cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)" : 15 Documents clear
PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK (WEBBED) DENGAN MEDIA GRAFIS DI KELAS II SDN 5 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2014/2015 Anggia, Vina
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.095 KB)

Abstract

PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK (WEBBED) DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEMA KEGEMARAN DI KELAS II SDN 5 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh: Vina Anggia Nastitie Ariawan1), Kartika Chrysti Suryandari2), Harun Setyo Budi3) FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret e-mail: vivianatsir@gmail.com 1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS, 2,3 Dosen PGSD FKIP UNS Abstract. The Implementation of Thematic Learning Model (Webbed) using Graphic Media in Improving Hobby Theme Learning for the Second Grade Students of SDN 5 Bumirejo in the Academic Year of 2014/ 2015. The objectives of this research is to describe steps of thematic learning model (webbed) with graphic media in improving hobby theme learning for the second grade students of SDN 5 Bumirejo in the academic year of 2014/2015. This research is collaborative Classroom Action Research (CAR). Subjects of this research were 41 students of the second grade of SDN 5 Bumirejo. The implementation of thematic learning model (webbed) using graphic media can improve hobby theme learning for the second grade students of SDN 5 Bumirejo in the academic year of 2014/2015. That results proved by the increase of learning result in each cycles. Passing grade percentage of students result in the first cycle was 82,33%, in the second cycle was 92,56%, in the third cycles was 100%. Keywords: thematic, graphic media, hobby theme Abstrak. Pelaksanaan Model Pembelajaran Tematik dengan Media Grafis dalam Peningkatan Pembelajaran Tema Kegemaran di Kelas II SDN 5 Bumirejo Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran tematik (webbed) dengan media grafis dalam meningkatkan pembelajaran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dari penelitian adalah 41 siswa kelas II SDN 5 Bumirejo. Pelaksanaan model pembelajaran tematik dengan media grafis dapat meningkatkan pembelajaran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklusnya. Persentase hasil belajar siswa siklus I yaitu 82,33%, siklus II yaitu 92,56%, siklus III yaitu 100%. Kata kunci: tematik, media grafis, tema kegemaran PENDAHULUAN Proses belajar merupakan rangkaian kegiatan yang ada dalam kegiatan pembelajaran. Jika hasil pembelajaran ingin sesuai dengan yang diinginkan, maka seorang guru harus mampu membuat proses bela-jar menjadi efektif dan lebih bermak-na bagi siswa. Telah banyak upaya yang di-lakukan pemerintah dan pakar pen-didikan untuk dapat menciptakan sua-tu kondisi belajar yang menggugah rasa kebermaknaan bagi siswa. Ber-bagai pendekatan, metode, strategi maupun isi dari pembelajaran itu sen-diri telah mengalami perkembangan. Salah satu model pembelajaran yang kini sedang gencar diterapkan di ting-kat sekolah dasar adalah model pem-belajaran terpadu. Model pembe-lajaran terpadu yang dikembangkan di Indonesia ada 3 macam, yaitu connec-ted, integrated, dan webbed. Namun, yang paling banyak diterapkan adalah model pembelajaran terpadu webbed atau dikenal dengan model pembe-lajaran tematik. Trianto (mengutip simpulan Joni T.R, 1996) menge-mukakan bahwa, model pembelajaran tematik (webbed) adalah suatu pem-belajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individual maupun ke-lompok, aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip ke-ilmuan secara holistik, bermakna, dan otentik (2010: 56). Model pem-belajaran tematik (webbed) memiliki karakteristik sebagai berikut: (a) ber-pusat pada siswa; (b) memberikan pe-ngalaman langsung; (c) pemisahan materi pelajaran tidak begitu jelas; (d) menyajikan konsep dari berbagai ma-ta pelajaran; (e) bersifat fleksibel; (f) dan hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa (Rusman, 2012: 258). Selain model pembelajaran yang tepat, guru perlu menggunakan media dalam proses penyampaian ma-teri. Penggunaan media dapat mem-bantu siswa dalam menggambarkan hal-hal yang abstrak menjadi lebih nyata. Media grafis merupakan salah satu media yang cocok diterapkan khususnya di kelas rendah. Media grafis adalah media visual yang me-nyajikan fakta, ide atau gagasan mela-lui penyajian kata-kata, kalimat, ang-ka-angka, dan simbol/gambar (Jauhar, 2011: 100). Berdasarkan hasil observasi di kelas II SDN 5 Bumirejo pada tanggal 14 Januari 2015, guru sudah baik dalam melaksanakan pembelajaran. Akan tetapi, aktivitas siswa masih ter-batas pada kegiatan mendengarkan materi dan mengerjakan tugas. Pem-belajaran yang disampaikan juga ma-sih terpisah padahal di kelas rendah seharusnya menggunakan pembelaja-ran tematik. Selain itu, terjadi kesen-jangan pada hasil belajar siswa kelas II. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil pretest, yaitu 68,5. Hasil pretest menunjukkan belum tercapai-nya KKM, yaitu 72 pada setiap mata pelajarannya. Melihat kesenjangan tersebut, maka peneliti mengadakan penelitian guna meningkatkan pembe-lajaran melalui pelaksanaan model pembelajaran tematik (webbed) de-ngan media grafis. Rumusan masalah dari pene-litian ini berdasarkan uraian di atas adalah (1) bagaimanakah langkah-langkah pelaksanaan model pembe-lajaran tematik (webbed) dengan me-dia grafis untuk meningkatkan pem-belajaran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015?; dan (2) apakah model pembelajaran tematik (webbed) de-ngan media grafis dapat meningkat-kan pembelajaran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran tematik(webbed) dengan media grafis di kelas II SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015; (2) meningkatkan pembelajaran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumi-rejo tahun ajaran 2014/2015 melalui pelaksanaan model pembelajaran te-matik (webbed) dengan media grafis. METODE PENELITIAN Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN 5 Bumirejo, kecamatan Kebumen, kabupaten Kebumen. Me-tode penelitian yang digunakan ada-lah penelitian tindakan kelas ko-laboratif. Subjek penelitian adalah 41 siswa kelas II yang terdiri atas 23 sis-wa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksa-nakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015, dari bulan Januari 2015 sampai dengan bulan Juni 2015. Vali-ditas data menggunakan triangulasi yang berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Triangulasi teknik berupa observasi, catatan harian, dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar catatan hari-an, dan tes hasil belajar siswa. Tria-ngulasi sumber yang digunakan yaitu guru, siswa, dan observer. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penya-jian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti mengambil data beru-pa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dengan tu-juan untuk mengetahui statistika pe-ningkatan proses dan hasil belajar te-ma kegemaran di kelas II SDN 5 Bu-mirejo Tahun Ajaran 2014/2015. Data diperoleh dengan menggunakan tek-nik pengumpulan data berupa tes, ru-brik, observasi, dan catatan harian. Data kualitatif digunakan untuk men-dukung pelaksanaan model pembela-jaran tematik (webbed) dengan media grafis dalam peningkatan pembelaja-ran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumirejo Tahun Ajaran 20-14/2015 yang diperoleh melalui catatan harian. Indikator kinerja yang diha-rapkan tercapai dalam penelitian ini, yaitu: (a) pelaksanaan model pembe-lajaran tematik (webbed) dengan me-dia grafis sesuai langkah yang tepat mencapai target 85%; (b) respon sis-wa terhadap proses pembelajaran te-ma kegemaran melalui pelaksanaan model pembelajaran tematik (web-bed) dengan media grafis mencapai target 85%; (c) dan ketuntasan pem-belajaran tema kegemaran (KKM=72) mencapai target 90%. Prosedur pene-litian ini menggunakan metode pene-litian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari: (a) refleksi awal; (b) studi pendahuluan; (c) perencanaan; (d) tin-dakan; (e) observasi; (f) dan refleksi. HASIL DAN PEMBAHASAN Peningkatan pembelajaran te-ma melalui pelaksanaan model pem-belajaran tematik (webbed) dengan media grafis dilaksanakan selama tiga siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Penelitian ini dilaksa-nakan mulai dari bulan Februari 2015 sampai dengan April 2015. Berdasar-kan hasil penelitian dari siklus I sam-pai siklus III diperoleh hasil bahwa pelaksanaan model pembelajaran te-matik (webbed) dengan media grafis sudah sesuai langkah-langkah pada skenario. Langkah-langkah pelaksa-naan model pembelajaran tematik (webbed) dengan media grafis, yaitu: (a) perencanaan; (b) pelaksanaan; (c) kegiatan akhir. Hasil observasi pelaksanaan model pembelajaran tematik (web-bed) dengan media grafis oleh guru dan siswa dari siklus I sampai siklus III dapat dilihat pada tabel 1. berikut ini: Tabel 1. Persentase Hasil Observasi Pelaksanaan Model Pem-belajaran Tematik (webbed) dengan Media Grafis Guru dan Siswa Siklus Hasil observasi Guru
PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI GESIKAN TAHUN AJARAN 2013/2014 Mirdiyanto, Agil
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.577 KB)

