cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia" : 7 Documents clear
PADI BAGI MASYARAKAT INDONESIA: KAJIAN SEMANTIK INKUISITIF PADA PERIBAHASA INDONESIA Kingkin Puput Kinanti; Anita Kurnia Rachman
Basastra Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v8i1.12937

Abstract

Kajian mengenai semantik inkuisitif belum begitu banyak dilakukan di Indonesia. Kajian ini merupakan kajian yang mencoba menjelaskan lebih mendalam mengenai nilai-nilai atau budi pekerti yang terdapat dalam peribahasa. Padi merupakan tanaman yang banyak ditemui di Indonesia karena merupakan sumber makanan pokok masyarakatnya. Penelitian ini menjelaskan bagaimana padi menurut pandangan masyarakat Indonesia yang terdapat dalam peribahasa. Pencipta peribahasa yang merupakan leluhur dari bangsa Indonesia menggunakan peribahasa sebagai sarana menyampaikan nasihat, sindiran ataupun larangan. Kajian menggunakan semantik inkuisitif adopsi dari Nor Hasimah (2014). Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu pemaparan data, analsis semantik kognitif, dan analisis semantik inkuisitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peribahasa padi dalam peribahasa berkombinasi dengan tumbuhan lainnya dan tidak berkombinasi. Kombinasi yang muncul adalah padi-illang dan padi-jagung. Padi bagi masyarakat Indonesia adalah, 1) kebaikan, 2) keutamaan, 3) kemakmuran, dan 4) kekayaan.Kata kunci: padi, peribahasa, semantik, budaya
KEMAMPUAN GURU BAHASA INDONESIA SMP NEGERI 1 SUMBAWA DALAM MENDESAIN DAN MENERAPKAN RENCANA PEMBELAJARAN TEKS HASIL OBSERVASI Wiwik Surya Utami; Rusdiawan Rusdiawan; Nuriadi Nuriadi
Basastra Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v8i1.12973

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru bahasa Indonesia dalam mendesain dan menerapkan rencana pembelajaran teks hasil observasi di dalam kelas, yang mana di tinjau dari kesesuaian pokok materi pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan RPP yang telah di desain pada awal semester. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dengan metode deskriptif karena dalam penelitian ini bertujuan menggambarkan dan memaparkan isi dari objek yang akan diteliti.Sumber data penelitian adalah guru kelas VII SMP Negeri 1 Sumbawa yang merupakan salah satu sekolah favorit dan sekolah rujukan di kabupaten Sumbawa, itulah yang menjadi salah satu alasan memilih sekolah tersebut sebagai tempat penelitian.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah simak, baca, dengar, catat dan cakap. Teknik simak dipakai untuk mengumpulkan data dengan menyimak proses pembelajaran dikelas dengan menyesuaikan dengan RPP. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru SMP Negeri 1 Sumbawa dalam menerapkan desain pembelajaran sudah dapat dikategorikan baik, sebagian besar dari butir-butir instrument penilaian pada kemampuan guru telah dapat di kuasai, namun perlu ada peningkatan komunikasi dan kerjasama dengan guru non PNS yang tidak tergabung dalam kelompok MGMP, sehingga guru non PNS tersebut dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam mengajar dan menerapkan RPP didalam kelas. Guru yang pernah mengikuti pelatihan kurikulum 2013, serta tergabung dalam MGMP tentu akan sangat mempengaruhi kemampuan dalam membuat dan mendesain rancangan pembelajaran. Karena guru tersebut memiliki wawasan lebih dibandingkan guru yang jarang ikut serta pada pelatihan. Kata kunci: Kemampuan guru, mendesain, menerapkan, teks observasi
PERFORMANSI PARTISIPASI PEMBELAJARAN BAHASA DI POLITEKNIK LP3i MEDAN Tasnim Lubis
Basastra Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v8i1.12940

Abstract

Penelitian ini mendiskusikan tentang performansi partisipasi pembelajaran bahasa (PPPB) di Politeknik LP3i Medan. Fokus penelitian adalah menemukan pola performansi partisipasi yang terdapat pada proses pembelajaran bahasa di kelas melalui konsep pendekatan antropolinguistik yang mencakup teks, ko-teks, dan konteks. Pola partisipasi yang ditemukan merupakan data penting yang dapat mendeskripsikan fenomena aktivitas bertutur dalam situasi yang dimaksud. Dengan ditemukannya pola tersebut, maka dapat diketahui bagaimana menerapkan model pengajaran dalam proses belajar mengajar yang efektif. Data penelitian adalah rekaman video, wawancara mendalam dan observasi partisipasi. Metode etnografi yang dikemukakan oleh Spradley (1979, 1980) diaplikasikan dalam penelitian ini dari pengumpulan data hingga menganalisisnya. Teori partisipasi yang digunakan adalah tipe struktur partisipasi yang dikemukakan oleh Philips dan kerangka partisipasi menggunakan pendapat Goffman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa performansi partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran bahasa adalah performansi partisipasi menguji, mengonfirmasi, dan mencari tahu. Performansi partisipasi menguji terdapat pada struktur partisipasi tipe I yaitu pada saat tugas presentasi, sedangkan performansi mengonfirmasi dan mencari tahu terdapat pada struktur partisipasi tipe IV yaitu pada saat tugas menulis.Temuan lainnya adalah bahwa terdapat pergeseran makna dari teks ujaran yang dikodekan dengan kalimat interogatif menjadi imperatif dikarenakan ujaran sangat berhubungan erat dengan niat (intension).  Kata kunci: Partisipasi, performansi, pembelajaran, Politeknik LP3i Medan
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN ISI BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 Irma Safiah Lubis; Rosmaini Rosmaini
Basastra Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v8i1.12935

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) peningkatan keaktifan siswa, dan (2) peningkatan kemampuan menyimpulkan informasi berita menggunakan media audio visual pada siswa kelas VII Plus 1 MTsN 2 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa, objek penelitiannya pembelajaran mendengarkan dengan menggunakan media audio visual. Keabsahan data dengan validitas isi dan reliabilitas. Sumber data penelitian ini yaitu interaksi siswa dengan siswa, siswa dengan guru, serta skor. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa meningkat, rata-ratanya pada prasiklus 55,70%, siklus I menggunakan teks berita 71,8%, siklus I menggunakan media audio visual74,80%, dan siklus II menggunakan teks berita menjadi 82,16%, siklus IImenggunakan media audio visual81,33%. Kata kunci: menyimpulkan isi berita,media audio visual.
KEKERASAN GENDER DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN DUA DAPUR KARYA JM. DIANA DARMANSYAH Aprizal Maulani; Rusdiawan Rusdiawan; Ida Bagus Kade Gunayasa
Basastra Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v8i1.12939

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud kekerasan emosional maupun fisik pada perempuan dalam cerpen Dua Dapur.  Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan objek penelitian adalah wujud kekerasan gender pada perempuan dalam cerpen Dua Dapur menggunakan analisis feminisme. Sumber data penelitian adalah cerpen yang berjudul Dua Dapur Karya Jm. Diana Darmansyah..Data penelitian berupa kata-kata dalam rangkaian kalimat dan sumber data primer adalah cerpen karya Jm. Darmansyah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Yaitu menganalisis isi dari cerpen Dua Dapur dan dikorelasikan dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Dari analisis cerpen Dua Dapur wujud kekerasan yang ditemukan pada perempuan, yakni kekerasan emosional dan  kekerasan fisik. Berdasarkan pengamatan yang sudah dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan juga bahwa dalam Cerpen Dua Dapur terdapat nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya nilai karakter religius, jujur, kerja keras, cinta damai, dan tanggung jawab. Kata Kunci: Kekerasan, Gender, Cerpen, Feminisme dan Pendidikan Karakter.
GENDER DALAM BAHASA SAMAWA TINJAUAN ANTROPOLINGUISTIK Jumianti Diana; Mahsun Mahsun; Burhanuddin Burhanuddin
Basastra Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v8i1.12971

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan wujud kebahasaan yang mencerminkan gender dalam bahasa Samawa dengan menggunakan teori antropolinguistik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara atau cakap, metode simak atau metode catat dan metode introspeksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kata, gabungan kata, istilah, ungkapan dan tradisi dalam masyarakat Samawa yang berperspektif gender. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan tentang perempuan Samawa sangat dihargai kedudukannya oleh masyarakatnya. Sikap dan perlakuan serta pandangan masyarakat Samawa lebih menyadari dan memahami tentang kesetaraan gender. Kata Kunci: Gender, Bahasa Samawa dan Antropolinguistik.
KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERPEN LUKISAN KALIGRAFI KARYA A. MUSTOFA BISRI Trisnawati Trisnawati
Basastra Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v8i1.12938

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan isi karya cerpen dalam kajian sosiologi. Cerpen yang dianalisis juga mengandung banyak nilai pendidikan karakter. Cerpen menceritakan tentang tokoh-tokoh dalam menghadapi kehidupan di lingkungan keluarga dan di lingkungan masyarakat sekitar. Cerpen juga memberikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam bertindak atau bersikap yaitu dalam bertutur kata maupun melakukan tindakan-tindakan yang baik yang sepatutnya dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan metode yang cocok untuk digunakan dalam melakukan penelitian analisis deskriptif. Menurut Syamsudin & Vismaia, 2011: 73 mengemukakan bahwa penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggambarkan dan menganalisis setiap individu dalam kehidupan dan pemikirannya. Metode kualitatif cocok digunakan dalam mengkaji atau menganalisis sebuah karya sastra agar bisa menganalisis secara mendalam mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah karya sastra. Langkah-langkah dalam melakukan penelitian ini yaitu dengan memilih sebuah karya sastra yang baik untuk dikaji dan di analisis, membaca dan menelaah isi dalam karya sastra, memilah dan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam interaksi tokoh cerita, mencatat hasil temuan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen, dan menyimpulkan hasil analisis nilai-nilai cerpen.Keywords: Sosiologi, Nilai Pendidikan Karakter, Cerpen

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue