cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia" : 6 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Khairani Siregar; Abdurrahman A
Basastra Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v6i1.6198

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaranThink Pair Share terhadap kemampuan menenukan gagasan Utama teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kisaran tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi  penelitian ini berjumlah 266 siswa. Dari 266 siswa, ditetapkan 32 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menemukan gagasan utama sebelum menggunakan model Think Pair Share masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 64,34, sedangkan kemampuan siswa menemukan gagasan utama pada teks deskripsi sesudah menggunakan model Think Pair Share masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 79,37. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (6,93)> ttabel (1,84) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, hal ini berarti ada pengaruh modelThink  terhadap kemampuan menemukan gagasan utama teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kisaran tahun pembelajaran 2016/2017. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan hasil pembelajaran menemukan gagasan utama pada teks deskripsi setelah menggunakan model Think Pair Share lebh baik dari pada pembelajaran sebelum menggunakan model Think Pair Share, dan proses pembelajaran setelah menggunakan  Think Pair Share berpegaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menemukan gagasan utama pada teks deskripsi.Kata kunci: Model think pair share, gagasan utama, teks deskripsi
PENGARUH MODEL PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO OLEH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN PEMBELJARAN 2016/2017 Winda Purnama Sari Hasibuan; Inayah Hanum
Basastra Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v6i1.6199

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model peta pikiran terhadap kemampuan menulis teks pidato oleh siswa kelas IX SMP Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 17 Medan sebanyak 218 orang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test = 64,37 , standar deviasi = 7, 88, dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 0 orang atau 0%, kategori baik sebanyak 13 siswa atau 40,62%, kategori cukup sebanyak 16 orang atau 50 %, kategori. Nilai rata-rata post-test = 81,09%, standar deviasi = 7,04, dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 15 orang atau 46,87%, kategori baik sebanyak 15 orang atau 46,87 %, kategori cukup sebanyak 2 orang atau 6,25 %. Berdasarkan uji normalitas, hasil pret-test dan post-test dinyatakan dalam distribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to  sebesar 7,15 dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df= N-1 = 32-1 = 31 diperoleh nilai ttabel   8,00. Hasil tersebut menunjukkan nilai thitung  yaitu 6,26 > 2.04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan model peta pikiran terhadap kemampuan menulis teks pidato oleh siswa kelas IX SMP Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kata Kunci:  model peta pikiran,  menulis teks pidato.
ANALISIS BUKU AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS IX Meilia Pratiwi; Syamsul Arif
Basastra Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v6i1.6193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi, konsistensi, dan kecukupan materi buku ajar Bahasa Indonesia SMP kelas IX terhadap Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar kurikulum yang berlaku yakni kurikulum 2013. Buku yang dianalisis adalah buku ajar pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas IX karya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2015. Buku ajar Bahasa Indonesia ini dinilai sudah baik dan layak digunakan. Dalam buku siswa ini terdapat pembahasan materi dan pelatihan kompetensi. Buku ini relevan dengan kurikulum yang berlaku. Dikatakan relevan karena dari indikator yang dianalisis, buku ini sudah menyajikan dengan baik dengan ditemukannya keberagaman nilai dan materi yang mutakhir. Berdasarkan konsistensinya buku ini sudah dikatakan konsisten. Sebagian besar indikator yang termasuk dalam prinsip konsistensi sudah dijabarkan dalam buku ini dengan baik. Begitupun dengan prinsip kecukupan yang telah dijabarkan juga dalam buku ini. Dengan demikian buku ajar ini layak digunakan dalam proses belajar mengajar oleh peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
PENGARUH PENERAPAN TEKNIK MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DETECT, EXPAND, DAN REVIEW) DALAM KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Elisda Betharia Marpaung; Atika Wasilah
Basastra Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v6i1.6200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teknik MURDER MURDER (Mood, Understand, Recall, Detect, Expand, dan  Review) dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 269 siswa Kelas X SMA Negeri 1 Siantar Narumonda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang yang diambil dengan teknik random sampling (acak kelas). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre test = 48,06 standar deviasi  = 8,39. Nilai rata-rata post test = 64,04%, standar deviasi = 9,56. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre test dan post test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan, maka diketahui  sebesar 6,89  selanjutnya  tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan satu pihak dimana dk= (n-1) maka  = 2,04 sehingga jika dibandingkan dengan  dengan  maka >  (6,87>2,04) maka hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alterrnatif  ( ) diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik MURDER (Mood, Understand, Recall, Detect, Expand, dan  Review) berpengaruh positif  dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen Kelas X SMA Negeri 1 Siantar Narumonda.Kata kunci: Teknik MURDER, unsur intrinsik cerpen
EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KEKUATAN BERDUA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAHAE JULU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Chanrika Natalina S; Rosdiana Siregar
Basastra Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v6i1.6196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan Strategi Kekuatan Berdua dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik puisi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 siswa kelas X SMA Negeri 1 Pahae Julu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre test = 50, standar deviasi = 7,62, dan termasuk dalam kategori baik dan baik tidak ada atau 0%, kategori cukup sebesar 42% sebanyak 11 orang siswa, kategori kurang sebesar 57% sebanyak 15 orang siswa dan kategori sangat kurang sebanyak 0%. Nilai rata-rata post test = 61.5, standar deviasi = 8.56, dan termasuk dalam kategori, yaitu kategori sangat baik tidak ada, kategori baik sebanyak 15,3% sebanyak 4 siswa, kategori cukup 69,2% sebanyak 18 siswa, dan kategori kurang sebanyak 15,3% sebanyak 4 siswa, sedangkan kategori sangat kurang tidak ada atau 0%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre test dan post test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji homogenitas dan normalitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 5,04 selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t dengan taraf signifikan α 5% dengan satu pihak dimana dk=(n-1) maka ttabel = 2,05 sehingga jika dibandingkan dengan t0 dengan ttabel maka t0>ttabel (5,04 > 2,05) maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran Kekuatan Berdua berpengaruh positif terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik puisi kelas X SMA Negeri 1 Pahae Julu Tahun Pembelajaran 2016/2017.Kata Kunci : Strategi kekuatan berdua, unsur intrinsik puisi, mengidentifikasi unsur intrinsik.
HUBUNGAN PENGUASAAN DIKSI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Kartini Simorangkir; Rosdiana Siregar
Basastra Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v6i1.6197

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan diksi dengan kemampuan menulis puisi siswa kelas IX SMP Negeri 4 Balige Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Balige tahun pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah 165 siswa. Sampel penelitian sebanyak 33 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Data penguasaan diksi dijaring dengan tes objektif pilihan berganda dan kemampuan menulis puisi dijaring dengan tes penugasan. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu normalitas, linearitas dan keberartian.Dari pengolahan data, diketahui tingkat penguasaan diksi siswa kelas IX SMP Negeri 4 Balige Tahun Pembelajaran 2016/2017 tergolong baik dengan nilai rata-rata 74,84. Kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Balige Tahun Pembelajaran 2016/2017 tergolong baik dengan nilai rata-rata 81,18. Perhitungan koefisien korelasi didapat r = 0,811 dan indeks determinasi I =65%, artinya ada korelasi yang positif dan berarti antara penguasaan diksi dengan kemampuan menulis puisi, dimana 65% dari kemampuan menulis puisi siswa merupakan sumbangan dari penguasaan diksi.  Selanjutnya, pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai rhitung = 0,811 dan nilairtabel pada tarafsignifikansi α = 0,05 dengan N = 33 sebesar 0,344 menunjukkan bahwa rhitung  >rtabel yaitu 0,8110,344 sehingga hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan diksi dengan kemampuan menulis puisi siswa kelas IX SMP Negeri 4 Balige tahun pembelajaran 2016/2017.Kata Kunci : Penguasaan diksi, Menulis puisi

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue