cover
Contact Name
Ridwan Zulpi Agha
Contact Email
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Phone
+628999111770
Journal Mail Official
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Editorial Address
UP2M - Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Gedung Q lantai 2 Politeknik Negeri Jakarta Jl Prof. Dr. G. A. Siwabessy Kampus UI, Depok Kodepos 16425
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
ISSN : 14122774     EISSN : 24079081     DOI : https://doi.org/10.32722/eb.v19i2
Core Subject : Economy,
urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ekonomi ,bisnis , manajemen, akuntansi, auditing, perpajakan ,kewirausahaan, serta ilmu yang berkaitan dengan perbankan konvensional maupun syariah.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015" : 10 Documents clear
SURVEY KEPATUHAN WAJIB PAJAK PENGUSAHA UKM DI KOTAMADYA DEPOK Ernita Siambaton; Riskon Ginting; Syamsurizal Syamsurizal
Ekonomi & Bisnis Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v14i1.752

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepatuhan pengusaha UKM membayar pajak di Kotamadya Depok. Kepatuhan tersebut dapat diukur dari seberapa banyak pengusaha UKM yang telah melakukan kewajiban untuk membayar pajak dalam satu tahun. Data saat ini menunjukkan pengusaha UKM masih rendah kepatuhannya untuk membayar pajak, oleh sebab itu pemerintah memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang pajak kepada UKM. Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2013 memberikan kemudahan kepada pelaku UKM dengan menyederhanakan administrasi pajak dengan hanya membayar pajak 1 % dari omzetnya setiap bulan sampai akhir tahun. Pemerintah menyadari bahwa pelaku UKM tidak begitu mengerti tentang laporan pajak dan laporan keuangan suatu usaha. Penelitian berusaha untuk melihat kendala apa yang dihadapi pelaku UKM untuk dapat meningkatkan kepatuhannya. Kata Kunci: Pajak, UKM, Kepatuhan, Penyuluhan dan Bayar.
FAKTOR PERLAMBATAN PERTUMBUHAN BANK SYARIAH DI INDONESIA DAN UPAYA PENANGANANNYA Ida Syafrida; Indianik Aminah
Ekonomi & Bisnis Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v14i1.753

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perlambatan pertumbuhan bank syariah di Indonesia dan bagaimana upaya penanganan yang perlu dilakukan bank syariah di Indonesia untuk meminimalisir dampak perlambatan pertumbuhan tersebut. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara (indepth interview) selama Juni s.d. Oktober 2015 terhadap pihak regulator yaitu BI, OJK, dan BEI, serta praktisi dari BMI, BSM, BNI Syariah, Bank Panin Syariah, dan BTPN Syariah. Data sekunder yang digunakan berupa laporan keuangan bank syariah di Indonesia bersumber dari website Statistik Perbankan Syariah OJK dan juga data indikator makro ekonomi Indonesia dari website BPS periode Januari 2013 s.d. Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan selain deskriptif kualitatif juga menggunakan analisis regresi linier berganda (multilinear regression) untuk data yang bersifat kuantitatif. Faktor internal penyebab perlambatan pertumbuhan bank syariah adalah adanya dominasi oleh sektor retail khususnya UMKM dan akad murabahah pada segmentasi pembiayaan bank syariah, minimnyavariasi pembiayaan bank syariah, kurang efisiennya bank syariah dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, dominasi dana deposito yang berbiaya mahal pada DPK bank syariah, kurang efisiennya bank syariah dalam kegiatan operasional, dan masih terbatasnya jumlah jaringan kantor bank syariah. Adapun faktor ekternal perlambatan terjadi disebabkan oleh kondisi ekonomi yang melambat di dunia termasuk di Indonesia dengan indikator nilai tukar Rupiah melemah terhadap US Dollar, turunnya IHSG, dan turunnya daya beli masyarakat. Jumlah pembiayaan UMKM, jumlah pembiayaan murabahah, dan banyaknya jaringan kantor menjadi faktor internal yang berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan bank syariah. Faktor eksternal yang berpengaruh adalah IHSG, kurs IDR/USD, dan tingkat inflasi. Upaya yang perlu dilakukan untuk menanggulangi perlambatan pertumbuhan yaitu; konsolidasi internal manajemen bank syariah untuk mengevaluasi kualitas pembiayaan dan biaya sumber dana; diversifikasi pembiayaan dalam segmentasi korporasi, pembiayaan mudharabah, dan pembiayaan pada sektor bisnis pertambangan, perkebunan dan pertanian, serta infrastruktur;penambahan jumlah jaringan, variasi produk dan layanan,serta pengembangan channeling ke kalangan konglomerat dan nasabah pemerintah; optimalisasi sumber pendanaan dengan cost of fund murah dari produk simpanan non deposito; efisiensi bisnis. Kata kunci: perlambatan pertumbuhan, pengaruh, penanganan
ANALISIS SPILLOVER TERHADAP PASAR EKUITAS NEGARA BERKEMBANG DAN NEGARA MAJU PERIODE 2003-2011 Husnil Barry
Ekonomi & Bisnis Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v14i1.754

Abstract

Abstract This study analyzes spillover effect which occurred in emerging and advanced economies, resulting from the US financial crisis and Greece sovereign debt crisis, covering the period of January 2003-December 2011. Using the log likelihood approach, this research employs several univariate models, i.e. MA(1) GARCH (1,1)-M, MA(1) GARCH (1,1) and MA(1) GJR (1,1), with modified lag squared return of the crisis country during the pre-crisis (normal) and crisis periods. Empirical result demonstrate that : First, volatility is time varying, Second found an increase spillover effect in the crises period compare to the normal period. The magnitude of spillover is influenced at least by the degree of market openness between the crisis country and other countries. Third MA(1) GJR (1,1) is outperformed univariate model that described the data in this study compare to the others. Fourth there is not significant correlation between conditional volatility and excess return in the most country. Last, volatility is asymmetrical, and developing country is more sensitive to the negative shock in the America and Greek crises period. Keywords : equity market; spillover; univariate GARCH; volatility. Abstrak Penelitian ini membahas mengenai spillover krisis keuangan Amerika dan krisis hutang Yunani ke negara berkembang dan negara maju periode Januari 2003-Desember 2011. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan loglikelihood dengan beberapa pemodelan univariate yaitu MA(1) GARCH (1,1)-M, MA(1) GARCH (1,1) dan MA(1) GJR (1,1) dengan modifikasi lag squarred return dari negara sumber krisis periode pra (normal) krisis dan periode krisis,. Hasil empiris penelitian ini, yaitu Pertama, volatilitas bersifat time varying, Kedua ditemukan adanya peningkatan spillover pada periode krisis dibandingkan periode normal baik pada krisis Amerika maupun Yunani. Besaran spillover setidaknya dipengaruhi oleh tingginya degree of market openess antara negara sumber krisis dengan negara lainnya. Ketiga MA(1) GJR merupakan pemodelan univariate terbaik pada penelitian ini dibandingkan MA(1) GARCH(1,1) dan MA(1) GARCH-M. Keempat ditemukan hubungan tidak signifikan antara volatility dengan excess return secara langsung pada banyak negara, terakhir volatilitas bersifat asimetris yang menandakan pengaruh dari bad news dapat meningkatkan volatilitas dan ditemukan negara berkembang lebih sensitif terhadap negative shock dibandingkan negara maju pada krisis Amerika dan Yunani. Kata Kunci: pasar modal; spillover; univariate GARCH; volatilitas.
ANALISA TINGKAT KEPATUHAN PELAPORAN DANA KAMPANYE PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU BERDASARKAN HASIL AUDIT LAPORAN DANA KAMPANYE DI PROVINSI BALI PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 Iwan Sugiwa; Muthia Putri Arifah; Hasan Kamal Farobi
Ekonomi & Bisnis Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v14i1.755

Abstract

Abstrak Hasil audit kepatuhan atas Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye peserta Pemilu Legislatif yakni partai politik telah dipublikasikan KPU melalui situs KPU di masing-masing provinsi di Indonesia, termasuk provinsi Bali. Namun, setelah Audit laporan Dana Kampanye dilakukan dan hasilnya telah diumumkan, apalagi yang harus dilakukan oleh KPU sebagai pelaksana dan masyarakat sebagai pemegang hak suara serta pengawas. Di lapangan banyak yang belum mengetahui bagaimana hasil audit Laporan Dana Kampanye. Tentunya dari banyaknya peraturan yang dibuat, pemerintah, KPU dan masyarakat berharap seluruh Partai Politik di tiap kabupaten/kota di Indonesia mematuhi segala peraturan. Penelitain ini akan menjelaskan hasil audit dana kampanye berdasarkan 2 unsur kepatuhan yang terdapat dalam Peraturan KPU No.17 Tahun 2013. Penarikan sampel partai politik yang akan diteliti dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling. Penelitianini akan mengungkap apakah 5 partai politik dengan perolehan suara tertinggi di 5 kabupaten/kota di provinsi bali memenuhi unsur kepatuhan ketepatan waktu pelaporan dan pelaporan sumbangan dana kampanye pada pemilu legislatif 2014 melalui uji chi-square. Hasil laporan akhir Riset Grand Dosen Mahasiswa ini adalah 92 % dari 5 partai politik dengan suara tertinggi di 5 kabupaten/kota di provinsi Bali memenuhi unsur kepatuhan ketepatan waktu pelaporan dan pelaporan sumber dana kampanye. Kata kunci: Audit kepatuhan, dana kampanye, partaipolitik, pemilu legislatif 2014
ANALYSIS OF PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEM USING COMPETENCY-BASED BALANCES SCORECARD (A STUDY IN BANJARMASIN STATE POLYTECHNICS) Agus Pebrianto; M. Wahyu Wardhana; Rika novyanti
Ekonomi & Bisnis Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v14i1.757

Abstract

Abstract The purpose of this study is to analyze performance based on competency using Balance Scorecard which is measured by four perspectives : College Financial perspective, customer perspective (which divided into three parts : students, stakeholders and graduates), college internal perspective, and learning and growth process perspective. It is expected that this research would lead into development process of the college, and find out the weaknesses or strengths of college organization which would give impact to the increase of college’s performance. This is a quantitative descriptive research. Total amount of population in this research is 208 people, which consists of students from grade 5 of business administrative. The population is chosen in consideration that they have experienced the longest term of learning process. Samples are taken from 4 classes which includes 106 students. Graduates are chosen from those who have been graduates and have at least 3 years working experience, that make 102 people, meanwhile employers are represented by 33 lecturers in Banjarmasin State Polytechnic, and stakeholders are chosen from both government institution and non government institution that makes 27 institutions. Those institutions are chosen by graduates recommendation. The result of reliability test of college financial perspective, customer perspective, university internal perspective and innovation and learning process perspective shows the value more than 0.6 alpha cronbach and it makes all of variables reliable. The average score of financial perspective is 3.514 and it shows that financial condition of the college is in good state, The average score of customer perspective is 2.947 which gives fair condition, the average score of stakeholders perspective is 3.418 that is in good state, and the average score of graduates is showing good state as shown in 3.119 point. College internal process perspective has the average score of 2.753 point and shows fair condition. Learning and growth perspectives average score is 2.929, shows fair condition. Keywords : Balanced Scorecard, Financial Perspective, Customer Perspective, Internal Process Perspective, Learning and Growth Perspective, College Performance
MODEL INCREASING SATISFIED BASED ON THE CUSTOMER VALUE: STUDY ON CUSTOMER AT LIBRARY STATE POLYTHECNIC OF JAKARTA Sudarno Sudarno; Amirudin Amirudin
Ekonomi & Bisnis Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v14i1.758

Abstract

Abstract More than 32 years library State Polythecnic of Jakarta served civitas academica waiting oriented (passive). Statistics data showed that customer of library State Polythecnic of Jakarta last five years not significant. (Source: Anual Book Report 2014). Because of that, its time to library management applied new paradigmn service based on ‘the customer value.’ It means that applied with adagium customer will increase followed by increasingly accredited higher education institution. (Source: American Librarian Association, 2013) Claimed of National Institution Accreditation is very important for State Polytechnic Of Jakarta in the future (2029, PNJ go international) will be followed by Claimed of International Institution Accreditation. Because of that, the role from customer is really important to develop the State Polytechnic Of Jakarta. If customer feels satisfied for pursuit State Polytechnic Of Jakarta’s Library, the impact is following another outsearches. The aim of research (1) are knowing and measuring (1) the costumer value, and (2) applied the costumer value, in order to customer volume from years by years tend to significantly increase. (2) Having a model to develop library and serve costumer base on the customer value in order to applied to another units in State Polytechnic Of Jakarta. Metode of research using descriptive analysis by spreading quesioner from some population and taken sample after that change into table, tested and analysed and taken the purpose. The definition of the newest edition from library glossarium is the newest print between 1-5 period, meanwhile book of print between 5-10 is called the old edition. Altough the book was a old version the frequence always borrowed by the customers , so the book will still considered as the new one. However the book that published more than 10 years was a rare book which is the frequence often borrowed by the customers. Lets see the collection of the book in library PNJ based on the tender of purchase in 2013. Since a part of 807 book title, it’ll be 53 book title published between 1-5 years period. Those books the writer explained on Chapter IV. PNJ library should be use ‘book showcase’, social media and website for informing the newest book availability and active controlled and in secquencing. First, we recommended to library managment on websites for avaliability ‘book delivery order’ in order to student for not spending time. Second, to motivate students visiting library of PNJ inform via student’s email that avaliability book newest edition ready to lend. Keywords : pemustaka, The Customer Value, The Customer Satisfaction, book delivery order, book showcase
FRAMEWORK IDE BISNIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KABUPATEN PURWAKARTA Agus Supriyadi; Ahmad Abror; Tresna Wulandari
Ekonomi & Bisnis Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v14i1.759

Abstract

Abstrak Kelangsungan hidup Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat ditinjau dari kemampuan dan konsistensi mereka dalam menyusun, menganalisis, dan mengimplementasikan rencana bisnis (business plan) mereka. Rencana bisnis merupakan dokumen tertulis yang berisi ringkasan yang menggambarkan elemen internal dan eksternal relevan serta strategi dalam memulai bisnis baru. Rencana bisnis penting bagi pengusaha, investor, dan bahkan karyawan karena membantu kelangsungan hidup perusahaan dalam pasar yang ditunjuk. Permasalahnnya adalah terlalu banyak manajer perusahaan kecil yang mengabaikan proses perencanaan strategis karena mereka mengira hal tersebut hanya bermanfaat bagi perusahaan besar. Lebih jauh lagi ditemukan fakta bahwa banyak rencana bisnis yang tidak memiliki ide bisnisnya. Dengan kata lain, ada begitu banyak fokus pada rencana bisnis, tapi begitu sedikit fokus pada ide-ide bisnisnya. Pernyataan ini menggambarkan karakteristik dari sebagian besar wirausaha. Bahkan banyak ide bisnis yang tidak bisa menjadi bisnis menguntungkan atau kalaupun menguntungkan, tetapi tidak menghasilkan pendapatan yang mencukupi. Salah satu alasan kurangnya perhatian terhadap ide bisnis diduga karena lemahnya menerapkan metodologi/teknik yang sesuai. Artinya, perlu suatu teknik mengembangkan ide bisnis yang kompetitif dan berkelanjutan. Penelitian ini menyajikan framework suatu ide bisnis yang mendeskripsikan proses kewirausahaan para wirausaha, meliputi perjalanan mental, penetapan tujuan, serta motif mereka berwirausaha. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran ide bisnis yang terdiri dari: 1) Gambaran entrepreneurship as a competency; 2) Gambaran creative market insight; 3) Gambaran window of opportunity; 4) Gambaran creation of the business concept; 5) Gambaran entry barriers to markets; 6) Gambaran strategies for market entry; 7) Gambaran the positive influence of competitors; 8) Gambaran entrepreneurship and business ideas in the embryonic market; 9) Subvariabel ide bisnis yang memiliki skor tertinggi; dan 10) Subvariabel ide bisnis pelaku UMKM Kabupaten Purwakarta yang memiliki skor terendah. Subyek dari penelitian ini adalah pelaku UMKM sejumlah 40 orang. Sedangkan obyek dari penelitian ini adalah ide bisnis. Adapun metode penelitian ini menggunakan kuantitatif, survey, dan deskriptif verifikatif. Sumber data yang dipergunakan adalah primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel nonprobability sampling, khususnya sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan studi literatur. Untuk menguji hipotesis, digunakan statistik nonparametrik dengan teknik analisis data Kruskal-Wallis One Way Anova dan Chi Kuadrat Satu Sampel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Entrepreneurship as a competency dinilai baik (kontinum sedang); Creative market insight dinilai sangat baik (kontinum tinggi; Window of opportunity dinilai sangat baik (kontinum tinggi); Creation of the business concept dinilai baik (kontinum tinggi); Entry barriers to markets dinilai baik (kontinum sedang); Strategies for market entry dinilai baik (kontinum tinggi); Pelaku UMKM Kabupaten Purwakarta menilai setiap indikator the positive influence of competitors dominan pada kerjasama dengan pesaing, bahkan pesaing membuka jalan untuk memperoleh pelanggan, pesaing dinilai seperti cyclops, serta wilayah pasar sangat penting bagi pesaing; Entrepreneurship and business ideas in the embryonic market dinilai baik (kontinum sedang). Subvariabel ide bisnis pelaku UMKM Kabupaten Purwakarta yang memiliki skor tertinggi adalah creative market insight dan skor terendah adalah entry barriers to markets. Kata Kunci : Ide Bisnis, Entrepreneurship as a competency, Creative market insight, Window of opportunity, Creation of the business concept, Entry barriers to markets, Strategies for market entry, the positive influence of competitors, Entrepreneurship and business ideas in the embryonic market
ANALISIS FAKTOR PELAYANAN NASABAH DALAM MEMUTUSKAN MENABUNG DI TABUNGAN MUDHARABAH BNI SYARIAH CABANG DEPOK Fatimah Fatimah; Hastya Maulana Fikri
Ekonomi & Bisnis Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v14i1.760

Abstract

Abstract The Research was intended to analyze the influence of the service of Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Emphaty on decisions to have mudharabah saving and which dimensional fo service is the most dominant in decide to have mudharabah saving at BNI Syariah branch Depok. The Research shows that variable of Tangibles (X1) doesn’t have significant influence, while Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), and Emphaty (X5) have significant influence the decisions to have mudharabah saving at BNI Syariah branch Depok, with coefficient (R) of 0,683 (68,3%) and the value of adjusted R Square is 0,466 (46,6%). The dominant effect of decisions to have mudharabah saving at BNI Syariah branch Depok (Y) is Assurance (X5) with the value of 0,540. Conclusion of this Research suggests that the Assurance has dominant effect to the decisions to have mudharabah saving at BNI Syariah branch Depok. Key Words: Service, Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor layanan yang terdiri dari Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty terhadap keputusan menabung pada tabungan mudharabah dan manakah yang dominan dari dimensi pelayanan dalam keputusan menabung pada tabungan mudharabah BNI Syariah cabang Depok. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel Tangibles (X1) tidak memiliki pengaruh signifikan, sedangkan variabel Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), dan Emphaty (X5), mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menabung di tabungan mudharabah BNI Syariah cabang Depok (Y), dengan koefisien (R) 0,683 (68,3%) dan nilai Adjusted R Square yang diperoleh adalah 0,466 (46,6%). Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah menabung di tabungan mudharabah BNI Syariah cabang Depok (Y) yaitu variabel Assurance (X5) dengan angka korelasi sebesar 0,540. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Assurance (X5) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan nasabah menabung di tabungan mudharabah BNI Syariah cabang Depok (Y). Kata kunci: Pelayanan, Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty.
PENGARUH REPUTASI MERK DAN KEADILAN BAGI HASIL TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN MUDHARABAH BANK X SYARIAH KCP CILEDUG Agus Kusumaramdhani; Fatimah Fatimah
Ekonomi & Bisnis Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v14i1.761

Abstract

Abstrak Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan pengaruh dari reputasi merk dan keadilan bagi hasil terhadap loyalitas nasabah tabungan Mudharabah dari bank X syariah KCP Ciledug. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 50 orang. Metode analisa yang digunakan adalah metoda regresi berganda dimana X1 merupakan variabel reputasi merk sedangkan X2 merupakan keadilan bagi hasil. Hasil penelitian menyatakan variabel reputasi merk tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel loyalitas nasabah (R= 0,204;sig =0,078; p>0,05). Sedangkan variabel bagi hasil memiliki hubungan positif yang signifikan dengan loyalitas nasabah ( R=0,505; sig =0,000; p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi keadilan bagi hasil , maka semakin tinggi juga tingkat loyalitas nasabah terhadap bank. Pada uji regresi didapat nilai sig = 0,000 (p< 0,05) yang berarti variabel keadilan bagi hasil memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sedang nilai R2 = 0,255 menunjukkan bahwa 25,5 persen dari loyalitas nasabah dapat diprediksi oleh variabel keadilan bagi hasil. Kata kunci: reputasi merk, keadilan bagi hasil, loyalitas nasabah
PERBEDAAN RATA-RATA JUMLAH PEMBIAYAAN, KUALITAS PEMBIAYAAN DAN PENDAPATAN MARGIN MURABAHAH BANK SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH PERUBAHAN BI RATE Darna Darna; Widianti Indah Ramadhani; Mulia Nasution
Ekonomi & Bisnis Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v14i1.791

Abstract

Abstract BI rate is a monetary policy which targeting to inflation in the end. The impact of monetary policy are vast and the impact of the change of BI rate is very large and wide, especially for the banking sector. The possibility of Islamic Banking affected by this change of BI rate was also there although it may be very small and indirect. This research aimed to analyze the differences in the average of the financing, murabahah margin and NPF ratio caused by changes of BI rate by Bank Indonesia as the Central Bank while the Islamic Bank Financing does not use the system of interest. Beside that, this research also analyze the impact of this changes to the Islamic Bank. This research took the form of cross section data of Islamic Bank's financial statements in the first quarter of 2013 as the period before the change of BI rate and the first quarter of 2014 as the period after the change of BI rate. The variables used were total financing, the ratio of the NPF as a ratio which described quality of Sharia Bank’s financing and murabahah revenue margins. Techniques of data collection is through documentation and interviews as a support of the research’s hypothesis. Source of data obtained from published financial statements of Islamic Bank on Bank Indonesia’s official website. The data were analyzed using paired samples t test. Based on the results, it revealed that there are differences in average of total murabahah revenue margin and total financing that Sharia Bank gave before and after the change of BI rate. While there is no difference in the average of NPF ratio before and after the change of BI rate. Keywords: BI rate, Financing, NPF, Financing Margin, Islamic Bank.. Abstrak BI rate adalah sebuah kebijakan moneter dengan sasaran akhir inflasi. Dampak yang ditimbulkan oleh kebijakan tersebut sangatlah luas dan perubahan BI rate ini amatlah besar dan luas dampaknya terutama bagi sektor perbankan. Kemungkinan Bank Syariah terkena dampak dari perubahan BI rate ini pun juga ada meskipun mungkin sangatlah kecil dan secara tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbedaan rata-rata dari pembiayaan, rasio NPF dan margin pembiayaan yang ditimbulkan oleh perubahan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia sebagai Bank Sentral terhadap Pembiayaan Bank Syariah yang tidak menggunakan sistem bunga serta menganalisa dampak dari perubahan BI rate terhadap Bank Syariah. Penelitian ini mengambil data secara cross section berupa laporan keuangan Bank Syariah pada triwulan I tahun 2013 sebagai periode sebelum perubahan BI rate dan triwulan I tahun 2014 sebagai periode sesudah perubahan BI rate. Variabel yang digunakan yaitu total pembiayaan, rasio NPF sebagai gambaran kualitas pembiayaan dan pendapatan margin murabahah. Teknik pengumpulan data adalah melalui dokumentasi dan wawancara sebagai pendukung hipotesis penelitian. Sumber data yang diperoleh dari laporan keuangan publikasi Bank Syariah di situs resmi Bank Indonesia. Data dianalisis dengan menggunakan uji paired sample t test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan rata-rata total pembiayaan dan pendapatan margin murabahah bank syariah sebelum dan sesudah perubahan BI rate. Sedangkan tidak terdapat perbedaan rata-rata variabel NPF sebelum dan sesudah perubahan BI rate. Kata Kunci: BI rate, Pembiayaan, NPF, Margin Pembiayaan, Bank Syariah

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023 Vol 21 No 2 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 2 Desember 2022 Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022 Vol. 20 No. 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 20 No 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19, No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 19, No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18, No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18 No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 18, No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 17 No 2 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 17 NO 2 DESEMBER 2018 Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018 Vol 17, No 1 (2018): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS VOL. 17 No.1 JUNI 2018 Vol 17, No 2 (2018): EKONOMI BISNIS VOLUME 17 No 2 Vol 16, No 2 (2017): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, VOL 16 NO 2 DESEMBER 2017 Vol 16 No 2 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 16 NO.2 DESEMBER 2017 Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 16 No 1 (2017): JURNAL EKONOMI & BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 15 No 1 (2016): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 15 No.1 Juni 2016 Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 14, No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 12, No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue