cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII" : 11 Documents clear
PENDEKATAN TERMODINAMIKA SUATU ALTERNATIF MENGAJARKAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA Togu Gultom
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.038 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.8779

Abstract

Semua proses yang terjadi di alam ini bertendensi untukmemperoleh kestabilan yang maksimum, yaitu' suatu keadaankesetimbangan. Suatu aspek p~nting dalam kesetimbanganadalah kedudukan kesetimbangan. Kedudukan kesetimbanganmenentukan jumlah hasil reaksi yang' dapat diperoleh secarakuantitatif.Pendekatan kinetika untuk mengajarkan kesetimbangan:kimia kurang berhasil menjelaskan beherapa konsep' maupunprinsip kesetimbangan. secara kuantitatif. Pendekatan inimemang .cukup berhasil untuk menjelaskan hal-hal yang kualitatif.Sedangkan pendekatan termodinamika dapat menjelaskannyadengan cukup mtidah. Dengan pendekatan termodina- .mika, dibutuhkan kesiapan matematika yang lebih mapan,sebab pendekatan ini menggunakan alur berfikir secara matematis.
KONSEP NRIMA DALAMA CERPEN GANDRUNG DHAWET AYU Suwardi, Suwardi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.835 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.8792

Abstract

Konsep' nrima' telah lekat cii hati masyarakat ··Jkwa. ' ""Nrima merupakan perisai kehidup'an masyarakat Jawa. Meskipuntelah lama konsep tersebut menjadi pota kehi.qupa.n;.ber~masyarakat, namun sering mendapat 10ntaran ejekan. Tidaksedikit masyarakat yang. b~rprasangka bahwa nrima justrumenjadi. -'~,kenda:la' ~kemajuari.' 'Setidakfi.ya" akim " memoel,enggu.kreativi,~.as d~_":, .rn~nc.llaJk~XtJ~'Nca .p.~;:;i}11ist~~.Agak berb~da.denga:" _ konsep. :.I:lr~'ffi.a' yang! bt?rgerrta .:'dalam. cerkak :ItGandr~ri_g'[jh":lw~t Ayuil )}lrya T~r~~ ~awlpu;-tra. Pemanfaatan sikap '"nrima oleh" cerpenis jO'stru tidak'sekedar-·suplemen; ~'tetapi!·me:njadiandaiartlHla·m.:yang manis.Ternyata. cerpenis berdasarkan imajinasi dandaya kreatiyitasoya.•~9apa~ i;lJ1eI1~Fpilk~n, ·~.pq~~P~ t;J,r;i,ma 'TB€':;i3..I~i .,S\UbR~P~K·_,~T-·hidupan ~~ono,mi. sosiaJ. jodoh" dan .cinta. Ol~h, karena itu,dapa't :dfkatakan derlgan~~fegas 'bahw'a~;'k~hadira6 konf?eptn'rim~dalam cerkak inl; 'tak'sekedar bumbu' atau :pemanis'.:yang·' sese15:aJl~_'Clap?Lt. lu.lJtur., ,.:,N:am.un.i' lc;:¢'rpcimis; ,meIIJanfa'a~k..an ilham." f .'nrima; seba.gairoh, karYilnya., '." _ :". ,- r.,'- '.~,e.bera.pa ~ p~san- yari$, ?~pa.t d,ip~f~k, da.-rt kons~p, .'nrim~'dalam cerkak-;ltersebut, '" ya'khi"" nrimaseba·gai. bekal sikap'syukiJr:, pasr'-ahI!selekUf :terh'adap -iri·'hati, ketenterania:d, jiwai,'· '1',~e.muliaan ·;hidup,'. ,.dan .. jeI1.d,~l~'. ~eindahan duni:J,' Pe,~an ,ini.. _.,membukt~kan b.ahwC
KONSEP KEKUASAAN DALAM TRADISI BUDAYA JAWA Sardiman AM
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.161 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.8791

Abstract

Konsep. kt;:kuasaan menurut tradisi budaya Jawaitutampak kontroversial. Satu sisi setara teoretik memiliki t~oriyang bersifat sistematis dan logis. Akan tetapi, di lain pihakmem'angberbeda perspektif iImu politik modern di dunia ini.Akan -te.tapi, secara empirik teJah rnelakukan.kekuasaan yang.b~gi.tu kuat;;', .. 'c' . Tulisan ini d~mak5udkan.ingin mengetahui dan ,m~mberUtan.'desk'ripsi .tentang konsep kekuasaan' menurut tradisiJawa; bagaimana proses lahirnya' kekuasaan dan oagaimanapenguasa' -(~aja) itu harus menjalankan kekuas'aannya: Dalamun..~lur_puJu[lg ,menjadi ·-unsur penting dalam. kekuasaan Jawa.; Se~:e.Jah~' ,mell9apatkan pulung legalisasi kekuasaannya, rajaharus b~r.sikap bet budi. bawa Jeksana',ambeg,adiJ para marta, seb~ga( pencet;rrlinan c:iari"seorang yang' IIkedunungan' pulung"." Dari kajian ini "'dapat dhuribil pelajaran bawah hal-halyang bersifat adikodrati" hal..;hal yang 'bersifat spiritual begitu", d9Jl}inan J'!1ertandai -interaksi antara__penguasa ,--(r-aja) denganbawahan, qan rakyatr:tya. Kekuasaan bersifat sentralist~s d~n'tampak begitu kuat metnpraktikkan sistem pemerintahan' yangpatr-imonial.? Rakyat begitiJ.' hormat dan setia pada' pemimpiilny~•.ppla .. s~m'aGam ~tnr" tampak memiliki-gaung yang cukupkuat da~am I,:,ep~fl?irnpinan di Indon.esia. Akan tet~pi, dalamkaitannya dengap pen'gembangan demokrasi, tentu pola-polakekuasaan dim" .kepe"mimpinan semacam itu perlu adanya, rbodifikasi: .' .Mengkaji konsep.. kekuasaan :dalam t~adisi ,budaya Jaw'amenjadi sangat menarik. Konsep kekuasaan itu begitu_.men;l.rik sebab di samping- s~cara" teoretik :k(m~~'p kekuasaan- ,: "Jawa juga memiliki teori yang dapat memberikan penjelasan,secarC!- sistematis dan logis tentang perilaku praktik sepertihalnya- teori-teori rnodet:'n 'te.tapi .secarasubstansial.
PENGAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI MEDIA, ' PENGEMBANGAN BUDAYA PROGRESIF Darmiyati Zuchdi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.575 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.8790

Abstract

Demi tercapainya keadaan yang lebih maju,·diperh,.lkanpandangan baru yang berakar p~da pemahaman manusiaseca.ra utuh dan mendalam. Dengan demikian, masalah-masa-'lah global dapat diaiasi secara mendasar sehingga timbultanggung jawab dan kegotongroyongan sosial budaya. Kete'"rampiIan .mena'nggulangi, dan mengatasi masalah periu dikem- .bangkan lewat jalur pendidikan, yakni lewat;, isi dan proseskegiatan belajar":mengajar setiap bidang studio Memp.ertlmbangkan'adanya hubungan poIigenik dan ontogenik 'antarabahasa dan kebudayaan. pengembangan budaya progresif, yang.. salah satu cirinya adalah berkembangnya nilai teoretis ilmu.dapat diIaksanakan melalui isi. dan proses pengajaran BahasaIndonesia. Pengajaran Bahasa Indonesia dengan st1'ategi pem"ecahanmasalah kiranya tepat untuk tujuan pengembanganbudaya p1'ogresif. Penggunaan strategi ini 'mernberikanpeluang yang sangat besar kepada pelajar untuk mengembangkanketerampiIan be1'bahasa dan .keterampilan memeca,hkanmasalah.
LARIMARATHON (Bermula Dari Pertempuran Antara Persia Versus Yunanj) Margono Margono
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.446 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.8782

Abstract

Lari Marathon merupakan nomor Atletik yaI}g p~lingpopuler di antara lari jalanan yang "ledn karena nilai historisnya.Profesor Michael Breal yang mengusulkan kepada BaronPiere de Coubertin agar nomor ini dilombakan pacla OlympicGames pertama tahun 1896, karena respeknya·ferhadap Pheidippides,,The Famaus Athenian runner II. _"""Spiridon Loues adalah orang pertama" yang namanyatercatat dalam sejarah sebagai juara lari Marathon OlympicGames. Kisah suksesnya yang dramatis tak pernah menjemu.kan untuk disimak. Cerita tentang Pheidippides :denganberbagai versinya dari sudut sejarah akan pembaca. teinuipada tulisan berikut, di sampi~g satl;l versi dong~ng.
GLOBALISASI MASALAH PENIPISAN LAPISAN OZON DAN USAHA-USAHA PENANGGULANGANNYA A K Prodjosantoso
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.641 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.8780

Abstract

Ozon merupakan komponen atmosfer yang jumlahnyasangat sedikit. Kehidupan manusia sangat tergantung padalapisan Qzon. OZQn mempunyai kemampuan untuk menyerapradiasi sinar-ultra violet dengan panjang gelombang kurangIebih 320' nm yang dipancarkanoleh matahari. Sinal' ultravioletdapat mematikan manusia dan merusakkan unsur':'unsurkehidupan ]ainnya. .Penggunaan senyawa-senyawa kimiawi, seperti CFCdan Halon, dapat merusakkan' ozon. Perusakan ini menyebabkanlapisan ozon' menjadi semakin tipis~ Penipisan lapisanozon merupakan masalah yang bersifat global.Untuk mencegah berlanjutnya proses penipisan lapisanozoh, perlu dilakukan usaha-usaha bersama antarnegara.Usaha'='usaha tersebut di antaranya telah tertuang dalam hasilpertemuan Montreal.
NYERI ANGGOTA GERAK PADA OLAHRAGAWAN Sutapa, Panggung
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v1i1.8783

Abstract

Nyeri merupakan sistem peringatan yang sangat dibutuhkanoleh tubuh, walaupun demikian, nyeri selalu bersifatsubjektif. Nyeri yang ,dirasakan oleh seorang olahragawanakan menurunkan prestasi, sedangkan nyeri yang tidak dirasakanakan mengakibatkan cedera' yang betkelanjutan.Teod mengenai mekanisme tirnbulnya rasa nyeri tdanmengalami berbagaievolusi yang' berdas~rkan pada akumulasipercobaan baru dan sebagian yang lain berdasarkan asumsiimajinasi yang ber.asal dari pEmgamatan klinik dan psikologik.Nyeri anggota gerak pada olahragawan yang palingsering adalah anggota gerak bawah karena bagian bawah daritubuh kita mempunyai fungsi sebagai penahan berat badansewaktu berdiri, berjaJan, herlari, maupun melompat.
PENDEKATANSISTEM UPAH TENAGA KERJA PROYEK Bada Haryadi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v1i1.8781

Abstract

Pe;rkembangan teknologi secara glol?al dan pe~kembanganpembangunan fisik yang semakin lama semakin kompleksdan. besar, menunjuk,kari pulaperkembangan atau perbaikanupah tenagakerja proyek di bidang' jasa konstroksi. pe'merintahsendiri melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja No.Kep6461Men1199Q,No.Kep-273IMen/1991 dan No.Kep-81/Menl1991, telah berusaha untuk, mening~atkan upah.minim.untenaga kerja di daerah-daerah termasuk ..Daerah Jawa Tengahdan Yogyakarta. 'Pend~katan sistem upah tenaga -keJ;'ja dengan '·standarhariorang atau stand~r jam orang dipengaruhi oleh l~manyakerja~ lokasi pekerjaan, adanya' pe.rsaingan tenaga kerja,adanya kepadatan penduduk, tenaga. plnjaman, dan tenagaimpor, disarhpi~g ·pengaruh yang hiin .yang perlu dipertimbangkanberhubung adanya jenis pekerjaan 'k9uSUS. Ternyatabahwa. pendekat.an sistem upah tenaga. ·kerja proyek denganmenggunakan standar hari orang atau jam orang lebih baik.dibanding. ·upah tenagakerja proyek dengan sistem ~onven·sianalyang selaina ini dilakukan.
TESIS WEBER DAN ISLAM DI INDONESIA Ajat Sudrajat
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v1i1.8794

Abstract

Pada abad pertengahan,' Eropa memperlihatkan" shuasiyang sangat menarik. Pandangan' keagamaan umat Kristen-etika P1.'otestan Calvinis- sebagaimana diketahui memberik~lOmakna moral kepadaumatnya. Kehid.upan ,di dunia ,-ekonomidik.uduskan hanya jika dipanda,ng dad sudut dunia lain '9antujuan":tujua·n no'nempirik. Dad, kondisi ini,lah" kemueJianmuncul yang disebut Weber' detigan' lmentalitas' kap"nalisi •Yang'dalam jangk-a 'panjang. kemudian melahirkan "kapitalismemodern .d(dunia Barat. .Tesi~ Weber yang :demikian se9~ra cepa-t merambah qan.Qiserap' olen .para il~uwan" sosiat Sehingga, di sana sini mencobauntuk membukt'ikannya. Salah satu di antaranya adalahkasus ul'T!a~ IsIamqi Indonesia. Ternyata dad hasil penelitianbeberapa~ilmuwan,"kasuB l~lam di Indon,esia; terutama kelom-,pok pemhah~rli dan ~ p'~ritan, '~emperiihatkan gejaIa, sep~rtiyang'digambarkan Weber. Etika Islam juga mendukung mentalitaskapitalis,· tetapi tentu saja ·dal.am format yangberb~da.
PENDIDIKAN NILAI DALAM SISTEM PERSEKOLAHAN DI INDONESIA Josef Ilmoe Hs
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v1i1.8789

Abstract

Masalah nilai universal kemanusiaan yang menonjolsaat ini, antara lain perdamaian, keadiIan,· kebebasan, solidaritas,penderitaan, dan kemiskinan rakyat keeil melandakehidupan manusia terutama bagi negara-negara Dunia Ketigatermasuk Indonesia. Bahaya materialisme dad konsumerismesegagai dampak mengerikan dad kemajuan sains dan teknoJogimodern menimbuJkan keutuhan manusia menjadi semu.akhlak manusia menjadi merosot.SekoJah sebagai salah satu lembaga pendidikan, bertugasmenge!Jlbangkan dan menumbuhkan kemampuan rohanimanusi, daya penilaian yang benar, kesadaran akan niJai,meneruskan warisan budaya manusia, di samping tugas pokokoyamenyiapkan anak didik untuk hidup. .Para pendidik menyadari bahwa perlu ditumbuhkanterus menerus para peserta didik kesadaran akan nilai yangdapat meridasari mereka menjadi pribadi yang rnatang,mandiri dalam situasi yang terus menerus berubah dengan'eepat di mana kemandirian ini merupakan wujud penghayatanse.rta pengamalan terhadap nilai-nilai yang dianut.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

1992 1992


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue