

Permainan atau game merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Beberapa permainan ini karena tercipta pada masa yang lama berlalu disebut dengan permainan tradisional, sedangkan di sisi lain beberapa permainan yang lebih akhir (dan biasanya menggunakan peralatan yang canggih) disebut permainan modern. Galah adalah contoh salah satu permainan yang sering dimainkan. Sebuah permainan anak yang popular pada tahun 90 an. Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat berkembang, hal tersebut membuat orang-orang tidak terlepas dari yang namanya teknologi.  Tujuan penelitian dalam upaya melestarikan permainan tradisional di Indonesia, perlu dilakukan digitalisasi dengan pemanfaatan teknologi digital agar banyak orang dapat melakukan permainan tradisional dengan memanfaatkan perangkat yang biasa digunakan. Artikel ini menjelaskan tentang digitalisasi permainan tradisional galah melalui media game. Dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo, game galah berhasil dibuat dan digunakan dilingkungan Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Pengembangan game ini dapat menjadi salah satu contoh implementasi digitalisasi permainan tradisional agar tidak punah, sekaligus melestarikan kearifan lokal yang terkandung dalam setiap permainan.
Pendekatan berbasis prototipe lokal yang optimal secara global untuk klasifikasi sistem informasi Muhammad Nur Alviansyah
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v5i1.64313

Abstract

Penelitian ini membahas pendekatan berbasis prototipe lokal yang bertujuan mencapai optimasi secara global dalam konteks klasifikasi sistem informasi. Pendekatan ini memungkinkan penggunaan titik data prototipe lokal yang lebih representatif dalam proses klasifikasi sambil tetap mempertimbangkan fitur-fitur global yang mempengaruhi kinerja sistem. Metode ini menggabungkan karakteristik prototipe lokal dengan tujuan menghasilkan model klasifikasi yang efisien dan akurat. Penelitian ini mengungkapkan keefektifan pendekatan ini dalam meningkatkan klasifikasi sistem informasi secara keseluruhan. Dengan memanfaatkan algoritma optimasi yang disesuaikan untuk merancang model klasifikasi yang optimal secara global. Tujuan hasil eksperimen yang ingin dicapai dengan menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu mengatasi permasalahan klasifikasi sistem informasi dengan tingkat akurasi yang signifikan dibandingkan dengan metode konvensional. Kontribusi penelitian ini adalah pengembangan solusi yang lebih efektif untuk menghadapi tantangan dalam klasifikasi sistem informasi dengan menggabungkan keunggulan prototipe lokal dan optimasi global. Hasil penelitian menunjukkan potensi aplikasi metode ini dalam berbagai domain, membuka pintu bagi pengembangan lebih lanjut dalam penggunaan prototipe lokal untuk pemrosesan data dan analisis informasi.
Peran social media officer dalam merancang konten instagram untuk branding di adconomic digital advertising Andi Salwa Diva; Hastie Audytra
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v5i1.60339

Abstract

Di era digital saat ini media sosial adalah hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat dan menjadi salah satu bagian dari teknologi yang banyak diminati. Penggunaan media sosial telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai media penyebaran informasi, promosi hingga branding suatu bisnis atau usaha. Dalam mengelola media sosial suatu brand atau usaha ternyata terdapat tahapan-tahapan yang perlu dilakukan. Suatu usaha atau brand dapat menggunakan jasa Digital Advertising yang dapat membantu bisnis atau usaha untuk branding atau mempromosikan produk atau jasa. Kegiatan Social Media Officer (SMO) khususnya pada media sosial Instagram meliputi merancang content plan dan editorial plan, mengelola media sosial, melakukan analisa media sosial, membuat weekly insight report dan monthly report media sosial, serta melakukan koordinasi dan kerjasama dengan beberapa pihak terkait. Dalam menjalankan kegiatan tersebut terdapat hambatan yang ditemukan seperti kurangnya engagement untuk beberapa akun media sosial dan kurangnya referensi gambar (bank Image) untuk konten yang akan dibuat. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian bertujuan memberikan saran atau solusi yang dapat dilakukan antara lain adalah melakukan koordinasi dan komunikasi yang lebih intensif kepada pihak terkait, dan mengoptimalkan penggunaan konten untuk media sosial agar mendapatkan engagement yang lebih tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5