cover
Contact Name
Asnawi
Contact Email
awie07adan@gmail.com
Phone
+6285277555130
Journal Mail Official
ijlis.editor@ar-raniry.ac.id
Editorial Address
Fakultas Adab dan Humaniora, Prodi Ilmu Perpustakaan, UIN Ar-Raniry, Jln. Lingkar Kampus, Kopelma Darussalam Banda Aceh
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Indonesian Journal of Library and Information Science (IJLIS)
ISSN : 27472132     EISSN : 27472140     DOI : https://doi.org/10.22373
Indonesian Journal of Library and Information Science (IJLIS) contains articles written from research and study reports on Information and Library Science. Indonesian Journal of Library and Information Science is published twice annually (June and December) by the journal editors from the Library Science Study Program Faculty of etiquette and humanities, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. This journal is focused on the study of library and information sciences. The coverage include both review articles as well as research articles in those fields. Subjects coverd in this journal include: Library management, Information Services, Media and Information literacy, Knowledge Management, Digital Library and Repositories, archives and documentation, Information Literacy, Digital Archiving, Marketing and Repackaging of Information, Preservation and Conservation, Information Security Law and Documentation and Publication.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): Indonesian Journal of Library and Information Science" : 5 Documents clear
ARTIKEL EFEKTIFITAS APLIKASI PRIMADOC SEBAGAI SISTEM MANAJEMEN ARSIP DIGITAL PADA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI: PRIMADOC tade vidyan
Indonesian Journal of Library and Information Science Vol. 1 No. 2 (2020): Indonesian Journal of Library and Information Science
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ijlis.v1i2.1189

Abstract

Keberhasilan pengelolaan arsip yang baik di era revolusi industri adalah hadirnya aplikasi pengelolaan manajemen arsiparis dengan sistem arsip digital. Aplikasi-aplikasi tersebut hadir sebagai bentuk dari pengembangan ilmu pengetahuan baru dalam konteks kemajuan Teknologi dan Informasi (TI). Penelitian ini akan mengkaji tentang efektifitas penggunaan aplikasi primadoc sebagai salah satu aplikali dalam sistem manajemen arsip digital, dan implementasinya pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dalam menghadapi revolusi industri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan objek penelitian pada salah satu PTKIN di Wilayah Pantai Barat Selatan Aceh yaitu STAIN Teungku Dirundeng. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan metode pengolahan data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang uji coba efektifitas penggunaan aplikasi primadoc sebagai sistem manajemen arsip digital menunjukkan bahwa aplikasi PrimaDoc merupakan aplikasi manajemen arsip (Document Management System) yang sangat membantu institusi Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri untuk mengelola arsip fisik dan digital, baik arsip aktif maupun inaktif. Aplikasi PrimaDoc menjadi suatu sistem yang secara menyeluruh dan terpusat dapat mengelola arsip melalui manajemen aktif, penyimpanan arsip, hingga retensi arsip. Sehingga Arsip pada perguruan tinggi benar-benar terpusat dalam suatu sistem manajemen digital, efektif dan efisien.
ARTIKEL PROMOSI NASKAH KUNO PERPUSTAKAAN MUSEUM ACEH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMANFAATAN KOLEKSI OLEH PENGGUNA: PROMOSI NASKAH suraiya suraiya
Indonesian Journal of Library and Information Science Vol. 1 No. 2 (2020): Indonesian Journal of Library and Information Science
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ijlis.v1i2.1191

Abstract

Penelitian ini membahas tentang promosi naskah kuno perpustakaan museum aceh dan pengaruhnya terhadap pemanfaatan koleksi oleh pengguna. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi naskah kuno yang dilakukan di Perpustakaan Museum Aceh, dan kaitannya dengan pemanfaatan koleksi naskah kuno oleh pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi naskah kuno yang dilakukan di Perpustakaan Museum Aceh dan pengaruh promosi terhadap pemanfaatan koleksi naskah kuno oleh pengguna di Perpustakaan Museum Aceh. penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati. Fokus atau subjek penelitian ini adalah promosi naskah kuno dan pemanfaatan koleksi oleh pengguna. Dalam mendapatkan data, penulis menggunakan observasi, wawancara dan angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi naskah kuno tidak berpengaruh terhadap pemanfaatan koleksi oleh pengguna. Alasan lainnya pengguna yang memanfaatkan naskah kuno, karena untuk mengetahui isinya saja.
ARTIKEL PERSONALISASI DAN PLATFORM PENGAJARAN DIGITAL: PLATFORM PEMBELAJARAN DIGITAL siti hawa
Indonesian Journal of Library and Information Science Vol. 1 No. 2 (2020): Indonesian Journal of Library and Information Science
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ijlis.v1i2.1193

Abstract

Personalisasi dan Platform Pengajaran Digital merupakan salah satu hal pokok dalam mendukung pembelajaran di Abad 21 berbasis teknologi dan informasi. Untuk itu, dalam artikel ini peneliti akan menguraikan bagaimana pentingnya personalisasi dalam pembelajaran digital, dan keterkaitan antara personalisasi dengan berbagai elemen penting dalam pembelajaran digital. Adapun metode dalam penulisan ini menggunakan metode deskritif kualitatif, dengan teknik pengumpulan datanya yaitu studi dokumentasi, serta pengolahan data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan 4 tahapan yaitu: reduksi, display, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa personalisasi dalam pembelajaran digital sangat penting karena merupakan suatu perubahan dalam metode dan cara mengajar sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi. Personalisasi sangat terkait dengan elemen penting dalam pembelajaran, yaitu pada pemanfaatan internet sebagai media utama dalam model pembelajaran e-learning. Selanjutnya, sistem personalisasi dilakukan untuk meningkatkan kemampuan atau daya serap peserta didik dalam penggunaan teknologi. Pendekatan yang dapat dilakukan dalam personalisasi pembelajaran digital antara lain seperti: Blended Learning (Model atau pun strategi yang pada dasarnya merupakan gabungan keunggulan pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka dan secara virtual); Online Learning (Pembelajaran online merupakan hasil dari suatu pembelajaran yang disampaikan sacara elektronik dengan menggunakan komputer dan media berbasis komputer); dan Adaptive Learning (pembelajaran adaptive), yaitu program multi media pembelajaran yang menyajikan media pembelajaran dengan perangkat bergerak dan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dengan karakteristik gaya belajar pengguna(student learning styles).
ARTIKEL PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN MADRASAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MENUJU VISI ACEH CARONG : GAGASAN & KONSEP PERPUSTAKAAN MADRASAH wilya murti
Indonesian Journal of Library and Information Science Vol. 1 No. 2 (2020): Indonesian Journal of Library and Information Science
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ijlis.v1i2.1194

Abstract

Artikel ini merupakan sekumpulan kajian berdasarkan pada analisis terhadap pengembangan madrasah di era baru dengan sistem otomasi digital melalui pengelolaan manajemen perpustakaan sebagai sumber belajar, dan diharapkan melalui makalah ini pula akan mendapatkan suatu gagasan dan konsep baru dalam mewujudkan Madrasah Unggul melalui integrasi teknologi dalam sistem Proses Belajar Mengajar. Penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kajian kepustakaan (library resecarh) yang artinya menelaah berbagai literatur yang tidak hanya terbatas pada buku atau jurnal, namun dapat juga diperoleh dari majalah, koran, dan bahan dokumentasi lainnya yang berasal dari perpustakaan baik secara offline maupun online. Teknik analisis data menggunakan metode analisis konten (content analysis) yaitu dengan mengumpulkan beberapa konsep dan gagasan menyangkut dengan pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah sebagai sumber belajar dengan sistem otomasi digital. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa konsep pengembangan perpustakaan madrasah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan literasi siswa menuju Aceh Carong dengan Sistem Otomasi Digital sangat perlu dilakukan, hal ini bertujuan untuk meningkatkan akreditasi dan daya saing siswa madrasah menuju Madrasah Unggul dengan penggunaan integrasi sistem teknologi informasi atau perangkat lunak otomasi perpustakaan yaitu aplikasi FOSS (Free Open Source Software) untuk bidang perpustakaan ke dalam pembelajaran di madrasah. Selain itu, pengembangan perpustakaan tersistem otomasi juga bagian integral dalam rangka mengejar ketertinggalan dalam dunia pendidikan. Maka dengan adanya pengembangan perpustakaan ke arah sistem otomasi digital, setidaknya madrasah sudah melakukan suatu implementasi terhadap pembelajaran Abad 21 dengan penggunaan teknologi informasi melalui fitur dan aplikasi pendidikan.
ARTIKEL PEMBINAAN MINAT BACA PADA PERPUSTAKAAN SEKOLAH: GAGASAN & KONSEP: MINAT BACA Nurhayati Ali Hasan
Indonesian Journal of Library and Information Science Vol. 1 No. 2 (2020): Indonesian Journal of Library and Information Science
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ijlis.v1i2.1198

Abstract

The primary function of the school library is to support school efforts to develop bacis literacy skills of students : skills for finding, accessing and using information from various sources for personal and academic reasons so that student will be information literate. Despite all the emphasis on “information literacy “ of school library, today’s school librarian especially in Indonesia still have a key role to play in the promotion of reading since students reading habit or interest is relatively slow. Some strategies are suggested to be applied by trained librarian and teacher librarian in promoting reading for students; provide the tools to help young people access books, not to be judgmental about children’s reading choices & school librarians should model positive reading behaviour, Demonstrate that reading is valued, Make reading social and Create opportunities for reluctant readers to share reading with an active or enthusiastic reader. Besides that, Literacy Development should be considered whether in stage to learn to read or read to learn

Page 1 of 1 | Total Record : 5