cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen" : 9 Documents clear
PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD sutarsih, sutarsih
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.68 KB)

Abstract

Abstract: The Use of Inquiry Learning Strategy to Improve the Mathematics Learning of Class V of SD. The objective of this research is to know implementation of inquiry learning strategy and to improve the Mathematics learning to the students of class V of SDN Wonosigro. This research is an action research which conducted in 3 cycles, in which there are 3 meetings in every cycle that consists of planning, acting, observing, and reflecting. The result of this research show that the use of inquiry learning strategy can improve the Mathematics learning. The mean score of the pre test is 41, in the cycle I is 65, increasing to73 in the cycle II, and increasing to 83 on cycle III. Abstrak: Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Peningkatan Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan strategi pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran dan meningkatkan pembelajaran Matematika pada siswa kelas V SDN Wonosigro. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus sebanyak tiga kali pertemuan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan pembelajaran Matematika. Rata-rata nilai pada pre tes adalah 41, pada siklus I adalah 65 meningkat pada siklus II sebesar 73, dan meningkat lagi menjadi 83 pada siklus III. Kata Kunci: strategi pembelajaran, inkuiri, matematika
MEDIA TANGRAM DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR SISWA KELAS V Aminah, Siti
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.001 KB)

Abstract

Oleh Siti Aminah FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl Kepodang No 67 A  Panjer Kebumen e-mail: aminah_s@y7mail.com   Abstract: Tangram Media to Improve the Result Student?s Mathematics Ability On A Flate Wake For The V Grade Students. The objective of research to know whether there is the effectiveness of using tangram media to improve the result of student?s mathematics result on flate wake for the V grade students. They are planning, implementation, observation, and reflection. The conclusion of this. effectiveness of using tangram media to improve the result of student?s mathematics study on flate wake for the V  the researce can be the teaching learning process comes from (1) preparation, (2) the introduction of tangram media, (3) making tangram media, (4) how to applicate the tangram media based on the aim of leraning, and (5) inverence and evaluation.   Keyword :  tangram media, mathematics, learning, result   Abstrak: Media Tangram dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bangun Datar Siswa Kelas V. Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan bagaimana penggunaan media tangram dalam peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun datar. Setiap siklus, terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian penggunaan media tangram dapat peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun datar berjalan sesuai skenario pembelajaran yaitu dari (1) persiapan, (2) pengenalan media tangram, (3) pembuatan media tangram, (4)  penggunaan media tangram sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan (5) penyimpulan dan evaluasi.   Kata kunci: media tangram, matematika, hasil belajar.  
PENERAPAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 2 JOGOMERTAN RIFAI, AFIF
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.325 KB)

Abstract

Abstract: Applying Of Approach of Quantum Teaching in Study of Sains in Class of V SDN 2 Jogomertan. Target of this research is mendeskripsikan applying of approach of Quantum Teaching in study of Sains in class of V Elementary School and improve result learn Sains pass/through approach of Quantum Teaching in class of V Elementary School. This Research use technique Research Of Action Class. Procedure research of class action in the form of planning, execution, perception, and refleksi. Execution of action executed in three cycle, each cycle three meeting. Its result indicate that applying of approach of Quantum Teaching can improve result and study learn Sains in class of V Elementary School. Keyword: Approach Of Quantum Teaching, Study of Sains   Abstrak: Penerapan Pendekatan Quantum Teaching dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 2 Jogomertan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan Quantum Teaching dalam pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar dan meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan Quantum Teaching di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus tiga pertemuan. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Quantum Teaching dapat meningkatkan  pembelajaran dan hasil belajar IPA di kelas V Sekolah Dasar.   Kata Kunci: Pendekatan Quantum Teaching, Pembelajaran IPA  
PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MATERI BANGUN RUANG Anggoro, Yoyok Febri
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.599 KB)

Abstract

Yoyok Febri Anggoro1, Solawati2,  Triyono3,  Ngatman4 Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jl. Kepodang 67A Telp. (0287)381169 Kebumen yoyok_febri@yahoo.com Abstract : The Using Three Dimensional Media in Improving Mathematic Result of Fourth Grade Student. The purposes  of  this  research are improving the result of teaching learning activity in Mathematic  lesson  for  fourth grade level of elementary school  in 2011/2012 academic year. This research is a classroom action research method was implemented in three cycles and each cycle consisting of four stages, namely the planning stage, the action stage, the stage of observation and reflection phase. Data sources are from teachers and students. The results showed that the use of three-dimensional media can improve student learning result in mathematics learning. It can be seen with increasing student learning result in each cycle. Abstrak : Penggunaan Media Tiga Dimensi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Materi Bangun Ruang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika siswa kelas IV SD tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode siklus yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tiga dimensi  dapat  meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika dari siklus I sampai III   Kata kunci: media tiga dimensi, hasil belajar, bangun ruang
PENDEKATAN INTEGRATIF DAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA KELAS IV SD Susanti, Liyana
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.29 KB)

Abstract

Abstract: Integrated Approach and Cards Media In Reading and Writing Learning Java Alphabets In IV Grade Elementary. The purpose of this research were  to kindergarten based of integrated approach and cards media at increasing reading and writing skills of java in IV grade students SDN 7 Kebumen. This research belongs to action research. The research was three cycle, which consisted of planning, acting, observing and reflecting. The technique of data collecting was observation, test and interview. The data validity used triangulation method. The result of this research showed that integrated approach and cards media can increase the student?s reading and writing skills Java alphabets. Abstrak: Pendekatan Integratif dan Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran  Membaca dan Menulis Aksara Jawa Kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan keberhasilan pendekatan integratif dan media kartu huruf dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan sebanyak tiga siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, tes dan wawancara. Validitas data menggunakan metode triangulasi. Hasil dari tindakan ini menunjukkan bahwa pendekatan integratif dan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa pada siswa kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci: Integratif, Kartu Huruf, Membaca, Menulis, Aksara Jawa    
METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DALAM PENINGKATAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS I SEKOLAH DASAR Setyani, Wilujeng
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: SAS method (Structural Analytical Synthetic) Beginning Reading Improvement in Grade I Primary School. This study aimed to describe: a step-by-step method of SAS (Structural Analytical Synthetic) that can improve beginning reading and improved reading skills beginning first grade elementary school students. This study uses classroom action research conducted in three cycles, each cycle includes the planning, implementation, observation and reflection. The results include: the use of measures SAS method can work well and improve the grade I read the beginning of elementary school. Improved reading the beginning of pratindakan reached 32%, 45% first cycle, second cycle and third cycle 73% increase to 84%.   Key word: beginning reading, SAS method   Abstrak: Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Peningkatan Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: langkah-langkah metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) yang dapat meningkatkan membaca permulaan dan peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya meliputi: penggunaan langkah-langkah metode SAS dapat berjalan dengan baik dan meningkatkan membaca permulaan siswa kelas I SD. Peningkatan membaca permulaan dari pratindakan mencapai 32%, siklus I 45%, siklus II 73% dan siklus III meningkat menjadi 84%.   Kata Kunci: membaca permulaan, metode SAS
PENGARUH JUMLAH ANGGOTA KELUARGA DAN KELENGKAPAN SARANA PENDIDIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V SD Setyaningsih, Laela Yuni
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (54.721 KB)

Abstract

Abstract: The Effect of Number of The Family Members and The Completeness of Equipment Teaching Aid to The Indonesian Language Result of Learning V Grade at Elementary Schools. The aim of  this research is (1) To proof whether there is impaction of the number of the family members to the study result of Indonesian Language on V grade. (2) To proof whether there is impaction the completeness of education tool to the study result of Indonesian Language on V grade. (3) To proof whether there is impaction of interaction the number of the family and the completeness of education tool, of the Indonesian Language on V grade. This study uses ekspost facto method aid with quantitative approach. The result are found the impact of the number of  family members and the completeness of equipment teaching aid, on the Indonesian Language result of learning students V grade at elementary schools.   Abstrak: Pengaruh Jumlah Anggota Keluarga Dan Kelengkapan Sarana Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan (1) Ada tidaknya pengaruh jumlah anggota keluarga terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD. (2) Ada tidaknya pengaruh kelengkapan sarana pendidikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. (3) Ada tidaknya interaksi pengaruh jumlah anggota keluarga dan kelengkapan sarana pendidikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Penelitian ini menggunakan metode ekspost facto untuk seluruh aspek yang diteliti, dengan pendekatan kuantitatif. Hasilnya menunjukan bahwa jumlah anggota keluarga dan kelengkapan sarana pendidikan berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD. Kata kunci :   hasil belajar, anggota keluarga, sarana pendidikan
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGARANG Santoso, Werdi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.856 KB)

Abstract

Werdi Santoso1 , Triyono2, H.Setyo Budi3 Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jl.Kepodang, Panjer, Kebumen Werdisantoso@yahoo.co.id   ABSTRACT: The Using Picture Series Media In Improving Writing Skills. The purpose of research were: (1) Describe how the use of the picture series media can improve writing skills in learning Indonesian Elementary School fourth grade students Brengkol, (2) Determine if the use of the media image series can improve the writing skills of fourth grade elementary school students Brengkol. This research is Classroom Action Research (CAR) consists of four stages, namely the planning stage, the action stage, the stage of observation and reflection phase. Data sources are from teachers and students. Data collection techniques are observation, discussion, and field notes. The results showed that the use of the media image series can improve writing skills in learning Indonesian is by an increase in students' writing skills in each cycle. Conclusions This study is the use of media image series can improve the skills of writing on learning Indonesian Elementary School fourth grade students performed with langah Brengkol steps as follows: (1) prepare a set of images that are easy to understand series of plot by the student, (2) use of paper striped as fabricated sheet student writing, (3) prepare a tool such as glue and scissors to taste, (4) provide an explanation about writing essays with attention to spelling and punctuation, (5) put a series of random drawings on the board, (6) provide an explanation on a series of stories from media images available series, (7) conduct a question and answer about the exact sequence of image series; (8) delivery restrictions theme; (9) to train children to make the title essay; (10) train children to make the outline; (11 ) train children describing the outline; (12) gives students the task of writing a series of media images; (13) to train children in the published essay by reading to the class (14) to motivate and reward students. Keywords: media image series, writing skills, the lesson ========================================================== ABSTRAK: Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Peningkatan Ketrampilan Mengarang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan bagaimana peng-gunakan media gambar seri yang dapat meningkatkan keterampilan mengarang pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Brengkol, (2) Mengetahui apakah dengan penggunakan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan mengarang pada siswa kelas IV SD Negeri Brengkol. Penelitian ini merupakan Pene-litian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tanya jawab, dan catatan la-pangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat  meningkatkan keterampilan mengarang pada pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu dengan adanya peningkatan keterampilan mengarang siswa pada setiap siklus. Sim-pulan penelitian ini adalah penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kete-rampilan mengarang pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Brengkol  yang dilakukan dengan langah-langkah sebagai berikut: (1) menyiapkan rangkaian gambar seri yang mudah dimengerti alurnya oleh siswa; (2) menggunakan kertas bergaris sebagai lembar menulis hasil karangan siswa; (3) menyiapkan alat se-perti lem dan gunting secukupnya; (4) memberikan penjelasan tentang menulis ka-rangan dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca; (5) menempelkan acak gambar seri di papan tulis; (6) memberikan penjelasan tentang rangkaian cerita dari media gambar seri yang tersedia; (7) melakukan tanya jawab tentang urutan gambar seri yang tepat; (8) pemberian batasan tema; (9) melatih anak membuat judul karangan; (10) melatih anak membuat kerangka karangan; (11) melatih anak menjabarkan ke-rangka karangan; (12) memberi tugas siswa mengarang dengan menggunakan media gambar seri; (13) melatih anak dalam mempublikasikan karangan melalui membaca di depan kelas (14) memberikan motivasi dan reward kepada siswa.   Kata kunci: media gambar seri, keterampilan mengarang, langkah pembelajaran
PENERAPAN PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2011/2012 Solikhatun, Umi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.631 KB)

Abstract

Abstrak : Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Pecahan di Sekolah Dasar Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan dengan menggunakan pembelajaran inovatif dan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran inovatif dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang pecahan di Sekolah Dasar Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran inovatif dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.   Kata Kunci : pecahan, pembelajaran inovatif,  peningkatan.   Abstract : The Aplication of Innovative Learning in Improving Mathematic Learn About Fraction in State Elementary School Distric Kebumen in Academic Year 2011/2012. This research aims to improve mathematics learning about fractions using innovative learning and to describe the steps of the implementation of innovative teaching in improving mathematics learning about fractions in elementary school Kebumen district Academic Year 2011/2012. This research use the methods of action research conducted in three cycles with each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. Results of this research showed that through innovative learning can improve student processes and study result student. Key Words: fraction, innovative learning, improving

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue