cover
Contact Name
Moch Wahib Dariyadi
Contact Email
wahib.fs@um.ac.id
Phone
+6281333991883
Journal Mail Official
jurnal@tifani.org
Editorial Address
Jl. Semarang 5 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 2809008X     DOI : -
Jurnal Tifani menerbitkan hasil karya-karya inovasi dosen di Indonesia dalam mempublikasikan produk ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat luas utamanya masyarakat pedesaan dan publik yang membutuhkan kemajuan kehidupan melalui sharing knowledge antara para akademisi. Selain itu Jurnal tifani juga memuat hasil penelitian, pengembangan teknologi tepat guna, inovasi serta strategi pemberdayaan masyarakat.
Articles 31 Documents
Pelatihan Pembuatan Buku Cetak Dan Electronic Book (E-Book) Bahasa Arab Untuk Para Guru PP. Roudhotul Muhsinat Desa Kuwolu Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang Ali Ma’sum, Nur Anisah Ridwan dan Moh. Fauzan
Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarat ini adalah Pelatihan Pembuatan Buku Cetak dan  Electronic Book (E-Book) Bahasa Arab untuk Para Guru PP. Roudhotul Muhsinat Desa Kuwolu Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Pelatiahan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman berkaitan dengan pembuatan buku Cetak dan  Electronic Book (E-Book) bagi para guru PP. Roudhotul Muhsinat Desa Kuwolu Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang dan melatih mereka dalam mengembangkan bahan ajar tersebut bagi mereka. Setelah pelatihan, diharapkan para guru memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam membuat bahan ajar baik cetak maupun E-Book. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya-jawab, praktik, latihan, dan bimbingan baik secara individu maupun kelompok. Hasil dari angket yang disebarkan kepada para guru setelah kegiatan ini berakhir menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan mereka berharap kegiatan yang semacam ini diadakan lagi pada tahun yang akan datang.
Pelatihan Pemanfaatan Media Digital Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Guru-Guru TK/MI/SD Se-Malang Moh. Fauzan, Hanik Mahliatussikah, Muhaiban, Nur Anisah Ridwan, Ibnu Samsul Huda, Moch Wahib Dariyad
Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan ini didasari adanya kemajuan teknologi yang semakin cepat. Kemajuan teknologi tersebut memacu setiap orang terutama bagi guru untuk melakukan inovasi. Salah satu inovasi tersebut adalah membuat dan memanfaatkan media digital. Tidak bisa dipungkiri, para guru yang ada saat ini tidak semuanya bisa membuat media digital sendiri, oleh karena itu pelatihan ini digunakan untuk melatih para guru dalam membuat media digital dan memanfaatkannya. Model pelatihan yang dimaksud disini mencakup dua hal. Pertama, para guru diajari untuk membuat media digital sendiri dan memanfaatkannya dalam proses pembelajaran. Kedua, para guru dibantu dalam pembuatan media digital dan diberi pelatihan bagaiamana cara pemaanfaatan media digital tersebut. Ada 7 materi yang disampaikan, yaitu: pemanfaatan media digital untuk pengenalan huruf Arab, profesi, faislitas umum, warna, nama-nama hewan, angka Arab, dan peralatan sekolah dalam bahasa Arab. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, micro-teaching, konsultasi, pembinaan, dan pendampingan. Setelah kegiatan pengabdian disimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan ini sangat bermanfaat. Sangat bermanfaatnya pelatihan ini didasarkan hasil angket dari para peserta. Hasil dari pelatihan ini, yaitu: peserta mampu membuat media digital sendiri dan peserta mampu memanfaatkannya dalam proses pembelajaran bahasa Arab.
Pembelajaran Mahārah Kitābah Pada Masa Pendemi Covid-19: Menakar Kreativitas Guru Madrasah Tsanawiyah Di Sumatera Utara Sahkholid Nasution, Widya Ningrum
Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Selama pandemi covid – 19 memaksa proses pendidikan dan pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan). Guru dan siswa tetap melakukan pembelajaran dengan jarak jauh (online). Perubahan bentuk pembelajaran ini menuntut guru utuk lebih kreatif dan inovatif memiliih dan menggunakan metode dan media pembelajaran, agar materi tetap tersampaikan dan dapat diserap oleh siswa dengan baik. Mahara Kitabah dalam Bidang studi bahasa Arab sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan secara daring selama covid -19 di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Dengan demikian, tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui kreativitas para guru bahasa Arab di MTs dalam membelajarkan Mahârah Kitâbah sebagai salah satu maharah yang paling penting dalam belajar bahasa Arab. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancaa tertutup. Sumber data adalah para guru bahasa Arab di 32 Madrasah Tsanawiyah, baik negeri maupun swasta di Provinsi Sumatera Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, mayoritas guru MTs belum kreatif memilih dan menggunakan metode pembelajaran Mahârah Kitâbah, terbukti lebih kepada metode penugasan. Selain itu, penggunaan media pembelajaran juga lebih banyak menggunakan Media WhatsAPP (WA) dan hanya sedikit saja guru yang menggunakan media Zoom, Google Calssroom, dll. Namun, tidak dapat dipingkiri kondisi ini tentu sangat dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk situasi dan kondisi ekonomi orang tua siswa..
Pelatihan Sablon Kaos Digital Kaligrafi Arab Moch Wahib Dariyadi, Ali Ma'sum dan Ibnu Samsul Huda
Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarat ini adalah Pelatihan Pembuatan kaos digital denga Teknik sablon Pelatihan ini diikuti 300 peserta. Setelah pelatihan, diharapkan para peserta bisa berwirasusaha sablon digital dengan kaligrafi arab. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya-jawab, praktik, latihan, dan bimbingan baik secara individu maupun kelompok. Hasil dari angket yang disebarkan kepada para guru setelah kegiatan ini berakhir menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan mereka berharap kegiatan yang semacam ini diadakan lagi pada tahun yang akan datang
TikTok! Transformation Of A Popular Social Media Platform As An Arabic Learning Media Rosita Ilhami, Muhammad Ikhlas
Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

TIK tok! Aplikasi yang sempat dilarang di Indonesia kini telah menjelma menjadi media pembelajaran. Dengan berbagai fitur menarik di TikTok dapat menjadikan pembelajaran lebih inovatif, aktif, dan interaktif. Dengan mengemas pembelajaran bahasa Arab secara menarik melalui berbagai fitur yang tersedia dan membagikannya di TikTok, akan memberikan kesempatan kepada para pendidik dan penggiat bahasa Arab untuk mengenalkan bahasa Arab secara lebih luas, tidak hanya kepada siswa di lembaga tertentu tetapi juga kepada semua orang yang sengaja atau tidak sengaja melihat. video pembelajaran bahasa Arab yang beredar di TikTok.
Phonological Errors of Juz Amma in 1st grade of RTQ Al Ghozali Malang Diandra Ariesta Lily Effendi Al Azhim
Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Phonological errors are language errors in pronunciation that are produced by human speech tools, that causing differences meaning. So the need for accuracy in pronouncing a letter or word in accordance with the appropriate articulation. This article tries to describes the forms of the phonological errors of juz amma, and also the factors that influence the phonological errors of juz amma and the solutions to minimize the phonological errors of juz amma. This research is a descriptive qualitative research. The data collection techniques used the method of observation, interviews, study literature and documentation. The data analysis technique of this research are data collection, sorting and selecting data, presenting data and taking conclusions. The data source of this research is based on the results of observations on the students of RTQ Al-Ghozali Malang. The result of this research is phonological errors of juz amma in 1st grade, both in terms of pronouncation and the long and short verses. The causative factors are inappropriate language acquisition, lack of interest in learning, habituation factors and social support factors. So that the solution is to emphasize the teacher's pronunciation in reciting juz amma correctly, motivating children to learn, continuous good habituation, and the importance of support system.
Pengembangan contoh kalimat dalam ilmu nahwu pada Kitab Matan al-AJurumiyah melalui kata-kata mutiara Arab Oman Karya Suhada
Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Matan Al-Ajurumiyah merupakan kitab dasar gramatikal bahasa Arab ( nahwu ) yang biasa dipelajari di pesantren, salah satu kelebihan kitab ini adalah jumlah halaman yang tidak begitu tebal, namun kandungan materinya komprehensif, sehingga kitab ini menjadi populer dan menarik untuk dikaji. Kekurangan dari kitab ini ialah sedikitnya kosakata dan contoh kalimat dalam materi sehingga bagi sebagian orang perlu perhatian lebih dalam memahaminya. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya sederhana dalam mengembangkan contoh-contoh kalimat dalam ilmu nahwu melalui kata-kata Mutiara Arab yang diambil dari berbagai sumber dan literatur. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pengembangan materi contoh kalimat nahwu dalam kitab matan al-Ajurumiyah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah contoh-contoh dalam ilmu nahwu dalam matan al-Ajurumiyah cenderung terbatas dan memungkinkan untuk dikembangkan melalui contoh-contoh dari kata Mutiara Arab, tujuannya selain untuk membekali pembelajar dengan contoh-contoh kalimat yang lebih variatif dan aplikatif juga memberikan obor penyemangat yang menginspirasi untuk lebih baik.
Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Moch Wahib Dariyadi, Hanik Mahliatussikah, dan Moh. Fauzan
Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran di era pandemi covid-19 membuat guru memaksimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT. Untuk itu dibutuhkan berbagai upaya dalam pembelajaran termasuk penggunaan media pembelajaran berbasis ICT agar memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Pentingnya peningkatan kompetensi dan keterampilan guru dalam memanfaatkan dan memaksimalkan media pembelajaran berbasis ICT sehingga perlu adanya pelatihan dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis ICT kepada guru. Pelatihan pembuatan dan penggunaan google sites sebagai media pembelajaran dilaksanakan pada tanggal 11- September 2021 sampai dengan 17 September 2021 Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Bahasa Arab melalui penggunaan Google Sites sebagai media pembelajaran. Pelaksanaan pelatihan ini terdiri atas 2 tahapan yaitu pertama penyampaian materi mengenai pembuatan dan penggunaan google sites sebagai media pembelajaran dan kedua praktek langsung membuat dan menggunakan google sites sebagai media pembelajaran. Metode dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab dan eksperimen. Pelatihan ini diikuti dengan antusiasme dari peserta yang diikuti oleh 1645 orang guru MGMP Bahasa Arab se-indonesia. Pelatihan ini menambah pengetahuan dan kompetensi serta skill peserta dalam membuat dan menggunakan google sites sebagai media pembelajaran.. Hasil dari angket yang disebarkan kepada para guru setelah kegiatan ini berakhir menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan mereka berharap kegiatan yang semacam ini diadakan lagi pada tahun yang akan datang.
Metodologi Yusuf Dzannun dalam Pembelajaran Kaligrafi Riq’ah Ahmad Yasir Amrulloh
Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 1 (2022): Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metodologi Yusuf Dzannun dalam pembelajaran khat Riq’ah. Dilatarbelakangi oleh banyaknya materi khat Riq’ah sebagai kebutuhan pembelajaran khat disekolah yang harus dikuasai dan waktunya yang terbatas. Hal inilah yang mendorong beliau untuk melakukan penyesuaian metode pembelajaran kaligrafi Riq’ah agar tetap dapat dipelajari dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengambilan data dengan menggunakan teknik dokumentasi dari kitab karya Syaikh Yusuf Dzannun sebagai sumber primer dan beberapa tulisan terkait dengan bahasan sebagai sumber sekunder. Sementara untuk penyajiannya, penulis menggunakan bentuk deskriptif naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dzannun menekankan akan konsentrasi dan pengamatan yang tinggi serta keterampilan saat menulis. Beliau juga mengemas materi khat Riq’ah menjadi dua puluh empat pelajaran dengan empat bagian penting. Pertama, yaitu menjelaskan tentang materi dan alat tulis dan pentingnya memilih pena serta tata cara memotongnya. Hal ini bermaksud sebagai penekanan penguasaan memegang pena dengan benar, pentingnya sebuah arah sebagai ukuran geometris dan titik sebagai dasar untuk mengukur huruf dan kalimat. Kedua, pelajaran kedua hingga tiga belas menjelaskan cara penulisan huruf tunggal sebagai dasar dalam penguasaan huruf asasiyyah dan mustakhrajat. Ketiga, menjelaskan penulisan huruf dalam sebuah kalimat yang ditandai dari pelajaran keempat belas hingga pelajaran ke dua puluh tiga dengan menekankan pada penguasaan spasi dan garis kursi untuk mengetahui posisi huruf dan penguasaan perbedaan bentuk huruf dalam sebuah kalimat. Bagian terakhir yaitu menulis ayat al-Qur’an dengan khat Riq’ah. Dengan demikian, pelajar akan mampu menguasai pembelajaran dengan baik meskipun dengan waktu yang terbatas.
Strategi 4p (Person, Press, Process, Product) Dalam Mengembangkan Kreativitas Pembelajaran Kaligrafi Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung Depok Sleman Nurul Huda; Siti Fatimah; Ahmad Yasir Amrulloh
Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 1 (2022): Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik melalui pembelajaran kaligrafi Arab. Sebab, dengan keunggulan kreativitas yang dimiliki, hal ini menjadi modal dalam persaingan global. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Sementara untuk objek penelitiannya adalah MI Sultan Agung Depok Sleman. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai alat untuk memperoleh data. Sementara untuk analisinya, penulis menggunakan reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik pada pembelajaran kaligrafi Arab melalui pendekatan 4P, P1 yaitu pribadi (Person) sebagai pembiasaan tanya jawab untuk melatih keterampilan berfikir lancar dan menghias kaligrafi arab serta berkarya untuk melatih kemampuan merinci. P2 yaitu pendorong (Press) sebagai usaha untuk mendorong motivasi, membangun lingkungan yang kondusif dan memberikan pujian. P3 yaitu proses (Process) dalam memberikan kesempatan berkarya bagi peserta didik dan P4 (Product) sebagai hasil karya yang dapat dinikmati oleh pengunjung saat pameran.

Page 1 of 4 | Total Record : 31