cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Inersia : Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur
ISSN : 0216762X     EISSN : 2528388X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
INERSIA is stand for INformasi dan Ekspose hasil Riset Teknik SIpil dan Arsitektur. This scientific journal is managed by the Department of Civil Engineering and Planning Education, Faculty of Engineering, Yogyakarta State University, in cooperation with the Persatuan Insinyur Indonesia (PII). It publishes and disseminates research results from lecturers and post graduate students from various universities in Indonesia, which has contributed to the development of science and technology, especially in the field of Civil Engineering and Architecture. INERSIA is published twice a year, in May and December.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2017): Mei" : 6 Documents clear
STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN CAMPURAN LIMBAH ABU SEKAM PADI DAN PASIR DENGAN METODE PEMADATAN LABORATORIUM Mirzan Ludfian; Dian Eksana Wibowo
Inersia : Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur Vol 13, No 1 (2017): Mei
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.177 KB) | DOI: 10.21831/inersia.v13i1.14600

Abstract

ABSTRACT Soil is a basic layer of building construction as well as material embankment, for example on a road construction work. But not all soil types can be directly used as construction materials, since naturally the soil has limited physical properties and mechanical properties. It is necessary to make improvements on clay soil. This research used experimental method. The test specimens was made as many as 24 samples, 8 specimens for Swelling test, 8 for CBR test and 8 for Consolidation test. Variation of mixture for each specimen are 1% rice husk ash + 10% sand; 1.5% rice husk ash + 15% sand and 2% rice husk ash + 20% sand. The physical and mechanical tests performed include: Atterberg Limit test, Compaction test, CBR Laboratory test, Swelling test and Consolidation test The results of this research showed that the original Swelling of the soil value is 1.93%, then on soil with a mixture of rice husk ash 2% + 20% sand is 0.67%. The CBR test results original soil is 17.82%, the value of maximum occurs on the soil of CBR with a mixture of rice husk ash 2% + 20% sand 26.06%. consolidated test produces maximum value Cc, Cr and Cv on original soil. While the minimum value of Cc, Cr and Cv occurring in the soil on mixture of rice husk ash 2% + 20% sand. The value of Cc from 0.2109 to 0.1028; the value of Cr from 0.0299 to 0.0121; then for the value of Cv 10.1993 cm2/min to 1.8032 cm2/min. it can be conclude that, rice husk ash and sand as a mixture of clay soil can increase soil bearing capacity, reduce the decreasing of soil layer and the potential of soil swell. Keywords: CBR, Consolidation, Rice husk Ash and sands, Swelling.  ABSTRAK Tanah merupakan lapisan dasar konstruksi bangunan maupun sebagai material timbunan, sebagai contoh pada pekerjaan konstruksi jalan. Namun tidak semua jenis tanah dapat secara langsung digunakan sebagai material konstruksi, karena secara alamiah tanah memiliki sifat-sifat fisis dan sifat mekanis yang terbatas. Maka perlu dilakukan usaha perbaikan pada tanah lempung.Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan metode eksperimen. Benda uji dibuat sebanyak 24 sampel yaitu 8 benda uji untuk pengujian Swelling, 8 pengujian CBR dan 8 pengujian Konsolidasi. Variasi campuran untuk setiap benda uji yaitu 1% abu sekam padi + 10% pasir, 1,5% abu sekam padi + 15% pasir dan 2% abu sekam padi + 20% pasir. Uji fisis dan mekanis yang dilakukan meliputi: uji Atterberg Limit, Pemadatan, CBR Laboratorium, Swelling dan Konsolidasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai Swelling tanah asli yaitu 1,93%, kemudian  pada tanah dengan campuran 2% abu sekam padi + 20% pasir yaitu 0,67%. Hasil uji CBR tanah asli yaitu 17,82%, nilai CBR maksimal terjadi pada tanah dengan campuran 2% abu sekam padi + 20% pasir yaitu 26,06%. Dari uji Konsolidasi menghasilkan nilai Cc, Cr dan Cv terbesar pada tanah kondisi asli. Sedangkan nilai Cc, Cr dan Cv  terkecil terjadi pada tanah dengan campuran 2% abu sekam padi + 20% pasir. Nilai Cc dari 0,2109 menjadi 0,1028; nilai Cr dari 0,0299 menjadi 0,0121; kemudian untuk nilai Cv dari 10,1993 cm2/menit menjadi 1,8032 cm2/menit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, abu sekam padi dan pasir sebagai bahan campuran tanah lempung dapat  meningkatkan daya dukung tanah, memperkecil penurunan lapisan tanah dan potensi pengembangan tanah.Kata Kunci: CBR, Konsolidasi, Limbah abu sekam padi dan pasir, Swelling.
PEMANFAATAN ABU SABUT KELAPA SAWIT DAN PENGARUHNYA TERHADAP KARAKTERISTIK BATAKO Nur Aisyah Jalali
Inersia : Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur Vol 13, No 1 (2017): Mei
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.214 KB) | DOI: 10.21831/inersia.v13i1.14593

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the physical properties and quality of the concrete block that contain palm ash as a partial replacement of cement.The sample of concrete blocks measuring 40x20x10 cm with compositions 1 cement and 4 sand (volume ratio).Variations of the test specimen without palm ash and containing palm ash content with 5%, 10%, 15%, and 20% of the cement used.The test includes examining the size, the compressive strength testing, and water absorption.The test results showed that the length and width of the concrete blocks are still in the allowable limits, but the thickness does not meet standards. The results of compressive strength testing of concrete blocks with ash content 5%, 10%, and 15% are considered quality II, concrete blocks without ash and with ash content of 20% included in the quality III. The test results of water absorption for all variations of the mixture into the quality I and II Keywords: concrete block, palm fiber, measure, strength, water absorption  ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat-sifat fisis dan mutu batako akibat adanya abu sabut kelapa sawit (SKS) sebagai bahan pengganti sebagian semen. Benda uji berupa batako berukuran 40x20x10 cm dengan komposisi 1 semen dan 4 pasir (perbandingan volume). Variasi benda uji yakni batako tanpa abu SKS, dan batako dengan abu SKS sebesar 5%, 10%,15%, serta 20% dari kebutuhan semen. Pengujian meliputi pemeriksaan ukuran, pengujian kuat tekan, dan penyerapan air. Hasil pemeriksaan ukuran menunjukkan bahwa panjang dan lebar batako masih berada dalam batas yang diperkenankan, tetapi tidak demikian dengan tebal batako. Hasil pengujian kuat tekan batako dengan kadar abu 5%, 10%, dan 15% masuk dalam mutu II, sedangkan batako tanpa kadar abu dan batako dengan kadar abu 20% masuk dalam mutu III (Balitbang Kimpraswil, 2003b). Hasil pengujian penyerapan air untuk semua variasi campuran masuk dalam mutu I dan II (Balitbang Kimpraswil, 2003b). Kata kunci: batako, sabut kelapa sawit, ukuran, kuat tekan, penyerapan air.
PENGARUH MASA PERAM TERHADAP KARAKTERISTIK TANAH GAMBUT KERING YANG DICAMPUR KAPUR DAN FLY ASH Muhammad Afief Ma'ruf; Rezky Permana L
Inersia : Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur Vol 13, No 1 (2017): Mei
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1097.63 KB) | DOI: 10.21831/inersia.v13i1.14604

Abstract

ABSTRACT Some part of the peatlands nowadays have been excessively drained. This makes peatland drought and damaged. One method of improvement for this case is stabilization. For dry peat soils, previous research has obtained an optimum percentage of 5% lime and fly ash for stabilization materials with 10 days curing periods. But there is still unknown result if the periods is different. The present research studied the characteristics of dry, stabilized peat soils with 5% stabilization materials with varying periods of 10 days, 20 days and 30 days. The study conducted on a laboratory scale to determine it's characteristics. From the results of test of physical properties of soil, the moisture content decreased by 28.42%; volume weight increased by 18.64%; And a decrease in pore by 34.89%. From the result of testing the mechanical properties of soil on shear strength decreased by 4.6%, while consolidation compression optimized to 56.29%. Keywords: curing periods, dry peat, stabilization, lime, fly ash ABSTRAK Sebagian lahan gambut selama ini telah mengalami drainase yang berlebihan dan kekeringan. Hal ini membuat gambut mengalami kekeringan dan rusak karakteristiknya. Salah satu metode perbaikan untuk kasus ini adalah stabilisasi. Untuk tanah gambut kering sendiri penelitian terdahulu telah memperoleh prosentase optimum 5% bahan stabilisasi kapur dan fly ash dengan masa peram 10 hari. Namun dalam penelitian tersebut belum diketahui perubahan yang terjadi jika masa peramnya berbeda. Penelitian kali ini melihat perubahan karakteristik tanah gambut kering yang distabilisasi dengan 5% bahan stabilisasi dengan masa peram bervariasi yaitu 10 hari, 20 hari, dan 30 hari. Penelitian dilakukan dalam skala laboratorium untuk mengetahui karakteristik fisik dan teknisnya. Dari hasil pengujian sifat fisik tanah pada kadar air terjadi penurunan sebesar 28,42%; peningkatan berat volume sebesar 18,64%; dan penurunan angka pori sebesar 34,89%. Dari hasil pengujian sifat teknis tanah pada kuat geser terjadi penurunan sebesar 4,6%, sedangkan pemampatan konsolidasi berkurang hingga 56,29%. Kata kunci: masa peram, gambut kering, stabilisasi, kapur, fly ash
STUDI PERBANDINGAN BIAYA PER 1 M2 PEKERJAAN PASANGAN DINDING BATA RINGAN DENGAN PASANGAN BATA MERAH Pusoko Prapto; Bada Haryadi
Inersia : Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur Vol 13, No 1 (2017): Mei
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.883 KB) | DOI: 10.21831/inersia.v13i1.14596

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the comparison of time and installation cost of each m2 wall of MU adhesive brick with red brick mixture of 1 Pc: 5 Ps in Sleman DIY in 2016. This research uses experimental approach. The place of research is carried out in Bengkel Batu Department of Civil Engineering Education and Planning Faculty of Engineering UNY. The sample in this study was taken as much as 3 pieces of work pair with ukurang long pair 2 meters and 1 meter height for each pair of hebel and brick. The data of the research are analyzed descriptively with comparative approach. The result of this study is the comparison in terms of installation time per m2 wall of MU adhesive lightweight brick 1.7 times faster than the red brick pairs with a mixture of 1 PC: 5 PS (1.7: 1), the installation cost per m2 of wall from Lightweight brick with MU adhesive Rp 92.100,00 while brick Rp 60.146,00.Keywords: brick, hebel, wall ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dari segi waktu dan biaya pemasangan tiap m2 dinding dari bata ringan perekat MU dengan bata merah campuran 1 Pc : 5 Ps di  Kabupaten Sleman DIY tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Tempat penelitian dilaksanakan di Bengkel Batu Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik UNY. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 3 buah pekerjaan pasangan dengan ukurang panjang pasangan 2 meter dan tinggi 1 meter untuk tiap pasangan hebel dan batu bata. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan komparatif. Hasil dari penelitian ini adalah  perbandingan dari segi waktu pemasangan tiap m2 dinding dari bata ringan perekat MU 1,7 kali lebih cepat dibandingkan dengan pasangan bata merah dengan campuran 1 PC : 5 PS (1,7 : 1), biaya pemasangan tiap m2 dinding dari bata ringan dengan perekat MU sebesar Rp 92.100,00 sedangkan batu bata Rp 60.146,00. Kata kunci: batu bata, hebel, pasangan dinding
KLASIFIKASI KODE MUTU KAYU PROVINSI SULAWESI SELATAN Khairil Khairil
Inersia : Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur Vol 13, No 1 (2017): Mei
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/inersia.v13i1.14597

Abstract

ABSTRACT Since wood regulations were revised in 2002, the strength classes of wood are no longer known as class I, II, III, IV and V but known as quality code. The highest quality code is E26 and the smallest is E10. With these changes, it is very possible to confuse the community, especially in the province of South Sulawesi in choosing the type of wood that will be used for construction. This study aims to classify the wood quality code in the province of South Sulawesi based on PKKI NI-5 2002.The study begins by choosing the woods in South Sulawesi to be testing the water content and density of that woods. The result of the tested are used to calculate flexural modulus of elasticity as a basis in determining the wood quality code. The result showed that from 18 kinds of wood studied, twelve kinds of wood have a quality code from E9 to E15 and another six do not have quality code. The six types of wood do not have quality code because the flexural modulus of elasticity of that wood less than 9000 MPa where that value is not classified in PKKI NI-5 2002.Keywords: density, quality code of wood, wood in South Sulawesi, water content, ABSTRAK  Sejak peraturan kayu direvisi pada tahun 2002,penggolongan kelas kuat kayu tidak lagi dikenal sebagai kelas kuat I, II, III, IV dan V namun dikenal dengan istilah kode mutu. Kode mutu terbesar adalah E26 dan yang terkecil E10. Dengan perubahan tersebut, makasangat mungkin dapat membingungkan masyarakat khususnya di provinsi sulawesi selatan dalam memilih jenis kayu yang akan digunakan untuk keperluan konstruksi.Penelitian ini bertujuanuntuk mengklasifikasikan kode mutu kayu yang beredar di provinsi Sulawesi Selatan berdasarkan PKKI NI-5 2002. Penelitian diawali dengan memilih jenis kayu yang beredar di provinsi Sulawesi Selatan dan selanjutnya dilakukan pengujian kadar air dan kerapatan kayu  tersebut untuk digunakan dalam menentukan nilai modulus elastisitas lentur. Dengan nilai modulus elastisitas lentur yang tersebut, maka kode mutu kayu dapat ditentukan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dari 18 belas jenis kayu yang diuji,  dua belas jenis kayu memiliki kode mutu yaitu E9sampai E15 dan enam jenis kayu yang lain tidak memiliki kode mutu kayu. Keenam jenis kayu tersebut tidak memiliki kode mutu karena nilai modulus elastisas lenturnya lebih kecil dari 9000 MPa dimana nilai modulus elastisitas lentur tersebut tidak di klasifikasikan dalam PKKI NI-5 2002.Kata kunci: kerapatan, kode mutu kayu, kayu provinsi Sulawesi Selatan, kadar air
IDENTIFIKASI KEGAGALAN PELAKSANAAN CRASH PROGRAM DALAM PROYEK KONTRUKSI Setiono Eko Bawono
Inersia : Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur Vol 13, No 1 (2017): Mei
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/inersia.v13i1.14598

Abstract

ABSTRACTCrash program becomes an alternative solution for the implementation of construction projects that are faced with limit time. In practice, the crash program is not easy to implement considering the two main requirements must be fulfilled: 1) the number of available resources is not an obstacle and 2) if the desired time of completion is completed faster with the same scope, then the resource requirements will increase. This study aims to identify the factors that cause failure of crash program implementation in construction project. Quantitative and qualitative approaches are carried out simultaneously in analyzing secondary data and primary data. Weekly progress achievement as secondary data and primary data such as respondent (owner, head of construction management, project manager, and site manager) interview reports. The result of the analysis shows that the failure of crash program implementation is caused by three main factors: 1) materials unavailability, 2) inadequate human resources and 3) lack of achievement of specification.Keywords: crash program, construction projectABSTRAKCrash program menjadi alternatif solusi bagi pelaksanaan proyek konstruksi yang dihadapkan pada waktu pelaksanaan yang sangat sempit. Dalam pelaksanaannya, crash program  tidak mudah dilaksanakan mengingat dua persyaratan utama harus terpenuhi yaitu:1) jumlah sumber daya yang tersedia tidak merupakan kendala dan 2) bila diinginkan waktu penyelesaian kegiatan lebih cepat dengan lingkup yang sama, maka keperluan sumber daya akan bertambah. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pelaksnaan crash program dalam proyek konstruksi. Pendekatan kuantitatif dan kualitatif dilakukan secara bersamaan dalam menganalisa data sekunder dan data primera. Data sekunder berupa capaian progress mingguan dan data primer berupa interview responden (Owner, pimpinan manajemen konstruksi, project manager, dan site manager). Hasil analisa menunjukkan bahwa kegagalan pelaksanaan crash program  disebabkan oleh tiga faktor utama yaitu: 1) ketidaktersediaan material, 2) SDM yang tidak memadai dan 3) kurangnya pencapaian spesifikasi.Kata kunci: crash program, proyek konstruksi

Page 1 of 1 | Total Record : 6