Abstract

Abstract: Using Role Playing Method To Improve Speaking Skills Indonesian Student Class Gesikan SDN Academic Year 2013/2014. The purpose of this study is to describe the steps methods play a role, to improve the skills of speaking Indonesian, to describe the constraints and solutions play a role. This research was a classroom action research carried out in three cycle. Each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects this study were students of class V SDN Gesikan. Sources the data of this study were students, teachers, and observer. Data collection used is documentation, observation, interviews and tes. Validity of data using triangulation techniques and triangulation techniques data. The conclusion of this research is the use of role-playing method can improve speaking skills Indonesian fifth grade students of SDN Gesikan 2013/2014 school year.Keywords: Role Playing Method, Speaking Skills, Indonesian Abstrak: Penggunaan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Gesikan Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan langkah-langkah metode bermain peran, untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia, untuk mendiskripsikan kendala dan solusi metode bermain peran. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gesikan. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Gesikan tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci: Metode Bermain Peran, Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia
PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI REJOSARI TAHUN AJARAN 2013/2014 riyanto, fajar
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.756 KB)

Abstract

Abstract: The Application of Contextual Teaching and Learning (CTL) Approach in Improving Social Science Learning of The Fourth Grade Students of SDN Rejosari in The Academic Year of 2013/2014. This research aims to: describe the implementation steps of CTL, improve social science learning, explain problems and solutions of CTL approach. This research was implemented in three cycles. Data sources were students, peers, and documents. Data collection techniques applied observation, interviews, tests, and documentation. Validity of data used triangulation of source and triangulation of techniques. Data analysis applied qualitative and quantitative analysis. Results from this research showed the learning process in the first cycle 71,75%, second cycle 75,98%, and third cycle 80,04%. The results of students in activities pretest to 7,69%, the first cycle 32,69%, the second cycle 50 %, and the third cycle 90,39%.Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), social science learning. Abstrak: Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam  Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri  Rejosari Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan langkah-langkah CTL, meningkatkan pembelajaran IPS, serta menjelaskan kendala dan solusi pendekatan CTL. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Sumber datanya adalah siswa, teman sejawat dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan proses belajar pada siklus I 71,75%, siklus II 75,98%, dan siklus III 80,04%. Ketuntasan hasil belajar pada kegiatan pretes 7,69%, pada siklus I 32,69%, siklus II 50%, dan siklus III 90,39%. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), pembelajaran IPS.
PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN KALIHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015 Alfiani, Kenia
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.687 KB)

Abstract

PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN KALIHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh: Kenia Alfiani 1, H. Setyo Budi 2, Imam Suyanto 3 PGSD FKIP UNS Surakarta Jl Kepodang 67 A Panjer Kebumen e-mail: alvi.niken@gmail.com 1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS, 2, 3 Dosen PGSD FKIP UNS Abstract: The Implementation of Cooperative Script Model using Graphics Media in Improving Writing Skills for The Fourth Grade Students of SDN Kaliharjo in the Academic Year 2014/2015. The objectives of this research are: (1) to describe the implementation of Cooperative Script model using graphic media; (2) to improve essay writing skills; and (3) to identify problems and solutions in implementing Cooperative Script model using graphical media in improving essay writing skills. This research is collaborative Classroom Action Research (CAR) which carried out within three cycles. Subject of the research is the fourth grade students of SDN Kaliharjo, totaling 22 students (7 male and 15 female). The conclusion of this research is the implementation of Cooperative Script model using graphic media can improve essay writing skills for the fourth grade students of SDN Kaliharjo in the academic year of 2014/2015. Keyword: Cooperative Script, graphic media, writing skills Abstrak: Penggunaan Model Cooperative Script dengan Media Grafis dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan pada Siswa Kelas IV SDN Kaliharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model Cooperative Script dengan media grafis, meningkatkan keterampilan menulis karangan, serta mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model Cooperative SCript dengan media grafis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN Kaliharjo yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 15 perempuan. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model Cooperative Script dengan media grafis dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan bagi siswa kelas IV SDN Kaliharjo tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci: Cooperative Script, media grafis, keterampilan menulis PENDAHULUAN Pembelajaran bahasa merupakan dasar dari berbagai ilmu pengetahuan, karena bahasa merupakan alat untuk komunikasi. Bahasa juga merupakan alat ekspresi diri sekaligus merupakan alat untuk menunjukkan identitas diri. Nida (1957); Harris (1977); dan Tarigan (1981) dalam buku Tarigan (2008: 1) mengemukakan bahwa kete-rampilan berbahasa mempunyai empat komponen, yaitu keterampilan menyi-mak (listening skills), keterampilan berbicara (speaking skills), keterampil-an membaca (reading skills), kete-rampilan menulis (writing skills). Me-nulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain (Tarigan, 2008: 3). Berdasarkan informasi yang diperoleh dari guru kelas IV SDN Kaliharjo, kemampuan menulis karang-an kelas IV masih rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai siswa dalam menulis khususnya menulis sebuah ka-rangan dari 22 siswa yang mencapai batas ketuntasan minimal hanya 9 siswa dari kriteria ketuntasan minimal 75 atau jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal hanya 40,90% dengan nilai rata-rata kelas 61,25. Dari data tersebut dapat digali berbagai permasalahan yang terjadi dari lemahnya keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN Kaliharjo tahun ajaran 2014/2015. Masalah yang ada berawal dari le-mahnya motivasi siswa dalam menulis karangan. Hal ini, dipengaruhi oleh ga-ya mengajar guru, model pem-belajaran yang monoton, dan tidak ada-nya penggunaan media secara mak-simal yang dapat memudahkan siswa dalam menulis karangan. Salah satu model dan media yang digunakan adalah penggunaan model Cooperative Script dengan media gra-fis. Dengan penggunaan model Coo-perative Script dengan media grafis dalam pembelajaran diharapkan dapat membantu meningkatkan imajinasi sis-wa dalam menuangkan ide dan ga-gasannya pada sebuah karangan. Karena melalui media grafis sekiranya dapat memancing ide serta imajinasi siswa dalam mengarang sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Menurut Lambiottte ,dkk. (Huda, 2013 : 213), "Cooperative Script adalah salah satu strategi pembelajaran di mana siswa bekerja secara ber-pasangan dan bergantian secara lisan dalam mengikhtisarkan bagian-bagian materi yang dipelajari. Strategi ini di-tujukan untuk membantu siswa berpikir secara sistermatis dan berkonsentrasi pada materi pelajaran. Siswa juga dilatih untuk bekerja sama satu sama lain dalam suasana yang menyenang-kan. Cooperative Script juga me-mungkinkan siswa untuk menemukan ide-ide pokok dari gagasan besar yang disampaikan oleh guru". Pembelajaran lebih menarik dan siswa menjadi lebih mudah dalam me-nerima informasi dari guru jika meng-gunakan media. Arsyad (2011: 3) menjelaskan bahwa "media dalam pro-ses belajar mengajar diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elek-tronik untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi vi-sual atau verbal". Media atau alat pe-raga akan memudahkan guru dalam menyampaikan suatu materi pem-belajaran, selain itu media juga dapat memberikan daya tarik terhadap siswa untuk memperhatikan dan memahami materi, sehingga siswa akan lebih mudah menerima dan memahami mate-ri yang disampaikan guru. Media grafis menurut Daryanto (2013) adalah suatu penyajian secara visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar, tulisan-tu-lisan, atau simbol visual yang lain de-ngan maksud untuk mengihtisarkan, menggambarkan, dan merangkum suatu ide, data, atau kejadian. Penggunaan model Cooperative Script dengan media grafis dalam pe-ningkatan keterampilan menulis ka-rangan bagi siswa kelas IV SDN Kaliharjo dapat dilakukan dengan lang-kah-langkah yaitu (1) guru membagi siswa untuk berkelompok secara berpasangan dengan menyiapkan me-dia grafis; (2) guru menjelaskan materi menggunakan media grafis serta mem-bagikan wacana/materi tiap siswa un-tuk dibaca lalu membuat karangan; (3) guru memusatkan perhatian siswa ter-hadap media grafis dengan menetap-kan siapa yang berperan sebagai pem-bicara dan siapa yang berperan se-bagai pendengar; (4) pembaca mem-bacakan karangannya sementara pen-dengar menyimak/ mengoreksi/ me-lengkapi karangan; (5) siswa bertukar peran; (6) siswa melakukan kegiatan sesuai langkah keempat; (7) guru bersama siswa merumuskan kesim-pulan pembelajaran; (8) penutup.. Tujuan penelitian ini yaitu un-tuk: (1) mendeskripsikan penggunaan model Cooperative Script dengan me-dia grafis dalam peningkatan keteram-pilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN Kaliharjo Tahun Ajaran 2014/2015 (2) meningkatkan keteram-pilan menulis karangan melalui model Cooperative Script dengan media grafis pada siswa kelas IV SDN Kaliharjo Ta-hun Ajaran 2014/2015, (3) meng-identifikasi kendala dan solusi peng-gunaan model Cooperative Script dengan media grafis dalam peningkatan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN Kaliharjo Tahun Ajaran 2014/2015. METODE PENELITIAN Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Kaliharjo pada semester II tahun ajaran 2014/2015, yakni bulan Februari 2015 sampai de-ngan bulan April 2015. Subjek peneli-tian ini adalah siswa kelas IV SDN Kaliharjo tahun ajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 22 siswa terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa, guru kelas IV dan teman seja-wat. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan lembar tes, lembar ob-servasi, dan pedoman wawancara. Validitas penelitian ini meng-gunakan triangulasi teknik pengumpul-an data dan sumber data. Triangulasi teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan teknik tes, teknik wawancara, dan observasi. Sedangkan triangulasi sumber data didasarkan pada sudut pandang guru kelas IV, siswa dan te-man sejawat. Triangulasi sumber di-lakukan dengan pengecekan kembali data yang telah diperoleh melalui ke-tiga sumber tersebut untuk menarik kesimpulan tentang hasil tindakan. Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan dua macam teknik analisis data, yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Data kuantitatif (nilai hasil belajar sis-wa dan hasil skor dari observasi) yang dapat dianalisis secara deskriptif. Peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif. Data yang didapat berupa angka-angka nilai atau persentase tin-dakan, yang dijadikan indikator pelak-sanaan tindakan. Data kualitatif berupa informasi gambaran tentang pelaksanaan lang-kah-langkah penggunaan model Coo-perative Script dengan media grafis. Data kualitatif berupa hasil wawan-cara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif meliputi 3 alur kegiatan yang terjadi secara ber-samaan dan terus menerus selama dan setelah pengumpulan data. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Sugiyono
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV SDN 2 NGASINAN TAHUN AJARAN 2014/2015 Rahmawati, Laela
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.748 KB)

Abstract

Abstract: The Application of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Cooperative Learning Model in Improving Reading Comprehension for the Fourth Grade Students of SDN 2 Ngasinan in the Academic Year of 2014/2015. The objective of this research is to improve reading comprehension skills through CIRC Cooperative Learning model. This research is collaborative Classroom Action Research conducted in three cycles consisting of planning, implementation, observation, reflection on each cycle. Subjects on this research are 26 students. The results show that there is an increase on reading comprehension skills using CIRC Cooperative Learning model. The technique of collecting data through observation, interviews, and test. The conclusion of this research is the application of CIRC Cooperative Learning model can improve reading comprehension skills for the fourth grade students of SDN 2 Ngasinan. Keywords : CIRC , Improving Skills , Reading Comprehension Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SDN 2 Ngasinan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan  membaca pemahaman dengan tipe CIRC. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan membaca pemahaman menggunakan tipe CIRC. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Kesimpulan penelitian yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Ngasinan. Kata Kunci: CIRC, Peningkatan Keterampilan, Membaca Pemahaman
PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENINGKATKN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DI KELAS II SDN 6 PANJER TAHUN AJARAN 2014/2015 Prasetyaningrum, Nurulia Ika; Prasetyaningrum, Nurulia Ika
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.346 KB)

Abstract

Abstract: The Use of Concept Sentence Learning Method with Flashcard Media to Improve Essay Writing Skills at the Second Grade Students of SDN 6 Panjer in The Academic Year of 2014/2015. This study aims to describe the use of concept sentence with flashcard media in essay writing skills, to improve essay writing skills through concept sentence method with flashcard media. Research subject is second grade SDN 6 Panjer amount of 35 students. The research was conducted in three cycles, each cycles consisting of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques using observation, interviews, and testing. Test the validity of data using triangulation techniques. The results showed that the use of concept sentence methods with flashcard media can improve essay writing skills second grade of elementary school. Keyword: Concept Sentence, flashcard, writing skills Abstrak: Penggunaan Metode Concept Sentence dengan Media Flashcard dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan di Kelas II SDN 6 Panjer. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan metode concept sentence dengan media flashcard dalam peningkatan keterampilan menulis karangan dan meningkatkan keterampilan menulis karangan melalui metode penggunaan metode concept sentence dengan media flashcard, mendeskripsikan. Subjek penelitiannya siswa kelas II SDN 6 Panjer sejumlah 35 siswa. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil menunjukkan penggunaan metode concept sentence dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas II SD. Kata Kunci: Concept sentence, flashcard, keterampilan menulis 
PENGGUNAAN METODE UNIT TEACHING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS AKSARA JAWA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR puspyta, ikka
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.291 KB)

Abstract

Abstract: The Using of Unit Teaching Metod to Improve Writing Outcomes Java Language In The Fourth Grade Elementary School.The purpose of this research to improve the writing outcomes java language in fourth grade elementary school. This study is a collaborative action research conducted in three cycles, in cycles include the planning, acting, observation, and reflection. The subject were fourth grade elementary school. Data source of this study are students, teachers, and observers. Data was collected was with test and non-test techniques. The validity of the data using triangulation technique and triangulation of data sources. Conclusi of this study is the using of unit teaching metodcan be improve writing outcomes in java language fourth grade student elementary school.Keywords: Unit teaching metod, java languagewriting outcomes. Abstrak: Penggunaan Metode Unit Teaching dalam Peningkatan Hasil BelajarMenulisAksaraJawaSiswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan langkah penerapan metode unit teaching, meningkatkan hasil belajar menulis aksara jawa,dan menemukan kendala pada penerapan metode unit teaching siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan Metode Unit Teaching dapat meningkatkan hasil belajar menulisaksarajawa siswa kelas IV SD.Kata kunci: metode unit teaching, hasil belajar menulis aksara jawa.Abstract: The Using of Unit Teaching Metod to Improve Writing Outcomes Java Language In The Fourth Grade Elementary School.The purpose of this research to improve the writing outcomes java language in fourth grade elementary school. This study is a collaborative action research conducted in three cycles, in cycles include the planning, acting, observation, and reflection. The subject were fourth grade elementary school. Data source of this study are students, teachers, and observers. Data was collected was with test and non-test techniques. The validity of the data using triangulation technique and triangulation of data sources. Conclusi of this study is the using of unit teaching metodcan be improve writing outcomes in java language fourth grade student elementary school.Keywords: Unit teaching metod, java languagewriting outcomes. Abstrak: Penggunaan Metode Unit Teaching dalam Peningkatan Hasil BelajarMenulisAksaraJawaSiswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan langkah penerapan metode unit teaching, meningkatkan hasil belajar menulis aksara jawa,dan menemukan kendala pada penerapan metode unit teaching siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan Metode Unit Teaching dapat meningkatkan hasil belajar menulisaksarajawa siswa kelas IV SD.Kata kunci: metode unit teaching, hasil belajar menulis aksara jawa.
PENGGUNAAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 6 PANJER TAHUN AJARAN 2014/2015 Megasusilowati, Erin
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.652 KB)

Abstract

Abstract : The Use of Cooperative Models TGT with Multimedia in Natural Science Learning at Fifth Grade Students of Panjer 6 Elementary School Year 2014/2015. This study aims to improve science learning process. The subject of research were 34 students of fifth grade Panjer 6 Elementary School. Classroom Action Research was conducted in three cycles. Every cycle there are two meetings that consist of planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques were test, observation and interviews. The validity data using triangulation of data source and technique. The data comes from students, colleagues, fifth grade teacher, analyst and document. The results showed the use of cooperative models TGT with multimedia can increase natural science learning for fifth grade student of elementary school. Keywords: TGT, Multimedia, Natural Sciences Learning Abstrak : Penggunaaan Model Kooperatif Tipe TGT dengan Multimedia dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 6 Panjer Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 6 Panjer sejumlah 34 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdapat dua pertemuan yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik. Data berasal dari siswa, teman sejawat, guru kelas V, peneliti, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model kooperatif tipe TGT dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SD.  Kata Kunci: TGT, Multimedia, Pembelajaran IPA
PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SDN 7 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2014/2015 khasanah, uswatun
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.578 KB)

Abstract

PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SDN 7 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh: Uswatun Khasanah1, Imam Suyanto2, H. Setyo Budi3 PGSD FKIP UNS Surakarta Jl Kepodang 67 A Panjer Kebumen e-mail: Ali.asofa@yahoo.com 1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS, 2, 3 Dosen PGSD FKIP UNS Abstract: The Implementation of SAVI Approach Using Concrete Media in Improving Mathematics Learning for the Second Grade Students of SDN 7 Kutosari In The Academic Year of 2014/2015. The objectives of this study are to (1) describe the steps of the implementation of SAVI approach using concrete media; (2) improving Mathematics learning about two-dimensional shape; (3) to describe problems and solutions in the implementation of SAVI approach using concrete media. This study is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Subjects in this study were all students of second grade in SDN 7 Kutosari in the academic year of 2014/2015, totaling 36 students. The conclusion of this study are the implementation of SAVI approach using concrete media can improve Mathematics learning for the second grade students of SDN 7 Kutosari. Keyword: SAVI approach, the concrete media, mathematics learning Abstrak: Penenerapan Pendekatan SAVI dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas II SDN 7 Kutosari Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan SAVI dengan media konkret, meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun datar, dan mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan SAVI dengan media konkret. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilakukan selama 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 7 Kutosari berjumlah 36 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas II SDN 7 Kutosari. Kata Kunci: pendekatan SAVI, media konkret, pembelajaran Matematika PENDAHULUAN Mata pelajaran di sekolah dasar salah satunya Matematika adalah suatu bidang ilmu yang merupakan alat pikir, berkomunikasi, alat untuk memecahkan berbagai persoalan praktis, yang unsur-unsurnya logika dan intuisi, analisis dan kontruksi, dan mempunyai cabang-cabang antara lain aritmetika, aljabar, geometri, dan analisis (Uno, 2009: 109). Melalui mata pelajaran Ma-tematika, siswa diharapkan mampu menguasai dan mencipta teknologi di masa depan , sehingga diperlukan penguasaan Matematika yang kuat sejak dini (Ibrahim dan Suparni, 2012: 35). Oleh karena itu, mata pelajaran Matematika dinilai sebagai mata pelajaran yang sangat penting. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SDN 7 Kutosari, jumlah siswa kelas II adalah 36 anak, diperoleh data bahwa siswa masih kesulitan dalam pengerjaan soal Matematika pada pemahaman konsep dasar. Nilai hasil belajar siswa masih ada yang di bawah KKM sekitar 55,5% dari jumlah siswa. Hal ini disebabkan karena: (1) guru belum menerapkan pendekatan pembelajaran yang tepat, (2) penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik minat siswa, (3) siswa menganggap pelajaran Ma-tematika itu sulit dan membosankan. Perlu adanya pendekatan yang inovatif untuk mendukung proses pembelajaran Matematika. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mendukung pembelajaran Matematika adalah pendekatan SAVI. Dengan adanya penerapan pendekatan tersebut siswa akan lebih aktif, kreatif, tidak cepat bosan, dapat berfikir secara ilmiah dan menghasilkan pembelajaran yang lebih bermakna. Pendekatan SAVI adalah pen-dekatan pembelajaran yang me-nekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indera yang dimiliki siswa. SAVI merupakan ke-pendekan dari; yang bermakna gerakan tubuh (hands-on, aktivitas fisik) di mana belajar dengan mengalami dan melakukan; yang bermakna bahwa belajar haruslah dengan melalui mendengarkan, menyimak, berbicara, presentasi, argumentasi, me-ngemukakan pendapat, dan me-nanggapi; yang bermakna belajar ha-ruslah menggunakan indera mata melalui mengamati, menggambar, mendemonstrasikan, membaca, meng-gunakan media dan alat peraga; dan intelektual yang bermakna bahwa belajar harus menggunakan ke-mampuan berfikir, belajar haruslah dengan konsentrasi pikiran dan berlatih menggunakannya melalui bernalar, me-nyelidiki, mengidentifikasi, me-nemukan, mencipta, memecahkan masalah, dan menerapkan (Suyatno, 2012: 65). Media konkret dapat berupa media benda nyata ataupun benda asli, benda nyata adalah benda yang dapat dilihat, didengar atau dialami oleh siswa sehingga memberikan pe-ngalaman langsung kepada mereka (Asyhar, 2011: 54). Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah langkah-langkah yang tepat penerapan pen-dekatan SAVI dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang bangun datar pada siswa kelas II SDN 7 Kutosari Tahun Ajaran 2014/2015?, (2) apakah pen-dekatan SAVI dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Ma-tematika tentang bangun datar pada siswa kelas II SDN 7 Kutosari Tahun Ajaran 2014/2015?, (3) apa kendala dan solusi penerapan pendekatan SAVI dengan media konkret dalam pen-ingkatan pembelajaran Matematika tentang bangun datar pada siswa kelas II SDN 7 Kutosari Tahun Ajaran 2014/2015?. Tujuan penelitain ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan SAVI dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran Matematika kelas II SD, (2) meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II SD melalui penerapan penerapan pen-dekatan SAVI dengan media konkret, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapan pen-dekatan SAVI dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran Ma-tematika siswa kelas II SD. METODE PENELITIAN Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN 7 Kutosari dengan jumlah siswa 36 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Januari sampai Juni 2015. Sumber data pada penelitian ini berasal dari siswa kelas II, guru, peneliti, teman sejawat, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Alat pengumpulan data berupa instrumen observasi, pedoman wa-wancara, dan soal tes evaluasi. Uji validitas dilakukan dengan teknik triangulasi. Triangulasi adalah proses memastikan sesuatu (getting a ‘fix’) dari berbagai sudut pandang (Arikunto, Suharjono, dan Supardi, 2010: 128-129). Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaborasi yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. HASIL DAN PEMBAHASAN Pada proses pembelajaran ini guru akan menerapkan pendekatan SAVI dengan media konkret. Kegiatan inti terdiri dari eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Kegiatan inti ini mengacu pada kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, dimana dalam kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi diterapkan pendekatan SAVI dengan media konkret. Langkah-langkah pem-belajaran menerpakan pendekatan SAVI dengan media konkret terdiri dari: (1) tahap persiapan; (2) tahap pe-nyampaian; (3) tahap pelatihan; dan (4) tahap penampilan hasil. Penelitian melalui penerapan pendekatan SAVI dengan media kon-kret terhadap pembelajaran Matematika tentang bangun datar dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dengan alokasi waktu 2x35 menit setiap pertemuan. Berikut adalah data rerata hasil observasi terhadap guru terkait penerapan pen-dekatan SAVI dengan media konkret dalam pembelajaran Matematika pada siklus I, II, dan III: Tabel 1 Perbandingan Penerapan Pendekatan SAVI dengan Media Konkret terhadap Guru Siklus Rerata % I 3,06 77,11 II 3,57 89,38 III 3,63 91,25 Berdasarkan tabel 1 di-simpulkan bahwa penerapan pen-dekatan SAVI dengan media konkret pada proses pembelajaran Matematika terhadap guru mengalami peningkatan setiap siklusnya. Diketahui berdasarkan data, siklus I mendapat skor rerata 3,06 dengan persentase 77,11%. Pada siklus II terjadi pningkatan skor rerata menjadi 3,57 dengan kenaikan per-sentase sebesar 12,27% menjadi 89,38%. Sedangkan, pada siklus III terjadi peningkatan skor rerata menjadi 3,63 dengan kenaikan persentase sebesar 1,87% menjadi 91,25%. Berikut adalah hasil observasi langkah penerapan pendekatan SAVI dengan media konkret pada pem-belajaran Matematika terhadap siswa pada siklus I, II, dan III: Tabel 2 Perbandingan Penerapan Pendekatan SAVI dengan Media Konkret terhadap Siswa Siklus Rerata % I 2,92 73,75 II 3,45 86,57 III 3,64 91,57 Berdasarkan tabel 1 di-simpulkan bahwa penerapan pen-dekatan SAVI dengan media konkret pada proses pembelajaran Matematika terhadap siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Diketahui berdasarkan data, siklus I mendapat skor rerata 2,92
PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SDN WATUDUWUR KECAMATAN BRUNO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/ 2014 kotijah, nur
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.43 KB)

Abstract

Abstract: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Methodic in Improving Fast Reading Skill At Fifth Grade Of SDN Watuduwur Bruno subdistrict Purworejo Regency Academic Year 2014/2015. This research aimed to describe the steps methodic to CIRC properly, describe improving the fast reading skill, and to find the constraint and the solution cooperative integrated reading and composition methodic. This research type is classroom action research which consists of three cycles, each of which involved planning, acting, observing and reflecting. The Research subjects of fifth grade students amounting to 26 students.The result of this research indicate that implemented CIRC method can increase fast reading skill student of fifth grade of SDN Watuduwur. Key words : CIRC method, Fast Reading Abstrak: Penggunaan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Siswa Kelas V SDN Watuduwur Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode CIRC, mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca cepat, serta menemukan kendala dan solusi penggunaan metode CIRC. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari  tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca cepat siswa kelas V SDN Watuduwur.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue