cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
COPE
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 02: Desember 2001" : 6 Documents clear
PEMANFAATAN SASTRA ANAK-ANAK DALAM EVALUASI PEMBEI-&IARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR Enny Zubaidah
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 5, No 02: Desember 2001
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5028.108 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v5i02.5356

Abstract

Sastra (puisi) anak-anak dapatlah dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesiadi SD. Pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum 1994 yang berpandangan whole language menyarankan bahwa evaluasi yang dapat digunakan yakni evaluasi proses dan hasil. Evaluasi yang dimaksud haruslah sesuai dengan tujuan pembelajaran sastra,yakni siswa dapat memahami dan mengapresiasi sastra dan kemampuan mempergunakan bahasayang pelaksanaan pembelajarannya dilakukan lewat keempat keterampilan berbahasa.Hal ini dapat dilakukan melalui bernyanyi,bercerita,menjawab pertanyaan mendeklamasikan, membaca, dan menulis. Berdasarkan sastra (puisi) yang disajikan guru secara langsung atau tidak langsung siswa dapat memberikan penilaian kepada masing-masing siswa sejak awal sampai akhir pembelajaranya itu dalam bentuk perintah dan ajakan guru kepada siswa.
SEMPOA DALAM PERSPEKTIF MEDIA PEMBELAJARAN HITUNG ARITMATIKA Bambang Sumarno HM
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 5, No 02: Desember 2001
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2748.706 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v5i02.5359

Abstract

Beberapa tahun terakhir kita dikejutkan dengan hadirnya media (dan metoda), yaitu Sempoa. Sempoa menawarkan hasil yang sangat mengagumkan dibandingkan menggunakan media dan metode yang telah ada sebelumnya. Penggunaan sempoa dapat membentuk seorang peserta didik yang ada di bangku pendidikan dasar dapat melakukan perhitungan aritmatika (tambah, kurang, kali, dan bagi) dalam hitungan waktu yang sangat cepat. Bahkan Sempoa dapat diterapkan pada peserta didik usia dini (Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak), dan memberikan hasil yang tidak mengecewakan
PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL WAIIB BAHASA JAWA DI SEKOLAH DASAR Suwarno Suwarno
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 5, No 02: Desember 2001
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4644.096 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v5i02.5360

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa di SD merupakan peletak dasar pemerolehan keterampilan berbahasa (nyemak, micara, maca, lan nulis). dengan menguasai keterampilan berbahasa, diharapkan tumbuh sikap positif di dalam diri murid yaitu rumangsa handarbeni, melu hangrungkebi, mulat sarira hangrasawani. Keterampilan berbahasa dan sikap dapat dicapai apabila bahasa Jawa diajarkan sebagaimana hakekat bahasa, yaitu sebagai alat komunikasi. oleh karena itu pembelajaran bahasa Jawa diarahkan pada pragmatika bahasa, penggunaan bahasa dalam tindak tutur, yang akhirnya dapat menuju ke arah kompetensi komunikatif. untuk itu pembelajaran perlu diarahkan pada pembelejaran secara komunikatif. pada pembelajaran bahasa Jawa secara komunikatif guru dituntut untuk AKREP (aktif, kreatif, dan produktif) sehingga kelas lebih menyenangkan, dinamis, variatif, dan kondusif untuk belajar bahasa Jawa. Hal ini sesuai dengan karakteristik Kurikulum1994. Semakin tinggi tingkatan semakin menuju ke taraf komunikatif peran guru sedangkan peran semakin jaran semakin berkurang, materi murid di dalam kelas bertambah. Untuk pembelajaran komunikatif guru dapat menggunakan strategi menguasai ATAP(akuisisi, transformasi, aplikasi). Apabila murid telah menguasai bahan bahasa Jawa (akuisisi) serta telah dapat mentransformasikan dan mengaplikasikan ilmu itu ke dalam penggunaan bahasa Jawa,tercapailah tujuan pembelajaran bahasa Jawa.
Upaya Menumbuhkan Kemandiran Guru dalam Profesinya Kasiyanto Kasiyanto
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 5, No 02: Desember 2001
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4315.964 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v5i02.5362

Abstract

Guru mempunyai oeranan penting dalam mendidik siswa, artinya bahwa keberhasilan siswa sedikit banyak tergantung kepada guru. oleh karena itu, sangat diperlukan guru yang profesional. untuk itu guru (1) harus mempunyai kemampuan akademik yang memadai dan keterampilan kependidikan yang cukup; (2) diberi peluang untuk melaksanakan ide-idenya demi memajukan pendidikan anak didiknya; (3) diperhatikan kesejahteraannya.
PENGEMBANGAN KREATIVTTAS SISWA SD MELALUI KEGIATAN BERCERITA Murtiningsih, Murtiningsih
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 5, No 02: Desember 2001
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4961.268 KB) | DOI: 10.21831/jig cope.v5i02.5357

Abstract

Potensi siswa perlu mendapat perhatian dan pencermatan yang mendalam, serta dikembangkan sedini mungkin. Potensi tersebut antara lain adalah daya kreativitas yang juga memerlukan penanganan serius. Pengembangan kreativitas siswa SD harus dilakukan secara intensif terutama data kegiatan pembelajaran di kelas atau sekolah. Untuk mengembangkan kreativitas siswa SD dalam pembelajaran di kelas, antara lain melalui kegiatan bercerita. Kegiatan bercerita dapat mengembangkan kreativitas siswa dan melatih siswa untuk berpikir kritis, kreatif, bertanggung jawab, serta sikap menghargai. Melalui cerita siswa dapat berkomunikasi secara langsung, tumbuh daya imajinasi, dan kreasi siswa terbina serta terarah. Berbagai alat untuk mengembangkan keativitas bercerita pada siswa SD antara lain, (1) bercerita menggunakan gambar,(2) siswa membaca langsung dari buku cerita, dan (3) bercerita dengan menggunakan papan planel.
PENGEMBANGAN PETA PENGETAHUAN (MENTAL MAP) MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME Slamet Suyanto
Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif Vol 5, No 02: Desember 2001
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jig cope.v5i02.5358

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas(PTK) ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa menstrukturisasi pengetahuan hasil belajarnya dengan cara menggambarkan peta pengetahuannya (mental map). untuk memacu perkembangan kemampuan mahasiswa tersebut digunakan pendektatan konstruktivisme melalui tiga tahap (three steps of constructivist learning) sebagaimana yang dikembangkan di Jepang. Sebanyak 55 mahasiswa yang mengambil matakuliah Pendidikan Biologi terlihat sebagai subjek dalam penelitian ini. penelitian menggunakan dua siklus. Siklus pertama mengambil topik Biologi dalam Pendidikan Biologi, siklus kedua mengambil topik siswa sebagai subjek belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 6