cover
Contact Name
Anda Iviana Juniani
Contact Email
jcm@ppns.ac.id
Phone
+628123981319
Journal Mail Official
jcm@ppns.ac.id
Editorial Address
https://journal.ppns.ac.id/index.php/cakrawalamaritim/EditorialTeam
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Cakrawala Maritim
Jurnal Cakrawala Maritim JCM (e-ISSN : 2620-7850) adalah Jurnal Nasional Pengabdian pada Masyarakat yang memiliki fokus tentang pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat dari semua bidang ilmu. Ruang lingkup tentang kegiatan pengabdian pada masyarakat antara lain meliputi penyuluhan, pelatihan, pendampingan, pengembangan, pemasaran, keamanan maritim lokal, aplikasi Teknologi Tepat Guna (TTG), pemberdayaan masyarakat, akses sosial, daerah perbatasan, daerah kurang berkembang, dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Jurnal Cakrawala Maritim terindeks Google Scholar, dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Cakrawala Maritim" : 4 Documents clear
Pelatihan Identifikasi Sumber Pencemar Air lImbah Industri Bagi Mahasiswa D4 Teknik Pengolahan Limbah PPNS Tarikh Azis Ramadani
Jurnal Cakrawala Maritim Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Cakrawala Maritim
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) - PPNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35991/cakrawalamaritim.v5i1.2889

Abstract

Perkembangan industri tidak dapat dilepaskan oleh aspek penunjang seperti aspek ekonomi dan lingkungan. Namun, pertumbuhan industri akan membawa dampak positif dan negatif, Salah satu dampak negatif yang dihasilkan adalah munculnya bahan berbahaya di badan air. Hal tersebut membutuhkan suatu mitigasi dalam mengurangi dampak yang ditimbulkan. Proses identifikasi sumber pencemaran air limbah merupakan aspek penting untuk meningkatkan kualitas air dan mengurangi polusi. Namun, mahasiswa D4 Teknik Pengolahan Limbah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya memiliki kemampuan yang rendah di aspek tersebut sehingga diperlukan suatu solusi. Pelatihan mengenai identifikasi sumber pencemar air limbah merupakan salah satu opsi yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang terserbut. Luaran dari kegiatan ini membuktikan bawah mahasiswa D4 Teknik Pengolahan Limbah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya telah kompeten di bidang tersebut. Hal ini akan menjadi bekal penting bagi mahasiswa ketika mereka telah lulus dari perguruan tinggi.
PENDEKATAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEST OF ENGLISH FOR INTERNATIONAL COMMUNICATION PREPARATION Rikat Eka Prastyawan
Jurnal Cakrawala Maritim Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Cakrawala Maritim
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) - PPNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35991/cakrawalamaritim.v5i1.3015

Abstract

Persiapan Pelatihan Test of English for International Communication perlu dilakukan untuk dapat mengetahui pembiasaan jenis-jenis soal yang ada dalam tes tersebut. Terdapat 7 bagaian yang meliputi bagian pertama sampai dengan bagian ke empat adalah jenis soal untuk menguji kemampuan mendengarkan, sedangkan part ke-5 sampai dengan part ke-7 terkait dengan tata bahasa dana keterampilan membaca. Peserta dalam pelatihan ini adalah siswa SMKN 5 Surabaya yang terdiri dari berbagai jurusan. Kajian ini dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut terkait dengan strategi yang perlu digunakan untuk menjawabnya di setiap bagain mulai dari bagian pertama sampai dengan terakhir. Diskriptif kuantitatif digunakan dalam kajian ini untuk menggambarkan fenomena secara kuantitatif dengan jumlah peserta terdata dalam survey setelah pelaksanaan. Hasil yang didapatkan dalam pelatihan ini adalah ditemukannya tiga faktor yang mampu membawa pembelajaran yang efektif yaitu pendekatan secara strategi, pendekatan proses pembelajaran, serta pendekatan individu terkait kesadaran dalam mengembangkan potensi diri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan yang diberikan mampu memberikan kontribusi positif bagi peserta pelatihan.
PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PEMBELAJARAN TEST OF ENGLISH FOR INTERNATIONAL COMMUNICATION PREPARATION Rikat Eka Prastyawan; Anggara Trisna Nugraha
Jurnal Cakrawala Maritim Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Cakrawala Maritim
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) - PPNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35991/cakrawalamaritim.v5i1.3017

Abstract

Pembelajaran Test of English For International Communication (TOEIC) menjadi salah satu bentuk assessment yang digunakan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris yang standar khususnya untuk Sekolah Vokasi. Topik-topik yang ada dalam soal TOEIC mengacu kepada konteks dunia kerja yang meliputi keterampilan menulis, instruksi dan percakapan baik lisana ataupun tulisan. Dalam test ini terdapat 7 bagian utama yang mana bagian pertama sampai bagian empat adalah kemampuan mendengarkan sedangkan bagian kelima sampai ketujuh adalah kemampuan membaca. Untuk mempersiapkan ketujuh bagian ini diperlukan suatu strategi dan pemanfaatan teknologi agar peserta test mampu belajar sendiri secara efektif dan efisien dengan tersedianya jawaban yang benar disetiap bagian. Rumusan dari kajian ini adalah bagaimana antusias peserta pelatihan melalui pendekatan teknologi informasi yang diberikan? Hal ini bertujuan untuk mengetahui antusias peserta pelatihan agar dapat menjadi evaluasi penyelenggaraan pelatihan berikutnya. Google Drive, Google meet, dan Google Classroom adalah fasilitas layanan google yang dapat digunakan untuk menerapkan pembelajaran secara mandiri ataupun terbimbing agar dapat digunakan dalam pemebalajaran TOEIC. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini menitik beratkan terhadap pemanfaatan teknologi tersebut agar materi-materi TOEIC yang terdiri dari 7 bagian tersebut dapat digunakan untuk belajar sebelum peserta test akan menjalani test yang telah terjadwalkan. Hasil menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dengan pemanfaatan pelatihan menggunakan teknologi informasi yang terkini. Kesimpulannya dari kajian ini adalah strategi sangat diperlukan untuk dapat menstimulasi peserta pelatihan dalam peningkatan kemampuan Bahasa Inggris mereka dengan menggunakan teknologi informasi yang terkini sehingga peserta dari generasi muda dapat mudah mengikuti dan memanfaatkannya.
Cover JCM Vol 5 No 1 Tahun 2022 admin journal
Jurnal Cakrawala Maritim Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Cakrawala Maritim
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) - PPNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35991/cakrawalamaritim.v5i1.3097

Abstract

Cover

Page 1 of 1 | Total Record : 4