cover
Contact Name
Ike Betria
Contact Email
jurnalbakoba@gmail.com
Phone
+6281270889797
Journal Mail Official
jurnalbakoba@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan IPS, Universtias Pasir Pengaraian Jl. Tuanku Tambusai, Rambah. Kabupaten Rokan Hulu, Riau. 28558
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
Bakoba: Journal of Social Science Education
ISSN : -     EISSN : 27978036     DOI : -
Jurnal BAKOBA diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut. BAKOBA terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang dimuat bukan cerminan sikap dan /atau pandang redaksi. Seluruh isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 01 (2024): BAKOBA : Jurnal social scient education" : 6 Documents clear
NILAI-NILAI TRADISI PUNGGAHAN MASYARAKAT JAWA DESA RAMBAH JAYA KECAMATAN BANGUN PURBA
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 4 No. 01 (2024): BAKOBA : Jurnal social scient education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/bakoba.v4i1.2417

Abstract

Bahwa penelitian ini berdasarkan pada latar belakang masalah apa sajakah nilai-nilai yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi punggahan masyarakat Jawa Desa Rambah Jaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang apa saja nilai-nilai yang terkandung pada pelaksanaan tradisi punggahan masyarakat Jawa di Desa Rambah Jaya Kecamatan Bangun Purba. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Jawa Desa Rambah Jaya Kecamatan Bangun Purba. Informan dalam penelitian ini yaitu tokoh adat, tokoh agama, dan masyarakat di Desa Rambah Jaya Kecamatan Bangun Purba yang mengetahui tentang nilai-nilai pada tradisi punggahan. Teknik pengambilan informan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling-non probalistic. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan tradisi punggahan masyarakat Jawa di Desa Rambah Jaya Kecamatan Bangun Purba mengandung nilai-nilai yang erat kaitannya dalam kehidupan bermasyarakat. Adapun nilai-nilai tersebut adalah nilai kerohanian, nilai sosial, nilai kebudayaan dan nilai material.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Rambah Hilir
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 4 No. 01 (2024): BAKOBA : Jurnal social scient education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/bakoba.v4i01.2583

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rambah Hilir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Faciliator and Explaning terhadap hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan metode Eksperimen Semu (quasi eksperiment). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 61 siswa di SMP Negeri 2 Rambah Hilir. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 31 siswa dan kelas VIII B yang berjumlah 30 siswa. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Test Post-Test control group design. Instrument penelitian menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data nilai Pre-Test dan Post-Test berdistribusi Normal dan Varians nya Homogen. Rata-rata nilai Pre-Test kelas Eksperimen adalah 45,6 dan kelas Kontrol adalah 41,419. Rata-rata nilai Post-Test kelas Eksperimen adalah 69,6 dan kelas Kontrol adalah 54,194. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-tes diperoleh data thitung = 5,225 > ttabel = 1,670. Dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Faciliator and Explaning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rambah Hilir Tahun Pelajaran 2022/2024.
TRADISI MANGUPA-UPA PADA PERNIKAHAN MASYARAKAT MANDAILING DI DESA BANGUN PURBA TIMUR JAYA KECAMATAN BANGUN PURBA
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 4 No. 01 (2024): BAKOBA : Jurnal social scient education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/bakoba.v4i01.2585

Abstract

Penelitian ini berdasarkan latar belakang tradisi Mangupa-Upa pada pernikahan masyarakat Mandailing di Desa Bangun Purba Timur Jaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan Mangupa-Upa pada pernikahan masyarakat Mandailing di Desa Bangun Purba Timur Jaya dan untuk mengetahui tentang apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi Mangupa-Upa pada pernikahan masyarakat Mandailing di Desa Bangun Purba Timur Jaya Kecamatan Bangun Purba. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Desa Bangun Purba Timur Jaya dengan jumlah 5. 239 jiwa. Informan dalam penelitian ini yaitu Raja Adat, pucuk suku, tokoh agama, tokohmasyarakat, pemuda-pemudi dan masyarakat suku Mandailing dengan jumlah 35 orang. Teknik pengambilan informan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan tradisi Mangupa-Upa pada pernikahan masyarakat Mandailing di Desa Bangun Purba Timur Jaya Kecamatan Bangun Purba terdapat tiga tahapan. Adapun tahapan-tahapan nya adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutup. Tradisi Mangupa-Upa pada pernikahan masyarakat Mandailing di Desa Bangun Purba Timur Jaya Kecamatan Bangun Purba mengandung nilai-nilai yang erat kaitannya dalam kehidupan bermasyarakat. Adapun nilai-nilai tersebut adalah nilai kerohanian, nilai sosial, nilai kebudayaan, nilai material dan nilai vital.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII Di MTs Negeri 1 Rokan Hulu
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 4 No. 01 (2024): BAKOBA : Jurnal social scient education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/bakoba.v4i01.2604

Abstract

The background to this research is that the low social studies learning outcomes of students at MTs Negeri 1 Rokan Hulu are caused by the conventional learning model (lecture). The aim of this research is to determine the influence of the Team Games Tournament (TGT) type cooperative learning model on social studies learning outcomes for class VII students at MTs Negeri 1 Rokan Hulu. The method used in this research is a quasi-experimental method. The population in this study were all class VII students, totaling 126 students. The sample in this research was students in class VII.B and VII.D, totaling 63 students. The results of this study show that the pre-test and post-test value data are normally distributed and the variance is homogeneous. The average pre-test score for the experimental class was 38.41 and the control class 38.68. The average post-test score for the experimental class was 73.35 and the control class was 50.46. The research results were calculated using t-test formula with the results t_count > t_table = 7.209 > 1.670, which means that there is an influence of the Team Games Tournament (TGT) Type Cooperative Learning Model on the Social Sciences Learning Outcomes of Class VII Students at MTs Negeri 1 Rokan Hulu. The suggestions in this research are for schools. The Team Games Tournament type cooperative learning model can be used as valuable information for schools, because schools can implement models, learning methods and effective learning strategies that can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Team Games Tournament (TGT) Learning Model, Social Science.
NILAI-NILAI TRADISI MARSIALAPARI MASYARAKAT MANDAILING DI DESA BANGUN PURBA TIMUR JAYA KECAMATAN BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 4 No. 01 (2024): BAKOBA : Jurnal social scient education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/bakoba.v4i01.2715

Abstract

Penelitian ini berdasarkan latar belakang masalah tradisi Marsialapari masyarakat Mandailing di Desa Bangun Purba Timur Jaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi Marsialapari masyarakat Mandailing di Desa Bangun Purba Timur Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Bangun Purba Timur Jaya yang berjumlah 5.239 jiwa. Informan dalam penelitian ini adalah Raja, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, masyarakat dan pemuda-pemudi dengan jumlah 34 orang. Teknik pengambilan informan penelitian adalah menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam tradisi Marsialapari terdapat nilai-nilai yang dapat dijadikan pedoman dan acuan dalam kehidupan masyarakat yang meliputi nilai sosial budaya, nilai gotong royong, nilai moral, nilai toleransi dan nilai silaturahmi.
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR IPS DI MTS NEGERI 3 ROKAN HULU
Bakoba : Journal of Social Science Education Vol. 4 No. 01 (2024): BAKOBA : Jurnal social scient education
Publisher : Program Studi Pendidikan IPS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada latar belakang masalah mengenai peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar kepada siswa dimana tugas guru sebagai pendidik tidak hanya menyampaikan materi pelajaran di dalam kelas saja akan tetapi harus bisa memberikan motivasi kepada siswa. untuk menumbuhkan motivasi belajar maka peranan guru sangatlah dibutuhkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar IPS di MTS Negeri 3 Rokan Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru MTS Negeri 3 Rokan Hulu. Yang berjumlah 56 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah Guru IPS di MTS Negeri 3 Rokan Hulu yang berjumlah 4 0rang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa Peranan guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar IPS peserta didik di MTS Negeri 3 Rokan Hulu ada 2 yaitu 1. Peran guru dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa, seperti sebagai seorang motivator guru memberikan pujian, hadiah dan imbalan. Selain itu peran guru sebagai evaluator dengan memberikan ulangan serta memberi angka. sebagai fasilitator dimana guru membuat suasana kelas yang menyenangkan, memberikan fasilitas dalam proses belajar mengajar dan juga berperan sebagai mediator membuat siswa berkompetisi dan membuat persaingan pada siswa. 2 Peran guru dalam meningkatkan motivasi instrinsik siswa sebagai motivator seperti memberi penyadaran terhadap siswa, memberikan nasehat dan menumbuhkan minat siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6