cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN" : 6 Documents clear
PENGGUNAAN METODE PERMAINAN KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN dwiana, deni
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.305 KB)

Abstract

Deni Dwiana1, Suripto2, Triyono3 PGSD, FKIP Universitas Sebelas Maret Email:kuri.taru@yahoo.co.id     Abstract : THE USE OF CARD NUMBER GAMES TO IMPROVE MATH LEARNING ABOUT FRACTIONS. This research aims to improve math learning about fractions the fourth grade students through the use of card number games. This research uses class actions research methods are carried out in the three cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The sources data of this research is the fourth grade students, the fourth grade teacher, and the document. To collect the data it used  observation, interview, test and documentation. To validity the data it used triangulation of data technical. To analyze the data it used descriptive comparative technical. The research showed that card number games method can improve math learning about fractions the fourth grade students. Key words: games method, card number, math learning.   Abstrak : PENGGUNAAN METODE PERMAINAN KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan Kelas IV SD melalui penggunaan metode permainan kartu bilangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IV, guru kelas IV dan dokumen. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan kartu bilangan dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan kelas IV SD. Kata kunci : metode permainan, kartu bilangan, pembelajaran Matematika
IMPLEMENTASI METODE KOLABORASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD Wargiyati, Dwi Sekiyani
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.503 KB)

Abstract

Dwi Sekiyani Wargiyati 1, Kartika Chrysti Suryandari 2, Ngatman 3 Universitas Sebelas Maret, Jl. Kepodang 67A Telp. (0287)381169 Kebumen dwi_sekiani@yahoo.com Abstract: IMPLEMENTATION COLLABORATION METHOD FOR NARATIVE WRITING SKILL IMPROVING V GRADE  STUDENT PLAOSAN  STATE ELEMENTERY SCHOOL IN ACADEMIC YEAR 2011 / 2012. The purpose of this research is to improve the narative skill of  writing V grade Plaosan State Elementery School in  academic year 2011 / 2012. This research a classroom action research with the design conduted in two cycles. The subjects were all student of V grade. State Elementery School Plaosan in academic year 2011/ 2012 which amounted to 24 students consisting of 13 male students and 11 female students. Colleting data in this research is to use test and observation. Descriptive analysis techniques used include data reduction, data presentation, drawing conclusions. In the process of implementation, planing, action, observation and reflection. The method used is the method of group discussion, method collaboration method of question and answer and method demonstration. Results showed that used of the collaboration method can improve the narative skill of writing V grade Plaosan State Elementery School academic year 2011 / 2012. Based on these result we can conclude that the implementation o f collaboration method can improve the narative skill of  writing graders Plaosan V State Elementery School of Education and Culture Unit Plaosan Purworejo academic year 2011 / 2012 Key word: collaboration method, writing skill, narative Abstrak: IMPLEMENTASI METODE KOLABORASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI PLAOSAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri Plaosan tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain pelaksanaan dalam dua siklus. Pada proses pelaksanaannya, peneliti menggunakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan reflek-si. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Plaosan tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data-data dengan menggunakan pengamatan dan tes. Teknik analisis deskriptif yang digunakan meliputi re-duksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode yang digunakan adalah metode diskusi kelompok, metode kolaborasi, metode tanya jawab dan metode demontrasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode kolaborasi dapat meningkatkan kete-rampilan menulis narasi bagi siswa kelas V SD Negeri Plaosan Tahun Pelajaran 2011/2012. Berdasar-kan hasil peneltian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi metode kolaborasi untuk mening-katkan keterampilan menulis karangan siswa kelas V SD Negeri Plaosan.
PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NURHAYATI, SITI
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.991 KB)

Abstract

Nurhayati1, Imam Suyanto2, Joharman3 PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Kepodang 67A Panjer, Kebumen Email cn_cute72@yahoo.co.id Abstract: The Influence Family congruity and Child Learning Independence toward Mathematics Result Learning V Grade at Elementary School. This research intent to prove what available relationship among family congruity, learning independence, and study goes together toward studying math V grade student. Method that is utilized surveys korelasional who gets character ex post facto  with quantitative approaching, analited utilizes analisis regression. Its population is exhaustive student grade V, sample 10% took by teches random is sampling . Data collecting utilizes questionnaire tech and essay by validate empirik. Result observationaling to point out Mathematics studying result regarded by family congruity and studying independence with derived r y. - 1 = 0,096; r y. - 2 = 0,688; and r y. - 12 = 0,103  .   Key word: learning result, family congruity,  independence   Abstrak: Pengaruh Keharmonisan Keluarga dan Kemandirian Belajar Anak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada hubungan antara Keharmonisan Keluarga, kemandirian Belajar, dan secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas V. Metode yang digunakan survei korelasional yang bersifat ex post facto dengan pendekatan kuantitatif, dianalisis menggunakan analisis regresi. Populasinya seluruh siswa kelas V SD, sampel 10% diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan tes dengan validasi empirik. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar Matematika dipengaruhi oleh keharmonisan keluarga dan kemandirian belajar dengan perolehan ry-1 = 0,096; ry-2 = 0,688; dan ry-12 = 0,103.   Kata Kunci: hasil belajar, keharmonisan keluarga, kemandirian belajar
METODE PERMAINAN WHISPER RACE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INGGRIS Isnaeni, Isnaeni
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (49.96 KB)

Abstract

Isnaeni1, Suhartono2, Kartika Chrysti Suryandari3 1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS, 2,3 Dosen PGSD FKIP UNS Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta e-mail: eisna414@yahoo.com   Abstract: Whisper Race Games Method in Improvement Of English Listening Skills. The research purpose to dercribe the effectiveness of whisper race games method in improving English listening skills. This research is a classroom action research. The action research was conducted in three cycles, each of which involved planning, implementting, observing and reflecting. The result of the research showed that whisper race games method can increase the English listening skills For Fourth Grade Student in State Elementary School 1 Adikarso. Key words: Games Method, Listening Skills.   Abstrak: Metode Permainan Whisper Race dalam Peningkatan Keterampilan Menyimak Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keefektifan metode permainan whisper race dalam meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan whisper race dapat meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Inggris siswa kelas IV SD N 1 Adikarso.   Kata kunci: Metode Permainan, Keterampilan Menyimak
HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL CERITA SISWA KELAS IV SD SE KECAMATAN KLIRONG TAHUN 2011/2012 AENI, NUR
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.388 KB)

Abstract

Abstrak: Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dan Minat Belajar Matematika dengan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Siswa Kelas IV SD se Kecamatan Klirong Tahun 2011/2012. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan apakah ada (1) hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan penyelesaian soal cerita; (2) hubungan minat belajar matematika dengan kemampuam penyelesaian soal cerita; (3) hubungan kemampuan membaca pemahman dan minat belajar matematika secara bersama-sama dengan kemampuan penyelesaian soal cerita. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SD se Kecamatan Klirong tahun 2011/2012, dari sejumlah 38 SD hanya diambil 3 SD sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan angket. Hasilnya adalah: (1) ada hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan penyelesaian soal cerita; (2) ada hubungan minat belajar matematika dengan kemampuan penyelesaian soal cerita; (3) ada hubungan kemampuan membaca pemahaman dan minat belajar matematika secara bersama-sama dengan kemampuan penyelesaian soal cerita.   Kata kunci: hubungan, kemampuan, minat, soal cerita.   Abstract: Relationship of Reading Comprehension Ability and Interests Learning Mathematics with Problem Resolution Capability Class IV Student Story Elementary District Klirong se Year 2011/2012. The purpose of this study to prove whether there is (1) an understanding relationship skills with the ability to read a story about the settlement, (2) the relationship kemampuam interest in learning math with stories about the settlement, (3) the relationship of reading ability and interest in learning mathematics pemahman together with the ability story about the settlement. The study population is all fourth grade students district se Klirong year 2011/2012, from a 38 SD only taken 3 SD as a sample. Data was collected by using tests and questionnaires. The result is: (1) there is a reading comprehension skills with the ability to question the story of the settlement, (2) there is a interest in learning math story problem resolution skills, (3) there is a reading comprehension ability and interest in learning mathematics together with the ability of settlement about the story. Keywords: relationships, ability, interest, story problem.
PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MATERI BANGUN RUANG utaminingsih, suci
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.6 KB)

Abstract

Nurul Chujaemah1, Septi Yuliana2, Suci Utaminingsih3, Triyono, H. Setyo Budi Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jl. Kepodang 67A Telp. (0287)381169 Kebumen   nurulchujaemah@yahoo.co.id Abstract : THE USING CONSTRUKTIVISM METHOD IN IMPROVING RESULT OF TEACHING MATHEMATICS GEOMETRY LEARNING FOR FOURTH GRADE LEVEL The objective of this research are: 1. Improving the result of teaching learning activity in Mathematics geometry lesson for fourth grade level of elementary school in 20011/2012 academic year. 2. Understanding the obstacle and finding the solution/way out in using construktivism method in improving the result of teaching learning activity in 2011/2012 academic year. This study is a classroom action research method was implemented in three cycles and eachconsisting of four stages, namely the planning stage, the action stage, the stage of observation and reflection phase. Data source are from teacher and students. The results showed that the use of construktivism method can improve student learning result in mathematics learning. It can be seen with increasing student learning result in each cycle. The initial value average ? the average grade is 52. After the first cycle of action increased to 63,2 and the second cycle of action increased to 80. While the third cycle increased to 90. Key word: Constructivism, geometry Abstrak : PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MATERI BANGUN RUANG Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi tentang : (1) Penggunaan pendekatan konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD tahun pelajaran 2011/2012, (2) Mengetahui kendala dan solusi penggunaan pendekatan konstruktivisme dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaa, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika yaitu dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada nilai awal diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 52. Setelah dilakukan tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 63,2 dan dengan tindakan siklus II terjadi peningkatan kembali menjadi 80, sedangkan pada siklus III terjadi peningkatan kembali menjadi 90.   Kata kunci: Konstruktivisme,  Bangun ruang

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue