cover
Contact Name
Luluk Asmawati
Contact Email
lulukasmawati@untirta.ac.id
Phone
+6281293915383
Journal Mail Official
jtppm@untirta.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
ISSN : -     EISSN : 25795384     DOI : http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i1
Core Subject : Education,
Berisi tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian dan pengembangan kajian tentang Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)" : 11 Documents clear
PENGARUH VIDEO ANIMASI BERBASIS ANIMAKER DALAM EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V SD Lia Kurnia Asih; Cucu Atikah; Lukman Nulhakim
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i1.21408

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan media pembelajaran berfokus pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas V di SDN 1 Sumurbatu. Menentukan validasi media pembelajaran dan materi ajar dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validitas produk dan materi oleh kedua ahli menunjukkan kategori yang sangat layak. Nilai ahli media adalah 100% dan nilai ahli materi pembelajaran adalah 100%. Selanjutnya, untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran pada materi ajar, uji coba dilakukan melalui pertanyaan pre-test dan post-test di kelas V SDN 1 Sumurbatu. Skor pre-test adalah 47,6% dan skor post-test adalah 84,4% yang menunjukkan sangat layak untuk digunakan. Respon positif terhadap media pembelajaran video animasi berbasis animaker yang ditunjukkan oleh siswa dengan presentase 87,2% dan 85% dari penilaian guru. Ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki pengaruh signifikan terhadap efektivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis kedua ahli serta uji siswa, media pembelajaran video animasi berbasis animaker telah memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA di kelas V SD
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAULL (GAME EDUKASI WORDWALL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDIT BINA INSANI KABUPATEN SERANG Agus Wildan; Suherman Suherman; Isti Rusdiyani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i1.21393

Abstract

Kurangnya pengembangan media yang interaktif dan efektif di sekolah, ditambah lagi dengan kesulitan peserta didik dalam memahami mata pelajaran matematika, hal inilah yang menjadi problematika hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang kelas 5 di SDIT Bina Insani. Penelitian ini termasuk ke dalam Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi menganalisis, mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, angket dan tes. Efektivitas pembelajaran pada penelitian ini menggunakan pre-test sebelum penggunaan, dan post-test sesudah penggunaan media GAULL (Game Edukasi Wordwall). Hasil dari pre-test dan post-test menggunakan uji n-gain score adalah 0,80 berdasarkan nilai rujukan, jika nilai g>0,7 maka masuk dalam kategori “tinggi” yang artinya proses pembelajaran berjalan dengan efektif.
EFEKTIVITAS ENSIKLOPEDIA POLA TABUH TILINGTIT RAMPAK BEDUG BERBASIS WEB Mohamad Aminuddin; Nandang Faturrohman; Lukman Nulhakim
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i1.21398

Abstract

Sumber belajar dapat diakses dengan mudah dan cepat salah satunya menggunakan ensiklopedia berbasis web terkait materi pola tabuh tilingtit rampak bedug. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ensiklopedia pola tabuh tilingtit rampak bedug berbasis web. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode RnD (Research and Development) dan mengikuti model ADDIE dalam proses pengembangannya. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat keefektifan ensiklopedia pola tabuh tilingtit rampak bedug berbasis web sebagai sumber belajar dalam upaya pelestarian budaya: Tingkat keefektifan ensiklopedia pola tabuh tilingtit rampak bedug berbasis web sebagai sumber belajar dalam upaya pelestarian budaya cukup tinggi. Ensiklopedia ini menyajikan informasi yang akurat dan berguna, serta memiliki konten yang relevan dengan konteks sosial dan budaya. Penggunaannya dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengguna dalam mempelajari dan mempraktikkan pola tabuh tilingtit rampak bedug
PENGARUH PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KELAPA DUA KABUPATEN TANGERANG Siva Fauzia; Sudadio Sudadio; Suherman Suherman
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i1.21409

Abstract

Indonesia telah mengalami penurunan kualitas pendidikan karena berkurangnya keterlibatan masyarakat dengan program pendidikan. Sebagai kepala lembaga pendidikan, kepala sekolah bertanggung jawab untuk menetapkan kebijakan yang selaras dengan visi dan tujuan sekolah, memastikan penyelenggaraan pendidikan yang efisien dan efektif. Penyelesaian masalah seperti kurangnya sarana dan prasarana sekolah yang menghambat operasional sekolah membutuhkan kerjasama yang erat antara komite sekolah dan kepala sekolah. Partisipasi masyarakat sangat penting untuk keberhasilan upaya pendidikan yang menumbuhkan pembelajaran. Keterlibatan masyarakat dalam kebijakan sekolah membawa manfaat dalam jangka pendek, menengah, dan panjang bagi semua pemangku kepentingan. Komite berfungsi sebagai mitra sekolah dan memberikan umpan balik yang mewakili pandangan dan keinginan masyarakat tentang manajemen sekolah, program pendidikan, dan kebijakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menjelaskan peran panitia dalam peningkatan mutu pendidikan dasar di Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komite sekolah terhadap mutu pendidikan dasar di Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. Keputusan untuk berkonsentrasi pada sekolah dasar negeri di wilayah ini dibuat karena tingkat keterlibatan komite dan kualitas pendidikan yang tidak memadai. Untuk studi ini, pendekatan kuantitatif ex-post facto digunakan, yang melibatkan sampel 74 orang dari populasi 23 sekolah dasar negeri dan 292 guru, dipilih melalui teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hipotesis ditetapkan dan diuji melalui Analisis Regresi dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 22. Berdasarkan hasil temuan, terdapat korelasi yang kuat antara peran komite sekolah dengan mutu pendidikan, dengan koefisien korelasi sebesar 0,664 atau setara dengan 66,4%.
ANALISIS RESPON GURU DAN SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF APLIKASI TEACHMINT PADA MATERI SISTEM ORGANISASI SEL KELAS VII DI SMPN 5 RANGKASBITUNG DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR Yani Sulastiani; Sholih Sholih; Isti Rusdiyani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i1.21394

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon guru dan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif penggunaan aplikasi teachmint Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D), dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), desain (design), (Development) pengembangan dan penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data yang telah dilaksanakan yaitu observasi, wawancara dan penyebaran angket dengan menggunakan Teknik analisis data skala likert. Hasilnya menunjukkan bahwa skor respon guru sebesar 80% dengan kategori sangat setuju dan respon siswa 86,67 dengan kategori sangat setuju dari hasil pengolahan data menunjukkan bahwa keberhasilan proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi teachmint dapat berjalan dengan efektif dan efisien
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DIGITAL (E-LKPD) BERBASIS APLIKASI LIVEWORKSHEETS PADA MATERI ANIMALIA KELAS X DI SMA NEGERI 4 KOTA SERANG Ratu Tiara Savira; Suherman Suherman; Cucu Atikah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i1.21399

Abstract

Realisasi pemanfaatan teknologi secara optimal dalam implementasi materi pembelajaran masih belum sepenuhnya tercapai dalam proses pembelajaran. Kurangnya pengaturan pembelajaran yang interaktif, seperti penggabungan visualisasi materi pembelajaran, telah diakui sebagai elemen penyebab dalam persepsi bahwa pembelajaran adalah hal yang monoton. Sebagian besar pendidik menunjukkan kurangnya pengetahuan yang berkaitan dengan berbagai aplikasi media pembelajaran yang berpotensi untuk meningkatkan proses pembelajaran. Akibatnya, mereka tidak dapat secara efektif menggunakan materi pendidikan mutakhir selama sesi pengajaran mereka. Melalui penggunaan aplikasi liveworksheets, tujuan dari investigasi ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk buku kerja peserta didik elektronik (LKPD). Animalia akan menjadi fokus penelitian yang akan dilakukan untuk siswa kelas sepuluh SMAN 4 Kota Serang. Selain itu, evaluasi akan dilakukan untuk mengetahui efektivitas produk dan tingkat keterlibatan siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE. Model ini dibuat dengan tujuan untuk mempercepat proses pembuatan dan evaluasi produk, dengan fokus untuk menentukan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan berbagai teknik pengumpulan data, termasuk observasi, wawancara, uji validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan media, kuesioner, serta tes pra dan pasca pembelajaran. Selama tahap pembelajaran, analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dilakukan terhadap data yang dikumpulkan melalui masukan rekomendasi dan umpan balik dari para ahli media dan ahli materi. Efektivitas E-LKPD, sebuah modul pembelajaran yang memanfaatkan aplikasi liveworksheets, dievaluasi dengan membandingkan nilai pre-test dan post-test dengan nilai N-Gain. Temuan menunjukkan bahwa nilai rata-rata adalah 0,76, memenuhi kriteria kinerja yang tinggi/efektif. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan perangkat pembelajaran elektronik dan perangkat pembelajaran terprogram (E-LKPD) dapat memberikan dampak positif terhadap pengalaman belajar dengan meningkatkan pemahaman dan retensi siswa terhadap materi pelajaran, serta menumbuhkan keterlibatan dan antusiasme mereka selama proses pembelajaran. Hasil evaluasi berbasis lembar kerja langsung terhadap E-LKPD menunjukkan bahwa tanggapan siswa menghasilkan skor 93%. Penggunaan E-LKPD melalui aplikasi liveworksheets telah meningkatkan proses pembelajaran secara signifikan, seperti yang ditunjukkan oleh tanggapan siswa. Selain itu, E-LKPD yang berbasis platform liveworksheets menunjukkan karakteristik yang menarik dan memudahkan implementasinya sebagai alat bantu pembelajaran dan sumber belajar di dalam kelas
EFEKTIVITAS MODUL AL-QURAN HADITS BERORIENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH Tanti Prasetiowati; Isti Rusdiyani; Fadlullah Fadlullah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i1.21395

Abstract

Media pembelajaran sangat penting digunakan dalam proses pembelajaran sebagai pendukung tingkat keberhasilan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul Al-Quran Hadit berorientasi pembelajaran berbasis masalah pada materi keseimbangan hidup di dunia dan akhirat kelas VIII. Penelitian ini termasuk ke dalam Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis, desain, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan model quasi eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas pembelajaran dengan menggunakan modul Al-Quran Hadits berorientasi pembelajaran berbasis masalah diperoleh skor N-Gain sebesar 78,3%. Penggunaan modul Al-Quran Hadits yang dikembangkani peneliti sudah efektifi dalam meningkatkan iefektivitas pembelajarani Al-Quran Hadits materi keseimbangani hidup di idunia dan iakhirat kelas iVIII SMP Assalam Jayanti
PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR YBKSP BAKTI MULYA 400 PONDOK INDAH, JAKARTA SELATAN Desy Aulia Mariska; Sudadio Sudadio; Cucu Atikah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i1.21406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengilustrasikan pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru di SD Bakti Mulya 400 Pondok Indah yang berlokasi di Jakarta Selatan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah budaya sekolah di SDN Bakti Mulya 400 Pondok Indah Jakarta Selatan berpengaruh terhadap kinerja guru. Alasan peneliti memilih Bakti Mulya 400 Pondok Indah, Jakarta Selatan, sebagai lokasi penelitian karena belum optimalnya supervisi akademik dan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif ex post facto, dengan jumlah sampel sebanyak 72 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner. Hipotesis tersebut dirumuskan dan diuji dengan menggunakan analisis regresi melalui IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,736 atau 73,6%. Hal ini terbukti bahwa budaya sekolah memiliki dampak positif dan substansial terhadap kinerja guru. Penerapan budaya sekolah yang positif terbukti berkorelasi langsung dengan peningkatan kinerja tenaga pendidik di SDN Bakti Mulya 400 Pondok Indah yang terletak di Jakarta Selatan. Dengan membangun budaya sekolah yang kuat, kualitas pengajaran yang diberikan oleh instruktur ditingkatkan, profesi guru didorong untuk berkembang, pembelajaran difasilitasi dengan penyediaan sumber daya yang diperlukan, pengetahuan ditingkatkan, dan keterampilan guru diasah
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS Hesti Gustini; Yayat Ruhiat; Lukman Nulhakim
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i1.21396

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis kedekatan dalam memberikan pengetahuan tentang pencemaran lingkungan kepada siswa kelas tujuh di Sekolah Menengah Pertama Mutiara Bunda, Cilegon. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D), dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap terpisah, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan berbagai metodologi untuk mengumpulkan data, termasuk wawancara, survei, dan penilaian. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pre-test dan post-test untuk mengevaluasi keampuhan media pendidikan berbasis Nearpod dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Penilaian skor n-gain digunakan untuk menilai hasil pre-test dan post-test. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai g > 0,75 dibandingkan dengan tolok ukur yang telah ditetapkan. Nilai lebih dari 0,7 diklasifikasikan sebagai "tinggi", yang menunjukkan keberhasilan proses pembelajaran
KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI KURIKULUM MASA KINI Wiwik Pratiwi; Sholeh Hidayat; Suherman Suherman
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v10i1.21407

Abstract

Kurikulum memiliki peran penting dalam membina generasi penerus bangsa dan pemerintahan yang bertanggung jawab, inventif, dan berwawasan luas. Kurikulum adalah jantung sekolah, sekolah adalah jantung rakyat, dan rakyat adalah jantung negara atau bangsa. Oleh karena itu, suatu negara akan maju apabila sumber daya manusianya berkualitas. Meskipun demikian, pembuatan kurikulum sering kali melibatkan sejumlah tantangan yang membutuhkan pertimbangan dan penyelesaian. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa apa itu kurikulum merdeka sebagai kurikulum baru yang dilaksanakan di Indonesia saat ini. Penelitian menggunakan metode penelitian kepustakaan. Temuan dari perubahan signifikan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013 terjadi di beberapa aspek. Sementara itu, persoalan pendidikan karakter yang diakibatkan karena pembelajaran yang hilang ada pada teknik, lingkungan sekolah, dukungan stake holder, dan tidak adanya keteladanan orang tua.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 2 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) More Issue