cover
Contact Name
Budi Purnomo
Contact Email
jurnalkrinok@unja.ac.id
Phone
+628127471575
Journal Mail Official
jurnalkrinok@unja.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi - Muara Bulian No.KM. 15, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah
Published by Universitas Jambi
ISSN : -     EISSN : 28295137     DOI : 10.22437/krinok.v3i1.27465
Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi ialah jurnal khusus dbentuk untuk memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Sejarah maupun mahasiswa lain yang artikelnya berkaitan dengan fokus utama jurnal. KRINOK Unja berkerja sama dengan Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI). Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian asli, artikel konseptual, artikel review dan studi kasus. Fokus dan Cakupan jurnal ini terdiri dari Seluruh Spektrum Pembelajaran Sejarah Dan Pendidikan Sejarah yang meliputi: Sistem Pendidikan, Kurikulum,Nilai-Nilai Pendidikan,Peninggalan Sejarah Lokal,Media Dan Sumber Pembelajaran Sejarah, Evaluasi Pembelajaran Sejarah,Bidang Ilmu Sosial,Dan Topik Terkait Lainnya.
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): Pendidikan Sejarah dan Kesejarahan Indonesia" : 21 Documents clear
TRADISI DAN BUDAYA MASYARAKAT MELAYU DALAM PERSPEKTIF KEBUDAYAAN BERINAI SEBELUM MENIKAH DI JAMBI Zumi Diah Andika
Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah Vol. 2 No. 1 (2023): Pendidikan Sejarah dan Kesejarahan Indonesia
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/krinok.v2i1.22747

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendiskripsikan tradisi berinai masyarakat melayu yang berada di Jambi. Propesi-propesi memnjelang perkawinan sangat lah amat bnayak salah satu nya ialah berinai. Tradisi ini dilakukan sebelum hari pernikahan, tepat nya setelah sholat isya, di kediaman calon mempelai wanita. Calon mempelai perempuan akan diberi inai atau dikenal dengan pewarna kuku, kemudian ditepungtawari. Setelah itu,terdapat pertunjukan tari inai yang merupakan acara pokok dari upacara adat ini. Tari inai adalah tarian tradisional Jambi lebih tepatnya berasal dari Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi: 1. Heuristik, 2. Kritik Sumber, 3. Interpretasi, dan 4. Historiografi. Hasil peneliatan menyatakan bentuk struktur dalam tradisi kebudayaan berinai sebelum pernikahan di tengah masyarakat melayu Jambi.
KEBUDAYAAN INDIS SEBAGAI HASIL PENGARUH KEBUDAYAAN BARAT DI INDONESIA Feni Eka Sulistiarini; Junita Yosephine Sinurat
Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah Vol. 2 No. 1 (2023): Pendidikan Sejarah dan Kesejarahan Indonesia
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/krinok.v2i1.23562

Abstract

Kebudayaan Indis lahir sebagai hasil akulturasi kebudayaan Barat dan kebudayaan pribumi. Kedatangan Belanda ke Indonesia diikuti dengan dibawanya kebudayaan Belanda yang kemudian mengalami percampuran dengan kebudayaan lokal melalui berbagai jalur. Kebudayaan Indis sebagai hasil pengaruh kebudayaan Barat di Indonesia pun menarik untuk dibahas untuk mengetahui apa saja bentuk kebudayaan Indis yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode historiografi sejarah yang terdiri dari tahap pengumpulan data, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Dari hasil penelitian, berkembangnya kebudayaan Indis juga dipengaruhi politik etis dalam edukasi. Berbagai kebudayaan Indis yang ada di antaranya adalah gaya hidup yang meliputi gaya berbusana, kebiasaan-kebiasaan, dan bahasa. Kemudian rijsttafel sebagai bentuk jamuan makan ala Belanda, lalu arsitektur bangunan yang juga tak luput dari pengaruh kebudayaan Indis, baik bangunan tempat tinggal, stasiun, gereja, dan lain-lain.
KISAH PERJALANAN R.A. KARTINI TERHADAP PENDIDIKAN UNTUK KAUM WANITA DI PULAU JAWA Bimo Abimayu; Reka Seprina
Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah Vol. 2 No. 1 (2023): Pendidikan Sejarah dan Kesejarahan Indonesia
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/krinok.v2i1.23669

Abstract

Penelitian ini secara garis besar untuk mengetahui kisah perjalanan R.A.Kartini terhadap Pendidikan untuk kaum Wanita di pulau Jawa. Yang diantaranya  ialah untuk melihat bagaimana biografi Raden Ajeng Kartini, bagaimana kisah masa kecil raden ajeng kartini, apa yang terjadi di tahun 1892-1996, serta untuk melihat peristiwa apa saja yang terjadi di tahun 1896-1904. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode sejarah. Adapun hasil penelitian ini yaitu (1) Kartini mempunyai garis keturunan kerajaan majapahit selain itu keluarga besarnya adalah kelompok orang bangsawan yang berpikiran maju. (2) Kartini adalah murid yang aktif dan cerdas ia mempunyai banyak teman karena sifatnya yang mengemaskan dan ceria. (3) Pada tahun ini kartini dan kaum Wanita lainnya mempunyai tekad untuk melawan tradisi kuno mereka mencari jalan keluar supaya kaum Wanita tidak diberlakukan sewenag-wenang. (4) Kartini resmi menikah dengan bupati rembang pada tanggal 8 November 1903 selain itu kartini berhasil membuka sekolah pada bulan Juli 1903 dan pada tanggal 17 September 1904 kartini meninggal.
PEMANFAATAN MUSEUM PERJUANGAN RAKYAT JAMBI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS JAMBI Adelia Ramadanti
Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah Vol. 2 No. 1 (2023): Pendidikan Sejarah dan Kesejarahan Indonesia
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/krinok.v2i1.23858

Abstract

Museum Perjuangan Rakyat Jambi merupakan tempat terhimpunnya berbagai kelengkapan para pejuang Rakyat Jambi, catatan peristiwa-peristiwa perlawanan kepada penjajah. Juga tinggalan masa pendudukan Jepang secara “insitu” masih dapat dilihat di Museum Perjuangan Rakyat Jambi. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi bagaimana pemanfaatan Museum Perjuangan Rakyat Jambi sebagai sarana ajar bagi mahasiswa yang mempelajari sejarah di Universitas Jambi. Penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam metode penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Museum Perjuangan Rakyat Jambi memberikan dampak positif terhadap pembelajaran sejarah yaitu pembelajaran di luar ruangan kelas dengan suasana berbeda dapat meningkatkan kemampuan kritis. Pembelajaran seperti ini, membuat peserta didik ataupun mahasiswa tidak bosan dan pembelajaran sejarah jauh lebih menarik. Selain Museum Perjuangan Rakyat Jambi dapat menjadi alternatif pembelajaran diluar kelas melalui kunjungan ke museum yang dapat menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan menghargai warisan budaya bangsa.
PERKEMBANGAN KOREAN POP DI KOTA JAMBI MASA REFORMASI (2000-2022) Gus Muliadi; Ardiansyah Ardiansyah
Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah Vol. 2 No. 1 (2023): Pendidikan Sejarah dan Kesejarahan Indonesia
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/krinok.v2i1.23951

Abstract

Dalam penelitian ini mendeskripsikan perkembangan Korean Pop (K-Pop) di Kota Jambi tahun 2000-2022. Berkembangnya dunia Entertainment Korea di Kota Jambi khususnya K-Pop membawa dampak perubahan besar bagi masyarakat jambi dari anak-anak sampai orang dewasa memilih untuk menyanyikan dan mendengarkan lagu-lagu Korea di media social seperti Youtube, Tiktok, Instagram, Spotify, Apple Music dan lain-lain. Dengan mendengarkan lagu tersebut mereka mulai mempelajari bahasa Korea untuk mengetahui arti dan makna dari lagu-lagu K.Pop. Penelitian ini merupakan penelitian kulatitaif dengan pendekatan historis, dalam penelitiannya peneliti juga menggunakan tahapan pengumpulan data, pengujian, penafsiran, dan penulisan sejarah. Korean Pop mengacu pada apa yang digunakan dan apa yang dipakai, perkembangannya ini juga disebabkan oleh berbagai sumber media seperti social media, film, dan lain sebagainya yang ikut mempromosikan film tersebut. Hasil penelitian ini menjelaskan bagaimana kehidupan masyarakat pada saat masuk dan berkembangnya Korean Pop (K-Pop) di Kota Jambi.
TRADISI LISAN SEBAGAI SUMBER SEJARAH Erna Ambar Wati
Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah Vol. 2 No. 1 (2023): Pendidikan Sejarah dan Kesejarahan Indonesia
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/krinok.v2i1.24049

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tradisi lisan sebagai sumber sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan yang mengacu pada kumpulan penelitian dengan berfokus pada metode pengumpulan data yang berasal dari perpustakaan dan penelitian-penelitian sebelumnya. Hasil dari penelitian ini adalah memberikan gambaran atau deskripsi terkait fakta, sifat dan hubungan antar fenomena yang terjadi. Penggunaan tradisi lisan dalam sumber sejarah dapat menjadi alternatif dalam sumber lisan. Namun, terdapat kelemahan dan keterbatasan serta kapasitas dalam memverifikasi.  Tradisi lisan tidak hanya berbentuk kelisanan, seperti tuturan yang kemudian diketegorikan dalam bentuk tulisan, tetapi juga bentuk dan pola kelisanan. Tradisi lisan merupakan bagian dari budaya dan berkaitan dengan sejarah local setempat. Salah satu upaya agar tradisi lisan dapat digunakan sebagai sumber sejarah local adalah dengan mewujudkannya dalam bentuk rekaman suara atau tulisan dengan Teknik wawancara. Catatan wawancara serta rekaman suara tersebut dapat digunakan sebagai bagian dari dokuman yang dapat diolah dan di analisis dengan bantuan dokumen pendukung lainnya. Dewasa jni eksistensi tradisi lisan sejarah local memiliki fungsi dan manfaat lain, sehinga mampu menciptakan nilai ekonomis bagi masyarakat sekitar.
SUKU MANDAR : MENGENAL KEBUDAYAAN MARITIM DARI PROVINSI SULAWESI BARAT Irma Dwi Jayanti; Isrina Siregar; Budi Purnomo
Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah Vol. 2 No. 1 (2023): Pendidikan Sejarah dan Kesejarahan Indonesia
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/krinok.v2i1.24130

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap kebudayaan-kebudayaan maritim yang dimiliki oleh Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuhi budaya- budaya maritim yang diciptakan oleh Suku Mandar. Metode yang dgunakan dalam penelitian ini adalah metode Study Literatur, yang dimana penelitiannya dimulai dengan mencari-berbagai sumber lalu difahami sebelum diambil yang sekiranya sesuai dengan tujua penelitian ini. Adapun berdasarkan penelitian ini, terdapat sebuah fakta bahwa Suku Mandar merupakan suku yang berbudaya maritin dan berada di sekitar Segitiga Emas Nusantara. Budaya-budaya maritim yang dihasilkan adalah budaya yang berkaitan dengan teknologi perikanan. Adapun budaya-budayanya adalah Perahu Sandeq yang artinya runcing, Festival Sandeq race yang merupakan bentuk upaya unutk melestarikan kapal Sandeq  yang mulai tergantikan oleh perahu bertenaga mesin, dan yang terakhir adalah Rumpon. Rumpon merupakan alat penangkapan ikan khas Suku Mandar.
PERKEMBANGAN SOSIAL-BUDAYA TIONGHOA DI KOTA JAMBI MASA REFORMASI (1999-2021) Desri Yanti Sinurat; Reka Seprina
Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah Vol. 2 No. 1 (2023): Pendidikan Sejarah dan Kesejarahan Indonesia
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/krinok.v2i1.24157

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Perkembangan Perkembangan Sosial-Budya Tionghoa di Kota Jambi Masa Reformasi (1999-2021). Penelitian ini tergolong dalam penelitian Kualitatif dengan pendekatan histories. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang melalui beberapa tahap yaitu, heristik (pengumpulan sumber), kritik sumber, interpretasi (penafsiran) dan historiografi (penulisan sejarah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berkembangnya masyarakat Cina di Jambi membawa Sosial-Budaya Tionghoa dan diterima masyarakat Jambi  terjadilah asimilasi budaya Cina dan Jambi baik dari sosial-budaya, politik maupun ekonomi. Asimilasi dan akulturasi budaya Cina dan Jambi berkembang pesat diberbagai bidang.
PENDIDIKAN SEJARAH SEBAGAI PENGUAT PENDIDIKAN KARAKTER Paulina Br Simbolon
Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah Vol. 2 No. 1 (2023): Pendidikan Sejarah dan Kesejarahan Indonesia
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/krinok.v2i1.24256

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan sesorang. Pendidikan karakter berkaitan dengan contoh perilaku yang bisa ditiru atau sebagai contoh untuk membangun karakter siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana bagaimana pendidikan sejarah disekolah dijadikan sebagai penguat dari pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Dari hasil penelitian ini didapatkan menunjukkan bahwa pendidikan sejarah sebagai pendidikan yang mempelajari peristiwa masa lalu merupakan sarana nilai karakter dari generasi sebelumnya ke generasi berikutnya, menumbuhkan karakter melalui pendidikan sejarah bukanlah sekedar menghafal dan mengetahui peristiwa tersebut, melainkan mengembangkan dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINDMAP BERBASIS SEJARAH LOKAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN KELAS XII DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI Pitri Pitri; Reka Seprina
Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah Vol. 2 No. 1 (2023): Pendidikan Sejarah dan Kesejarahan Indonesia
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/krinok.v2i1.24260

Abstract

Pembelajaran sejarah merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk membentuk kepribadian peserta didik, yang tujuannya untuk memahami dan membudayakan nasionalisme, menggali jati diri bangsa, membentuk peradaban berkarakter bangsa yang bernilai ,menjadikan manusia berperilaku arif dan bijaksana, menghindari kegagalan dan kesalahan apa yang telah dilakukan sebelumnya serta menemukan sumber baru untuk membentuk visi masa depan. Namun, hal ini sangat berbeda dengan sudut pandang, sebagaimana pemahaman siswa, bahwa pembelajaran sejarah hanya terdiri dari sejarah masa lalu, sistem pembelajaran didominasi oleh hapalan dan terlihat membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mindmap berbasis sejarah lokal pada mata pelajaran sejarah peminatan Kelas XII SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Metodologi yang digunakan adalah pengembangan desain model Bela Banathy H. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMA Negeri 11 Muaro Jambi pengembangan media pembelajaran mindmap berbasis sejarah lokal pada mata pelajaran sejarah peminatan dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Page 1 of 3 | Total Record : 21