cover
Contact Name
Ridwan Zulpi Agha
Contact Email
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Phone
+628999111770
Journal Mail Official
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Editorial Address
UP2M - Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Gedung Q lantai 2 Politeknik Negeri Jakarta Jl Prof. Dr. G. A. Siwabessy Kampus UI, Depok Kodepos 16425
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
ISSN : 14122774     EISSN : 24079081     DOI : https://doi.org/10.32722/eb.v19i2
Core Subject : Economy,
urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ekonomi ,bisnis , manajemen, akuntansi, auditing, perpajakan ,kewirausahaan, serta ilmu yang berkaitan dengan perbankan konvensional maupun syariah.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022" : 10 Documents clear
PENGARUH RISIKO KREDIT DAN RISIKO LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN MILIK NEGARA Iwan Suryana; Gusganda Suria Manda
Ekonomi & Bisnis Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v21i1.4564

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara risiko kredit dan risiko likuiditas terhadap tingkat profitabilitas. Risiko kredit diwakili oleh rasio keuangan Non Performing Loans (NPL), risiko likuiditas diwakili oleh rasio keuangan Loan to Deposit Ratio (LDR), dan tingkat profitabilitas diwakili oleh rasio keuangan Return on Assets (ROA). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jenis data yang digunakan yaitu data sekunder dan bersumber dari laporan keuangan masing-masing lembaga perbankan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 2 cara yaitu: metode dokumentasi dan metode penelitian pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah lembaga perbankan milik negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dan diperoleh sampel yaitu Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Tabungan Negara (BTN). Hasil penelitian ini secara parsial variabel NPL dan LDR berpengaruh negatif signifikan terhadap variabel ROA. Dan secara simultan variabel NPL dan variabel LDR berpengaruh terhadap variabel ROA. A dan tingkat pengaruhnya 74,5%.
ANALISIS PERENCANAAN STRATEGIS DAN LINGKUNGAN EKSTERNAL TERHADAP KINERJA UMKM SURVEY PADA UMKM MAKANAN DI KOTA SUKABUMI Anbia Ulhaq; R, Deni Muhammad Danial; Faizal Mulia Z
Ekonomi & Bisnis Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v21i1.4565

Abstract

Penelitian ini   bertujuan untuk mengetahui gambaran Perencanaan Strategis dan Lingkungan Eksternal terhadap Kinerja UMKM Makanan di Kota Sukabumi, mengetahui Perencaan Strategis terhadap Kinerja UMKM, Mengetahui Lingkungan Eksternal terhadap Kinerja UMKM. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode Deskriptif dan Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 40 pelaku UMKM dijadikan sebagai responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik korelasi berganda, koefisien determinasi, regresi linier berganda dan uji hipotesis secara simultan (uji F) dan secara parsial (uji T). Hasil pada penelitian ini dengan menggunakan uji koefisien determinasi dilihat dari nilai (R Squire) bahwa pengaruh Perencanaan Strategis dan Lingkungan Eksternal terhadap Kinerja UMKM 0,775 sedangkan Perencanaan Strategis terhdap Kinerja umkm sebesar 0,718 Besarnya pengaruh Lingkungan Eksternal terhadap Kinerja UMKM Sebesar 0,743 pengaruh Perencanaan Strategis dan Lingkungan Eksternal terhadap Kinerja UMKM 77,5% dan sisanya 2,25% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dari hasil yang diperoleh dari uji hipotesis (uji F) terlihat bahwa Perencanaan Strategis berpengaruh terhadap Kinerja UMKM dan Lingkungan Eksternal berpengaruh terhadap Kinerja UMKM. Adapun hasil dari uji hipotesis secara parsial (uji T) menunjukkan Perencanaan Strategis berpengaruh terhadap Kinerja UMKM dan Lingkungan Eksternal memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Kinerja UMKM.
PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN ON ASSETS PADA PERBANKAN (Studi Pada Bank Umum Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020) Abdu Rahman; Nurhayati Siregar; Midayani
Ekonomi & Bisnis Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v21i1.4566

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Depsit Ratio (LDR), Non Performing loan (NPL), biaya operasional pendepatan operasional (BOPO) terhadap Return On Assets (ROA) pada perbankan (studi pada bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2016-2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data adalah data sekunder berupa Rasio Keuangan dari website resmi Bursa Efek Indonesia dan dengan teknik dokumentasi yang bersumber dari laporan publikasi bank. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah 10 bank. Selanjutnya data diolah dengan SPSS 26 menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif terhadap Return On Assets (ROA), Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh positif terhadap Return On Assets, Non Performing Loan (NPL) berpengaruh negatif terhadap Return On Assets (ROA), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh negative terhadap Return On Assets (ROA). Secara simultan Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) memiliki pengaruh positif terhadap Return On Assets (ROA) pada bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Kata kunci : Return On Assets, Rasio Keuangan.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA DENGAN OCB SEBAGAI PEMEDIASI Kusuma Candra Kirana; Ignatius Soni Kurniawan; Fikri Cahyana Putra
Ekonomi & Bisnis Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v21i1.4567

Abstract

Organisasi melakukan peningkatkan kinerja karyawan dengan mengembangkan kualitas sumber daya manusianya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji mediasi Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Pengambilan data dilakukan melalui survei dengan instrumen kuesioner pada karyawan PT Madubaru Bantul Yogyakarta. Olah data menggunakan analisis regresi berganda dan Sobel test. Temuan riset menyatakan bahwa budaya organisasi dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja dengan dimediasi oleh OCB. Tidak ditemukan pengaruh langsung budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Kata kunci: Budaya organisasi, kepuasan kerja, OCB, kinerja karyawan.
ANALISA NILAI VALUASI PERUSAHAAN STARTUP: STUDI KASUS XYZ DIGITAL INFORMASI Ni Putu Eka Apriyanthi; Ni Made Estiyanti; Sephy Lavianto
Ekonomi & Bisnis Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v21i1.4568

Abstract

XYZ Digital Informasi ialah Industri startup di bidang Aplikasi Development yang meningkatkan Sistem Data berbasis Website serta Mobile Apps di Bali. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai valuasi startup XYZ Digital Informasi dengan melakukan analisis Kualitatif dan Kuantitatif. Metode yang digunkan Scorecard Valuation mengacu pada tabel Valuation by Stage, serta perbandingan pada laporan keuangan menggunakan metode analisa komparatif dengan menentukan proyeksi laporan keuangan dalam lima tahun mendatang, kemudian menghitung Pesent Value guna menentukan nilai perusahaan saat ini. Hasil penelitian ini menggunakan Compound Annual Growth Rate sebesar Rp 466.146.616, Scorecard Valuation Method sebesar Rp 3.428.750.000,- dan hasil analisis kuantitatif menggunakan Comparative Financial Statement Analysis sebesar Rp 466.146.616,. hasil akhir dari nilai valuasi startup XYZ Digital Informasi adalah sebesar Rp 3.894.896.616. Kata Kunci: Valuation Value, Startup, Scorecard Valuation
ANALISIS DAMPAK NPL, CKPN, LDR DAN SUKU BUNGA KREDIT TERHADAP PENYALURAN KREDIT PERBANKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 Lesia Fatma Ginoga; Asty Khairi Inayah Syahwani
Ekonomi & Bisnis Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v21i1.4569

Abstract

ABSTRACT During the Covid-19 Pandemic, the banking sector experienced slow credit growth, this was due to the weakening economy and sluggish public purchasing power. At the beginning of the Covid-19 pandemic, the Basic Loan Interest Rate (SBDK) did not experience a significant decline, Banks also had to be more careful in lending to avoid Non-Performing Loans (NPLs). Credit reserves or Allowance for Impairment Losses (CKPN) must also be reserved for all credit categories in accordance with PSAK 71. In the midst of the COVID-19 pandemic, Banks must also maintain a Loan to Deposit Ratio (LDR) in the range of 75% - 80% in order to continue to fulfill one of the health elements of the bank. This study aims to determine the effect of Non-Performing Loans (NPL), Allowance for Impairment Losses (CKPN), Basic Credit Interest Rates (SBDK), and Loan to Deposit Ratio (LDR) on lending. The research data is secondary data, namely the Quarterly Financial Statements from March 2020-March 2021. The analytical method used is panel data regression analysis. The results showed that CKPN and LDR had a significant effect on lending while NPL and SBDK had no significant effect on lending. Keywords: Covid19 pandemic, SBDK, LDR, CKPN
PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN TIKET MASUK DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT. Jungleland Asia) Krisna Sudjana; Ninda Rikanti
Ekonomi & Bisnis Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v21i1.4570

Abstract

Industri pariwisata di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat, salah satunya adalah Jungleland Adventure Theme Park yang dikelola oleh PT. Jungleland Asia di bawah manajemen PT. Graha Andrasentra Propertindo Tbk. Dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitive, mendorong perusahaan untuk terus meng-update inovasi dan produk andalan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi konsumen. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan sistem pengendalian internal penjualan tiket masuk sudah disusun oleh manajemen dengan jelas, struktur organisasi dan tanggung jawab masing masing dijalankan sesuai dengan ketetapan, prosedur penjualan yang tercatat sudah berjalan sesuai dengan penjualan dilapangan, namun pada tahun 2018 penjualan tiket masuk tidak mencapai target yang sudah ditentukan dari target sebesar Rp. 121.996.600.000 hanya tercapai Rp.107.729.732.136 maka disimpulkan pada tahun 2018 penjualan tiket masuk Jungleland Adventure Theme Park belum efektif .
PENGARUH KETIMPANGAN PENDIDIKAN ANTAR GENDER TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA Fauziyah; Whinarko Juliprijanto
Ekonomi & Bisnis Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v21i1.4571

Abstract

Ketimpangan gender masih menjadi permasalahan yang belum tertuntaskan di Indonesia. Studi di negara lain menunjukkan bahwa dengan mengurangi adanya ketimpangan antar gender akan meningkatkan produktivitas suatu negara. Oleh karena itu, untuk mengetahui bagaimana pengaruh adanya ketimpangan gender dalam pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek penelitian ini dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekonometrika melalui pendekatan empiris dengan model koreksi kesalahan atau Error Correction Model (ECM). Dari penelitian ini memperoleh hasil bahwa tingkat pastisipasi angkatan kerja perempuan,ketimpangan pendidikan antar gender, dan industry manufaktur perpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan di Indonesia dalam jangka panjang namun tidak signifikan berpengaruh dalam jangka pendek. Sedangkan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Kata kunci : Ketimpangan Gender,Ketimpangan Pendidikan, PDB.
IMPLEMENTASI TINGKAT KEBUTUHAN MANUSIA MENURUT TEORI MASLOW PADA PEKERJA PERBANKAN SYARIAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT Fatimah; Elisabeth Y.M; Darna; Abdillah
Ekonomi & Bisnis Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v21i1.4572

Abstract

Di Era globalisasi masih banyak perusahaan yang belum menyadari bahwa motivasi kerja karyawan sesuai dengan teori Maslow memiliki keterkaitan langsung dengan engagement para karyawan terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar penerapan kebutuhan Maslow pada pekerja di lembaga perbankan Syariah. Dipilihnya perbankan syariah karena lembaga keuangan syariah dalam operasionalnya dan setiap kegiatannya harus bersesuaian dengan perintah pada al-Qur’an dan hadits. Tujuan lainnya adalah mengukur seberapa besar pengaruh penerapan kebutuhan manusia menurut Maslow tersebut terhadap engagement pekerjanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode rating scale dan korelasi pearson product moment, dengan jumlah sampel sebanyak 120 orang pekerja perbankan Syariah, terdiri dari karyawan BNI Syariah, Bank Mandiri Syariah, BRI Syariah, Bank Muamalat, dan Bank Mega Syariah. Hasil analisis menunjukkan bahwa perbankan syariah sudah menerapkan lima (5) tingkatan kebutuhan Maslow dalam memotivasi pekerjanya. Penerapan terendah menurut persepsi karyawan adalah pada kebutuhan harga diri dengan prosentase sebesar 62,36 persen sedangkan yang teringgi adalah kebutuhan aktualisasi diri sebesar 81,28 persen. Penerapan kebutuhan Maslow memiliki hubungan positif terhadap engagement pekerja dengan angka korelasi r = 0,521 yang artinya bahwa penerapan hierarki Maslow dengan level of signifikansi 99% memberi pengaruh positif sebesar 27,44 persen terhadap employee engagement para karyawan.. Keywords: kebutuhan Maslow, perbankan syariah, employee engagement
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PROSES PEMENUHAN KEBUTUHAN PANGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL Ainun Robi’ah Lailah Sa’adah; Herman; Febrina Hambalah
Ekonomi & Bisnis Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v21i1.4573

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa berbagai permasalahan baru yang dialami oleh konsumen, salah satunya adalah permasalahan dalam proses pemenuhan kebutuhan pangan. Kebutuhan pangan sebagai salah satu kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh konsumen mengakibatkan konsumen mencari solusi atas permasalahan dalam proses pemenuhan kebutuhan pangan. Perilaku  konsumen mengalami perubahan semenjak adanya pandemi Covid-19, konsumen meningkatkan penggunaan teknologi untuk mencari solusi atas permasalahan yang dialami. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji dan mendeskripsikan perubahan perilaku konsumen Amh modern market pada masa pandemi Covid-19 serta mengkaji dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan keputusan  pembelian  kebutuhan  pangan  menggunakan  Amh  modern  market  dapat  terjadi.  Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat  beberapa hal yang  mengakibatkan perilaku konsumen berubah, salah satunya adalah hadirnya pandemi Covid-19. Amh Modern Market sebagai salah satu online grocery yang menggunakan media sosial Instagram di Surabaya telah berhasil menarik konsumen untuk membeli kebutuhan pangan secara online. Kata kunci  : Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Kebutuhan Pangan, Media Sosial

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023 Vol 21 No 2 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 2 Desember 2022 Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022 Vol. 20 No. 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 20 No 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19, No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 19, No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18, No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18 No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 18, No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 17 No 2 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 17 NO 2 DESEMBER 2018 Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018 Vol 17, No 1 (2018): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS VOL. 17 No.1 JUNI 2018 Vol 17, No 2 (2018): EKONOMI BISNIS VOLUME 17 No 2 Vol 16, No 2 (2017): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, VOL 16 NO 2 DESEMBER 2017 Vol 16 No 2 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 16 NO.2 DESEMBER 2017 Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 16 No 1 (2017): JURNAL EKONOMI & BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 15 No 1 (2016): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 15 No.1 Juni 2016 Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 14, No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 12, No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue