cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Rekayasa Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 54 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-88 Periode 1 Tahun 2017" : 54 Documents clear
ANALISIS PENAMBAHAN FLY ASH TERHADAP DAYA DUKUNG PONDASI DANGKAL PADA TANAH LEMPUNG EKSPANSIF DEWI AINUL MALA, PUSPA
Rekayasa Teknik Sipil Vol 1, No 1/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-88 Periode 1 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tanah memiliki pengaruh sangat besar terhadap struktur konstruksi bangunan di atasnya, baik itu konstruksi bangunan maupun konstruksi jalan. Stabilisasi tanah ekspansif sampai saat ini selalu diupayakan baik menyangkut bahan stabilisator maupun teknologi perbaikan tanah tersebut. Perbaikan tanah dengan menggunakan bahan tambahan sering digunakan guna memperbaiki sifat tanah tersebut. Karakteristik tanah yang kurang baik harus diperbaiki sehingga karakteristik tanah tersebut menjadi baik dari sebelumnya. Salah satu bahan tambahan yang digunakan yaitu Limbah Batubara (Fly Ash), karena Fly Ash dapat mempercepat pembentukan kekuatan tanah yang kurang stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penambahan Fly Ash pada tanah lempung terhadap nilai kuat tekan bebas (qu). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen di laboratorium dengan cara membuat benda uji yang ditambah dengan Fly Ash. Variasi campuran benda uji tersebut adalah 0%, 5%, 10%, 15% dan 20%. Dalam penelitian ini dilakukan berbagai macam test antara lain adalah test Atterberg, yaitu test Batas Cair dan test Batas Plastis untuk mengetahui nilai Indeks Plastisitas, test tes Spesific Gravity (GS) untuk mencari berat jenis tanah,  kemudian dilakukan tes Standart Proctor dan tes Unconfined Compression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar penambahan Fly Ash pada tanah lempung maka nilai daya dukung pondasi dangkalnya mengalami kenaikan. Pada tanah asli nilai daya dukung pondasi dangkal yang didapat sebesar 66,253 t/m², selanjutnya pencampuran 5% fly ash didapat nilai daya dukung pondasi dangkal sebesar 80,948 t/m² ,kemudian penambahan berikutnya 10% fly ash nilai daya dukung pondasi dangkal sebesar 102,038 t/m², penambahan 15% fly ash didapat nilai daya dukung pondasi dangkal  sebesar 114,178 t/m², sedangkan dengan penambahan 20% fly ash didapat nilai daya dukung pondasi dangkal sebesar 124,892 t/m². Dapat disimpulkan bahwa, semakin banyak penambahan fly ash pada tanah lempung ekspansif, maka semakin baik pula daya dukung tanah yang dihasilkan. Kata Kunci : Tanah lempung ekspansif, Fly Ash., Daya Dukung Pondasi Dangkal. Land has a very big influence on the structure of the building constructed on it; i.e building or road construction. The attempt of expansive soil stabilization is always related to the stabilizing materials and technologies of soil improvement. Additional substances are commonly used for improving the properties of soil. Unfavorable soil characteristics should be treated so that the characteristics of soil will get better. One of the additional material used is Coal Waste ( Fly Ash ); it is used because it can accelerate the formation of strength of less stable soil. This research aimed at determining to what extent the addition of fly ash on clay affected the unconfined compression strength. This research is an experimental research conducted in laboratories by making specimens that Fly Ash was added in. Variations of the specimen mixtures were 0 %, 5 %, 10 %, 15 %, and 20 %. In this research, a variety of tests was conducted,  such as Atterberg test; it is a test of liquid and plastic limit used for determining the value of plasticity index , Specific Gravity ( SG) test used for identifying heavy soil types, Standard Proctor and Unconfined Compression tests. The results showed that the higher the addition of fly ash on clay is, the higher the value of shallow foundation bearing capacity will become. In the native land, carrying capacity of shallow foundation was 66.253 t/m², the blending 5% of fly ash resulted in a value of the bearing capacity of shallow foundation of 80.948 t / m², the addition of 10 % of fly ash resulted in a value of carrying capacity of shallow foundation of 102.038 t/m², the addition of 15% of fly ash resulted in a value of the bearing capacity of shallow foundation of 114.178 t/m², the addition of 20% of fly ash resulted in a value of the bearing capacity of foundation shallow amounted to 124.892 t / m² . It can be concluded that greater addition of fly ash on expansive clay results in a better soil bearing capacity. Keywords: Expansive clays, Fly Ash., Shallow Foundation Bearing Capacity.
PEMANFAATAN SERAT KULIT JAGUNG SEBAGAI BAHAN CAMPURAN PEMBUATAN PLAFON ETERNIT ANGGA PRASETYO, DIAN
Rekayasa Teknik Sipil Vol 1, No 1/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-88 Periode 1 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil kekuatan fisis dan mekanis plafon yang menggunakan serat kulit jagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode uji laboratorium dan metode literatur kepustakaan. Data  dikumpulkan dengan cara  uji  laboratorium yaitu  uji kemampuan fisis meliputi tepi poting, permuaan, dan bidang potong, kemampuan digergaji, pengukuran panjang dan lebar, pengukuran tebal. Dan pengujian mekanis yang meliputi uji bobot isi, peenyerapan air, kerapatan air dan kuat lentur. Hasil penelitaan meenunjukkan bahwa untuk uji kemampuan fisis komposisi yang tidak sesuai dengan Sandart Industri Indonesia adalah komposisi 1 % SKJ, dan 1,4 % SKJ, dan 1,6 SKJ terjadi pecah di pojok plafon ketika dilakukan uji paku dan untuk benda uji yang lain sudah memenuhi Standart Industri Indonesia. Utuk uji kempuan mekanik plafon didapatkan untuk uji lentur komposisi kontrol (0%) sebesar 10,84 kg/cm² dan untuk benda uji yang menggunnakann komposisi penambahan serat kulit jagung paling stabil dan sesuai dengan Standart Industri Indonesia adalah 1,8 % SKJ dengan kekuatan lentur 100,187 kg/cm² dan 2 % SKJ dengan kekuatan lentur 110,862 kg/cm². Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa serat kulit jagung dapat digunakan sebagai  campuran pembuatan plafon eternit. Kata Kunci : Plafon Eternit, Jagung, Serat Kulit Jagung, Serat The purpose of this study was to obtain the results of physical and mechanical strength ceiling using corn husk fibers. The method used was a laboratory test method and the method library literature . Data collected by a laboratory test that is testing the physical capabilities include cutting edges , surfaces , and field pieces , sawed capabilities , measurements of length and width , thickness measurement . And mechanical testing that includes testing bulk density , water absorption , water density and bending strength . The results showed that in order to test the ability of physical composition that is not in accordance with Indonesia Industrial Standard is a composition of 1 %  SKJ, and 1,4 % SKJ, and 1,6 % of SKJ rupture in the corner of the ceiling when tested nail and for objects another test has met the Indonesian Industrial Standard . To test the ability of mechanical ceiling obtained for bending test control composition of 10,84 kg / cm² and for specimens using corn husk fiber composition of the addition of the most stable and according to the Standard Industrial Indonesia is 1,8 % SKJ with a flexural strength of 100,187 kg / cm² and 2 % of corn fiber skin with a flexural strength of 110,862 kg / cm² . therefore it can be concluded that the corn husk fiber can be used as an ingredient for the plasterboard ceiling . Keywords : Plasterboard Celling, Corn, Corn Hush Fiber, Fiber
PENGARUH PENAMBAHAN SERAT KULIT BAMBU PADA PLAFON GIPSUM DENGAN PEREKAT POLISTER EKO SUKOKO, TIANG
Rekayasa Teknik Sipil Vol 1, No 1/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-88 Periode 1 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian mengenai penambahan serat kulit bambu pada bahan baku pembuatan plafon gipsum adalah untuk memperkuat kekuatan plafon gipsum dari sebelumnya. Bambu dengan mudah ditemui di lingkungan sekitar sehingga bambu cukup pantas untuk dimanfaatkan sebagai penambahan serat untuk plafon gipsum. Metode yang digunakan pada penelitian tentang plafon gipsum kali ini adalah metode uji laboratorium dan pengumpulan literatur dari beberapa sumber. Dua metode yang sudah disebutkan tersebut diharapkan bisa memberikan data yang akurat dan teliti pada hasil penelitian yang dilakukan. Penelitian mengenai plafon gipsum dengan penambahan serat kulit bambu berresin polister dengan lima komposisi yang berbeda ini memberikan hasil yang hampir sama. Berikut hasil dari penelitian yang dilakukan : serat kulit bambu ori memiliki daya serap sebesar 33,33 %, bobot isi nyata sebesar 1,5 gr/cm³, bobot isi kering oven 1 gr/cm³, dan bobot isi kering permukaan sebesar 1,3 gr/cm³. Uji kuat lentur tertinggi dihasilkan oleh plagfon gipsum dengan serat bambu sebesar 60 gram dengan kemampuan sebesar 113,62 kg/cm² bobot isi sebesar 0,599 gr/cm³ penyerapan air sebesar 77,46 %, berikutnya kontrol dengan kemampuan lentur sebesar 102,75 kg/cm² bobot isi sebesar 0,596 gr/cm³ penyerapan air sebesar 77,54 %, yang ketiga komposisi 80 gram dengan kemampuan lentur sebesar 81,46 kg/cm² bobot isi sebesar 0,556 gr/cm³ penyerapan air sebesar 98,93 %, urutan keempat komposisi 40 gram dengan kemampuan lentur sebesar 81,19 kg/cm² bobot isi sebesar 0,565 gr/cm³ penyerapan air sebesar 84,45%, yang terakhir adalah komposisi 100 gram dengan kemampuan sebesar 77,09 kg/cm² bobot isi sebesar 0,608 gr/cm³ penyerapan air sebesar 85,47% Kata kunci : Serat kulit bambu, gipsum, kuatlentur The purpose for this observation about adding bamboo’s fiber in ingridient of gypsum ceiling with adding resin polyster is add the strength to be better than before. Bamboo was easily to found in every field so bamboo was good enough to be added in gipsum ceiling. There are two methods that used for this observation about adding bamboo’s fiber in ingridient of gypsum ceiling with adding resin polyster the first laboratory test and the second literation test from some book or observation journal. That methods had been explaining  could give accurated and detail data for the observation. Observation about adding bamboo’s fiber in ingridient of gypsum ceiling with adding resin polyster with the different five compotitions had give almost same. This is the data of the observation : bamboo’s fiber has 33,33% about absorbtion of water, real density 1,5 gr/cm³, dry density 1 gr/cm³, and surface dry density 1,3 gr/cm³. Higest flexure strength is gipsum ceiling with 60 gram fiber of bamboo with 113,62 kg/cm² with volume weight 0,599 gr/cm³ water absorbtion 77,46%, second is control with flexure strength about 102,75 kg/cm2 volume weight 0,596 gr/cm3 and water absorbtion 77,54%, the third is 80 gram compotition with flexure strength is 81,46 kg/cm2 volume weight 0,566 gr/cm3 water absorbtion 98,93 %, the fourth 40 gram compotition the flexure strength is 81,19 kg/cm2 volume weight 0,565 gr/cm3 water absorbtion 84,45%, and the last is 100 grams compotition with flexure strength 77,09 kg/cm2 volume weight 0,608 gr/cm3 and water absorbtion is 85,47 %. Keywords : bamboo’s fiber, flexure strength, gypsum
PENERAPAN SAMBUNGAN MEKANIS (METODE PEMBAUTAN) PADA BALOK DENGAN PERLETAKAN SAMBUNGAN ½ PANJANG BALOK DITINJAU DARI KUAT LENTUR BALOK SUHENDI, HEHEN
Rekayasa Teknik Sipil Vol 1, No 1/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-88 Periode 1 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Baja tulangan hasil pabrikasi sering tidak memenuhi kebutuhan panjang yang diharapkan dilapangan, untuk memenuhi kebutuhan struktur maka harus baja dilakukan penyambungan. Struktur beton pracetak yang paling dalam mentranfer gaya dan prilaku beton terletak pada baja tulangan. Kesalahan penyambungan tulangan maka kekuatan beton yang dihasilkan akan berpengaruh. Standar nasional Indonesia (SNI) 03-2847-2013 menjelaskan untuk sambungan baja tidak lebih dari 48 kali diameter baja (db) atau sambungan lewatan tidak kurang dari 300 mm. Karya tulis ini bertujuan untuk mendapatkan kekuatan sambungan mekanik pada baja tulangan beton ulir berdiameter 10 mm. Sambungan mekanik berbentuk klam sepasang pelat baja tebal 1,5 mm lebar 15 mm panjang 50 mm berbaut 4 biji. Metode penelitian dilakukan dengan pengujian fisik baja tulangan beton ulir diameter 10 mm yaitu tes fisik diameter, berat, dan tes tarik, serta tes tarik pelat bahan sambungan. Pembuatan sambungan mekanik di workshop. Pengujian tarik baja tulangan ulir diameter 10 mm dengan sambungan mekanik dilakukan pada mesin uji tarik. Selanjutnya, diikuti dengan pembuatan 1 balok beton kualitas K 250 berukuran 170 cm x 20 cm x 11 cm sebagai kontrol (baja tulangan utuh) dan 2 balok yang bertulangan disambung dengan sambungan mekanik. Hasil pengujian menunjukkan pengembangan uji kuat tarik baja paling besar pada bengkokan 450, pengembangan tulangan (fy) sebesar 1,547, Penerapan tulangan baja yang disambung pada balok menunjukan hasil yang berbeda, Momen nominal yang diterima balok (clamp) masih dibawah kekuatan prediksi, Momen normal prediksi 2255,74 kg, dan balok yang memakai sambungan 1834,99 kg. Kata kunci: Baja tulangan, Bengkokan, Kuat lentur, Sambungan mekanik Reinforcing steel fabrication results often do not meet the needs of the expected length of the field, to meet the needs of the structural steel should do the connecting. Precast concrete structures the ultimate in style and behavior transferring lies in the concrete reinforcing steel. Error connecting reinforcing the strength of concrete produced will be influential. Indonesian National Standard (SNI) 03-2847-2013 explain to steel connections no more than 48 times the diameter of the steel (db) or connection throughput is not less than 300 mm. This paper aims to obtain a clamp strength on concrete reinforcing steel screw diameter of 10 mm. Clamp klam shaped pair of 1.5 mm thick steel plate width 15 mm length 50 mm berbaut 4 seeds. The research method is the physical testing of concrete reinforcing steel screw diameter of 10 mm which physical tests diameter, weight, and tensile test, and tensile test plate clamp. Manufacture of clamp in the workshop. Tensile testing of reinforcing steel screw diameter of 10 mm with clamp made on a tensile testing machine. And next, followed by the manufacture of 1 concrete beams quality K 250 dimensionless 170 cm x 20 cm x 11 cm as a control (unclamp) and 2 concrete beam reinforcement connected with the clamp. The test results show the development of tensile strength steel to be greatest on bends 450, development of reinforcement (fy) amounted to 1,547, Application of steel reinforcement which is connected to the beams show different results, Moment nominal received beam (clamp) is still under the power of prediction, Moment normal prediction 2255.74 kg, and beams that use the clamp 1834.99 kg. Keywords:Rreinforcing steel, Bend, Tensile Strength, Clamp
STUDI KELAYAKAN EKONOMI DAN FINANSIAL RENCANA PELEBARAN JALAN TOL WARU-SIDOARJO B. THEODORUS TAMPANG ALLO, REYNALDO
Rekayasa Teknik Sipil Vol 1, No 1/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-88 Periode 1 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beberapa Alternatif dapat dilakukan untuk mencegah permasalahan yang dapat terjadi pada tol Waru-Sidorajo. Mengingat ketersediaan lahan yang sudah di miliki pemerintah. Salah satu alternatif yang paling efisien diterapkan yaitu pembangunan pelebaran jalan tol baik ruas Ambon maupun Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  kinerja lalu lintas pada kondisi eksisisting dan kinerja lalu lintas pada kondisi rencana pembangunan pelebaran jalan tol Waru-Sidoarjo,  mengetahui jumlah biaya penghematan nilai waktu dan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) sebelum dan sesudah adanya pembangunan pelebaran jalan tol Waru-Sidoarjo, mengetahui kelayakan pembangunan pelebaran jalan tol Waru-Sidoarjo bila di tinjau dari segi ekonomi dan finansial, dan mengetahui batas kelayakan finansial (Analisa Sensitivitas) proyek tersebut terhadap perubahan nilai parameter. Berdasarkan hasil bahwa kinerja lalu lintas ruas Ambon dan Bandung pada kondisi eksisting dengan nilai derajat kejenuhan (DS)=0,79, kecepatan rata-rata kendaraan adalah 58 km/jam, dan waktu tempuh rata-rata kendaraan 0,24 jam atau 15 menit. Sedangkan pada kondisi rencana tingkat derajat kejenuhan (DS)=0,76, kecepatan rata-rata kendaraan adalah 78 km/jam, dan Waktu tempuh rata-rata kendaraan 0,19 jam atau 11,4 menit. Total penghematan biaya (saving cost) biaya operasional kendaraan (BOK) pada kondisi eksisting  dan kondisi rencana pelebaran jalan tol Waru-Sidoarjo pada tahun 2016-2026 adalah Rp.2.739.874.612.050,-, dan total penghematan biaya (saving cost) nilai waktu pada kondisi eksisting  dan kondisi rencana pada tahun 2016-2026 adalah Rp.4.732.882.812.933,-. Proyek rencana pelebaran jalan tol Waru-Sidoarjo layak secara ekonomi dan finansial. Hal ini ditunjukkan pada segi ekonomi memperoleh nilai NPV (Net Present Value) sebesar Rp. 16,281,034,118,129,- dan BCR (Benefit Cost Ratio) sebesar 3. Dan pada segi finansial, nilai NPV (Net Present Value) sebesar Rp. Rp. 2,275,677,800,694,-, BCR (Benefit Cost Ratio) sebesar 1,3. Payback Periode selama 4 tahun 4 bulan dan nilai IRR sebesar 15,12%. Dengan asumsi i suku bunga bank (BI Rate) = 6,75%. Titik impas (Break Event Point) jika penentuan jumlah keseluruhan tarif tol untuk golongan I-V pada harga Rp.21.030,-. Dan investasi pada proyek rencana pelebaran jalan tol Waru-Sidoarjo beresiko (sensitiv)    terhadap perubahan nilai pendapatan. Dengan syarat arus kas masuk (pendapatan) mengalami penurunan hingga minimal 21%. Kata Kunci: Jalan Tol, Kinerja Lalu Lintas, Kelayakan Ekonomi,  Kelayakan Finansial, Sensitivitas.  Several alternatives can be done to prevent the problems that can occur on a toll-Waru Sidoarjo. Given the availability of land already owned by the government. One of the most efficient alternative is applied, namely the construction of the toll road widening both segments Ambon and Bandung. The purpose of this study is to determine the performance of the traffic conditions and performance eksisisting traffic conditions toll road widening construction plan Waru-Sidoarjo, knowing the amount of cost savings and the time value of Vehicle Operating Costs before and after the construction of the toll road widening Waru Sidoarjo, determine the feasibility of the construction of the toll road widening Waru Sidoarjo if on review of the economic and financial terms, and know the limits of financial feasibility (Sensitivity Analysis) project to change the parameter value. Based on the results that the traffic performance segment Ambon and Bandung on existing conditions with the degree of saturation (DS) = 0.79, the average speed of vehicles is 58 km / h, and the average travel time of vehicles 0.24 hour or 15 minutes , and conditions of the plan level (DS) = 0.76, the average speed of vehicles is 78 km / h, and the average travel time of 0.19 hours vehicles or 11.4 minutes. Total cost savings vehicle operating costs on the existing condition and the condition of the toll road expansion plans Waru-Sidoarjo in 2016-2026 was Rp.2.739.874.612.050, -, and total cost savings value when the existing condition and the condition of the plan in the year 2016-2026 is Rp.4.732.882.812.933, -. Toll road widening project plans Waru-Sidoarjo economically and financially feasible. This is shown in terms of economic gain value NPV (Net Present Value) of Rp. 16,281,034,118,129, - and BCR (Benefit Cost Ratio) of 3. And in financial terms, the NPV (Net Present Value) of Rp. Rp. 2,275,677,800,694, -, BCR (Benefit Cost Ratio) of 1.3. Payback period for 4 years and 4 months and IRR of 15.12%. Assuming i bank interest rate = 6.75%. Break Event Point when determining the total toll rates for class I-V on price Rp.21.030, -. And investment in toll road widening project plans Waru Sidoarjo risk to changes in income. With the proviso cash inflows have declined by at least 21%. Keywords: Toll Roads, Traffic Performance, Economic Feasibility, Financial Feasibility, Sensitivity
PENGARUH SUBTITUSI FLY ASH DAN PENAMBAHAN SERBUK CANGKANG KERANG DARAH PADA KUALITAS GENTENG BETON ARI PERMADI, MOHAMAD
Rekayasa Teknik Sipil Vol 1, No 1/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-88 Periode 1 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan bagi para industri genteng beton adalah kualitasnya yang kurang baik dari segi sifat fisik, beban lentur, rembesan dan daya serap air. Penelitian ini akan memanfaatkan fly ash tipe F sebesar 10% sebagai subtitusi semen dan serbuk cangkang kerang ditambahkan sebesar 0%,1%,2%,3% sebagai bahan campuran pembuatan genteng beton. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas genteng beton menurut SNI 03-0096-2007. Hasil penelitian berat genteng maksimum pada fly ash 10% dan serbuk cangkang kerang (SCK) 3% = 4,19 kg. Untuk berat minimum pada fly ash 10% dan SCK 0% = 3.55 kg. Semua komposisi genteng beton menghasilkan genteng beton yang tidak ada tetesan air dari permukaan bawah genteng dalam waktu 20 jam ± 5 menit selama pengujian rembesan air. Genteng beton mencapai beban lentur maksimum pada fly ash 10% dan SCK 3% = 2569 N dan mencapai beban lentur minimum pada fly ash 10% dan SCK 0% = 1106 N. Genteng beton mencapai daya serap maksimum pada fly ash 10% dan SCK 0% = 14,85% dan mencapai daya serap minimum pada fly ash 10% dan SCK 1% = 5,96%. Kata kunci : fly ash, genteng beton, serbuk cangkang kerang, beban lentur, daya serap Problems for concrete roof tile industry is the quality which is not good in terms of physical properties, bending loads, seepage and water absorption. This study will utilize the type F fly ash by 10% as a substitute for cement and scallop shell powder was added at 0%, 1%, 2%, 3% as a mixture of concrete roof tile manufacture. The purpose of this study to determine the quality of the concrete roof tile according to SNI 03-0096-2007. Results of research on the maximum concrete roof tile weight of 10% fly ash and scallop shell powder (SCK) 3% = 4,19 kg. For the minimum weight at 10% fly ash and SCK 0% = 3.55 kg. All compositions  concrete roof tiles produce concrete roof tiles that no water droplets on the bottom surface of the tile within 20 hours ± 5 minutes during the test water seepage. Concrete roof tile achieve maximum bending load at 10% fly ash and SCK 3% = 2569 N and reached the minimum bending load at 10% fly ash  and SCK 0% = 1106 N. Concrete roof tile achieve maximum absorption at 10% fly ash and SCK 0 % = 14,85% and achieve a minimum absorption at 10% fly ash  and SCK 1% = 5.96%. Keywords: fly ash, concrete tile, scallop shell powder, bending loads, absorption
PENGARUH PENAMBAHAN SLAG SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI AGREGAT HALUS TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL DAN PERMEABILITAS PADA CAMPURAN PANAS (HOT MIX) ASPAL PORUS ARIF LAKSONO, RIFKY; Mahardi, Purwo
Rekayasa Teknik Sipil Vol 1, No 1/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-88 Periode 1 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aspal porus merupakan lapisan yang dapat ditembus oleh air (permeable) yang berfungsi mengurangi beban drainase pada permukaan perkerasan jalan. Kelemahan aspal porus ialah lapisan yang bersifat porus maka gradasi memiliki rongga yang besar, serta mengakibatkan nilai stabilitas yang sangat kecil sehingga tidak dapat menahan beban kendaraan yang besar. Penggunaan steel slag sebagai campuran aspal porus sudah mulai diteliti di Indonesia karena limbah yang dihasilkan dari proses produksi baja ini menghasilkan 800 ribu ton/tahun. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik marshall dan permeabilitas dari tiga macam kondisi campuran aspal porus. Variasi kadar slag dengan agregat halus yang digunakan dalam campuran ialah 25%/75%, 50%/50%, 75%/25%, dan 100%/0%, penentuan kadar steel slag optimum dilakukan dengan cara grading pada setiap variasi kadar. Kadar variasi additive yang digunakan pada kondisi ketiga 0,2%, 0,25%, dan 0,3% dari berat aspal yang digunakan. Kadar 25%/75% merupakan kadar optimum penggunaan steel slag yang sesuai dengan gradasi AAPA 2004. campuran lapis perkerasan aspal porus pada kondisi ke-3 memiliki karakteristik marshall dan sifat permeabilitas lebih baik dibanding campuran lapis perkerasan aspal porus pada kondisi ke-1 serta kondisi ke-2, sehingga campuran lapis perkerasan akan lebih tahan terhadap deformasi seperti gelombang, alur (rutting), serta bleeding sehingga memiliki keawetan (Durability) yang jauh lebih baik Kata kunci: aspal porus, steel slag, additive Asphalt porous is layers that can be penetrated by water (permeable) that serves reduce the burden of drainage on the surface of pavement the way. Weakness asphalt porous is layers that is porous so gradations having a cavity a great, and resulted in value stability very small so they could not hold burden vehicles large. The use of steel of slag as mixed asphalt porous have started to study in Indonesia because the waste resulting from the process of steel production it produces 800.000 tons/year. The purpose of this research is to know characteristic Marshall and permeability of three kinds of mixed asphalt porous conditions. Variations of slag aggregate content with fine used in mixed is 25%/75%, 50%/50%, 75%/25%, and 100%/0%, the determination of steel steady levels of slag done by means of grading on any variation levels. The variation additive used on the condition of those three 0.2 %, 0.25 %, and 0.3 % of a heavy asphalt used. Levels of 25%/75% is steady the use of steel levels of slag appropriate with gradations AAPA 2004. A mixture of layers pavement asphalt porous on condition 3rd having the characteristics of Marshall and of the nature of permeability better than a mixture of layers pavement asphalt porous on condition first and the 2nd, so that a mixture of layers pavement will is more resistant to deformation like a wave, rutting, and bleeding so as to have durability of a far better. Keyword: asphalt porous, steel slag, additive
ANALISA PEMANFAATAN LIMBAH STYROFOAM SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI KE DALAM ASPAL PENETRASI 60/70 TERHADAP KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL PORUS GERRI NORIS, TAUFAN; Mahardi, Purwo
Rekayasa Teknik Sipil Vol 1, No 1/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-88 Periode 1 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aspal porus adalah campuran beraspal dengan presentase agregat halus yang rendah, sehingga menghasilkan rongga yang besar. Aspal porus terdiri atas komposisi agregat kasar yang lebih banyak agar memiliki daya serap air. Dalam pembuatannya, aspal porus memerlukan aspal dengan mutu tinggi. Penelitian ini menggunakan Styrofoam sebagai bahan substitusi ke dalam aspal penetrasi 60/70. Gradasi yang digunakan adalah gradasi terbuka dengan kadar aspal 4,0%; 4,5%; 5,0%; 5,5%; dan 6,0% tanpa variasi penggunaan Styrofoam. Kemudian dibuat benda uji pada KAO dengan variasi Styrofoam 11%; 13%; dan 15%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh KAO sebesar 4,75% dan kadar Styrofoam terbaik pada 11%. Seluruh parameter telah memenuhi spesifikasi kecuali nilai VIM yang belum memenuhi spesifikasi Australian Asphalt Pavement Association 2004, yaitu 18%-25%. Nilai stabilitas yang didapatkan pada substitusi Styrofoam terbaik sebesar 569 kg dan nilai flow 2,7 mm, Nilai MQ dan permeabilitas 210,74 kg/mm dan 0,394 cm/detik, sedangkan nilai VIM mendapatkan 5,645%. Kata kunci: Aspal Porus, Styrofoam, Australian Asphalt Pavement Association 2004 Porous asphalt is asphalt mixture with a low percentage of fine aggregate, which is resulting in a large cavity. Porous asphalt composition consists of coarse aggregate that is more in order to have water absorption. Its manufacture requires porous asphalt with high quality of bitumen. The researcher used Styrofoam as a substitute material into the asphalt 60/70 penetration. Gradation used is open gradation with asphalt rate of 4.0%; 4.5%; 5.0%; 5.5%; and 6.0% without variations in the use of Styrofoam. Then, the researcher made the specimen on KAO with Styrofoam variation of 11%; 13%; and 15%. Based on the research results, gained KAO at 4.75% and the best Styrofoam levels at 11%. The entire parameter has met specifications except VIM values which didn?t meet the specifications of Australian Asphalt Pavement Association 2004, that was 18% -25%. Value stability obtained in Styrofoam best substitution of 569 kg and a flow value of 2.7 mm. Value MQ and permeability 210.74 kg/mm and 0.394 cm/sec, while the value of VIM got 5.645%. Keywords: Porous Asphalt, Styrofoam, Australian Asphalt Pavement Association 2004
ANALISIS PERSEDIAAN MATERIAL PADA PEMBANGUNAN PROYEK MY TOWER HOTEL & APARTMENT DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) WAHYUNI, TRI
Rekayasa Teknik Sipil Vol 1, No 1/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-88 Periode 1 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persediaan material merupakan bagian penyusun utama yang berperan sebagai penunjang pada pembangunan proyek konstruksi selain itu dana yang dikeluarkan cukup besar. Untuk menjamin ketersediaan material perlu dilakukan pengendalian persediaan material, agar tidak terjadi keterlambatan datangnya persediaan material. Hal ini dapat mempengaruhi biaya proyek dan total waktu proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan persediaan material pada proyek My Tower Hotel&Apartment Surabaya. Metode persediaan material yang digunakan adalah Material Requirement Planning (MRP). Data yang digunakan berupa gambar perencanaan, jadwal proyek, struktur produk, biaya persediaan dan waktu tunggu. Teknik lotsizing yang digunakan 4 teknik yaitu Lot for Lot (L4L), Economic Order Quantity, Period Order Quantity (POQ), Part Period Balancing (PPB) dari keempat teknik ini akan diperoleh teknik yang menghasilkan jumlah pesanan optimum dan persediaan biaya minimum. Dari hasil analisis MRP yang dilakukan didapat teknik lotsizing yang membentuk biaya persediaan minimum untuk material multipleks 18mm uk 4’’x8’’ adalah teknik Period Order Quantity dan Part Period Balancing. Material kayu 8x12cm, besi beton 8, besi beton D10, besi beton D16, besi beton D19, besi beton D25, beton 25MPa menggunakan teknik Lot for Lot. Kata Kunci : Material Requirement Planning, lotsizing, persediaan Inventories of materials is the main constituent parts that acts as a support to the development of construction projects in terms of  thetotal  amount. To ensure the availability of materials, it is necessary to control the supply of material.  In order to avoid delays in the arrival of material supplies. This can affect the total project cost and project time. This study aim of this study is to analyze the material supply planning in the My Tower Hotel & Apartment Surabaya project. Material Requirement Planning (MRP) metode is used to solve the problem. The data used in the form of an project design, project schedule, product structure, inventory costs and lead time . Four method of Lotsizing techniques care used are Lot for Lot ( L4L ), Economic Order Quantity, Period Order Quantity ( POQ ), Part Period Balancing (PPB ).These will periode the best technique which show optimum number of orders and inventory costs to a minimum. From the analysis conducted MRP obtained lotsizing technique that forms a minimum inventory costs for material 18mm multiplex uk 4'x8 ' is a technique Period Order Quantity and Part Period Balancing. 8x12cm wood materials, iron ∅8 concrete, concrete steel D10, D16 concrete steel, concrete steel D19, D25 concrete steel, concrete 25MPa using techniques Lot for Lot. Keywords : Material Requirement Planning, lotsizing, supplies
ANALISIS KECELAKAAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS PADA PROYEK PEMBANGUNAN APARTEMENT GRAND SUNGKONO LAGOON SURABAYA FLORENTINO MIKNYO H, GREAT
Rekayasa Teknik Sipil Vol 1, No 1/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-88 Periode 1 Tahun 2017
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proyek pembangunan Apartemen Grand Sungkono Lagoon didirikan di kawasan Surabaya, terdiri dari 4 tower dengan fasilitas lengkap. Proyek ini juga dapat menimbulkan kecelakaan kerja. Jika dilihat dari laporan kecelakaan kerja antara bulan April 2015 – bulan April 2016, ada 13 kejadian kecelakaan kerja. Ada pun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis kecelakaan kerja, mengidentifikasi penyebab kecelakaan kerja dan memberikan solusi untuk penanganan dan pencegahan kecelakaan kerja pada kegiatan proyek pembangunan Apartemen Grand Sungkono Lagoon di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sedangkan untuk lingkup penelitian adalah pekerjaan struktur pada proyek Apartemen Grand Sungkono Lagoon Surabaya. Hasil penelitian diperoleh dari laporan kecelakaan kerja yang pernah terjadi di proyek pembangunan Apartemen Grand Sungkono Lagoon Surabaya. Data yang diperoleh selanjutnya akan diolah menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) dan disertai dengan studi literatur serta wawancara pada Safety Officer di lapangan. Kecelakaan kerja yang sering terjadi adalah tergores, terjatuh dan tertusuk. Faktor penyebab kecelakaan kerja yang sering terjadi adalah terbatasnya waktu pengawasan, pegawai K3 kurang, schedule tidak sesuai dan terbatasnya waktu pekerjaan. Solusi pencegahan dan penanganan yang disarankan adalah memberi penjelasan tentang tugas dan jabatan, mengadakan safety talk, safety meeting dan safety patrol, penambahan safety officer jika di perlukan, memberi pengobatan dan perawatan, memberikan alat pelindung diri (APD), melakukan inspeksi K3 dan identifikasi kecelakaan, melaksanakan analisis dan tindakan penanggulangan, pemasangan rambu K3 dan menyelidiki sebab kecelakaan kerja. Kata kunci : FTA, K3 dan Proyek The project Apartment Grand Sungkono Lagoon was established in Surabaya, it has 4 towers with complete facilities. This project can also cause accidents. If we’ve seen from report accidents between April 2015 - April 2016, there were 13 accidents. The purpose of this study is to identify the types of accidents, identify the causes of accidents and provide solutions for handling and prevent accidents in the construction project Apartment Grand Sungkono Lagoon in Surabaya. This research is a qualitative type research. As the scope of the research is structure on project Apartment Grand Sungkono Lagoon Surabaya. The results were obtained from reports of accidents that occurred in construction projects Apartment Grand Sungkono Lagoon Surabaya. The obtained data will be processed using Fault Tree Analysis (FTA) method which is accompanied by literature studies and interviews with Safety Officer in field. Accidents that often occur is scratched, fell and impaled. Factors that often causing accidents is limited time for monitoring, less K3 employee, unsuitable schedule and limited-time jobs. Solutions to prevent the accidents is explain the roles and positions of the worker, held a safety talk, safety meetings and safety patrols, increase the safety officer if needed, provide treatment and care, provide personal protective equipment (PPE), do K3 inspections and identification of accident, doing an analysis and countermeasures, setting-up K3 signs and investigate the causes of accidents. Keywords: FTA, K3 and Projects