cover
Contact Name
Fusnika
Contact Email
jurnalpekan@gmail.com
Phone
+6281312867627
Journal Mail Official
fusnika804@gmail.com
Editorial Address
Jln. Pertamina Sengkuang Km. 4 Sintang, Kalimantan Barat 78614
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
ISSN : -     EISSN : 25408038     DOI : https://doi.org/10.31932
Core Subject : Education,
JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, STKIP Persada Khatulistwa. Terbit 2 kali setahun (April dan Nopember). E-ISSN: 2540-8038. Jurnal ini yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di bidang pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah diterbitkan di media cetak ataupun elektronik. Ruang lingkup bahasan meliputi: 1. Penelitian Tindak Kelas 2. Pendidikan Kewarganegaraan 3. Motivasi dan Prestasi Belajar 4. Belajar dan Pembelajaran 5. Hasil Belajar 6. Strategi/Metode/Model Pembelajaran 7. Media Pembelajaran 8. Pengembangan Bahan Ajar 9. Sosial Humaniora.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2020): Jurnal PEKAN" : 8 Documents clear
ANANILIS PERILAKU PEMILIH DI KELURAHAN KEDABANG KECAMATAN SINTANG PADA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2019 Juri Juri; Rahmad Sugianto
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 5, No 2 (2020): Jurnal PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v5i2.942

Abstract

Penelitian ini bertolek dari adanya tipe pemilih yang setiap kali pemilu selalu muncul. Adapun perilaku tersebut, yakni (1) pemilih rasional; (2) pemilih konvensional; (3) pemilih karena ada imbalan tertentu yang diberikan kandidat; (4) pemilih karena melihat visi-misi dan ikatan suku, agama juga budaya; (5) pemilih berdasarkan figur, dan partai pengusung. Tipe pemilih demikian, berlaku secara nasional. Artinya, diseluruh Indonesia, dipastikan ada pemilih yang demikian. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian di Kelurahan Kedabang Kabupaten Sintang Kalimantan Barat khususnya pada pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan tipe pemilih di Kelurahan Kedabang pada pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, (2) perilaku pemilih di Kelurahan Kedabang pada pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, (3) faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pemilih di Kelurahan Kedabang pada pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpulan data lembar observasi, paduan wawancara, dan dokumentasi. Hasli penelitian menunjukkan 1) pemilih di Kelurahan Kedabang pada pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 mayoritas tipe rasional, 2) perilaku pemilih di Kelurahan Kedabang pada pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 merupakan perilaku rasional, berdasarkan figur dan partai pengusung, 3) faktor yang mempengaruhi perilaku pemilih di Kelurahan Kedabang pada pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, seperti budaya masyarakat, lingkungan politik, Lingkungan sosial Masyarakat, dan faktor kepribadian yang tercermin dari kandidat. Kata Kunci: Perilaku Pemilih, Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden
PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN KARTU BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN SISWA KELAS II SDN SE-GUGUS 01 KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020 Wachid Pratomo; Nadziroh Nadziroh; Chairiyah Chairiyah
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 5, No 2 (2020): Jurnal PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v5i2.938

Abstract

Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran berupa “Papan Kartu Bergambar” pada pembelajaran tematik  muatan PPKN. Tujuan dari pembuatan media ini untuk membantu siswa dalam mengkongkritkan materi yang bersifat abstrak, serta dapat memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (research and development) dengan prosedur pengembangan menurut Borg dan Gall. Pengembangan ini dilakukan dengan prosedur yang terdiri dari 9 tahapan pengembangan yakni, penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk, uji coba lapangan operasional dan revisi produk akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SDN Gayamharjo yang berjumlah 27 siswa, seluruh peserta didik kelas II SDN Dadapsari yang berjumlah 5 siswa, dan seluruh siswa kelas III SDN Dadapsari yang berjumlah 6 siswa. Sampel penelitian mencakup seluruh populasi. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dengan guru kelas II, dan angket untuk mengetahui keadaan saat proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Papan Kartu Bergambar sudah dapat dinyatakan layak digunakan. Hal ini berdasarkan pada persentase nilai yang diperoleh dari validator dan peserta didik. Persentase hasil validasi materi dari dosen menunjukkan angka 84% dengan kriteria layak digunakan. Persentase hasil validasi dari guru kelas II SDN Gayamharjo menunjukkan angka 92% dan validasi dari guru kelas II SDN Dadapsari menunjukkan angka 92% dengan kriteria yang sama yakni layak digunakan. Untuk persentase hasil validasi media dari dosen menunjukkan angka 91% dengan kriteria layak digunakan. Persentase hasil validasi media dari guru kelas II SDN Gayamharjo menunjukkan angka 95% dan dari guru kelas II SDN Dadapsari menunjukkan angka 94% dengan kriteria layak digunakan. Sementara itu, untuk hasil persentase pada saat uji coba lapangan awal menunjukkan angka 91% dengan kategori kriteria layak digunakan, pada saat uji coba lapangan utama memperoleh hasil persentase 93% dengan kriteria layak digunakan, dan pada saat uji coba lapangan opererasional menghasilkan nilai persentase 89% dengan kriteria layak digunakan. Kata Kunci : Pengembangan, Media Papan Kartu Bergambar, Tematik Muatan PPKn
PELAKSANAAN LITERASI LINGKUNGAN DI SD NEGERI 10 KERAPA SEPAN KECAMATAN KAYAN HILIR KABUPATEN SINTANG Patrisiana Patrisiana; Daniel Dike; Dwi Cahyadi Wibowo
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 5, No 2 (2020): Jurnal PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v5i2.939

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan literasi lingkungan di SD Negeri 10 Kerapa Sepan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang, yang memuat tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi literasi lingkungan sekolah di SD Negeri 10 Kerapa Sepan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang dan cara penguatan literasi lingkungan di SD Negeri 10 Kerapa Sepan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi, teknik observasi dan teknik komunikasi secara langsung. Alat pengumpulan data seperti dokumen, lembar observasi dan lembar wawancara. Ada pun hasil analisis penelitian ditemukan bahwa masih kurangnya sikap peduli siswa terhadap masalah-masalah lingkungan dan guru-guru tidak ada yang berlatarbelakangkan pendidikan literasi lingkungan serta masih kekurangan tenaga pendidik dan kekurangan dana untuk membangun sekolah dengan program adiwiyata. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa literasi lingkungan di SD Negeri 10 Kerapa Sepan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang  sudah dilaksanakan hanya saja belum terprogram secara khusus menggunakan program sekolah adiwiyata serta penguatan literasi lingkungan dalam hal ini pun sudah dilaksanakan dan sekolah sudah mulai merintis cara-cara untuk memberikan penguatan literasi lingkungan kepada siswa. Kata Kunci: Literasi Lingkungan
PELATIHAN PEMBELAJARAN DARING GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU DI SMP NEGERI 6 SINTANG Mardawani Mardawani; Fusnika Fusnika; Agnesia Hartini
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 5, No 2 (2020): Jurnal PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v5i2.935

Abstract

Tujuan dari kegiatan pelatihan pembelajaran daring google classroom bagi Guru di SMP Negeri 6 Sintang adalah untuk memberikan pemahaman kepada guru bagaimana cara melakukan dan mengembangkan pembelajaran daring sehingga bisa melakukan pembelajaran dari rumah. Pentingnya pelatihan pembelajaran daring ini, untuk menyiapkan guru dan sekolah dalam proses pembelajaran daring agar berjalan sebagaimana mestinya. Adapun Langkah langkah yang dilakukan dalam pelatihan ini adalah pertama, menerapkan protokol Kesehatan sebelum dan sesudah melaksankan pelatihan. Kedua, memperkenalkan tentang pembelajaran daring kepada guru. Ketiga, menjelaskan tentang google classroom dan cara penggunaannya. Dan keempat praktik pengunaan google classroom. Dari pelaksanaan kegiatan yang dilakukan didapatkan hasil bahwa peserta pelatihan dapat memahami materi  pelatihan dengan baik dan mengembangkan pembelajaran daring google classroom. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Google Classroom, Sintang
PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX MATA PELAJARAN PPKN PADA MATERI HAKIKAT DAN TEORI KEDAULATAN DI SMP NEGERI 6 SATU ATAP SEPAUK Maretha Sipayung
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 5, No 2 (2020): Jurnal PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v5i2.940

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas ix mata pelajaran ppkn pada materi hakikat dan teori kedaulatan di smp negeri 6 satu atap sepauk. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penggunaan model discovery learning pada peserta didik kelas IX SMP NEGERI 6 SATU ATAP SEPAUK, bagaimanakah keaktifan belajar PPKn pada peserta didik kelas IX SMP NEGERI 6 SATU ATAP SEPAUK, apakah ada peningkatan keaktifan belajar pada peserta didik kelas IX dalam mata pelajaran PPKn di SMP NEGERI 6 SATU ATAP SEPAUK dengan mengunakan model Discovery Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan studi dokumentasi, Sedangkan alat pengumpulan data adalah panduan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan model discovery learning meningkatkan minat baca peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Hal ini disebabkan jika mereka tidak membaca sebelumnya, mereka tidak akan dapat menjawab pertanyaan dan  mengajukan pendapat/ide; Motivasi belajar PPKn di kelas IX SMP Negeri 6 Satu Atap Sepauk meningkat dengan penggunaan model discovery learning dalam pembelajaran; Adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas IX dengan penggunaan model Discovery Learning. Terlihat pengingkatan keaktifan belajar peserta didik yang signifikan mulai dari prasiklus, kemudian pada siklus I, siklus II, dan Siklus III. Kata kunci: Discovery Learning, Keaktifan siswa, PKn
TRADISI POTONG GIGI SEBAGAI WUJUD WARISAN KEARIFAN LOKAL PADA SUKU DAYAK DESA DI KABUPATEN SINTANG Fusnika Fusnika; Jemi Febriani
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 5, No 2 (2020): Jurnal PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v5i2.936

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tradisi Potong Gigi sebagai wujud warisan kearifan lokal pada suku Dayak Desa di Kabupaten Sintang. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pelaksanaan tradisi  Potong Gigi pada suku Dayak Desa, bagaimana adat yang  menjadi warisan turun-temurun ini berperan dalam menumbuhkan kesadaran sosial dan nilai solidaritas pada masyarakat Suku Dayak Desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif  deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, Sedangkan alat pengumpulan data adalah panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Budaya Lokal Potong Gigi  masih terlestarikan dengan baik dengan terlaksananya Tradisi  Potong  Gigi secara rutin setiap tahunnya. Terlaksananya Tradisi Potong Gigi secara turun-temurun pada suku Dayak Desa di Kabupaten Sintang menjadi bukti kearifan lokal adat budaya masih terjaga kelestariannya. Kata kunci: Kearifan Lokal, Tradisi Potong  Gigi, Dayak Desa.
UPAYA PELESTARIAN TARIAN ZAPIN DALAM RANGKA MEMPERKUAT NILAI KARAKTER SEBAGAI PEMERSATU BANGSA PADA MASYARAKAT MELAYU PESISIR MELAWI DI DESA PAGAR LEBATA KECAMATAN SERAWAI KABUPATEN SINTANG Suparno Suparno; Mardawani Mardawani; Rin Muhrin
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 5, No 2 (2020): Jurnal PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v5i2.941

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pelestarian tarian Zapindalam rangka memperkuat nilai karakter sebagai pemersatu bangsa pada masyarakat  Melayu pesisir Melawi. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, panduan wawancara dan panduan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) upaya pelestarian tarian Zapin di Desa Pagar Lebata melalui pembinaan generasi muda sebagai generasi penerus, sosialisasi kepada masyarakat untuk menarik minat dan pengangkatan pelatih Zapin. 2) perwujudan tarian Zapin dalam rangka memperkuat nilai karakter sebagai pemersatu bangsa pada masyarakat Melayu pesisir Melawi melalui culture experience dengan memberikan pendidikan non formal kepada masyarakat dan membentuk kelompok kesenian. 3) faktor pendukung dan penghambat upaya pelestarian tarian Zapin dalam rangka memperkuat nilai karakter sebagai pemersatu bangsa pada masyarakat  Melayu pesisir Melawi, faktor pendukungnya yaitu: Dana dari pemerintah Desa untuk keperluan kesnian, SK dari Desa untuk pelatih tarian Zapin, keterlibatan masyarakat, pelatih yang memadai, dan faktor penghambatnya berupa: peralatan penunjang yang kurang lengkap, minat belajar tarian Zapin yang kurang, budaya asing, faktor ekonomi, cuaca dan yang tidak mendukung. Kata Kunci:Tarian Zapin, Melayu Pesisir, Nilai Karakter, Pemersatu Bangsa.
PROSES EVALUASI KEBIJAKAN RESTRIBUSI PARKIR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EVALUASI RESTRIBUSI PARKIR Septha Suseka
JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 5, No 2 (2020): Jurnal PEKAN
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpk.v5i2.937

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Evaluasi Kebijakan Restribusi Parkir Pada Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang. Dari permasalahan penelitian tersebut tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses Evaluasi Kebijakan Restribusi Parkir dan faktor-faktor yang mempengaruhi Evaluasi Restribusi Parkir. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang, pegawai pada Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Kekayaan Daerah Kabupaten Sintang dan petugas parkir. Tehnik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi, kemudian alat dalam pengumpulan data yaitu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Sedangkan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Evaluasi Kebijakan Restribusi Parkir dapat dilihat dari Pertama, objek dan subjek restribusi serta pengukuran tingkat penggunaan jasa. Objek dapat digolongkan kepada restribusi jasa umum yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sintang Nomor 27 Tahun 2006, hal tersebut tak lepas dari Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004. Kedua, struktur dan besaran tarip pajak. Ketiga, azas dan tata cara pemungutan restribusi. Keempat, sistim pembayaran dan tanda buku pembayaran. Dan Kelima, penyelidikan. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi Evaluasi Restribusi Parkir di Kabupaten Sintang dan faktor penghambatnya kurang kesadaran pengguna kendaraaan, kualitas dan kemampuan petugas parkir. Sedangkan faktor pendukung pembangunan sarana fisik yang memadai serta partisipasi masyarakat secara menyeluruh.Kata Kunci:Evaluasi, Kebijakan, Restribusi Parkir

Page 1 of 1 | Total Record : 8