cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN" : 12 Documents clear
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA REAL OBJECT DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD Mawadah, Sulatul
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The Application Of Cooperative Model Type STAD With Real Object Media On The Science Learning For The Fourth Grade Students Of Elementary School. The purpose research to describe steps the application model STAD with Real Object media that can increased learning result of science. This research collaborative action research conducted two cycles, each cycle consisted of three meetings. Subjects were students for the fourth grade SDN 2 Karangsar. Data validating used source triangulation and techniques. Data Analysis  consist of reduction, presentation of data, and drawing conclusions or verification. Research procedures each meeting: planning, implementation, observation, and reflection. Research result is the application of model STAD with Real Object can increased learning result of science the fourth grade students of elementary school. Keywords: STAD, Real Object, Learning Result, Science Abstrak: Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dengan Media Real Object dalam Peningkatan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model STAD dengan media Real Object yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini penelitian tindakan kelas kolaboratif  dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN 2 Karangsari berjumlah 32 siswa. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data terdiri dari reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Prosedur penelitian setiap pertemuan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model STAD dengan media Real Object dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD.   Kata kunci: STAD, Real Object , Hasil Belajar, IPA
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PECAHAN KELAS III SD SE-KECAMATAN PADURESO Septiningsih, Susi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.032 KB)

Abstract

ABSTRACT: The Influence of Parent?s Attention and Intensity of learning on the Result of Decimal Fraction Learning of III Grade Elementary School Padureso District. The purpose of this research to determine whether there is  influence of interaction between the parent?s attention and intensity of learning on the result of decimal fraction learning of III grade elementary school District Padureso. This research is a quantitative research using Expost Facto method. Result concluded that (1) There is the influence of parent?s attention on the result of decimal fraction learning of III grade elementary school Padureso District; (2) There is the influence of Intensity  learning on the result of decimal fraction learning of III grade elementary school Padureso District; (3) There is an interaction influence  between of parent?s attention and intensity of learning on the result of decimal fraction learning of III grade elementary school Padureso District. Key words: parent?s attention, , intensity of learning, the result of decimal fraction learning   ABSTRAK: Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Intensitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pecahan Kelas III SD Se-Kecamatan Padureso. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya interaksi pengaruh antara Perhatian orang tua dan intensitas belajar terhadap hasil belajar pecahan kelas III SD se-Kecamatan Padureso. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ekspost facto. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaru perhatian orang tua terhadap hasil belajar pecahan kelas III SD se-Kecamatan Padureso; (2) Ada pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar pecahan siswa kelas III SD se-Kecamatan Padureso; (3) Ada interaksi pengaruh antara perhatian orang tua dan intensitas belajar terhadap hasil belajar pecahan kelas III SD se-Kecamatan Padureso.   Kata Kunci: perhatian orang tua, intensitas belajar, hasil belajar pecahan
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 3 KARANGSAMBUNG Rofingah, Siti
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.153 KB)

Abstract

Abstract: Application of Quantum Teaching Models in Science Teaching Enhancement on Class IV students of SDN 3 Karangsambung. This study aims to: improve science learning in class IV using quantum model of teaching. This study was conducted in three cycles. The subjects were all fourth grade students at SDN 3 Karangsambung totaling 28 students. Source data came from students, peers, and researchers. Data collection techniques using observation, documentation, and testing. Analysis of the data used by qualitative and quantitative. Percentage of completeness students in the first cycle were 87.4%, 82.3% second cycle and third cycle was 83.9%. The result shows that the application of teaching model quantum, can improve student learning outcomes in science teaching in class IV. Keywords: Quantum Teaching, Learning Outcomes, IPA. Abstrak: Penerapan Model Quantum Teaching dalam Peningkatkan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SDN 3 Karangsambung. Penelitian ini bertujuan: meningkatkan pembelajaran IPA dikelas IV dengan menggunakan model quantum teaching. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 3 Karangsambung yang berjumlah 28 siswa. Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat, dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dengan kualitatif dan kuantitatif. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I adalah 87,4%, siklus II 82,3%, dan siklus III adalah 83,9%. Hasilnya menunjukan bahwa penerapan model quantum teaching, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV.   Kata Kunci: Quantum Teaching, Hasil Belajar, IPA.
PENGGUNAAN METODE INQUIRI DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISWA KELAS IV SDN 1 BUMIREJO Laeli Maslikhah, nur
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: Implementing Inquiry Methode By Using Concrete Objects Media To Improve  Dimensional Figures Learning Of The Fourth Grade Students Of Sdn 1 Bumirejo In The Academic Year 2012/2013. This research aims to describe the steps, the problems, and the solutions of inquiry method by using concrete objects media to improve dimensional figures learning of the fourth grade students of SDN 1 Bumirejo in the academic year 2012/2013.The research design used in this research is an action research which was conducted in three cycles. Every cycle includes four activities are planning, acting, observation, and reflection. Analysis technique of data used includes reduction of data, data presentation, and conclusing or verification. Based on the research of the study concludes that implementing inquiry methode by using concrete objects media with precise, can to improve  dimensional figures learning of the fourth grade students of Sdn 1 Bumirejo in the academic year  2012/2013.   Keyword: Inquiri method, concrete objects media, dimensional figures Abstrak: Penggunaan Metode Inquiri dengan Media Benda Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Ruang Siswa Kelas IV SDN 1 Bumirejo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah, kendala, dan solusi metode inquiri dengan media benda konkret dalam peningkatan pembelajaran bangun ruang siswa kelas IV SDN 1 Bumirejo tahun pelajaran 2012/ 2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode inquiri dengan media benda konkret dengan tepat, dapat meningkatkan pembelajaran bangun ruang siswa kelas IV SDN 1 Bumirejo tahun pelajaran 2012/ 2013.   Kata kunci: Metode inquiri, media benda konkret, bangun ruang
PENGARUH SIFAT-SIFAT PEMIMPIN TERHADAP PERILAKU PEMIMPIN SMK DI KABUPATEN KEBUMEN Rokhmaniyah, Rokhmaniyah
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.108 KB)

Abstract

Abstract: The Effect of Leader?s Character on The Behavior of Vocational School Leaders in Kebumen Regency. This research is aimed at finding the effects of the character of leader?s on the behavior of the vocational school leader?s in Kebumen. Sample size was 181 teachers, selected at random. The data were analyzed by correlation matrix and path analysis. The result showed that the leader?s behavior is effected directly by leader?s character. The finding concludes that any change of leader?s behavior may be effected directly by the leader?s character.To improve the leader?s behavior, finding of the research may be considered.Keywords: leader?s character, leader? behavior Abstrak: Pengaruh Sifat-sifat Pemimpin terhadap Perilaku Pemimpin SMK di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh sifat-sifat pemimpin terhadap perilaku pemimpin SMK di Kabupaten Kebumen. Sampel penelitian ini terdiri dari 181 orang guru SMK yang diperoleh secara acak. Data dianalisis dengan teknik korelasi matrik dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pemimpin dipengaruhi secara langsung oleh sifat-sifat pemimpin.Kesimpulan dari temuan penelitian ini bahwa beberapa perubahan perilaku pemimpin dimungkinkan dipengaruhi langsung oleh sifat-sifat pemimpin. Untuk meningkatkan perilaku pemimpin, temuan dari penelitian ini dapat sebagai acuan.Kata kunci: sifat-sifat pemimpin, perilaku pemimpin 
PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGRENA 01 MAOS TAHUN AJARAN 2012/2013 muktiani, novita
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.168 KB)

Abstract

Novita Muktiani 1), M. Chamdani 2), Warsiti 3) FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret Kampus VI Kebumen, Jl. Kepodang 67A Kebumen 54312 e-mail: veethaconveito@yahoo.co.id 1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS 2,3 Dosen PGSD FKIP UNS Abstract: The Using of Cooperative Model Index Card Match Type to Increase Natural Science Learning on the Fourth Grade Students of Karangrena 01 State Elementary  School in the Year 2013. The research purpose is to describe how to use Index Card Match to increase Natural Science learning on the fourth grade students with surplus and minus Index Card Match. Subject of research is student on the fourth grade amount 24 student includes 15 boys and 9 girls. The  research is a classroom action research was done at three cycle, every cycle includes planning, acting, observation, and reflection. Analysis technique of data used includes reduction of data, data presentation, and conclusing. Based on the results of the study concluded that using cooperative model type Index Card Match to increase Natural Science learning with precise, can increase process and result learning Natural Science on the fourth grade students.   Keyword: Cooperative model, Index Card Match, Natural Science, learning. Abstrak: Penggunaan Model Kooperatif Tipe Index Card Match dalam Peningkatan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangrena 01 Maos Tahun 2013. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan Index Card Match dalam peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas IV SD serta kelebihan dan kekurangan Index Card Match. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Index Card Match dalam pembelajaran IPA secara tepat, dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA.   Kata Kunci: Model kooperatif, Index Card Match, pembelajaran, IPA.
PENERAPAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN TLEPOKWETAN NURVICTASARI, PRANITA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.436 KB)

Abstract

Pranita Nurvictasari1, Tri Saptuti Susiani2, Joharman3 FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret e-mail: nyieth_4nt0@yahoo.co.id   1. Mahasiswa PGSD FKIP UNS 2,3. Dosen PGSD FKIP UNS   Abstract: Implementation of Guided Note Taking Strategy in Improving Social Studies Learning 4th Grade student at Tlepokwetan Elementary School. The purpose of this research is to describe the step implementation of Guided Note Taking strategy in improving Social studies learning fourth grade students in elementary school. This research uses classroom actions research methods are carried out in the three cycles. Each cycle consists of two meeting and each meeting consists of planning, action, observation, and reflection. The data sources of this research is the fourth grade students of elementary school. Data collecting methods are collected through observation, interview, test and documentation. The validity of data using the triangulation source. The data analysis is used by this research is quantitatif and qualitatif data analysis. The result showed that implementation of Guided Note Taking strategy can improve learning about Social Studies. Process the study mount equal to 44,61% from cycle I until cycle III, while result learn to experience of the improvement 75,00% from pretes 12,50%. Keywords: Guided Note Taking strategy, Improved Learning, Social studies Abstrak: Penerapan Strategi Guided Note Taking dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Tlepokwetan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah penerapan strategi Guided Note Taking dalam peningkatan pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setiap pertemuan dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah penerapan strategi Guided Note Taking yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPS. Proses pembelajaran meningkat sebesar 44,61% dari siklus I sampai siklus III, sedangkan hasil belajar mengalami peningkatan 75,00% dari pretes 12,50%.   Kata kunci: Strategi Guided Note Taking, Peningkatan Pembelajaran, IPS
PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SD priyanto, andi
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.788 KB)

Abstract

Andi Priyanto, Wahyudi2, Tri Saptuti Susiani3 PGSD FKIP Universitas Negeri Sebelas Maret, Jl. Kepodang 67A Panjer Kebumen Email andipriyanto21@yahoo.co.id Mahasiswa PGSD FKIP UNSDosen PGSD FKIP UNS Abstraction: The Applying Picture and Picture Model In Improving Of Skill Converse The III Grase Student Elementary School. This Research aim to (1) decipting of steps Picture and Picture at Indonesian learning III grade student Elementary School, (2) decipting of result of learning to converse the Indonesian, (3) finding problem and solution. This research is classroom action research executed by 3 cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. result showing that steps Picture and Picture model is consisted by 5 step, and result of from this study model is its  complete mount from 45,83% at the time of action pre become 83,33% at cycle III, and there are 4 problems which can be overcome with the correct solution. Keyword: Picture and Picture, result learning, Indonesian   Abstrak: Penerapan Model Picture and Picture Dalam Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menggunakan model Picture and Picture pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III Sekolah Dasar, (2) mendeskripsikan hasil belajar berbicara bahasa Indonesia siswa kelas III SD, (3) menemukan kendala dan solusi. Penelitian ini termasuk  penelitian tindakan kelas dilaksanakan 3 siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil menunjukan bahwa langkah-langkah model Picture and Picture terdiri dari 5 langkah, dan hasil dari model pembelajaran ini ketuntasannya meningkat dari 45,83% pada saat pra tindakan menjadi 83,33% pada siklus III, dan terdapat 4 kendala yang dapat diatasi dengan solusi yang tepat.   Kata Kunci:  Picture and Picture, hasil belajar, bahasa Indonesia
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD MUTOHAROH, ANI
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The Application Cooperative Learning Study Tecnique Think Pair Share in Increase Mathematics Learning in The Fourth Grade Of Elementary School. This study aims to improve mathematics learning fourth grade student of elementary school to use cooperative learning techniques Think Pair Share. This study is a Class Action research (CAR) with three cycles. Each cycle includes planning, action, observation, and reflection. The subjects were fourth grade student Kesugihan 03 elementary school. Source data came from students, peers and teachers. Data collection techniques used were tests, observation and questionnaires. The validity of the data using triangulation techniques data and triangulation of data collection techniques. Analysis of data using descriptiv statistical techniques quantitative and data analysis of qualitative descriptive. The result indicate that the application of cooperative techniques Think Pair Share can improve mathematics learning fourth grade student of Elementary school. Keywords: Think Pair Share, Mathematics learning Abstrak: Penerapan Model Kooperatif Teknik Think Pair Share dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Matematika tentang operasi hitung pecahan siswa kelas IV SD dengan menggunakan model kooperatif teknik Think Pair Share. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kesugihan 03. Data penelitian ini berasal dari siswa, teman sejawat dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif teknik Think Pair Share dapat meningkatkan pembelajaran Matematika di kelas IV SD.   Kata kunci: Think Pair Share, pembelajaran Matematika  
PENGGUNAAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN PECAHAN SISWA KELAS III SD NEGERI 1 KARANGTANJUNG TAHUN AJARAN 2012/2013 mustikahadi, veryana
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The use of Realistic Mathematics Education Approach (PMR) in increasing understanding of Fractions Grade III SD. implementation of PMR implemented through 6 steps in accordance with the learning scenarios. The results showed the use of PMR approach can improve understanding fractions grade III SD assessment results known. Based on the percentage of students who complete experience increased from pretest 22.50% to 67.50% in cycle 1, cycle II have elevated the 80.00%, and in cycle III becomes 100%. The increase occurred from before the action to cycle III is 77,50%. Advantages of the approach are the link between PMR Mathematics to everyday life. The drawback approach PMR which takes a long time. Keywords: approach, Realistic mathematics education (PMR), learning, mathematics. Abstrak: Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Peningkatan Pemahaman Pecahan Siswa Kelas III SD. Pelaksanaan PMR dilaksanakan melalui 6 langkah sesuai dengan skenario pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan penggunaan pendekatan PMR dapat meningkatkan pemahaman pecahan siswa kelas III SD. Berdasarkan penilaian hasil diketahui persentase siswa yang tuntas mengalami peningkatan yaitu dari pretest 22,50% menjadi 67,50% pada siklus I, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,00%, dan pada siklus III menjadi 100%. Peningkatan yang terjadi dari sebelum tindakan sampai siklus III adalah 77,50%. Kelebihan pendekatan PMR yaitu keterkaitan antara Matematika dengan kehidupan sehari-hari. Kekurangannya pendekatan PMR yaitu membutuhkan waktu yang lama.   Kata Kunci: Pendekatan, pendidikan Matematika Realistik (PMR), pembelajaran, Matematika.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue