cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Inspirasi Manajemen Pendidikan
  • inspirasi-manajemen-pendidikan
  • Website
ISSN : -     EISSN : 22528253     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2018)" : 20 Documents clear
STRATEGI PEMBEKALAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DI SMA MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA HAMIDAH, FIRDA
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan; (1) Karakteristik silabus kewirausahaan yang digunakan di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya, (2) Strategi yang diterapkan untuk pembekalan nilai-nilai kewirausahaan, (3) Faktor pendukung dan penghambat terhadap proses pelaksanaan pembekalan nilai-nilai kewirausahaan di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi, penyajian data dan verifikasi data. Data kemudian diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik creadibility, transferability, dependability, dan confirmability.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Silabus kewirausahaan memuat karakteristik nilai-nilai kewirausahaan yang didalamnya meliputi, yaitu (a) kreatif, (b) pengambil risiko, (c) kepemimpinan, dan (d) berorientasi pada tindakan, (e) inovatif. (2) Stategi yang diterapkan untuk pembekalan nilai-nilai kewirausahaan yaitu dengan melakukan pembekalan melalui aktivitas praktek kewirausahaan sejak mulai masuk menjadi siswa baru. (3) Faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan pembekalan kewirausahaan yaitu contoh salah satunya sekolah menerima invest dari yayasan sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya partisipasi dari siswa-siswi di sekolah itu sendiri.
HUBUNGAN PELAYANAN PRIMA PROGRAM BURSA KERJA KHUSUS DENGAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN TAHUN AJARAN 2017/2018 DI SMK PGRI 2 PONOROGO FERLITA SARI, FIBIOLA
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pelayanan prima merupakan suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas. Pelayanan yang memenuhi standar kualitas adalah suatu pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan/masyarakat. Bursa Kerja Khusus merupakan suatu lembaga yang berfungsi merekrut tenaga kerja baru dan kemudian disalurkan atau ditempatkan ke dunia kerja atau dunia industri dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya. Kesuksesan pelayanan prima program Bursa Kerja Khusus menjadi indikator keberhasilan institusi dalam meningkatkan kualitas siswa melalui peningkatan perencanaan karier. Kepuasan konsumen, dalam hal pelayanan, merupakan indikator baik buruknya bagi pengelola program Bursa Kerja Khusus yang professional. Kemampuan perencanaan karier adalah kecakapan atau kesanggupan siswa dalam menentukan langkah yang dilakukan dalam pemilihan dan penetapan karier yang diinginkannya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan kemampuan dan persyaratan yang dimilikinya. Informasi yang perlu diperoleh dan ditafsirkan siswa dalam membuat perencanaan karier meliputi pemahaman tentang diri sendiri, pemahaman tentang lingkungan keluarga, dan pemahaman tentang lingkungan hidup yang relevan bagi perencanaan karier (studi lanjut dan pekerjaan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Pelayanan Prima program Bursa Kerja Khusus dengan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Tahun Ajaran 2017/2018 di SMK PGRI 2 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 150 siswa dari 5 kelas jurusan Teknik Kendaraan Ringan Tahun Ajaran 2017/2018 SMK PGRI 2 Ponorogo. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi pelayanan prima program Bursa kerja Khusus dan kemampuan perencanaan karier sebesar, 0,000 (p<0,05) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,968 dan data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pelayanan prima program Bursa Kerja Khusus dengan kemampuan perencanaan karier siswa kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan Tahun Ajaran 2017/2018di SMK PGRI 2 Ponorogo. Kata kunci: pelayanan prima, bursa kerja khusus, kemampuan perencanaan karier. Abstract The service excellence is a service that meets the standards of quality. Service that meet the standards of quality is a service in line with expectations and satisfaction customer/society. Special job fair, is an institution that serves to recruit new workforce and then piped or placed into the world of work or the industrial world with the agreement that has been agreed upon before. The success of excellent service special job fair, especially to be indicators of the success of the institutions in improving the quality of the student?s through an increase in planning a career. Satisfaction of consumers , in terms of service, is an indicator both bad for the managers of special job fair, especially a professional. Career planning abilities is a skill or ability student?s in determining the steps taken in the selection and the establishment of a career that she wants to accomplish the goals that have been established in accordance with the provision and requirements. Information to be obtained and interpreted the student?s in making planning career includes an understanding of yourself, understanding of a family environment, and understanding about the environment that is relevant for planning a career (further studies and work). This research has aim to knowing about The Excellent Service Special Job Fair with Career Planning Abilities Grade Student?s Of The Department Of Light Vehicles The Academic Year 2017/2018 in Vocational PGRI 2 Ponorogo. The method that be used in this research is the correlational quantitative approach. The collecting data method in this research used interview and questionnaire with used purposive sampling in 150 respondents according from 5 classes department of light vehicles the academic year 2017/2018 in Vocational PGRI 2 Ponorogo. The data is being analyzed with used correlation product moment test. The result from this research?s analysis showed that significance value about excellent service special job fair and career planning abilities interest as 0,000 (p<0,05) with correlation coefficient value as 0,968 and the data was distributed normally. This result can be concluded that there is any correlation between excellent service special job fair with career planning abilities grade student?s of the department of Light Vehicles the academic year 2017/2018 in Vocational PGRI 2 Ponorogo. Key word: excellent service, special job fair, career planning abilities.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI RELIGIOUS CULTUREDI SD ISLAM TERPADU AT-TAQWA SURABAYA SYAKRANI, AHMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan; (1) Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SD IT At-Taqwa Surabaya melalui Religious Culture, dan (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Pendidikan Karakter di SD IT At-Taqwa Surabaya melalui Religious Culture. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, teknik observasi partisipasi pasif, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakil kepala sekolah, Guru, dan Siswa.. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi, penyajian data dan verifikasi data. Data kemudian diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik creadibility, transferability, dependability, dan confirmability.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SD IT At-Taqwa Surabaya melalui Religious dilakukan dengan pengembangan kurikulum sekolah, sebagai konsep dasar yang mendorong tercapainya tiga esensi dasar pendidikan, yakni ketaqwaan, nasionalisme yang kuat, dan kecakapan akademis melalui pembiasaan budaya religi sehari-hari yang ada di sekolah, (2) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter di SD IT At-Taqwa Surabaya : (a) komitmen dan semangat koperatif dari semua civitas sekolah, (b) 11 student profile sekolah, dan melalui buku penghubung, (c) fasilitas dari sekolah berupa sarana prasarana yang menunjuang, dan Faktor penghambat dalam Implementasi Pendidikan Karakter di SD IT At-Taqwa Surabaya melalui Religious Culture, (a) Kesibukan guru yang kadang menuntut waktu sehingga proses belajar sedikit terganggu; (b) siswa sering melakukan pelanggaran terhadap tata tertib sekolah; (c) Kemampuan siswa yang berbeda-beda; (d) belum adanya sinkronisasi antara pihak sekolah dengan orangtua. Kata Kunci : Pendidikan karakter, religious culture Abstract The purpose of this research is to know and describe; (1) Implementation of Character Education in SD IT At-Taqwa Surabaya through Culture of Religion, and (2) Supporting and Inhibiting Factor in Implementation Character Education at SD IT At-Taqwa Surabaya through Culture of Religion. This research method is descriptive qualitative research with case study approach. Data were collected using interview techniques, passive communication techniques, and documentation studies. The subjects of this study were principals, Vice Principals, Teachers, and Students. The data obtained are then analyzed by condensation technique, data presentation and data verification. The data then tested its validity by using creadibility, transferability, dependability, and confirmability techniques. The results of this study indicate that: (1) Implementation of Character Education in SD IT At-Taqwa Surabaya through Religion is done with the development of school curriculum, as the basic concept that encourage the achievement of three basic essence of education, namely devotion, strong nationalism, and academic skill through the practice of religious culture (2) educational support factors in SD IT At-Taqwa Surabaya: (a) commitment and cooperative spirit of all school civitas, (b) 11 school students profiles, and through liaison books, (c) Facilities from schools in the form of supporting infrastructure, and obstacles in the Implementation of Character Education in SD IT At-Taqwa Surabaya through Religious Culture, (a) Teachers busyness that sometimes requires time The process of making a little disturbed; (b) students who frequently commit violations of school rules; (c) Different student abilities; (d) there is no arrangement between the school and the parents. Keywords: Character education, religious culture
STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA AMINATUS SHOLICHA, NUR
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Salah satu upaya untuk mengeksplor keunggulan agar diketahui oleh masyarakat luas di tengah persaingan antar sekolah yaitu melalui strategi pemasaran sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran sekolah dan faktor-faktor yang berpengaruh dalam pemasaran di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif melalui tiga langkah yaitu kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Untuk menguji keabsahan data tersebut menggunakan beberapa teknik yang meliputi: uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya menunjukkan (1) strategi pemasaran sekolah dilakukan setelah mengetahui analisis kondisi lingkungan internal dan eksternal dengan alat yang disebut dengan SWOT sekolah (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman). Salah satu bentuk strategi pengembangan pemasaran sekolah terletak pada penggunaan media dalam teknik promosi pemasaran melalui berbagai media massa (videotron, website sekolah, radio, dan media cetak) yang mampu menjaring masyarakat dari berbagai daerah secara efektif dan efisien Kegiatan seminar, peningkatan kompetensi guru, dan perluasan jaringan kerjasama dalam program Sister School juga merupakan beberapa upaya sekolah dalam mengembangkan kegiatan pemasaran baik internal maupun eksternal; (2) faktor yang berpengaruh dalam kegiatan pemasaran sekolah berasal dari internal maupun eksternal, beberapa diantaranya yaitu keterlibatan seluruh personil sekolah dan jaringan kerjasama yang dimiliki. Kata Kunci: strategi pemasaran, keunggulan promosi, dan keterlibatan personil sekolah
PENGARUH GAYA MENGAJAR DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA SILFIYANI, NURIL
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dosen dan motivasi belajar secara parsial maupun simultan terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan ex post facto. Terdapat tiga variabel yaitu gaya mengajar dosen (X1), motivasi belajar (X2), dan prestasi akademik mahasiswa (Y). Sampel penelitan berjumlah 185 responden yang seluruhnya merupakan mahasiswa aktif Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya yang tersebar dari angkatan 2014 - 2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert, observasi dan studi dokumentasi. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda, analisis uji F, analisis uji T, dan uji residual. Analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik menggunakan software Winstep dan SPSS (Statistical Program Smart Solution) Ver.21.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel gaya mengajar dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Demikian halnya dengan variabel motivasi belajar yang juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Selanjutnya, secara simultan, gaya mengajar dosen dan motivasi belajar secara bersama ? sama berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dengan pengaruh sebesar 36,9 %.Kata kunci: gaya mengajar dosen, motivasi belajar, prestasi akademik mahasiswa.
STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEDIA PESERTA DIDIK DI SMA AL HIKMAH SURABAYA NISWATIN, LAILA
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi sekolah dalam memberikan pengetahuan, menanamkan sikap mental pemanfaatan media, serta membekali peserta didik agar mampu mengevaluasi layanan dan informasi media yang bernilai edukatif di SMA Al Hikmah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang dilakukan melalui uji kredibilitas meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan membercheck; transferabilitas penyajian hasil penelitian dilakukan secara rinci, jelas, sistematis, dan dapat dipercaya; dependabilitas melalui audit oleh dosen pembimbing; serta uji konfirmabilitas. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi sekolah dalam memberikan pengetahuan dan menanamkan sikap mental pemanfaatan media kepada peserta didik meliputi: 1) menanamkan basic skill baca-tulis; 2) memberikan pembekalan, pengarahan, dan motivasi agar mengetahui batasan-batasan dalam memanfaatkan media serta memiliki keinginan untuk terus mengembangkan potensinya di bidang literasi media; 3) menerapkan metode pendidikan pemakai. Strategi dalam membekali peserta didik agar mampu mengevaluasi layanan dan informasi media yang bernilai edukatif ditempuh melalui: 1) Menciptakan inovasi belajar dan project-project yang terintegrasi dengan media, seperti Pantunesia, Anotasi, dan e-learning; 2) memberikan masukan dan komentar sebagai bentuk apresiasi terhadap umpan balik kegiatan mengkritisi pesan media; 3) perpustakaan SMA Al Hikmah memberikan layanan perpustakaan berbasis literasi media, dan fasilitas ruang audio-visual. Kata kunci: strategi, peserta didik, literasi media, literasi media peserta didik
STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS ISLAMI DI SMP AL – HIKMAH SURABAYA PUTRIN ARIANTI, KISNANZIAR
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) silabus;(2) strategi pelaksanaan; dan (3) faktor pendukung pelaksanaan kegiatan pembinaan karakter religius Islami di SMP Al ? Hikmah Surabaya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yakni Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, Guru Wali Kelas, dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dari model Miles and Huberman. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik, membercheck, uji trasfermabilitas untuk menyediakan data deskriptif, uji dependabilitas dengan melakukan audit diselutruh proses penelitian dengan dosen pembimbing skripsi, dan uji konfirmabilitas untuk menguji hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Silabus pembinaan karakter religius Islami yang digunakan dalam pembinaan karakter religius Islami di SMP Al-Hikmah adalah buku monitoring pencapaian standar mutu siswa dan buku penghubung. Kedua buku tersebut merupakan buku turunan dari buku risalah adab guru dan buku risalah adab yang bertujuan untuk mencetak siswa siswi yang berakhlak karimah dan berprestasi akademik optimal. 2) Strategi pelaksanaan pembinaan karakter religius Islami di SMP Al-Hikmah Surabaya ini dengan memadukan atau mengintegrasikan antara kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum Al Hikmah dan kurikulum matrikulasi. Selain itu adanya program kegiatan pembinaan karakter religius Islami bagi seluruh komponen didalam sekolah, serta bentuk pengkoordinasian dalam organisasi sekolah yang dapat menciptakan iklim sekolah sesuai dengan visi dan misi. 3) Faktor pendukung yang utama terkait pembinaan karakter religius Islami di SMP Al-Hikmah Surabaya yakni tenaga pendidik (guru) yang sesuai dengan ketentuan YLPI Al-Hikmah, seperti; Murabbi, Muaddib, Mu?allim, Mudarris, dan Dai. Selain itu juga adanya hubungan yang sinergis antara sekolah dengan orang tua dan masyarakat di luar sekolah, sebagai peran dalam mendukung keberhasilan sekolah dalam mencapai visi dan misi sebagai mencetak siswa yang berbudi dan berprestasi. Kata kunci :strategi, pembinaan, karakter, strategi pembinaan karakter, karakter religius Islami
MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 46 SURABAYA STYOWATI HAMIDATIN, WIWIK; HARIYATI, NUNUK
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler wajib kepramukaan yang berbeda-beda dapat mempengaruhi kesesuaian program pembinaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan di SMP Negeri 46 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yang wajib mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan berjumlah 524 anak yang juga disebut sebagai sampel. Metode penelitian yang digunakan berupa angket. Data yang diperoleh dari penelitian ini diuji menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui nilai rata-rata dan simpangan baku. Hasil dari uji statistik deskriptif adalah rata-rata sebesar 105,439 dan simpangan baku sebesar 8,226 menunjukkan besarnya variasi atau keberagaman data penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan di SMP Negeri 46 Surabaya dalam kategori sedang dengan persentase 38% sebanyak 199 anak. Data lebih spesifik mengenai aspek-aspek motivasi, diperoleh data bahwa motivasi akan afiliasi tergolong tinggi dengan persentase sebesar 34,9% sebanyak 183 anak. Sedangkan, motivasi akan prestasi dengan persentase sebesar 34,5% sebanyak 181 anak dan aspek kekuasaan juga tergolong sedang dengan persentase sebesar 30% sebanyak 157 anak. Kata Kunci : Motivasi, Ekstrakurikuler, Kepramukaan.
MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS MINAT DAN BAKAT DI SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA DWI PRASETYO, ACHMAD; , SUPRIYANTO
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis, mengetahui dan mendeskripsikan (1) analisis kebutuhan peserta didik; (2) proses rekrutmen dan seleksi peserta didik; (3) pembinaan peserta didik; dan (4) evaluasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif melalui kondensasi, data display, penggambaran dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data meliputi kredibilitas data melalui teknik triangulasi dan membercheck, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi. Hasil penelitian adalah (1) analisis kebutuhan peserta didik, meliupti jumlah daya tampung peserta didik menyesuaikan kondisi sekolah setiap tahunnya; program-program kesiswaan yang disusun menyesuaikan dengan minat dan bakat peserta didik; dan jumlah rasio antara guru dan peserta didik sesuai dengan aturan standar minimal pemerintah; (2) proses rekrutmen dan seleksi peserta didik, meliputi kebijakan penerimaan peserta didik berasal dari internal (yayasan muhammadiyah) dan eksternal (pemerintah); sistem penerimaan peserta didik baru menggunakan sistem promosi dan seleksi keberbakatan; dan pengelompokkan peserta didik berdasarkan hasil tes, gender, dan potensi; (3) pembinaan peserta didik, meliputi konsep real life skill sekolah dalam pembinaan peserta didik; disiplin siswa dilakukan dengan kegiatan yang bersifat preventif dan kuratif; kegiatan kurikuler dilakukan dengan metode berpusat pada peserta didik dan e-learning; setiap peserta didik mengikuti esktrakurikuler sesuai minat dan bakat; serta fasilitas yang diwujudkan melalui pengadaan dari sekolah maupun luar (MOU); (4) evaluasi peserta didik, meliputi kegiatan observasi, tes, dan pelaporan kepada peserta didik/wali murid sebagai wujud tanggungjawab sekolah serta untuk menjaga silaturahmi. Kata kunci : peserta didik, manajemen peserta didik, minat, bakat, manajemen peserta didik berbasis minat dan bakat
PENGARUH KEPEMIMPINAN ENTREPRENEUR DAN PERAN HUBUNGAN MASYARAKAT TERHADAP PEMASARAN SEKOLAH DI SDN BUBUTAN IV SURABAYA MAHARDIKA, GILANG; TRIHANTOYO, SYUNU
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Saat ini persaingan dalam dunia pendidikan dilakukan secara terbuka ke masyarakat. Kepemimpinan entrepreneur dan hubungan masyarakat memiliki peran yang strategis untuk dapat menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya pada sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan entrepreneur, hubungan masyarakat, dan pemasaran sekolah di SDN Bubutan IV Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik dan kependidikan serta wali murid kelas I ? VI SDN Bubutan IV Surabaya sebanyak 275 orang. Uji validitas instrumen penelitian dengan product moment dan uji reliabilitas instrumen penelitian dengan Alpha Cronbach yang dilakukan kepada 30 orang di SDN Bubutan III Surabaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan entrepreneur dan hubungan masyarakat berpengaruh terhadap pemasaran sekolah sebesar 56,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Bedasarkan hasil uji t nilai taraf signifikan variabel kepemimpinan entrepreneur adalah 0,005 kurang dari taraf kepercayaan 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya kepemimpinan entrepreneur secara parsial berpengaruh terhadap pemasaran sekolah. Sedangkan nilai taraf signifikan variabel hubungan masyarakat adalah 0,000 kurang dari taraf kepercayaan 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya hubungan masyarakat secara parsial berpengaruh terhadap pemasaran sekolah. Kata Kunci : kepemimpinan entrepreneur, hubungan masyarakat, pemasaran sekolah

Page 1 of 2 | Total Record : 20