cover
Contact Name
Ridwan Zulpi Agha
Contact Email
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Phone
+628999111770
Journal Mail Official
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Editorial Address
UP2M - Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Gedung Q lantai 2 Politeknik Negeri Jakarta Jl Prof. Dr. G. A. Siwabessy Kampus UI, Depok Kodepos 16425
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
ISSN : 14122774     EISSN : 24079081     DOI : https://doi.org/10.32722/eb.v19i2
Core Subject : Economy,
urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ekonomi ,bisnis , manajemen, akuntansi, auditing, perpajakan ,kewirausahaan, serta ilmu yang berkaitan dengan perbankan konvensional maupun syariah.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017" : 6 Documents clear
AKSES UMKM PADA KREDIT BANK sudjarwo, Sudjarwo
Ekonomi & Bisnis Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v16i1.900

Abstract

UMKM mempunyai peranan yang penting terhadap perekonomian di Indonesia, jumlah UMKM sekitar 99,99% dari total pelaku usaha di Indonesia dan memberikan kontribusi 57% PDB serta mampu menyerap tenaga kerja 97,3% (BPS, 2015).  Pertumbuhan kredit UMKM 7,64% pada tahun 2015, kelompok usaha menengah mendapatkan porsi 48%, usaha kecil 28% dan usaha mikro 23%. Rendahnya akses kredit bagi UMKM menarik untuk diteliti. Variabel yang digunakan adalah tingkat pendidikan pengusaha, pengalaman berusaha sebelumnya, rencana bisnis, ukuran perusahaan, lamanya berusaha, dan hubungan dengan bank. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis Chi square. Tingkat pendidikan pengusaha, pengalaman berusaha, rencana bisnis perusahaan, ukuran perusahaan yang diukur berdasarkan jumlah aset dan jumlah karyawan perusaan, hubungan nasabah yang ditandai dengan kepemilikan simpanan terdapat hubungan positif dan signifikan terhadap akses kredit perbankan. Lamanya berusaha dan lamanya menjadi nasabah tidak terdapat  hubungan dan  signifikan terhadap akses kredit
KONTRIBUSI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA APRIYANI, HELINA
Ekonomi & Bisnis Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v16i1.886

Abstract

Program Pengembangan Kewirausahaan dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan pada para mahasiswa dan juga staf pengajar serta diharapkan menjadi wahana pengintegrasian secara sinergi antara penguasaan sains dan teknologi dengan jiwa kewirausahaan. Selain itu diharapkan pula hasil-hasil penelitian dan pengembangan tidak hanya bernilai akademis saja, namum mempunyai nilai tambah bagi kemandirian perekonomian bangsa. Dengan meningkatnya wirausahawan dari kalangan sarjana akan mengurangi pertambahan jumlah pengangguran bahkan menambah jumlah lapangan pekerjaan Hasil perhitungan pengolahan data yang didapat dari lapangan dengan menggunakan rumus product moment dari Pearson antara pendidikan kewirausahaan terhadap minat wirausaha mahasiswa diperoleh  nilai sebesar 0.76 sehingga berada pada rentang 0.66 – 0.799, sehingga termasuk ke dalam tingkat hubungan berkategori kuat. Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel pendidikan kewirausahaan terhadap variabel minat wirausaha mahasiswa. Artinya proses pendidikan kewirausahaan yang dilakukan di Bina Sarana Informatika sudah optimal. Dari perhitungan hasil perhitungan analisis koefisien determinasi, diperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 58,98% yang berarti bahwa variabel X (pendidikan kewirausahaan) di Bina Sarana Informatika Bogor memberikan pengaruh 58,98% terhadap variabel Y (minat wirausaha). Sedangkan sisanya 41,02% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti kurikulum yang diterapkan di sekolah, kompetensi tenaga pendidik, seperti modal wirausaha, kompetensi tenaga pendidik, pola pikir berwirausaha, faktor linkungan eksternal serta internal dan sebagainya. Berdasarkan hal tersebut minat wirausaha ditentukan oleh pendidikan wirausha yang nyata mereka jalani dan pengaruh dari contoh-contoh pengusaha sukses yang  nantinya akan merubah pola pikir mereka dalam memulai suatu usaha. Kata KunciPendidikan kewirausahaan, minat wirausaha, pengembangan kewirausahaan.
STRATEGI BISNIS RUMAH MAKAN HM. NANA CIANJUR MELALUI PENDEKATAN SWOT ANALISYS Nurhayaty, Ety
Ekonomi & Bisnis Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v16i1.888

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemilihan strategi bisnis melalui pendekatan analisis SWOT dengan Rumah makan HM.NANA  sebagai objeknya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar perusahaan mampu mengidentifikasi berbagai kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang yang ada, sehingga mampu memilih strategi yang tepat agar bisa bersaing dan bertahan dalam bisnis kuliner yang telah dirintis sejak tahun 1970.Metode yang di pakai dalam penelitian ini adalah deskriptif, sedangkan data diambil berdasarkan penyebaran kuesioner terhadap sampel yang dipilih berdasarkan teknik sampling non probability/non-acak dengan menggunakan teknik judgment samplingDarihasil analisa didapat bahwa HM.Nana perlu menerapkan beberapa strategi, diantaranya adalah Menambah varian menu yang fresh, menyediakan delivery order, Harga tetap bersaing, memperbaiki kualitas pelayanan, melakukan pelatihan  SDM/koki untuk memasak masakan yang fresh dengan bahan dasar sayuran, seperti gado-gado, cah kangkung dan lain-lain, belajar manajemen modern serta meningkatkan promosi baik secara  online maupun offline 
METODE AHP UNTUK MENENTUKAN JENIS USAHA POTENSIAL DI KAWASAN WISATA Helling, Lydia Salvina
Ekonomi & Bisnis Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v16i1.889

Abstract

Kotamadya Bogor adalah salah satu kotamadya di daerah Jawa Barat yang memiliki potensi dalam segi pariwisata, yang menarik, unik, dan indah. Kodisi tersebut secara otomatis membuka peluang bagi pedagang kaki lima untuk menjalankan jenis usaha. Kenyataannya pemilihan jenis usaha yang dipilih sering kurang cocok dengan minat wisatawan maupun lokasi tempat mereka membuka usaha, sehingga mengakibatkan usaha tersebut tidak berkembang bahkan dapat terjadi kebangkrutan. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem pengambilan keputusan yang dapat memberikan rekomendasi untuk membantu DISBUDPAR kotamadya Bogor dalam mengarahkan pedagang kaki lima berkaitan dengan pemilihan jenis usaha yang potensial di suatu kawasan wisata tertentu. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process untuk mengolah data kualitatif menjadi suatu bentuk data kuantitatif. Metode ini menggunakan hirarki dalam tahapan pemrosesan data dengan membentuk matrik-matrik dari data-data tersebut. Berdasarkan hasil dari pengolahan yang sudah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kawasan wisata The Jungle merupakan kawasan wisata yang terpilih untuk tempat berwisata bagi wisatawan dan tempat membuka usaha yang terbaik bagi pedagang kaki lima. Sedangkan jenis usaha terbaik yang bisa dilakukan di kawasan wisata tersebut adalah jenis usaha makanan. 
PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Indriyani, Furi
Ekonomi & Bisnis Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v16i1.887

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian. studi kasus pada konsumen Papapia Bogor
VALUASI PASAR MODAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN THE FED MODEL DI ASIA TAHUN 2003-2011 Putri, Vindaniar Yuristamanda
Ekonomi & Bisnis Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v16i1.878

Abstract

Penelitian ini menganalisis mengenai kondisi pasar modal di wilayah Asia dengan pendekatan The Fed Model. Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan valuasi pasar modal di wilayah Asia pada tahun 2003-2011. Model penelitian yang digunakan berdasarkan pendekatan The Fed Model yang memiliki tiga tahapan pengujian yaitu, uji korelasi antara saham dengan obligasi, uji valuation gaps, dan uji kointegrasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari tujuh negara yang diambil untuk sampel hanya satu negara yang lolos dalam tiga pengujian The Fed Model.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023 Vol 21 No 2 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 2 Desember 2022 Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022 Vol. 20 No. 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 20 No 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19, No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 19, No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18, No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18 No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 18, No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 17 No 2 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 17 NO 2 DESEMBER 2018 Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018 Vol 17, No 1 (2018): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS VOL. 17 No.1 JUNI 2018 Vol 17, No 2 (2018): EKONOMI BISNIS VOLUME 17 No 2 Vol 16, No 2 (2017): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, VOL 16 NO 2 DESEMBER 2017 Vol 16 No 2 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 16 NO.2 DESEMBER 2017 Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 16 No 1 (2017): JURNAL EKONOMI & BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 15 No 1 (2016): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 15 No.1 Juni 2016 Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 14, No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 12, No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue