cover
Contact Name
Mustofa
Contact Email
mustofa@uny.ac.id
Phone
+6285292126258
Journal Mail Official
mustofa@uny.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Kampus Karangmalang Yogyakarta, 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
ISSN : 18298028     EISSN : 26555182     DOI : 10.21831
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2020)" : 5 Documents clear
GLOBALISASI PERBANKAN DAN EFEKTIVITAS KEBIJAKAN MONETER DALAM PERSPEKTIF CREDIT CHANNEL Radius Radius
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.18 KB) | DOI: 10.21831/jep.v17i1.29429

Abstract

Abstrak: Penelitian berfokus pada analisis dampak kepemilikan modal asing pada pertumbuhan kredit bank serta kaitannya dengan efektivitas transmisi kebijakan moneter credit channel. Menggunakan data panel individu bank BUKU 3 dan BUKU 4 di Indonesia, analisis dilakukan terhadap tiga kelompok bank berdasarkan jenis kepemilikannya yaitu Bank Pemerintah, Bank Domestik dan Bank Asing. Hasil estimasi pada model regresi menunjukkan secara empiris bahwa globalisasi berdampak terhadap pertumbuhan kredit bank secara spesifik pada bank dengan modal asing sebagai saham pengendali utama. Temuan yang menarik adalah transmisi kebijakan moneter pada sektor perbankan di Indonesia menunjukkan hasil yang tidak efektif jika dilihat dari perspektif credit channel.Abstract: This paper focuses on the effect of foreign equity in the Indonesian banking sector towards credit growth while linked to credit channel monetary policy transmission. It was using panel data from individual banks categorized as BUKU 3 and BUKU 4 in Indonesia, the analysis performed towards three categories of a bank by its ownership, which are Government Bank, Domestic Bank, and Foreign Bank. Estimation of the regression model shows that globalization empirically affects credit growth specific on foreign-controlled banks with majority foreign equity. The outstanding result in this paper is that the transmission of monetary policy in the Indonesian banking sector turns out to be ineffective as viewed from a credit channel perspective.
PENGARUH PEMBERDAYAAN ZAKAT DALAM MENINGKATKAN MODAL MANUSIA DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MISKIN Maimun Sholeh
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.801 KB) | DOI: 10.21831/jep.v17i1.33841

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Modal manusia dan pemberdayaan terhadap kesejahteraan masyarakat miskin khususnya masyarakat miskin yang diberdayakan oleh lembaga zakat  sehingga bisa dibuat strategi  yang tepat untuk meningkatkan kesehteraan mereka. Penelitian ini merupakan studi eksplanatori dilakukan dengan menggunakan pendekatan SEM (Structural Equation Model). Anggota sampel ditentukan dengan metode non-probability sampling khususnya dengan purposive sampling. Data dikumpulkan secara cross section dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik modal manusia maupun pemberdayaan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat miskin khususnya masyarakat penerima pemberdayaan zakat. Abstract: This study aims to determine the effect of human capital and empowerment on the welfare of the poor, especially the poor, who are empowered by zakat institutions so that the right strategy can be made to improve their health. This research is a descriptive study conducted using the SEM (Structural Equation Model) approach. The sample members are determined by the non-probability sampling method, especially by purposive sampling. Data were collected by cross-section and analyzed quantitatively. The results showed that both human capital and empowerment affected the welfare of the poor, especially those who received zakat empowerment.
IMPLEMENTASI NILAI KEWIRAUSAHAAN JENJANG SEKOLAH DASAR PADA SEKOLAH MITRA STKIP MUHAMMADIYAH BANGKA BELITUNG DI KECAMATAN GABEK KOTA PANGKALPINANG Diana Pramesti; Adevia Indah Kusuma
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.569 KB) | DOI: 10.21831/jep.v17i1.29256

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi nilai kewirausahaan jenjang sekolah dasar. Subjek penelitian adalah sekolah mitra STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung yang berjumlah 5 sekolah dasar di kecamatan Gabek, Pangkalpinang. Setiap sekolah diambil 9 orang responden terdiri atas 5 orang siswa, 1 Kepala Sekolah, 1 guru kelas, 1 pembina ekstrakurikuler dan 1 orang bagian kurikulum. Teknik analisis datanya menggunakan langkah reduksi data, display data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai mandiri, nilai berani mengambil resiko dan nilai kreatif dengan skor tertinggi berturut 74,17%, 74,56% dan 85% pada SD Negeri 10. Skor tertinggi  untuk nilai kerja keras terlihat pada SD Negeri 6, dan skor berorientasi tindakan tertinggi 84,16% pada SD Negeri 62. Nilai kepemimpinan tertinggi dengan skor 80,83% pada SD Negeri 22. Kesimpulannya adalah nilai-nilai kewirausahaan telah terimplementasi secara baik di beberapa sekolah meskipun belum membuat program terkait penanaman nilai kewirausahaan secara khusus.  Abstract: This research is a qualitative descriptive study. The purpose of this study was to determine the implementation of entrepreneurship values at the elementary school level. The subjects of the study were the partner schools of STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, amounting to 5 elementary schools in Gabek sub-district, Pangkalpinang. Each school was taken nine respondents consisting of 5 students, 1 School Principal, 1 class teacher, one extracurricular coach and one curriculum section person. The data analysis technique uses the steps of data reduction; data display and concluding / verification. The results showed that the implementation of the independent value, the value of risk-taking and artistic value with the highest scores respectively 74.17%, 74.56% and 85% in the 10th Elementary School. The highest score for the hard work value was seen in the 6th Elementary School and the score action-oriented highest 84.16% in the 62nd Elementary School. The highest leadership value with a score of 80.83% in 22th Elementary School. The conclusion is that entrepreneurial values have been implemented well in several schools, even though they have not made programs related to the inculcation of entrepreneurial values specifically.
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL LITERASI KEUANGAN Indra Kusuma Wijayanti; Heri Retnawati
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.364 KB) | DOI: 10.21831/jep.v17i1.29220

Abstract

Abstrak: Kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan pengetahuannya, yang dikenal dengan kemampuan literasi. Salah satu aspek literasi ini adalah literasi keuangan. Kemampuan literasi keuangan adalah  Studi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi keuangan pada peserta didik dan mengidentifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan literasi keuangan. Penelitian ini merupakan studi kasus. Responden penelitian ini adalah siswa SMP kelas IX sebanyak45 siswa. Data dikumpulkan dengan pemberian 5 tes uraian. Instrumen dinyatakan valid dengan nilai validitas 0.92. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Milles Huberman,dengan tahapan mengumpulkan data, mengolah dan mereduksi data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian membuktikan bahwa tingkat literasi keuangan siswa SMP di Kabupaten Sleman tergolong rendah. Sebanyak 71.11% dari total responden berada pada kategori rendah. Identifikasi kesulitan dengan ditemukan 112 kesalahan yang dilakukan oleh siswa, sebesar 38.39% kesalahan pengkodean, 24.11% kesalahan pemahaman, 19.64% melakukan kesalahan transformasi, dan 17.86% melakukan kesalahan proses.Abstract: The ability to solve problems using his knowledge, known as literacy skills. One aspect of this literacy is financial literacy. Financial literacy ability is this study aims to determine the level of financial literacy in students and identify students' difficulties in solving problems related to financial literacy. This research is a case study. The respondents of this study were 45 grade IX middle school students. Data were collected by giving 5 test descriptions. The instrument was declared valid with a validity value of 0.92. Data analysis was performed using the Milles Huberman model, with stages of collecting data, processing and reducing data, and concluding. The results of the study prove that the level of financial literacy of junior high school students in Sleman Regency is relatively low. As many as 71.11% of the total respondents were in a low category. Identification of difficulties with founding 112 errors made by students, amounting to 38.39% coding errors, 24.11% misunderstanding, 19.64% made transformation errors, and 17.86% made process errors.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN OVO PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Rinda Novitasari; Supriyanto Supriyanto
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jep.v17i1.33542

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan OVO pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta secara parsial maupun simultan. Faktor-faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu gaya hidup, persepsi, kepercayaan, dan promosi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2016-2019 yang pernah dan sedang menggunakan OVO. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 250 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya hidup, persepsi, kepercayaan dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan penggunaan OVO pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Keputusan penggunaan OVO pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta dipengaruhi oleh keempat variabel bebas tersebut sebesar 46,1% dan sisanya 53,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Abstract: The study aimed to determine the factors that influence the decision to use OVO in students of the Faculty of Economics at Yogyakarta State University both partially and simultaneously. The factors examined in this study are lifestyle, perception, trust, and promotion. This study was included in an associative survey with a quantitative approach. Population in this study were all undergraduate students of the Faculty of Economics Yogyakarta State University class of 2016-2019 who have and are currently using OVO. The sampling technique using purposive sampling technique with a total sample of 250 respondent. Data analysis technique was linear regression analysis. The result of the study showed that there was a positive and significant effect of lifestyle, perception, trust, and promotion as a partial and simultaneous decision to use OVO. The decision to use OVO on students of the Faculty Economics Yogyakarta State University was affected by the four independent variables by 46,1%. In contrast, the remaining 53,9% is affected by other variables, not under study.

Page 1 of 1 | Total Record : 5