cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Rekayasa Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 31 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-89 Periode 2 Tahun 2017" : 31 Documents clear
STUDI POLA OPERASI WADUK WONOREJO UNTUK PLTA CHRISTANTY SUHARTO, PANDRA
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-89 Periode 2 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Waduk wonorejo merupakan salah satu Waduk serbaguna  yang  dibangun pada ketinggian El. +140,00 m dan terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Waduk Wonorejo merupakan waduk tahunan yang menampung air di saat musim hujan dan memanfaatkannya pada musim kemarau. Selain untuk menampung air, Waduk Wonorejo juga dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik tenaga air (PLTA) sebesar 6,30 MW dengan menggunakan 1 unit turbin tipe Horis dan tanpa genarator. Seiring  dengan pertambahan penduduk dan aktivitas manusia, terjadi perubahan tata guna lahan di sekitar daerah aliran sungai (DAS) Bodeng dan Sungai Wangi. Dampak yang terjadi pada Waduk Wonorejo akibat dari perubahan tata guna lahan tersebut, yaitu terjadinya perbedaan besar debit inflow saat musim kemarau atau musim penghujan sehingga debit outflow untuk pengendali banjir dan PLTA juga berubah-ubah. Oleh karena itu perlu adanya suatu studi mengenai pola operasi Waduk Wonorejo khususnya besarnya debit untuk keperluan pembangkit listrik tenaga air dan debit sungai yang menyuplai tampungan waduk. Di dalam studi ini, analisa yang mucul adalah Debit outflow yang keluar menuju intake yang muncul setelah dilakukan analisis untuk keperluan PLTA adalah antara 3,174 m3/dt sampai 11,128 m3/dt. Dimana debit andalannya adalah 3,942. Hal ini disebabkan oleh curah hujan yang berbeda sehingga debit yang keluar menyesuaikan dengan curah hujan yang ada. Debit yang masuk dari sungai setelah dilakukan perhitungan dengan metode FJ. Mock adalah antara 0,94 m3/dt sampai 16,99 m3/dt. Dimana debit andalannya adalah 1,833 m3/dt. Setelah dilakukan rekaya untuk menyesuaikan debit yang masuk dan yang keluar, debit outflow perlu dikurangi sampai memenuhi rentan 3,942 m3/dt – 5,00 m3/dt, yang kemudian sisanya dapat disimpan dan dialokasikan ke bulan lain yang kekurangan. Kata Kunci: outflow, inflow, FJ. Mock Abstract Wonorejo Reservoir is one of the multipurpose reservoirs are built at an altitude El. +140.00 M and the located in the village of Wonorejo, District Pagerwojo, Tulungagung, East Java province, Indonesia. Reservoir Wonorejo an annual reservoirs that hold water in the rainy season and use it during the dry season. In addition to accommodate the water reservoir Wonorejo also used for hydroelectric power generation (hydropower) amounted to 6.30 MW turbine unit by using one type of Horis and without Genarator. Along with the growth of population and human activities, changes in land use around watersheds (DAS) Bodeng and  Wangi River. The impact that occurs in Reservoir Wonorejo result of changes in land use, namely the huge differences inflow debit during the dry season or the rainy season, so that the outflow discharge for hydropower is also changing. Hence the need for a study on the operation pattern Wonorejo reservoir for hydroelectric power plants. In this study, the analysis is Debit outflows appear out towards the intake that emerged after the analysis for the purposes of hydropower is between 3.174 m3 / sec up to 11.128 m3 / sec. Where the discharge flagship is 3,942. This is caused by the different rainfall that discharge out to adjust the existing rainfall. Debit entry of the river after the calculation method of the FJ. Mock is between 0.94 m3 / s to 16.99 m3 / s. Where flagship discharge is 1,833 m3 / sec. After discharge rekaya to adjust incoming and outgoing, outflow discharge vulnerable need to be reduced to meet the 3,942 m3 / sec - 5.00 m3 / s, then the rest can be stored and allocated to another month deficient. Key Word: outflow, inflow, FJ. Mock
PENGARUH PENYIRAMAN TERHADAP KUAT TEKAN DAN PERMEABILITAS PAVING STONE GEOPOLYMER BERBAHAN DASAR ABU TERBANG EKO KURNIAWAN, RADITYA
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-89 Periode 2 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dari berbagai jenis material bangunan yang dapat mencemari lingkungan, salah satu yang paling sering digunakan adalah semen. Seperti yang kita ketahui, semen adalah material pokok yang selalu digunakan pada setiap kegiatan pembangunan, sehingga kebutuhan akan semen akan selalu meningkat. Dengan meningkatnya kebutuhan semen, berakibat meninggkatnya pula produksi semen dimana dalam produksi semen menghasilkan karbondioksida yang berdampak mencemari lingkungan (Manuahe R, 2014) Untuk mengurangi penggunaan semen sebagai material bangunan, dewasa ini telah di terapkan sebuah inovasi baru yang ramah lingkungan, yaitu bangunan yang bersifat geopolymer. Dikatakan geopolymer, karena tidak menggunakan semen akan tetapi menggunakan material alternatif yang banyak mengandung unsur silika dan alumia. Salah satu limbah yang berpotensi tersebut adalah fly ash/ abu terbang. Pada penelitian ini akan dibuat paving stone geopolymer dengan pasir sebagai bahan dasarnya, abu terbang dan kapur akan berfungsi sebagai subtitusi semen, dan ditambahkan sodium silika (Na2SiO3) dan sodium hidroksida (NaOH) 10Molar. Tiga metode proses curing yang diterapkan, yaitu penyiraman satu kali sehari, dua kali sehari, dan melakukan perendaman penuh. Komposisi optimum didapatkan oleh perbandingan 0,7 abu terbang: 0,3 kapur: 3 pasir, dengan nilai kuat tekan 20,32 MPa, nilai permeabilitas 9,00 %, dan nilai ketahanan aus 0,1 mm/menit, sehingga paving stone  memenuhi syarat mutu kelas B sesuai pada SNI 03-0691-1996. Kata kunci : abu terbang, kapur, geopolymer, paving, penyiraman Abstract Through various types of construction materials that can pollute the environment,  one of the most frequently used is cement. As we know, cement is the basic material that always used in any development activities, so the demand of cement will increase. With the increasing cement demand,  consequently increasing cement production where in the production of cement produces carbon dioxide that can polluting the environment. To reduce the use of cement as a building material, it has currently implemented a new innovation-friendly environment, which is a building with geopolymer property. It said geopolymer, because not using cement but using alternative materials that contain many elements of silica and alumia. One of the potential waste is fly ash. In this study will be made of paving stone geopolymer with sand as basic materials, fly ash and lime will serve as a cement substitute, then added sodium silica (Na2SiO3) and sodium hydroxide (NaOH) 10Molar. Three methods of curing applied, that is watering once a day, twice a day, and do a full submersion. The optimum composition obtained by ratio of 0.7 fly ash: 0,3 lime: 3 sand, with a value of compressive strength 20.32 MPa, permeability value of 9.00%, and the wear resistance value of 0.1 mm / min, so paving stone meet quality requirements grade B according to the SNI 03-0691-1996. Keywords : fly ash, lime, geopolymer, paving, watering.
PEMANFAATAN BATU APUNG DALAM PEMBUATAN BETON RINGAN DENGAN PENAMBAHAN LUMPUR SIDOARJO (LUSI) SEBAGAI SUBTITUSI AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TEKAN DAN POROSITAS RAUF ALFANSURI, ABDUL
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-89 Periode 2 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring dengan berkembangnya jaman banyaknya penggunaan beton dalam konstruksi akan mengakibatkan meningkatnya kebutuhan material pembentuk beton, sehingga memicu pengeksplorasian penambangan bahan material yang berlebihan. Pemakaian beton ringan dalam berbagai aplikasi teknologi konstruksi modern meningkat sangat cepat. Berbagai keuntungannya yaitu, pemakaian bahan material lain sebagai pengganti bahan dasar beton serta berat jenis yang lebih kecil. Alternatif yang digunakan guna mengatasi masalah tersebut yaitu menggunakan batu apung sebagai agregat kasar untuk mereduksi berat isi beton menjadi beton ringan dan memanfaatkan limbah lumpur sidoarjo (lusi) sebagai subtitusi agregat halus. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh dan kadar optimum pemanfaatan Lumpur Sidoarjo (Lusi) sebagai substitusi agregat halus dengan pemnfaatan batu apung dalam pembuatan beton ringan terhadap kuat tekan dan porositas. Penelitian ini menggunakan kuat tekan rencana f’c 16,60 MPa. Benda uji berupa silinder beton ukuran 10x20 cm. setiap variasi adukan berjumlah 5 buah benda uji. Proses pengujian kuat tekan dan porositas dilakukan pada umur 28 hari. Proporsi campuran beton ringan sebanyak 6 variasi adukan. Batu apung sebagai agregat kasar dengan ukuran 5-10 mm dan variasi bahan tambah Lumpur Sidoarjo (Lusi) sebagai substitusi agregat halus sebesar 0%, 5%, 10%, 20%, 30% dan 40%. Pengolahan lumpur sidoarjo (lusi) dengan cara pengeringan oven pada suhu 110 ºC, selanjutnya digiling dan lolos ayakan no.4. Hasil penelitian menunjukkan penambahan variasi lusi sebesar 5%-10% mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kuat tekan dan penurunan porositas beton ringan, selanjutnya pada penambahan lusi sebesar 20%, 30% dan 40% cenderung mengalami penurunan kuat tekan dan peningkatan porositas beton ringan.  Sedangkan, kadar optimum penambahan lusi terhadap kuat tekan tertinggi dan porositas terendah terjadi pada penambahan lusi sebesar 5% diperoleh rata-rata kuat tekan sebesar 17,87 MPa dan porositas 3,87%. Dari hasil penelitian ini, maka bisa direkomendasikan untuk diaplikasikan sebagai beton kelas II, paving block mutu C dan bata beton pejal mutu I. Kata Kunci: Batu apung, lumpur sidoarjo, subtitusi, kuat tekan, porositas, beton ringan. Abstract Concretes into construction material much used as along with the development era causes of increasing needed for concrete forming material, then triggering exploratory of mining materials are excessive. Lightweight concrete is increasing very fast as use in various application of modern construction technology. The advantages are, the use of other materials replacement of concrete basic material and smaller density. Problem solving alternative is by pumice using as coarse aggregate to reduce content weight concrete into leightweight concrete and the utilization sidoarjo mudflow (lusi) as a fine aggregate substitution. This research was pupose to find the influence and optimum utilization of sidoarjo mudflow as fine aggregate subtitution with a pumice utilization of leightweight concrete in compressive strength and porosity. This research using compressive strength plan f’c 16,60 MPa. The cylinder size of test specimen concrete is 10x20 cm. Mortar variation is 5 specimen. The compressive testing and porosity process performed at at the age of 28 days. The proportion of a mixture of lightweight concrete is 6 variation. The pumice as coarse aggregate with a size of 5-10 mm and sidoarjo mudflow (lusi) variation as a fine aggregate substitution of 0%, 5%, 10%, 20%, 30% and 40%. Sidoarjo mudflow (lusi) processing with drying oven at a temperature of 110ºC, then milled and sieve no.4. The result showed adding more variation lusi of 5%-10% have influence on increased compressive strenght and decreased porosity of lightweight concrete. Next to adding lusi of 20%, 30% and 40% was decreasing compressive strength and improving porosity of lightweight concrete. While, the additional optimum level of lusi in highest compressive strength and the lowest porosity is occurs in adding lusi of 5% obtained compressive strength by 17,87 MPa and porosity 3,87%. From the result this research, cen be recommended to be applied as class II of concrete, quality C of paving block and quality I of solid concrete brick. Key words: pumice, sidoarjo mudflow, subtitution, compressive strength, porosity, lightweight concrete
ANALISA SISA MATERIAL DAN PENANGANANNYA PADA PROYEK APARTEMEN ROYAL CITYLOFT SURABAYA ALFIN AHFIYATNA, M
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-89 Periode 2 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada pelaksanaan proyek, Sisa material (waste) tidak dapat dihindari namun dapat diminimalkan jumlahnya. Penyebabnya beragam mulai dari faktor tenaga kerja, desan, metode, hingga pengadaan barang. Pada pelaksanaan proyek apartemen Royal Citylfoyt Surabaya ditemukan sisa-sisa material yang menumpuk pada lokasi proyek seperti besi, pipa, dan kayu. Untuk itu, dibutuhkan perhitungan secara teliti mengenai sisa material yang dihasilkan selama proyek berlangsung baik dari segi jumlah dan biaya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui nilai waste level dan waste cost, persentase waste terhadap nilai proyek, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya waste, serta upaya penanganan untuk meminimalkan terjadinya sisa material (waste). Dari hasil penelitian, material-material yang memiliki nilai waste besar dari hasil analisa pareto diantaranya Besi Ø8, Besi D19, Semen PC, Bata ringan 600x200x100cm Ex.Blesscon, Cat Acrylic Emulsion, Besi D10, Cat Acrylic Latex, Keramik Platinum Ocra White 400x400cm, Besi D16, Multipleks 12mm, Pasir Pasang, Besi D13, Semen Instant UZIN TB, Besi D22, Batako 20x40x10cm, Plamir, Semen Instant UZIN SC dengan sisa material terbesar pada Besi Ø8 dengan nilai waste level 19,69% dan waste cost Rp. 148.321.150,19. Kemudian, besar persentase waste terhadap nilai proyek sebesar 2,750%. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya waste diantaranya: material yang terlalu cepat datang, kurang pengawasan saat pelaksanaan pekerjaan, adanya perubahan desain, kurangnya pemahaman pekerja terhadap metode pekerjaan, kesalahan metode, material yang tidak tahan dengan cuaca, ruang penyimpanan gudang yang terbatas, petalatan yang tidak valid, adanya pembongkaran di lapangan, kerusakan saat pengangkutan, kehilangan saat pelaksanaan, serta keterlambatan proyek. Upaya penanganan sisa material (waste) yang dapat dilakukan diantaranya: membuat rencana perhitungan dan penanganan material sisa, memberikan pelatihan kepada pekerja mengenai metode pekerjaan, penyediaan tempat yang memadai untuk material, penggunaan material untuk peralatan atau pekerjaan lain, pengalihan material ke proyek lain jika masih bisa digunakan, mendaur ulang material kepada pihak lain. Kata kunci: sisa material, waste level, waste cost. Abstract On construction projects, waste material could not be avoided but could be minimized in quntity. Three are variety causes from manpower factors, designs, methods, and procurements. In project apartment Royal Cityloft in Surabaya were found the remnants of material that has accumulated in the project site, such as steels, pipes, and woods. Therefore, we need a thorough calculation of waste materials during construction, both the quantity and cost. This study aims to find out the value of waste level and waste costs, the percentage of waste toward value of the project, factors that cause waste, as well as efforts to minimize waste materials (waste). The research shows that, materials which have a greater value from Pareto analysis are Steel bar Ø8, Steel bar D19, Portland Cement , Brick 600x200x100cm Ex. Blesscon, Paint Acrylic Emulsion, Steel bar D10, Paint Acrylic Latex, Ceramics Platinum Ocra White 400x400cm, Steel bar D16, Multiplex 12mm, Sand, Steel bar D13, Instant Cement UZIN TB, Steel bar D22, Brick 20x40x10cm, Plamir, Instant Cement UZIN SC, with the most waste material is steel bar Ø8 with value of waste level by 19.69% and waste cost Rp. 148.321.150,19. Then, the percentage of waste to the project value is 2.750%. Factors that causing waste materials are: materials that arrives earlier, lack of supervision during working, changes of the design, lack of understanding from workers towards work methods, misuse of methods, materials which are not resistant to weather, storage space is limited, machine and equipment which could not be used, there is demolition on the ground, damage during transport, losses during construction, as well as project delays. The handling of waste material that could be do such as: making a plan for calculation and handling of waste materials, provide a training to workers about methods of work, provide an adequate place for materials, use materials as tools or other work, transfer the materials to another project if it still useful, recycle materials to other parties. Keywords: waste material, waste level, waste cost.
ANALISIS NILAI PRODUKTIVITAS PEKERJAAN PEMASANGAN DINDING PRECAST PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT FEBRI DEWI U, FANI
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-89 Periode 2 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prefabrication system yang outputnya adalah produk precast concrete (beton pracetak), merupakan solusi yang mulai banyak digunakan untuk mendukung peningkatan produktivitas pekerjaan dalam sebuah proyek konstruksi. Salah satu produk yang dihasilkan adalah dinding precast. Dinding precast memiliki beberapa keuntungan yaitu kualitas dan mutu yang baik serta menghasilkan cost saving yang cukup tinggi. Produktivitas pekerjaan sangat berperan penting sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan terlaksananya sebuah proyek konstruksi, dimana keberhasilan tersebut ditunjukkan melalui produktivitas pekerjaan yang tinggi dan terselesaikannya sebuah rangkaian pekerjaan tepat waktu atau bahkan selesai sebelum waktu yang telah direncanakan. Nilai produktivitas pekerjaan pemasangan dinding precast dalam penelitian ini dianalisis menggunakan salah satu metode menurut (Thomas 2000) yaitu metode unit completed. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui metode kerja pemasangan dinding precast, produktivitas pekerjaan pesangan dinding precast, faktor-faktor yang berpengaruh serta besar workhours lost yang disebabkan oleh faktor-faktor tersebut. Faktor-faktor tersebut antara lain environment, equipment, labor, material dan management. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Ketiga teknik tersebut digunakan untuk mengetahui metode kerja pemasangan dinding precast, memperoleh data kuantitatif produktivitas pemasangan dinding precast serta data kondisi faktor yang terjadi pada hari pengamatan dilakukan untuk kemudian dilakukan analisis menggunakan metode unit completed. Hasil penelitian menunjukkan metode kerja pemasangan dinding precast terdiri dari proses persiapan, pemasangan dan perapihan. Produktivitas rata-rata pekerjaan pemasangan dinding precast adalah 7,74 m2/jam/kelompok dengan produktivitas pekerja sebesar 12,24 m2/orang/hari. Faktor yang paling berpengaruh terhadap produktivitas adalah faktor management sedangkan workhours lost paling besar disebabkan oleh faktor equipment sebesar 4,84 jam/hari. Kata kunci : Dinding Precast, Produktivitas, Unit completed, Workhour lost. Abstract Prefabrication system which output product is precast concrete was a solution that started being used to support the increase of productivity in a construction project. One of resulting product is a precast wall. Precast wall have some advantage such as good quality and high cost saving. Productivity is very important to measure the successful implementation of a construction project, where it’s shown through the high productivity and completion the series of work on time or finish before deadline. The value of precast wall installation were analyzed using one of the methods by (Thomas, 2000) and one of the methods used is unit completed. The purpose of this research is to find out the working methods of precast wall installment, influence factors and the value of workhours lost that caused by the factors. These factor are environment, equipment, labor, material and management. This research method is quantitative descriptive. Data collected using the method of documentation, observation and interviews. Three of these technique is used to determine the precast wall installment method, to obtaining quantitative data of installation productivity and condition of factors that occurred on the day the observation done  which then  it will be analyzed using unit completed method. The conclusion of the research show that the methods of precast wall installment are starting from preparation, installation and finishing. The average productivity of precast wall installment is 7,74 m2/hour/group and the average of labor productivity is 12,24 m2/person/day. The most influential factor on productivity is management factor, and the biggest workhours lost was caused by equipment factor is 4,84 hours/day. Key words: Precast wall, Productivity, Unit completed, Workhour lost.
PRODUKTIVITAS KELOMPOK KERJA PEMASANGAN BEKISTING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA PADA PROYEK GEDUNG BERTINGKAT DI WILAYAH SURABAYA ASTRI WIDYAWATI, RIZKY
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-89 Periode 2 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk mengejar target pekerjaan konstruksit maka diharapkan  kelompok kerja pekerjaan konstruksi memiliki produktivitas yang tinggi agar target proyek terpenuhi. Pada proses pengerjaan pekerjaan bekisting diperlukan tenaga kerja yang ahli dalam bidang pekerjaan tersebut. Pekerjaan bekisting yang akan diteliti pada penelitian ini adalah bekisting kolom, balok dan pelat lantai. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui produktivitas kelompok kerja pemasangan bekisting pada proyek gedung bertingkat di wilayah Surabaya dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi produktivitas kelompok kerja pemasangan bekisting. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif.. Untuk menghitung produktivitas digunakan analisa data menggunakan metode Level of Effort dengan tahapan antara lain, mencari volume harian, mencari bobot pekerjaan, mencari produktivitas per pekerjaan, mencari produktivitas harian, mencari produktivitas baseline, mencari produktivitas kumulatif, dan terakhir mencari produktivitas direct work. Untuk membantu perhitungan produktivitas dan faktor yang mempengaruhinya dilakukan analisa regresi berganda dengan bantuan program SPSS 23 dengan variabel pendidikan (X1), usia (X2), upah (X3), letak material (X4),pengalaman kerja (X5),  sistem managemen proyek (X6), kesehatan pekerja (X7) Produktivitas kelompok kerja pada pekerjaan pemasangan bekisting dengan menggunakan metode level of effort diperoleh hasil sebagai berikut, produktivitas pada proyek Swissbell Hotel yaitu 0,33 m²/jam, produktivitas pada proyek Grand Sungkono Lagoon yaitu 0,41 m²/jam, produktivitas pada proyek My Tower Hotel yaitu 0,54  m²/jam, produktivitas pada proyek Hotel Amaris yaitu 1,24  m²/jam, produktivitas pada proyek One Section  yaitu 0,39 m²/jam dengan rata-rata 0,38 m²/jam . Sedangkan hasil produktivitas per sub pekerjaan rata-ratanya adalah untuk pekerjaan scaffolding hasilnya 0,49 m²/jam; pekerjaan balok hasilnya 0,43 m²/jam; pekerjaan pelat 0,30 m²/jam; dan pekerjaan kolom hasilnya 0,17 m²/jam. Dari hasil perhitungan regresi dengan bantuan program SPSS, dari 7 faktor yang diasumsikan mempengaruhi produktivitas bekisting terdapat 4 faktor yang paling mempengaruhi produktivitas bekisting pada proyek yang telah diamati yaitu faktor pendidikan, faktor usia, faktor upah dan faktor pengalaman kerja. Dari variabel yang berpengaruh tersebut diketahui model produktivitas yaitu Y =  - 0,010 X1 – 0,010 X2 – 0,037 X3 + 0,017 X5 + 0,563 Kata kunci: produktivitas, bekisting, level of effort   Abstract To pursue employment targets it is expected the working group of construction work has high productivity that project targets are met. In the process of work is necessary formwork workers who are experts in that field. Formwork jobs that will be examined in this study were formwork columns, beams and floor slabs. The purpose of the research conducted is to determine the productivity of the working group on the installation of formwork rise building projects in Surabaya and determine the factors that influence the productivity of the working group on the installation of formwork rise building projects in the area of ??Surabaya. The method used in this research is quantitative descriptive analysis. To calculate productivity data analysis using the Level of Effort by stage, among others, seek daily volume, looking for a job weights, seeking productivity per job, look for daily productivity, seeking productivity baseline , seeking cumulative productivity, and lastly direct search for productivity work. To help the calculation of productivity and factors affecting performed multiple regression analysis with SPSS 23 with the education variable (X1), age (X2), wages (X3), the location of the material (X4), work experience (X5), system management projects ( X6), health workers (X7) Productivity working group on formwork installation work using the level of effort is obtained the following results, the productivity of the project Swissbell Hotel is 0.33 m² / hour, productivity in Grand Sungkono Lagoon project which is 0.41 m² / hr, the productivity of the project My Tower Hotel is 0.54 m² / hr, the productivity of the project Amaris is 1.24 m² / h, productivity in Section One project that is 0.39 m² / hour with an average of 0.38 m² / hour. While the results of productivity per sub jobs mean is to work scaffolding result of 0.49 m² / hour; blocks of work the result of 0.43 m² / hour; work plate 0,30 m² / hour; and the work of the results column of 0.17 m² / hour. From the calculation of regression with SPSS, from 7 factors that are assumed to affect the productivity of the formwork, there are 4 factors that most affect the productivity of the formwork on the project wherewith observed that the education factor, the age factor, the factor of wages and work experience factors. Of the variables that are known model of productivity is Y =  - 0,010 X1 – 0,010 X2 – 0,037 X3 + 0,017 X5 + 0,563 Keywords: productivity, formwork, level of effort
MODEL HUBUNGAN ANTARA KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DAN KOMPOSISI LALU LINTAS PADA JALAN PROVINSI DI KABUPATEN MOJOKERTO (STUDI KASUS: JL. RAYA MLIRIP, JL. MAGERSARI-NGARES KIDUL, JL. RAYA GEMPOLKEREP) INKASARI, RIZKI
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-89 Periode 2 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kerusakan perkerasan lentur adalah kondisi jalan aspal yang sudah tidak sempurna (baik, utuh) lagi. Komposisi lalu lintas adalah nilai dari volume lalu lintas per kendaraan dikalikan dengan nilai Vehicle Damage Factor (VDF). Kendaraan niaga dapat menimbulkan masalah kerusakan pada ruas jalan, hal ini disebabkan oleh kendaraan niaga memiliki nilai Faktor Kerusakan Kendaraan (Vehicle Damage Factor/VDF) yang cukup tinggi. Menurut Hadiyatmo (2007:162), hal ini disebabkan oleh faktor kelelahan akibat beban lalu lintas berlebihan yang terjadi secara berulang. Penelitian ini bertujuan untuk mencari model hubungan antara kerusakan perkerasan lentur dan komposisi lalu lintas pada jalan provinsi di Kabupaten Mojokerto menggunakan Metode Bina Marga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausalitas kuantitatif. Sasaran penelitian ini adalah Jalan Raya Mlirip, Jalan Magersari-Ngares Kidul, Jalan Raya Gempolkerep. Metode pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : (1) nilai kerusakan perkerasan masing-masing ruas jalan, antara lain: Jalan Magersari-Ngareskidul arah Barat ke Timur sebesar 145, sedangkan arah Timur ke Barat sebesar 90, Jalan Raya Mlirip arah Barat ke Timur sebesar 113, sedangkan arah Timur ke Barat sebesar 108, Jalan Raya Gempolkerep arah Selatan ke Utara sebesar 135, sedangkan arah Utara ke Selatan sebesar 110. (2) model hubungan antara kerusakan perkerasan lentur dan komposisi lalu lintas pada ruas Jalan Magersari-Ngareskidul adalah Y = 2,698X + 133,323 dengan R2 sebesar 0,860, pada ruas Jalan Raya Mlirip adalah Y = 0,161X + 112,685 dengan R2 sebesar 0,846, pada ruas Jalan Raya Gempolkerep adalah Y = 0,748X + 132,546 dengan R2 sebesar 0,851, pada ruas gabungan (Jl. Magersari-Ngareskidul, Jl. Raya Mlirip, Jl. Raya Gempolkerep) tidak adanya hubungan antara variabel komposisi lalu lintas dan variabel kerusakan perkerasan jika ketiga ruas digabungkan yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi > 0,05, hal ini bisa terjadi kemungkinan akibat perbedaan kondisi lingkungan seperti: tebal perkerasan jalan, kekuatan tanah dasar, komposisi bahan penyusun perkerasan, kondisi drainase dan faktor lainnya yang mengakibatkan ruas jalan satu dengan lainnya memiliki perilaku berbeda jika di lewati dengan tegangan berulang kendaraan yang sama. Kata kunci: Model, Perkerasan, Kendaraan, Lalu Lintas Abstract  Damage of flexible roughness is the condition of the asphalt road that was not perfect (well, whole) again. Traffic composition is the value of the volume of traffic per vehicle multiplied with the value of the Vehicle Damage Factor (VDF).Commercial vehicle damage can cause problems on roads, it is caused by vehicle malfunction has a value of Vehicle Damage Factor (VDF) are quite high. According to Hadiyatmo (2007:162), this is caused by exhaustion due to excessive traffic loads that occur repeatedly. This research aims to find the model of the relationship between the damage of flexible roughness and traffic composition on provincial road in Mojokerto using Bina Marga Method. This research is a type of quantitative research of causality. The target of this research is Mlirip Highway, Magersari-Ngares Kidul Highway, Gempolkerep Highway. Method of data collection by observation and documentation. The results of this research are: (1) the value of the damage to the roughness of the respective roads, among: Ngareskidul-Magersari from West to East amounting to 145, while from East to West amounting to 90, Mlirip Highway from West to East amounting to 113, while from East to West amounting to 108, Gempolkerep Highway from South to North amounting to 135, while from North to South amounting to 110. (2) the model of the relationship between the damage of flexible roughness and traffic composition on road of Magersari-Ngareskidul is Y = 2,698X + 133.323 with R2 amounting to 0.860, on a section of Highway Mlirip is Y = 0,161X + 112.685 with R2 amounting to 0.846, in the section of the Highway Gempolkerep is Y = 0,748X + 132.546 with R2 amounting to 0.851, on sections combined (Magersari-Ngareskidul Road, Mlirip Highway, Gempolkerep Highway) has nothing relationship between variable traffic compositions and variable damage of roughness if the third section combined, it was indicated by the significant value > 0.05, this could happen possibly due to the difference in environmental conditions such as: thick road roughness, the strength of the soil base, the composition of the constituent material roughness, drainage conditions and other factors that result in roads with each other has different behaviour if it is crossed by repetitive load with the same vehicle. Keywords: Model, Roughness, Traffic, Vehicle.
ANALISIS PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN RANGKA BAJA MODEL K-TRUSS KUSUMO, NDARU
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-89 Periode 2 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perencanaan struktur jembatan yang ekonomis dan memenuhi syarat teknis ditinjau dari segi keamanan sangat penting untuk diupayakan, agar struktur jembatan yang dihasilkan layak digunakan dan memberikan rasa aman bagi penggunanya. Pada penelitian ini peneliti bermaksud untuk merencanakan konstruksi jembatan dengan menggunakan model K-Truss. Jembatan direncanakan sepanjang 60,00, lebar 9,00 m, dengan jalan 2 lajur selebar 6,00 m Peraturan pembebanan yang dipakai  mengacu  pada Standar Nasional Indonesia (SNI) T-02-2005, T-03-2005 , T-12-2004, dan Bridge Design Manual Bridge Management System (BMS). 1992. Dengan perencanaan struktur atas jembatan mengacu pada peraturan AISC – LRFD. Perencanaan awal dimulai dari perhitungan lantai kendaraan. kemudian dilakukan perencanaan gelagar memanjang dan melintang. Selanjutnya dilakukan perhitungan menggunakan program SAP untuk menghitung gaya gaya yang bekerja pada jembatan untuk menghitung ikatan angin, dan portal yang digunakan dalam jembatan Perencanaan dan perhitungan dengan metode LRFD didapatkan penampang untuk rangka yaitu WF 400.400.45.70, gelagar melintang menggunakan WF 800.300.16.30, dan gelagar memanjang menggunakan WF 400.300.9.14. Kata Kunci: Jembatan KTRUSS, LRFD, SAP Abstract Planning the structure of the bridge economically and safety is important thing to be pursued, in order for the produced bridge can be fit for use and provide security for its users. In this study, researchers intend to analyze the planning of an K-TRUSS model. The bridge  planned 60,00m long , 9.00 m wide, with 6,00 m for two-lane road. Regulations for bridge loading refers to the Indonesian National Standard (SNI) T-02-2005, 03-2005-T, T-12-2004, and Bridge Design Manual Bridge Management System (BMS). 1992. With the planning structure of the bridge based on AISC - LRFD. The early stage planning is the calculation of the vehicle floor, then the planning of longitudinal girders and cross girders. Furthermore using SAP program to calculate the working forces on the bridge to calculate wind bonding,  and portal used in bridges Planning and calculation with LRFD method obtained profiles for frame sections using steel WF 400.400.45.70,  cross girder using WF 800.300.16.30, and a longitudinal girder using WF 400.300.9.14. Keywords: K-TRUSS bridge, LRFD, SAP
PENGARUH PEMANFAATAN LIMBAH ASBES SEBAGAI BAHAN TAMBAH CAMPURAN BETON TERHADAP  KUAT TEKAN DAN MODULUS ELATISITAS BETON TRISWASONO, LIGA
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-89 Periode 2 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kuat Tekan dan Modulus Elastisitas beton merupakan parameter utama untuk menentukan mutu beton. Kuat Tekan merupakan kemampuan beton tersebut dalam menahan beban yang dipikulnya. Tolak ukur yang umum dari sifat elastic suatu bahan adalah modulus elastisitas beton yang merupakan perbandingan dari tekanan yang diberikan dengan perubahan bentuk persatuan panjang sebagai akibat dari tekanan yang diberikan. Mutu beton yang akan diteliti adalah K225 (18,67 MPa), dengan variasi penambahan limbah asbes mulai dari 0%, 5%, 10%, 15% . beton yang akan diuji berumur 3, 7, 14,dan 28 hari, suhu ruangan yang digunakan sebesar 20-40 derajat celcius. Spesimen yang digunakan adalah berbentuk silinder dengan diameter 10 cm dan tinggi 20 cm dengan masing -masing variabel 3 benda uji. Bentuk pengujiannya dengan cara mengukur tegangan dengan alat Dial Gauge dan mengukur regangan dengan Dial Indicator.  Kuat Tekan beton beton normal pada umur 28 hari, yaitu 19.04 MPa pada regangan 0.0020+0.0003 mm. Kuat Tekan maksimum campuran 5% limbah asbes sebesar 19,49 MPa pada regangan 0.00270+0.00030. Kuat Tekan yang dihasilkan campuran 10% limbah asbes sebesar 18,54 MPa pada regangan 0.00270+0.00030. Pada beton campuran 15% limbah asbes  kuat tekannya sebesar 18,22 Mpa pada regangan 0.00265+0.00030.Dapat disimpulkan limbah asbes dapat meningkatkan kuat tekan yang optimumpnya pada campuran 5% limbah asbes dan juga meningkatkan sifat getas beton berbahan tambah limbah asbes. Kata Kunci: Kuat Tekan-Regangan, Limbah Asbes, Modulus Elastisitas Abstract Compressive Strength and Modulus of Elasticity of concrete is the main parameter for determining the quality of concrete. Compressive Strength is the ability of the concrete to withstand the burden of assuming. A common yardstick of elastic properties of a material is the modulus of elasticity of concrete which is the ratio of the pressure exerted by the change in the form of a long union as a result of pressure exerted. Quality of the concrete that will be examined is K225 (18.67 MPa), with the addition of asbestos waste variations ranging from 0%, 5%, 10%, 15%. concrete to be tested age of 3, 7, 14, and 28 days, the room temperature is used by 20-40 degrees Celsius. Specimens used is a cylinder with a diameter of 10 cm and 20 cm high with 3 variables -masing each test specimen. Forms of testing by measuring the voltage by means of Dial Gauge and measure strain with Dial Indicator. Concrete Compressive Strength of normal concrete at 28 days, which is 19:04 MPa at a stretch 0.0020 + 0.0003 mm. Compressive Strength maximum of 5% of asbestos waste mixture of 19.49 MPa at a stretch 0.00270 + 0.00030. Compressive Strength The resulting mixture of 10% of asbestos waste amounted to 18.54 MPa strain 0.00270 + 0.00030. In concrete mix 15% of asbestos waste compressive strength of 18.22 MPa at a stretch 0.00265 + 0.00030.Dapat concluded asbestos waste may increase compressive strength optimumpnya on a mixture of 5% asbestos waste and also improve the properties of concrete made of brittle asbestos waste added. Keywords: Compressive Strength-Strain, Asbestos Waste, Modulus of Elasticity
PENGOPTIMALAN PEMASANGAN JARAK ANTAR BAUT TERHADAP TERJADINYA CURLING PADA SAMBUNGAN PELAT YUDHA PRANATA, HENDRY
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-89 Periode 2 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sambungan sangat berperan penting dalam konstruksi baja, terutama dengan menggunakan baut. Oleh karena itu, masalah pengoptimalan pemasangan jarak antar baut terhadap terjadinya curling pada sambungan pelat perlu adanya berbagai percobaan dan perhitungan agar dapat meminimalkan terjadinya fenomena curling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku sambungan pelat dengan mengoptimalisasi jarak pemasangan posisi antar baut terhadap terjadinya curling dan mengetahui kerusakan apa yang akan terjadi. Kemudian untuk mengetahui kekuatan sambungan tarik pada pelat baja hot-rolled. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa dengan adanya pengoptimalisasian pemasangan letak jarak antar baut terhadap perilaku kegagalan sambungan yang pada awalnya bermula dari sambungan leleh hingga pelat mengalami robek dan putus. Tingkat kekuatan kuat tarik pada sambungan menjadi turun seiring dengan mengecilnya jarak pengoptimalisasian pemasangan antar baut begitu juga dengan fenomena curling yang terjadi, semakin besar jarak antar baut pada sambungan pelat maka semakin kecil fenomena curling yang terjadi. Sebaliknya, jika semakin kecil jarak antar baut pada sambungan pelat maka semakin besar fenomena curling yang terjadi. Dalam hal ini, kuat tarik yang paling ideal dan yang paling optimal tercapai pada jarak antar baut sebesar 65 mm yaitu sebesar 258 kN. Kata Kunci: sambungan, jarak antar baut, kuat tarik, fenomena curling. Abstract The form of connections are very important in steel contruction, which is primarily when it uses the bolts. Therefore, the problems with the optimazation of distance interbolt installation to the curling occurence in connection plate are need to be involve in any experiments and calculations in order to minimize the curling phenomenon occurence. The purpose of this research are to discover the plate connection behavior with optimizing the distance of interbolt position installation to the curling occurence and discover the damage that will be happen and then to discover the strength of pull connection in hot-rolled steel plate. The results of this researh show that use the optimization of distance interbolt installation to the failure connection behavior which is in the beginning it starts from the melt connection till the plate is tearing and breaking up. Level of the pull strength in the plate is low while the distance of optimization of interbolt installation is getting wane as same as the curling phenomenon which occured, the interbolts distance is bigger on the plate connection so the curling phenomenon which occured is smaller. Otherwise, if the interbolts distance is smaller in the plat connection so the curling phenomenon which occured is bigger. In this case, the most ideal and optimal of the pull strength which were reach on the interbolts distance at 65 milimeters is 258 kN. Keywords: connection, the distance of interbolts, pull strength, the curling phenomenon.

Page 1 of 4 | Total Record : 31