cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia" : 6 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Rini Turnip; H. Sigalingging
Basastra Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v5i2.3798

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2014/2015yang berjumlah 288 orangdan yang menjadisampelpenelitianiniadalah 32 sorang. Sampel penelitian inimenggunakanteknik purposive sampling (sampelbertujuan).Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test desain.Di dalamdesaininipengukurandilakukansebanyakdua kali yaitusebelumeksperimendansesudaheksperimen.Dari pengolahan data diperolehnilai rata-rata pre-test 63,44, standardeviasi 10,35, penyebarannilaisiswaterbanyakadalah 60 sebanyak 10 siswaatausekitar 31,25%. Nilai rata-rata post-test 77,50, standardeviasi 10,47, danpenyebarannilaisiswaterbanyakadalah 80 sebanyak 11 siswaatausekitar 34,37%. Berdasarkanujinormalitas, hasilpre-test danpost-testdinyatakanberdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah sebesar 5,32. Selanjutnya dikonsultasikan dengan , pada taraf signifikan 5% = 2,04, karena  yang diperoleh lebih besar dari yaitu 5,322,04, maka(Hipotesis nihil) ditolak dan hipotesis alternatif () diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan model pembelajaranpenemuan (discovery learning) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulistekseksplanasioleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 LubukPakamtahun pembelajaran 2014/2015. Kata Kunci:ModelDiscovery Learning, MenulisTeksEksplanasi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE WORD INDUCTIVE (INDUKTIF KATA BERGAMBAR) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DOLOK PANRIBUAN T. A 2014/2015 Maylista Damanik; Hendra Kurnia Pulungan
Basastra Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v5i2.3799

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan sebanyak 204 orang. Sampel yang digunakan adalah homogeny berjumlah 60 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Nilai rata-rata kelas ekperimen adalah 75,50, sedangkan kelas kontrol adalah 67,1. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis puisi siswa setelah perlakuan (kelas eksperimen) lebih tinggi dari pada sebelum perlakuan (kelas kontrol). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh  =3,49 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau 1 % dengan dk = (N1  +N2) -2 = (30+30) – 2 = 58. Pada tabel t dengan dk = 58 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,03 dan taraf signifikan 1% = 2,72. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 2,03<3,49>2,72 maka hipotesis nihil (H0) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran induktif kata bergambar mempengaruhi kemampuan menulis puisi siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan.   Kata kunci : Model, induktif kata bergambar, pembelajaran langsung,                                 menulis puisi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE(TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISIOLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 14MEDANTAHUN PEMBELAJARAN2015/2016 Era Oktarina Sianturi; Biner Ambarita
Basastra Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v5i2.3792

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranThink Talk Write (TTW) terhadap peningkatan kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 14  Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 360 orang siswa.Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test design.Dari pengolahan data yang diperoleh kemampuan menulis puisi sebelum menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)dengan rata-rata 58,87, sedangkan hasil kemampuan menulis puisi setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW)diperoleh rata-rata 75,75. Berdasarkan uji ini normalitas hasil sebelum menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan sesudah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan diperoleh nilai thitung >ttabel yaitu 7,92> 1,68. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan model pembelajaranThink Talk Write (TTW) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Model pembelajaran Think Talk Write (TTW), menulis puisi.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TELUK MENGKUDU SATAP TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Endang N.Y Manullang; Syamsul Arif
Basastra Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v5i2.3801

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran komunikatif terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Teluk Mengkudu Satap Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 60 orang siswa. sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VIII-1 dan VIII-2 yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes esai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Teluk Mengkudu Satap Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode pembelajaran komunikatif di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 82.93, standar deviasi = 7.36 sedangkan kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Teluk Mengkudu Satap Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode ekspositori di kelas kontrol masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 66.76, standar deviasi = 5.19. Dari uji data hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol di dapat kedua data berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 9.74. selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 30-1 = 29 dari df = 30 diperolah taraf signifikan 5% = 2.04, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 9.74 > 2.04, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran komunikatif terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Teluk Mengkudu Satap Tahun Pembelajaran 2015/2016.   Kata Kunci: metode pembelajaran komunikatif, menulis teks diskusi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN NARASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Rika Pebriyanti; Syairal Fahmy Dalimunthe
Basastra Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v5i2.3795

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)terhadap kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 16Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 41 orang. Sampel penelitian ini merupakan sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 260 orang siswa.Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pretest posttest design.Dari pengolahan data yang diperoleh kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan rata-rata 60,24, sedangkan hasil kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) diperoleh rata-rata 85,08. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, maka didapatlah sebesar 11,5 ; setelah  diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan , pada taraf signifikan 5% = 1,68, karena  yang diperoleh lebih besar dari yaitu 11,5 1,68, hipotesis alternatif ( ) diterima.  Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)berpengaruh positif terhadap kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 16Medan tahun pembelajaran 2015/2016.   Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Mengubah Teks Wawancara, Karangan Narasi.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMASISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Dian Pebriana Silalahi; Syairal Fahmy Dalimunthe
Basastra Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v5i2.3797

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis naskah drama.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 370 siswa.Sampel diambil secara acak yaitu siswa kelas IX-5 yang berjumlah 30 orang.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen.Instrumen yang digunakan adalah tes esai.Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2015/2016 sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 66,5 sedangkan kemampuan siswa menulis naskah drama sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 74, 33. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal.Nilai uji homogenitas yaitu Fhitung<Ftabel yakni 1.00< 1.84. Dan pengujian hipotesis yaitu to>ttabel yakni 2,94>1.70, telah membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dilakukan analisis data ternyata diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek  oleh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2015/2016 tingkat sangat baik ada 6 orang atau 20 %, pada tingkat baik ada 17 orang atau 56.67 %, berada pada tingkat cukup ada 1 orang atau 3.33 %, dan yang berada pada kategori kurang tidak ada atau 0 %.   Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Menulis Naskah Drama

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue