cover
Contact Name
Ridwan Zulpi Agha
Contact Email
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Phone
+628999111770
Journal Mail Official
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Editorial Address
UP2M - Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Gedung Q lantai 2 Politeknik Negeri Jakarta Jl Prof. Dr. G. A. Siwabessy Kampus UI, Depok Kodepos 16425
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
ISSN : 14122774     EISSN : 24079081     DOI : https://doi.org/10.32722/eb.v19i2
Core Subject : Economy,
urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ekonomi ,bisnis , manajemen, akuntansi, auditing, perpajakan ,kewirausahaan, serta ilmu yang berkaitan dengan perbankan konvensional maupun syariah.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis" : 11 Documents clear
Cover Volume 10, Nomor 2, Desember 2011 Ketua Dewan Redaksi
Ekonomi & Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v10i2.304

Abstract

Ekonomi & Bisnis Vol. 10 No. 2 Hal 77 - 175 Depok Des. 2011 ISSN 1412-2774
PERANAN COMPLAINT HANDLING DAN SERVICE RECOVERY OLEH CUSTOMER SERVICE (CS) DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH Frianto Pandia; Hendro Endi Yanto
Ekonomi & Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v10i2.408

Abstract

Abstrak Customer service (CS), as frontliners officers who deal directly with customers, have a great influence in improving customer satisfaction and loyalty. Satisfaction and customer loyalty, one of which can be created if the CS staff can handle the complaint and can give a good recovery service for customers. The purpose of this study was to determine what efforts are made CS officers in improving customer satisfaction and loyalty. Then, the authors wanted to find out service activities Complaint Handling and Service Recovery is performed by the CS and in the end the writer wanted to know what constraints are experienced officers in dealing with customer complaints CS, and by providing service recovery. Then, what solutions are applied to the CS in tackling these obstacles. Early research, beginning with observation to the Bank CIMB Niaga Branch Sunter, in order to see how the CS staff in serving customers, handling customer complaints, and in providing service recovery. Next, researchers will conduct a structured interview regarding service activities Complaint Handling and Recovery Servive committed by CS. Then, researchers will conduct the book study by processing the data obtained and compare them with theories that are supported by this study. The study is expected to be useful for all parties involved in this research, namely internal and external bank. Keywords: Customer Complaints, Service Recovery, Loyal
MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DEPOK Tuty Herawati
Ekonomi & Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v10i2.412

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi yang dimiliki oleh Kelurahan Pasir Putih dan Kelurahan Sawangan Baru di Depok untuk menjadi desa wisata serta bagaimana peran serta masyarakat desa dalam mengembangan pariwisata yang merupakan program pemerintah daerah sebagai wujud pemberdayaan masyarakat di Depok. Survey dilakukan di 2 tempat yaitu Kelurahan Pasir Putih dan Kelurahan Sawangan Baru . Data diperoleh langsung dari responden yaitu, petani, pelaku usaha, masyarakat dan pemerintah daerah. Object yang disurvey adalah sumber daya yang dimiliki oleh desa, meliputi sumber daya alam, budaya dan cara hidup, seni, hasil karya, fasilitas dan sejarah dari kelurahan tersebut. Dari hasil analisis di dua kelurahan tersebut mempunyai potensi untuk dijadikan desa wisata dimana kelurahan Pasir Putih memiliki sumber daya alam berupa kebun belimbing, kebun jambu dan kebun sayur-sayuran, serta memiliki kesenian daerah calung dan marawis sementara kelurahan Sawangan Baru memiliki potensi kelompok kelompok usaha dalam pengolahan hasil kebun seperti belimbing diproses menjadi jus, sirup, selai, manisan dan lain sebagainya. Model Pemberdayaan Masyarakat dan Penanggulangan Kemiskinan melalui desa wisata, yang diusulkan adalah desa wisata Tipe terbuka (spontaneus) system cluster dengan model pengelolaan Ekowisata Berbasis Masyarakat. Kata kunci: pemberdayaan, desa wisata, potensi, perkebunan belimbing, kelurahan Abstract This Study aimed to explore the possibility and the chance of Pasir Putih and Sawangan Baru Village Depok to become the local tourism village destination, it is also studied the roleof society participation creating village tourism destination is the local district government program. This study is done in 2 area Pasir Putih region and Sawangan Baru region. The sample of population chosen the farms, bussinessman and local government officer. The result said that Pasir Putih region and Sawangan Baru region has the potency to develop and being village tourism destination. Pasir Putih region has starfruit, guava and vegetables plantation and Sawangan Baru has a group of small bussiness which process a foods and drinks from starfruits and seaweed such as : juice, jam, syrup, soft drink and sweetened foods. The society empowerment to improve the society welfare is suggested by improving village tourism, spontaneus type with cluster system. Key words : empawerment, tourism village, potency, starfruit plantation, local governmen
MODEL STRATEGI PROMOSI STAND PAMERAN PADA PERUSAHAAN PCO (PROFESSIONAL CONFERENCE ORGANIZER) Etty Kongrat
Ekonomi & Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v10i2.422

Abstract

Abstrak Sebelum kegiatan promosi dilakukan ada tahap perencanaan promosi menetapkan tujuan promosi, menetapkan segmen pasar, menetapkan anggaran promosi, memilih media promosi, menetapkan pesan dan design kemudian menetapkan jadwal promosi. Sedangkan model strategi promosi yang digunakan oleh perusahan PCO (Professional Congres organizer) dalam memasarkan stand adalah Below the line yaitu Media cetak dan media eletronik dan Above the line seperti baliho, spanduk, flyers. Kata kunci: Strategi promosi, Below the line , Above the line
PERANAN KOPERASI DALAM MENDUKUNG PERMODALAN USAHA KECIL DAN MIKRO (UKM) Fatimah Fatimah; Darna Darna
Ekonomi & Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v10i2.431

Abstract

Abstrak Satu dari sekian permasalahan yang dihadapi oleh Usaha Kecil dan Mikro (UKM adalah ketersediaan modal dan sulitnya akses permodalan terhadap lembaga keuangan bank sebagai pemberi kredit modal usaha. Selama ini masih banyak para pelaku usaha kecil dan mikro mendapatkan kredit modal usaha dari bank keliling atau dari para pelepas uang dengan tingkat suku bunga yang tingggi dan memberatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap berbagai faktor yang menjadi penyebab belum optimalnya peran koperasi dalam membantu pengembangan UKM melalui penyediaan modal usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tabulasi silang antar variabel yang menjadi penegamatan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan koperasi masih sangat rendah terhadap pemberdayaan permodalan UKM, ada banyak faktor yang menyebabkan rendahnya peran koperasi terhadap kemajuan UKM di kota Depok; 1) masih sedikitnya jumlah koperasi dibandingkan jumlah UKM (1:1755), 2) masih rendahnya pemahaman masyarakat akan pentingnya berkoperasi, 3) rendahnya kemampuan SDM koperasi baik dari sisi pemahaman tentang manfaat berkoperasi maupun dalam pengelolaan manajemennya; 4) adanya stigma negative dari masyarakat yang menimbulkan kurangnya kepercayaan dari pelaku UKM terhadap koperasi. Berbagai faktor tersebut telah menyebabkan pelaku UKM di kota Depok sedikit sekali yang tergabung dalam wadah koperasi sehingga koperasi masih rendah peranannya dalam membantu pengembangan UKM melalui penyedian modal usaha. Keyword : peran koperasi, Usaha Kecil dan Mikro, penyediaan modal usaha
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PEGADAIAN DI KODYA DEPOK Tuti Hartati; Kadunci Kadunci; Lenny Brida
Ekonomi & Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v10i2.437

Abstract

Abstrak Kegiatan penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang Pengaruh Pelayanan Terhadap Keputusan nasabah pegadaian di Wilayah Kodya Depok, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, data yang diperoleh kemudian diolah, ditaksirkan, dan disimpulkan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan instrument pengumpul data berupa kuesioner (skala Likert). Penelitian ini menggunakan teknik Analisis Regresi Linier Berganda. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Antara Pelayanan(Responsivness(X1), Faktor Reliability(X2), Faktor Assurance (X3), Faktor Emphaty(X4), Faktor Tangibles(X5) Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian di Kodya Depok, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pelayanan (Responsivness(X1), Faktor Reliability(X2), Faktor Assurance (X3), Faktor Emphaty(X4), Faktor Tangibles(X5) merupakan faktor-faktor determinan terhadap kepuasan nasabah pegadaian di Kodya Depok. Dengan kata lain, bagi manajemen Perum Pegadaian Depok diharapkan dapat meningkatkan variabel pelayanan semaksimal mungkin kepada konsumen., agar kepuasan nasabah pegadaian meningkat. Berdasarkan hasil analisis koefisien paarsial, maka kekuatan korelasi parsial yang paling baik adalah korelasi antara factor emphaty terhadap kepuasan nasabah di Kodya Depok. Dengan kata lain variable emphaty paling menonjol dibandingkan 4 variabel lainnya, yaitu: Responsivness, Faktor Reliability, Faktor Assurance, Faktor Tangibles. Key word: Responsivness, Reliability, Assurance, Faktor Emphaty, Tangibles, regresi linier berganda
KONTRIBUSI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH(UMKM) DALAM PENYERAPAN TENAGA KERJA DI DEPOK Sudarno Sudarno
Ekonomi & Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v10i2.446

Abstract

Abstrak Penelitian ini mencoba mengetahui sampai seberapa besar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah(UMKM) di Depok dapat menyerap tenaga kerja dan Kebijakan-kebijakan apa yang dapat diambil dalam rangka pemberdayaan UMKM agar dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak. Penduduk depok pada tahun 2011 mencapai 1.756.565 orang ,terdiri dari 879.325 orang laki-laki dan 857.240 orang perempuan. Dari jumlah tersebut di atas yang masuk angkatan kerja mencapai 730.924 orang atau hanya 41%, itu berarti sekitar 59 persen terdiri anak-anak, remaja dan orang lanjut usia. Dari jumlah angkatan kerja yang mencapai 730.924 orang, yang dapat diserap oleh pasar tenaga kerja hanya sebesar 657.050, itu berartai terdapat pengangguran sebesar 73.874 orang atau mencapai 10%, Kemampuan UMKM di Depok Menyerap keseluruhan angkatan kerja sebesar 534.500 orang atau sekitar 73 %. Permasalahan yang paling banyak dihadapi oleh pengusaha UKM adalah masalah kurangnya modal, yakni sebesar 45%, disusul kemudian masalah kurang terampilnya sumber daya manusia, masalah bahan baku juga termasuk permasalahan serius, ini menempati tingkat permasalahan rangking tiga, yakni sebesar 4%. Masalah lainya seperti persaingan, lokasi, perijinan, pemasaran dan lain-lain merupakan permasalahan berikutnya yang sering dihadapi oleh pengusaha UKM
PENENTUAN PRIORITAS DALAM PENERAPAN SISTEM MUTU PADA PROSES PENGOLAHAN TEH DENGAN METODE SISTEM PAKAR Mochamad Yunus Fitriady
Ekonomi & Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v10i2.451

Abstract

Abstrak Kajian penerapan ISO 9001:2000 dilakukan berdasarkan penilaian pihak manajemen terkait, hal ini akan menunjukkan tingkat penerapan standar mutu tersebut dan akan diketahui usulan pembenahan yang perlu dilakukan. Dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, tingkat kesiapan Usaha Perkebunan termasuk kedalam kategori Sedang (Fair). Hal ini berarti beberapa elemen sistem perusahaan telah sesuai dengan standar sistem manajemen mutu ISO 9001:2000. Namun demikian masih ada bagian yang penting dari sistem mutu perusahaan yang belum sesuai dengan standar tersebut atau bahkan tidak ada sama sekali. Upaya pembenahan terhadap elemen-elemen yang dinilai belum sesuai dapat ditempuh melalui bimbingan dan pelayanan para spesialis pelatihan dan konsultan ISO 9001:2000. Klausul Sistem Manajemen Mutu memiliki nilai perbandingan yang lebih tinggi dibandingkan dengan klausul lain, sehingga klausul ini menempati prioritas utama untuk diimplementasikan. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh aktivitas akan bertumpu pada klausul Sistem Manajemen Mutu mengingat seluruh aktivitas penjagaan mutu akan berjalan sebagaimana mestinya apabila sistem mutunya sudah sangat jelas. Klausul Pengukuran, Analisis dan Peningkatan menempati peringkat paling akhir dalam hal kepentingannya. Namun demikian harus diingat bahwa peringkat terbawah bukan berarti tidak penting dalam keseluruhan sistem mutu ISO 9001:2000, dimana implementasi klausul ini juga merupakan klausul yang penting karena aktivitas pengukuran, analisis dan peningkatan sangat diperlukan sebagai umpan balik. Terkait klausul ini, penerapan teknik-teknik statistik perlu ditingkatkan untuk dapat mengetahui batas toleransi penerimaan produk atau proses (Upper Control Limit dan Lower Control Limit), sehingga akan mampu menunjukkan kemampuan proses dan menjangkau karakteristik produk yang spesifik. KEY WORDS: Penentuan Prioritas, Penerapan Sistem Mutu, Proses Pengolahan Teh, Metode Sistem Pakar
PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN PRAKTIK TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Titi Suhartati; Sabar Warsini; Nedsal Sixpria
Ekonomi & Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v10i2.456

Abstract

Abstrak Penelitian ini menguji pengaruh pengungkapan informasi Corporate Social Responsibility(CSR) dan praktik Good Corporate Governance (GCG) terhadap nilai perusahaan (FirmValue). Penelitian menggunakan data sekunder yang diperoleh dari database OSIRIS danBursa Efek Indonesia untuk perusahaan manufaktur periode 2007-2008. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 31 sampel perusahaan manufaktur. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa variabel praktik GCG dan variabel kontrol telahmampu menjelaskan variabel nilai perusahaan sebesar 62,68%. Hasil pengujian hipotesismenunjukkan bahwa pengungkapan CSR tidak signifikan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel GCG yaitu jumlah independent board (positif) dan board size(negatif), variabel kontrol size dan sales growth signifikan berpengaruh terhadap nilaiperusahaan (firm value). Kata kunci: tanggung jawab, tata kelola, nilai perusahaan Abstract This study examined the effect of disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) and thepractice of Good Corporate Governance (GCG) with firm value (Firm Value). This study uses secondary data obtained from the OSIRIS database and the Indonesia Stock Exchange for theperiod 2007-2008 of manufacturing companies. The sample selection methods using purposive sampling and sample obtained 31 manufacturing companies. The test results prove thehypothesis that the variables of good corporate governance and control variables have been able to explain the value of the company amounted to 62.68% variable. The results ofhypothesis testing indicate that the disclosure of CSR does not significantly affect the value of the company. While the number of independent variables GCG board (positive) and board size(negative), the size of the control variables and sales growth significantly affects the value of the company (firm value). Keywords: corporate social responsibility, corporate governance, board, firm value
PENGARUH REPUTASI PENJAMIN EMISI TERHADAP PENGELOLAAN LABA PADA PENAWARAN UMUM PERDANA SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA Sabar Warsini; Aminah Fauzy
Ekonomi & Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v10i2.457

Abstract

Abstract This research investigates the affects of underwriter reputation on the earnings management practice in the period of Initial Public Offering (IPO). This research is held to find out the empirical evidence in order to reply the three main problems exist. Firstly, do managers opportunistically manage earnings in the period of IPO? Secondly, how is the pattern of earnings management in the period of IPO? and thirdly, do underwriters with good reputation can lessen the existence of earnings management practice in the period of IPO? In this research earnings management is measured by discretionary accruals ( Dechow model,1995). Using a sample of 43 IPO’s over four-year period (2007-2010), we find that in the period of IPO, managers have manage earnings and the pattern of the earnings management is income increasing. Differ from result of previous research , we find that underwriter reputation is insignificantly influence earnings management practice in the period of IPO. Keyword : initial public offering, underwriter reputation, earnings management, discretionary accruals

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2011 2011


Filter By Issues
All Issue Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023 Vol 21 No 2 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 2 Desember 2022 Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022 Vol. 20 No. 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 20 No 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19, No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 19, No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18, No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18 No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 18, No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 17 No 2 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 17 NO 2 DESEMBER 2018 Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018 Vol 17, No 1 (2018): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS VOL. 17 No.1 JUNI 2018 Vol 17, No 2 (2018): EKONOMI BISNIS VOLUME 17 No 2 Vol 16, No 2 (2017): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, VOL 16 NO 2 DESEMBER 2017 Vol 16 No 2 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 16 NO.2 DESEMBER 2017 Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 16 No 1 (2017): JURNAL EKONOMI & BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 15 No 1 (2016): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 15 No.1 Juni 2016 Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 14, No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 12, No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue