cover
Contact Name
Ridwan Zulpi Agha
Contact Email
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Phone
+628999111770
Journal Mail Official
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Editorial Address
UP2M - Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Gedung Q lantai 2 Politeknik Negeri Jakarta Jl Prof. Dr. G. A. Siwabessy Kampus UI, Depok Kodepos 16425
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
ISSN : 14122774     EISSN : 24079081     DOI : https://doi.org/10.32722/eb.v19i2
Core Subject : Economy,
urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ekonomi ,bisnis , manajemen, akuntansi, auditing, perpajakan ,kewirausahaan, serta ilmu yang berkaitan dengan perbankan konvensional maupun syariah.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi " : 4 Documents clear
PEMODELAN OLIMPIADE AKUNTANSI NASIONAL DI JURUSAN AKUNTANSI – POLITEKNIK NEGERI JAKARTA wilson, catherine
Ekonomi & Bisnis Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi & Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v15i1.898

Abstract

Olimpiade Akuntansi dan Pasar Modal (OAPM) yang telah diselenggarakan selama 16 tahun banyak memiliki kelemahan yang fatal. Oleh karena itu, meskipun sumber bacaan ataupun contoh kasus pembuatan model olimpiade akuntansi belum pernah ada, namun untuk mengatasi kelemahan yang fatal dari OAPM, sudah saatnya untuk segera dibangun sebuah model Olimpiade Akuntansi Nasioanal (OAN) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian agar olimpiade yang dilakukan oleh HMJA setiap tahun tersebut dapat dilakukan dengan benar sebagaimana seharusnya dengan target peserta siswa SMA dan SMK yang mewakili seluruh Indonesia. Pada penelitian ini lebih dahulu dilakukan analisis dan penetapan unsur unsur apa saja yang diperlukan dalam sebuah organisasi pengelola dan/atau penyelenggara sebuah olimpiade pengetahuan termasuk OAN. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research) yang  pengkajiannya dilakukan secara eksploratif. Penelitian ini memerlukan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan Ketua HMJA dan ketua panitia OAPM pada periode lalu dan sekarang. Sedangkan data sekunder diperoleh dari beberapa hasil penelitian yang berkaitan dengan olimpiade sains lainnya serta analisis terhadap beberapa wujud organisasi olimpiade sains melalui situs untuk menentukan unsur apa saja yang harus ada pada organisasi pengelola serta panitia olimpiade akuntansi
• Analisis Perputaran Komponen Modal Kerja Tehadap Likuiditas roy, Roy roy
Ekonomi & Bisnis Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi & Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v15i1.1024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : 1) Untuk menganalisis pengaruh perputaran persediaan terhadap likuiditas pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI); 2) Untuk menganalisis pengaruh perputaran kas terhadap likuiditas pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI); 3) Untuk menganalisis pengaruh perputaran piutang terhadap likuiditas pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Untukmengukur likuiditas perusahaan, peneliti menggunakan rasio lancar, rasio cepat dan rasio kas. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perputaran persediaan, perputaran kas dan perputaran piutang sebagai variabel independen dan likuiditas sebagai variabel dependen.
ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH TABUNGAN MUDHARABAH DI BNI SYARIAH KCP CILEDUG fatimah, fatimah
Ekonomi & Bisnis Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi & Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v15i1.793

Abstract

The research aims to analyze and determine the factors influencing customer loyalty in BNI Syariah Mudharabah Savings KCP Ciledug both simultaneously and partially. The factors examined included brand reputation, customer satisfaction, service quality, revenue sharing justice, strategic location, commitment and trust, customer loyalty. The sample in this research is BNI Syariah Mudharabah Savings KCP Ciledug Customers is 50 people. Data collection instrument used was a questionnairewith Likert Scale. Analysis of the data used is multiple linear regression by first tested validity and reliability. Variables of brand reputation, customer satisfaction, service quality, revenue sharing justice, strategic location, commitment and trust together (simultaneously) can influence the dependent variable of customer loyalty significantly. Theonly commitment and trust variable that significantly influence customer loyalty. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah tabungan mudharabah di BNI Syariah KCP Ciledug baik secara simultan maupun parsial. Faktor-faktor yang diteliti meliputi reputasi merek, kepuasan nasabah, kualitas pelayanan, keadilan bagi hasil, lokasi strategis, komitmen dan kepercayaan.Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan mudharabah BNI Syariah KCP Ciledug yang berjumlah 50 orang.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert.Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas.Semuavariabel bebas reputasi merek, kepuasan nasabah, kualitas pelayanan, keadilan bagi hasil, lokasi strategis, komitmen dan kepercayaan secara bersama-sama (simultan) mampu mempengaruhi variabel terikat loyalitas nasabah secara signifikan.Hanyavariabel komitmen dan kepercayaan yang berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Zakat Perbankan Syariah Terhadap Return On Asset ARIS, YOGA ARIS
Ekonomi & Bisnis Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi & Bisnis
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v15i1.897

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan dan Zakat Perbankan Syariah Terhadap Return On Asset (ROA) Bank Syariah Mandiri periode 2001-2015. Data yang digunakan adalah data triwulan yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia pada laporan publikasi periode triwulan 2 2001- triwulan 4 2015. Teknik yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan uji asumsi klasik normalitas, multikolinieritas, autokorelasi dan heterokedasititas untuk mendapatkan model estimasi linier yang tidak bias. Hasil dari penilitian ini menunjukan bahwa secara parsial Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Dan Zakat Perbankan Syariah secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. Sedangkan secara simultan, variabel Ukuran Perusahaan dan Zakat Perbankan Syariah berpengaruh signifikan terhadap ROA sebesar 45.5%, sedangkan sisanya 54.5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023 Vol 21 No 2 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 2 Desember 2022 Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022 Vol. 20 No. 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 20 No 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19, No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 19, No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18, No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18 No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 18, No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 17 No 2 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 17 NO 2 DESEMBER 2018 Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018 Vol 17, No 1 (2018): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS VOL. 17 No.1 JUNI 2018 Vol 17, No 2 (2018): EKONOMI BISNIS VOLUME 17 No 2 Vol 16, No 2 (2017): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, VOL 16 NO 2 DESEMBER 2017 Vol 16 No 2 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 16 NO.2 DESEMBER 2017 Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 16 No 1 (2017): JURNAL EKONOMI & BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 15 No 1 (2016): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 15 No.1 Juni 2016 Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 14, No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 12, No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue