cover
Contact Name
Elmayati
Contact Email
lppm@univbinainsan.ac.id
Phone
+6281367729051
Journal Mail Official
lppm@univbinainsan.ac.id
Editorial Address
LPPM Universitas Bina Insan Jl. Jend. Besar Soeharto, KM. 13 Kelurahan Lubuk Kupang Kecamamatan Lubuklinggau Selatan I Kota Lubuklinggau
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK)
ISSN : 26568861     EISSN : 16934768     DOI : https://doi.org/10.32767/jurmek.v29i2
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) menerbitkan artikel tentang Ilmu Ekonomi dari berbagai sudut pandang, yang meliputi studi literatur dan studi lapangan. Jurnal ini menempatkan empatis pada aspek-aspek yang berkaitan dengan: 1. Manajemen Sumber Daya Manusia, 2. Pengelolaan Keuangan, 3. Manajemen Produksi dan Operasi, 4. Manajemen Pemasaran, Manajemen Publik
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 28 No 3 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember" : 5 Documents clear
PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI THE WRAPPERS, MEDAN Chairman Lawvandy Jaya; Mangihut Tampubolon
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 3 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v28i3.2103

Abstract

The Wrappers merupakan sebuah toko online berbasis culinary & healthy yang berlokasi di Jalan Pukat 1 No. A5 Medan, Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah Pengaruh Sosial Media Marketing dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan The Wrappers, Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 118 pelanggan dengan menghitung ukuran sampel yang dilakukan dengan menggunakan teknik slovin. Hasil penelitian adalah adanya pengaruh antara Sosial Media Marketing dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan The Wrappers, Medan. Koefisien regresi variabel (b) sosial media marketing dan kualitas produk sebesar 0,881 dan 0.889 artinya jika sosial media marketing dan kualitas produk mengalami kenaikan 1% maka kepuasan pelanggan sebesar 0,881 dan 0.889. Dari hasil koefisien determinasi sebesar 71%. Angka ini menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh sosial media marketing dan kualitas produk sebesar 71% dan 29% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Diketahui bahwa nilai sig. Thitung adalah 3,630. Angka tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,630 > 1,991) artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara antara sosial media marketing dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan The Wrappers, Medan.
Improvement of competence, SDM, PENINGKATAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA UMKM DALAM INOVASI PRODUK BATIK Helmita Helmita; Yudhinanto CN; Armalia Reny WA; M. Renandi Ekatama Surya; Susi Indriyani
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 3 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v28i3.2151

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kompetensi SDM UMKM dalam inovasi produk batik studi pada UMKM batik Siger Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan jumlah responden yang di ambil adalah 47 Orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kompetensi SDM UMKM batik Siger telah berdampak positif terhadap inovasi produk batik Siger. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah motif batik Siger, meningkatnya penggunaan bahan-bahan baru dalam pembuatan batik Siger, dan meningkatnya penggunaan teknologi baru dalam proses produksi batik Siger. Inovasi produk batik Siger ini telah meningkatkan daya saing batik Siger di pasar global. Hal ini terlihat dari meningkatnya permintaan batik Siger dari berbagai negara. Selain itu, pelaku UMKM batik juga perlu meningkatkan motivasi dan kreativitas mereka dalam menghasilkan produk batik yang inovatif.
BAGAIMANA LINGKUNGAN SOSIAL DAN GAYA HIDUP MEMPENGARUHI MINAT BELI MAKANAN VEGETARIAN PADA MAHASISWA/I POLITEKNIK CENDANA MEDAN Teresia Gofanih; Anggia Arif; Sylvia Vianti Ranita
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 3 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v28i3.2190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh lingkungan sosial terhadap minat beli makanan vegetarian pada Mahasiswa/i Politeknik Cendana, (2) pengaruh gaya hidup terhadap minat beli makanan vegetarian pada Mahasiswa/i Politeknik Cendana, (3) pengaruh lingkungan sosial dan gaya hidup secara bersamaan terhadap minat beli makanan vegetarian pada Mahasiswa/i Politeknik Cendana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) lingkungan sosial berpengaruh positif terhadap minat beli makanan vegetarian pada Mahasiswa/i Politeknik Cendana, dibuktikan dari nilai Thitung sebesar 2,287 dengan nilai signifikansi 0,027 < 0,05, dan koefisien regresi sebesar 0,245; (2) gaya hidup berpengaruh positif terhadap minat beli makanan vegetarian pada Mahasiswa/i Politeknik Cendana, dibuktikan dari nilai Thitung sebesar 6,595 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan koefisien regresi sebesar 0,621; dan (3) lingkungan sosial dan gaya hidup berpengaruh secara simultan terhadap minat beli makanan vegetarian pada Mahasiswa/i Politeknik Cendana, dibuktikan dari nilai Fhitung sebesar 66,083 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dan nilai uji koefisien determinasi adalah 0,755 atau 75,5% dimana artinya variabel mina beli dapat dijelaskan dan sisa 24,5% dijelaskan oleh variabel bebas lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.
PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT TAKETA MATAHARI SELATAN Chandra Wijaya; Fauzi A. M. Hutabarat
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 3 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v28i3.2194

Abstract

PT Taketa Matahari Selatan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan lem seperti lem kayu dengan merek APE, Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di PT Taketa Matahari Selatan. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu data-data yang berupa angka yang karakteristiknya selalu dalam bentuk numerik seperti data pendapatan, jumlah penduduk, tingkat konsumsi, bunga bank dan sebagainya. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 98 orang konsumen PT Taketa Matahari Selatan. Hasil pengujian hipotesis secara parsial dengan menggunakan uji-t, diketahui bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara citra merek terhadap keputusan pembelian dan juga terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara kualitas produkterhadap keputusan pembelian. Secara simultan terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini mempunyai keterbatasan, karena hanya mengukur citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, masih banyak faktor lainnya yang dapat mempengaruhi seperti harga, dan selera. Demikian juga halnya dengan objek yang diteliti hanya pada konsumen PT Taketa Matahari Selatan.
PENGARUH SHIFT KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI RUMAH SAKIT SITI AISYAH KOTA LUBUKLINGGAU Budi Hartono; Ikhwanul Tafdhi; Hendra Sastrawinata
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 28 No 3 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v28i3.2200

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh shift kinerja terhadap kerja pegawai di Rumah Sakit Siti Aisyah Kota Lubuklinggau?, 3) Adakah pengaruh shift kerja terhadap kinerja pegawai melalui motivasi sebagai Variabel Intervening di Rumah Sakit Siti Aisyah Kota Lubuklinggau?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh shift kerja terhadap kinerja pegawai di Rumah Sakit Siti Aisyah Kota Lubuklinggau. 22) Untuk mengetahui pengaruh shift kerja terhadap kinerja pegawai melalui motivasi sebagai Variabel Intervening di Rumah Sakit Siti Aisyah Kota Lubuklinggau. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu sebanyak 57 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Analisis data menggunakan uji moderast. Hasil penelitian adalah 1) Ada pengaruh shift kerja terhadap kinerja pegawai di Rumah Sakit Siti Aisyah Kota Lubuklinggau.. Dapat dilihat dari hasil perhitungan thitung sebesar 6,259 menunjukan nilai ttabel sebesar 2,057 sehingga dengan demikian bahwa thitung > ttabel. 2) Ada pengaruh shift kerja terhadap kinerja pegawai melalui motivasi sebagai Variabel Intervening di Rumah Sakit Siti Aisyah Kota Lubuklinggau sebesar 0,098 atau 9,8%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 29 No 2 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 29 No 1 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 28 No 3 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 28 No 1 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 27 No 2 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 26 No 3 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 26 No 2 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 26 No 1 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 25 No 3 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 25 No 2 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 25 No 1 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 24 No 3 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 24 No 2 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 24 No 1 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 23 No 3 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 23 No 2 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 23 No 1 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 22 No 3 (2017): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 22 No 2 (2017): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 22 No 1 (2017): Jurnal Media EKonomi (JURMEK) April Vol 21 No 3 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 21 No 2 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 21 No 1 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April More Issue