cover
Contact Name
Ridwan Zulpi Agha
Contact Email
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Phone
+628999111770
Journal Mail Official
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Editorial Address
UP2M - Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Gedung Q lantai 2 Politeknik Negeri Jakarta Jl Prof. Dr. G. A. Siwabessy Kampus UI, Depok Kodepos 16425
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
ISSN : 14122774     EISSN : 24079081     DOI : https://doi.org/10.32722/eb.v19i2
Core Subject : Economy,
urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ekonomi ,bisnis , manajemen, akuntansi, auditing, perpajakan ,kewirausahaan, serta ilmu yang berkaitan dengan perbankan konvensional maupun syariah.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018" : 8 Documents clear
IMPLEMENTASI E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN KINERJA BISNIS PERUSAHAAN Helina Apriyani; Helina Apriyani; Enok Tuti Alawiyah; Tati Mardewi
Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v17i1.1112

Abstract

Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebut populasi penduduk Indonesia pada tahun 2017 mencapai 262 Juta jiwa. Lebih dari 50 persen  penduduk atau sekitar 143 juta jiwa dari populasi memiliki akses internet. Sebagian besar fasilitas yang diakses adalah transaksi belanja online dengan menggunakan e-commerce.  E-commerce kini menjadi bagian life style yang tidak terpisahkan dalam tatanan kehidupan sosial. Konsumen lebih memilih melakukan transaksi hanya dalam genggaman tangan. Praktis, efisien dan memiliki fleksibilitas waktu. E-commerce mengubah banyak tatanan baru karena keberadaannya mendorong UKM, pengusaha besar dan pemain baru dalam bisnis untuk mencoba peruntungan dalam penjualan digital. Penelitian ini bertujuan merancang sebuah media penjualan online bagi UKM Mira Karya dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja bisnisnya demi mencapai kemajuan usaha dengan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PENGENAAN PAJAK PENGHASILAN (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Transaksi E-Commerce di Kota Bekasi) Whereson Siringoringo
Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v17i1.1135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat pengenaan pajak penghasilan terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan transaksi e-Commerce di Kota Bekasi. Variabel dependennya yaitu penghambat pengenaan pajak penghasilan, sedangkan variabel independennya yaitu sulitnya mendeteksi transaksi e-Commerce, belum terdatanya pelaku e-Commerce, rendahnya kesadaran pelaku e-Commerce selaku wajib pajak, dan kurangnya penegakan hukum terhadap pelaku e-Commerce. Penelitian dengan metode kuantitatif, menggunakan data primer yaitu kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi sebanyak 108 sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regeresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa sulitnya mendeteksi transaksi e-Commerce berpengaruh positif secara signifikan terhadap penghambat pengenaan pajak penghasilan (thitung 3.891 > ttabel 1.98326), belum terdatanya pelaku e-Commerce tidak berpengaruh positif  namun signifikan terhadap penghambat pengenaan pajak penghasilan (thitung -2.301 < ttabel 1.98326),  rendahnya kesadaran pelaku e-Commerce selaku wajib pajak berpengaruh positif secara signifikan terhadap penghambat pengenaan pajak penghasilan (thitung 2.936  > ttabel 1.98326), kurangnya penegakan hukum pelaku e-Commerce berpengaruh positif secara signifikan terhadap  penghambat pengenaan pajak penghasilan (thitung 6.624 > ttabel 1.98326).
KAJIAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM DISIPLIN ANGGARAN PERGURUAN TINGGI NEGERI Hayati Fatimah
Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v17i1.1144

Abstract

Pengendalian internal merupakan hal penting dalam mencapai optimalisasi pengelolaan perguruan tinggi negeri. Pengendalian dibutuhkan dalam pengganggaran untuk menjaga agar anggaran berkualitas, dengan menghasilkan kinerja yang tinggi. Namun anggaran cenderung tidak disiplin dimungkinkan terjadinya budget slack dengan melanggar prinsip anggaran yang ekonomis, efisien, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengendalian internal yang sebaiknya diterapkan dalam mewujudkan disiplin anggaran di perguruan tinggi negeri. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif melalui studi literature dengan mengkaji beberapa literatur berupa peraturan, teori, standar, dan hasil penelitian terkait. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa disiplin anggaran di perguruan tinggi negeri dapat dicapai dengan menerapkan pengendalian internal berdasarkan lima elemen SPIP yang terdiri dari lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, komunikasi dan informasi, serta pemantauan. Pada setiap elemen tersebut dilengkapi dengan indikator yang jelas sehingga dapat menjadi acuan untuk mewujudkan disiplin anggaran di perguruan tinggi negeri.
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI Roy roy roy
Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v17i1.1145

Abstract

Salah satu keputusan penting yang dihadapi oleh manajer keuangan terkait dengan keberadaan operasi perusahaan adalah keputusan struktur pendanaan atau modal. Ini adalah keputusan terkait dengan komposisi hutang, saham preferen dan saham biasa yang harus digunakan oleh perusahaan. Manajer harus bisa mengumpulkan dana baik dari perusahaan maupun perusahaan secara efisien. Artinya keputusan pendanaan adalah keputusan yang mampu meminimalisir biaya modal yang harus diusung oleh perusahaan.          Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, Kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan terhadap struktur permodalan. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan purposive sampling untuk mendapatkan sampel representatif yang memenuhi kriteria. Kriteria pilihan sampel adalah: perusahaan yang telah menyampaikan laporan keuangannya per 31 Desember 2014-2016, perusahaan yang mendapat keuntungan positif selama periode pengamatan.
MANAJEMEN LINGKUNGAN FISIK ( SERVICESCAPE ) DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL SALAK THE HERITAGE mawi, maswir
Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v17i1.1146

Abstract

This study aims to know management servicescape to service quality seen from the service dimension (tangibility, reability, responsibility, assurance, empathy) so that it can affect customer satisfaction at the hotel salak the heritage. This study uses subject data. In this case the subject of his research is hotel salak the heritage. Methods of collecting data and information using three methods of observation, questionnaire, and literature study. Observation is by observing and participating directly in the implementation of work performed by employees, distributing questionnaires to several customers who are meeting and staying at Hotel Salak The Heritage to determine the level of customer expectations of services provided, and learn from the books in the library And find out which areas will be deepened and search the material through the internet and company website. The results showed that in managing the servicescape in the hotel should make management strategy in accordance with the operational plan and standard of the applicable procedures that must be obeyed by employees so that it can control the work system of employees. While customer satisfaction can be seen if the perceived performance is given greater than the customer expectations of service quality based on service dimensions (tangibility, reability, responsibility, assurance, empathy) that can have an important effect on the satisfaction or not the customer to the services provided that will have good impact Bad for the company's  progress.
PENINGKATAN SUMBER PENDANAAN BANK UMUM SYARIAH MELALUI PENERBITAN SUKUK (Manfaat, Biaya, Peluang, dan Risiko) syafrida, ida
Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v17i1.1147

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi sejumlah faktor yang mendasari Bank Umum Syariah (BUS) dalam meningkatkan kapasitas sumber pendanaan. Pedoman Roadmap Perbankan Syariah 2015-2019 menyebutkan tantangan perbankan syariah diantaranya permodalan kecil serta skala industri dan individual bank terbatas. Terkait permodalan s.d. Desember 2016, dari 13 BUS baru 1 BUS masuk kategori BUKU 3 (modal Rp.5-30 triliun). Dalam hal jaringan, bank syariah hanya memiliki 2.201 unit kantor, jauh jika dibandingkan bank konvensional (32.730 unit kantor). Dengan demikian penghimpunan simpanan dana masyarakat di bank syariah menjadi lebih terbatas. Ini mengindikasikan bahwa perbankan syariah juga menghadapi tantangan sumber pendanaan. Terbatasnya sumber dana menyebabkan peran intermediasi tidak dapat dijalankan secara optimal. Perbankan syariah dapat meningkatkan sumber pendanaan salah satu solusinya dengan menerbitkan sukuk. Dalam penerbitan sukuk perlu dipertimbangankan faktor manfaat, peluang, biaya dan risiko sehingga dapat dirumuskan strategi peningkatan pendanaan yang tepat.  Sub-faktor manfaat penerbitan sukuk: sumber dana ekspansi usaha dan permodalan; market profiling dan benchmark syariah; multi akad, kupon, dan periode; peningkatan likuiditas, efisiensi, dan profitabilitas. Sub-faktor peluang: minimnya jumlah emiten; permintaan investor berlebih; dukungan kuat regulator; luasnya basis investor. Sub-faktor biaya: biaya modal; biaya utang; biaya penjaminan; biaya emisi. Sub-faktor risiko: risiko gagal bayar; risiko kepatuhan syariah; risiko tingkat suku bunga; risiko kehilangan aset.
ANALISA SWOT DALAM DESIGN STRATEGY CORPORATE PADA PT. JAYA PERSADA INDONESIA, JAKARTA wahyudi, endang; udin, hasan hasan; Heling, Lydia Salvina
Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v17i1.1148

Abstract

Kemampuan suatu organisasi untuk memenangkan persaingan usaha dapat dilihat dari kesiapan perusahaan atau organisasi tersebut melakukan strategy bisnis, untuk melakukan strategi bisnis yang baik diperlukan data, riset dan tools yag dapat memberikan gambaran strategi organisasi. Di antara tools yang dapat digunakan untuk melihat kekuatan/potensi serta kelemahan dari sumber daya internal perusahaan dan peluang serta acaman dari eksternal adalah Analisis SWOT. Sehingga menghasilkan suatu strategi bisnis dengan memanfaatkan potensi yang ada dalam perusahaan berdasarkan kesempatan kesempatan yang ada untuk mengatasi kelemahan dan mempertahankan dari ancaman luar.
PENGARUH ALOKASI DANA DESA TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN PROPINSI SUMATERA SELATAN Agustina, Yumniati; Cusyana, Silvi Reni
Ekonomi & Bisnis Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v17i1.1151

Abstract

Law No. 6 of 2014 explains that the Village Fund Allocation is a part of the balancing funds received by the kabupaten / kota in APBD after deducting the special allocation fund. The objectives of ADD / K are listed in MUBA REVOCATION No.15 of 2013, No. 4 of 2014 and PERMENDESA No.21 of 2015 concluded that village funds are prioritized to improve the economy of rural communities and target the use of ADD / K, including: salary / allowances, honoraria Village Management Team and Activity Implementation Team, village operational expenditure, community productive economic empowerment and physical development expenditure. This research analyzes the influence of each target of village fund allocation to the economics of the village community of MUBA Regency and the influence of the joint. Using path analysis Technique, research object 240 villages. The village economy is proxied in per capita income by the number of villagers in 2013 and 2014.  The results showed that: the target variable for the use of the village fund allocation for honorarium TPKD and TPK have constant data, thus omitted from the relationship model; salary / benefit financing has significant effect of 29.24%; village operational costs have a significant effect of -3.35%; community productive economic empowerment expenditure has no significant effect because there is a close correlation between this variable with physical development expenditure, so it can be represented by physical construction expenditure which have significant effect of 65,01%; the shared use of allocation of village funds has a significant effect of 68.3%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023 Vol 21 No 2 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 2 Desember 2022 Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022 Vol. 20 No. 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 20 No 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19, No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 19, No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18, No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18 No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 18, No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 17 No 2 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 17 NO 2 DESEMBER 2018 Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018 Vol 17, No 1 (2018): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS VOL. 17 No.1 JUNI 2018 Vol 17, No 2 (2018): EKONOMI BISNIS VOLUME 17 No 2 Vol 16, No 2 (2017): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, VOL 16 NO 2 DESEMBER 2017 Vol 16 No 2 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 16 NO.2 DESEMBER 2017 Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 16 No 1 (2017): JURNAL EKONOMI & BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 15 No 1 (2016): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 15 No.1 Juni 2016 Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 14, No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 12, No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue