cover
Contact Name
Andi Patimbangi
Contact Email
andipatimbangi85@gmail.com
Phone
+6285239390445
Journal Mail Official
jurnal_akunsyah@iain-bone.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bone,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah
ISSN : 28284399     EISSN : 29618703     DOI : 10.30863
Core Subject : Economy,
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Akunsyah) is a peer-reviewed journal published by Department of Sharia Accounting, Faculty of Economics and Business, IAIN Bone twice a year (June and December). Akunsyah aims to publish articles in the field of accounting and finance that provide the significant contribution to the development of Sharia accounting practices and the Sharia accounting profession in Indonesia and in the world. Consistent with its purpose, Akunsyah provides insights in the field of accounting and finance for academics, practitioners, researchers, regulators, students, and other parties interested in the development of accounting practices and accounting profession. Akunsyah accepts manuscripts of either quantitative or qualitative research, written in either Indonesian or English. Akunsyah accepts manuscripts from Indonesian authors and also authors from various parts of the world.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Juni 2021" : 5 Documents clear
PENGARUH PENGETAHUAN, PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA DI BANK SYARIAH Al Aswad; Andi Patimbangi
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Juni 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i1.2987

Abstract

Artikel ini membahas mengenai pengaruh pengetahuan, produk dan promosi terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah. Minat menabung mahasiswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pengetahuan, produk dan promosi. Pengetahuan merupakan semua informasi yang dimiliki oleh konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen. Produk adalah sebagai segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan, atau dikonsumsi dan yang dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan. Serta promosi adalah sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabah. Sejauh ini belum ada yang meneliti ketiga variabel tersebut dan belum ada yang menjadikan mahasiswa sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik ini digunakan untuk mendeskripsikan objek atau hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah dengan hasil 0,047 0,05. Variabel produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah dengan hasil 0,038 0,05. Variabel Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah dengan hasil 0,008 0,05. 
PERAN KOMPETENSI AUDITOR TERHADAP HASIL AUDIT INVESTIGASI DALAM PEMBUKTIAN KECURANGAN Raodatul Jannah
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Juni 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i1.3020

Abstract

Fraud merupakan perbuatan melawan hukum dilakukan oleh orang-orang dalam atau dari luar organisasi, tujuannya adalah keuntungan pribadi atau kelompok baik langsung atau tidak dan bisa merugikan pihak lain. Tulisan ini membahas tentang sejauh mana pengaruh kompetensi Auditor, terhadap hasil audit investigatif pada kecurangan yang ada. Kompetensi auditor adalah kemampuan auditor untuk mengaplikasikan pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya dalam melakukan audit sehingga auditor dapat melakukan audit dengan teliti, cermat, intuitif, dan obyektif. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas audit adalah pendidikan, pengalaman, latar belakang dan sertifikasi (dari individu auditor investigasi), sedangkan dari proses auditnya adalah kompetensi, penerapan teknik audit, pengalaman, komposisi tim (supervisi, ketua tim, anggota dll), dan ada tidaknya kendali mutu.
ANALISIS PENGENDALIAN PIUTANG UNTUK MEMINIMALKAN PIUTANG TAK TERTAGIH PT. PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN MAJENE Dahlia Dahlia
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Juni 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i1.2997

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengendalian Internal Piutang dengan membandingkan fakta dengan teori COSO (Commite Of Sponsoring Organization). Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat mengetahui bagaimana system pengendalian internal piutang dan agar dapat meminimalkan piutang tak tertagih pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Majene. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dengan cara praktek langsung, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh peneliti dengan cara praktek langsung dan wawancara langsung dengan narasumber. Selanjutnya data sekunder berupa data-data yang telah terdokumentasikan di PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Majene seperti Profil Perusahaan, Data Tunggakan 2016-2019, dan Data Piutang Ragu-ragu 2016-2019.  Hasil penellitian ini menunjukkan bahwa pengendalian piutang pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Majene untuk meminimalkan piutang tak tertagihnya belum efektif karena jumlah piutang yang masih dalam jumlah besar.
PENGARUH DANA ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN MUSTAHIK Iswardani Iswardani; Hartas Hasbi
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Juni 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i1.2999

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dana zakat produktif terhadap tingkat pendapatan mustahik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang populasinya merupakan penerima bantuan dana zakat, sampel sebanyak 41 responden menggunakan teknik pengambilan sampel yakni simple random sampling.. Pengumpulan data melalui observasi dan dalam bentuk kuesioner yang menggunakan teknik regresi sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemanfaatan dana zakat produktif berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan mustahik dalam menjalankan usahanya, dibuktikan nilai t hitung 9,227, nilai signifikan 0.000 0.05. Perhitungan yang dilakukan untuk mengukur variabel independen dan variabel dependen yang mampu dijelaskan oleh model regresi linear sederhana. Dari hasil regresi diperoleh nilai R square (R2) sebesar 0.686 yang berarti bahwa, variabel dana zakat produktif pada penelitian ini berpengaruh terhadap tingkat pendapatan mustahik sebesar 67.8 %, sedangkan sisanya 32,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Implikasi penelitian ini diharapkan kepada mustahik sebagai penerima dana zakat produktif agar memanfaatkan dana zakat yang diperoleh semaksimal mungkin sehingga pendapatan yang diterima semakin meningkat. 
MANAJEMEN KEUANGAN MASJID MELALUI PEMBERDAYAAN EKONOMI Nur Asyidah; Rahma Hidayati Darwis
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah) Vol 1, No 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Juni 2021
Publisher : Program Studi Akuntansi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/akunsyah.v1i1.3018

Abstract

Masjid pada umumnya digunakan sebagai fasilitas tempat ibadah, namun seiring berjalannya waktu kini masjid juga dapat membantu meningkatkan perekonomian masjid dan masyarakat sekitaran masjid.. Dengan manajeman keuangan yang baik bukan hanya meningkatkan nilai spiritual tapi juga menambah nilai ekonomi. Masjid Al-Markaz Al-Ma’arif merupakan salah satu masjid yang manajemen kuangannya baik. Ditandai dengan adanya usaha produktif yang dijalankan oleh pengurus masjid yang nantinya dapat berdampak positif terhadap pemberdyaan ekonomi masjid dan masyarakat sekitaran masjid. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bentuk pemberdayaan ekonomi yang dikelola Masjid Al-Markas Al-Ma’arif, serta menganalisis manajemen keuangan masjid terhadap hasil pemebrdayaan ekonomi. Maka dari itu dilakukannya penelitian di Masjid Al-Markas Al-Markas Al-Ma’arif Kabupaten Bone sebagai objek penelitian, dan subjek penelitian di fokuskan pada pengurus masjid dan para pedagang diarea masjid. Penelitian ini berupa penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif  menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi lapangan dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data melalui teknik reduksi data, menyajikan data yang terpilih secara keseluruhan, kemudian menarik kesimpulan dari hasil analisis data yang diperoleh. Sehingga dari hasil penelitian ini pengurus masjid mampu mengelola keuangan masjid dengan baik melalui penyewaan kios dan penyewaan aula dengan memberdayakan jamaah masjid. hal ini mampu meningkatkan pendapatan masjid dan meningkatkan perekonomian jamaah masjid melalui usaha produktif yang dijalankan masjid. Untuk kedepan perlu pengembangan dan pengomptimalisasian manajeman keuangan masjid yang lebih intensif. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5