cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JPTK: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
ISSN : 08544735     EISSN : 24772410     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal of Technical and Vocational Education and Training (TVET) which is a double-blind peer-reviewed journal. The journal invites authors throughout the world to exchange and disseminate theoretical and practice-oriented topics relevant to: (1) teaching and learning in TVET, (2) evaluation, assessment and certification in TVET, (3) human resources management in TVET, (4) vocational education resources in TVET and (5) contemporary issues in TVET
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 1 (2009): (Mei)" : 7 Documents clear
Penerapan Model Tutor Teman Sejawat Berbasis Internet untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Fisika Jaedun, Amat
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18, No 1 (2009): (Mei)
Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.484 KB) | DOI: 10.21831/jptk.v18i1.7678

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran tutor teman sejawat berbasis internet dalam meningkatkan aktivitas belajar pada mata kuliah Fisika; (2) mengidentifikasi kendala-kendala yang terjadi dalam implementasi model pembelajaran tutor teman sejawat berbasis internet. Penelitian ini termasuk eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S-1 peserta mata kuliah Fisika di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan. Sampel penelitian, terdiri dari dua kelas, yaitu kelas A sebagai kelompok eksperimen, terdiri dari 35 mahasiswa, dan kelas B sebagai kelompok kontrol, dengan 34 mahasiswa. Instrumen menggunakan kuesioner dan soal-soal tugas. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, analisis komparasi dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran tutor teman sejawat berbasis internet terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, yang ditunjukkan dengan: motivasi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan belajar dalam kelompok makin meningkat; dan tanggung jawab mahasiswa dalam penyelesaian tugas-tugas kelompok tinggi; (2) Kendala dalam implementasi model pembelajaran tutor teman sejawat berbasis internet tersebut adalah: (a) kelompok yang tidak solid akan menghambat peningkatan aktivitas belajar mahasiswa sehingga dibebaskan memilih sendiri kelompoknya; (b) model pembelajaran tutor teman sejawat berbasis internet menuntut tersedianya jaringan internet dengan kecepatan akses yang memadai.
Upaya Meningkatkan Prestasi melalui Pembelajaran dengan Modul Berbasis Kompetensi Hartoyo Hartoyo
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18, No 1 (2009): (Mei)
Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.502 KB) | DOI: 10.21831/jptk.v18i1.7679

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi mahasiswa pada mata kuliah Teknik Pendingin dan Tata Udara, dengan menggunakan modul pembelajaran berbasis kompetensi. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Teknik Elektro FT UNY. Pendekatan yang digunakan melalui penelitian tindakan kelas. Tahap-tahap penelitian tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa  program Studi D3 Teknik Elektro yang mengambil mata kuliah Teknik Pendingin dan Tata Udara pada semester ganjil tahun 2008/2009 yang berjumlah 13 orang. Pengumpulan data dengan angket, observasi, dan tes atau pemberian tugas untuk mengetahui prestasi mahasiswa pada mata kuliah tersebut. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menggunakan modul Teknik Pendingin dan Tata Udara berbasis kompetensi dapat meningkatkan prestasi mahasiswa. Hal tersebut ditunjukkan oleh perolehan nilai hasil belajar mahasiswa yang telah memenuhi dan melampaui kriteria minimal (nilai C). Hasil nilai selengkapnya adalah sebagai berikut: pada siklus I, yang mendapatkan nilai A- sebanyak 4 orang, nilai B sebanyak 3 orang, nilai C+ sebanyak 3 orang, dan nilai C sebanyak  3 orang, sedang siklus II, nilai A- sebanyak 6 orang, B+ sebanyak 2 orang,  B sebanyak 4 orang, dan B- sebanyak 1 orang.
Peningkatan Pencapaian Kompetensi Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study Sukir Sukir; Soeharto Soeharto; Nurhening Yuniarti
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18, No 1 (2009): (Mei)
Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.961 KB) | DOI: 10.21831/jptk.v18i1.7682

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendapatkan pola  penerapan pembelajaran berbasis lesson study untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan (2) mengetahui kompetensi yang dicapai mahasiswa melalui pembelajaran berbasis lesson study pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik. Penelitian ini  dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2008/2009 di Program Studi Teknik Elektro D3 FT UNY pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik. Sistem pembelajaran yang diterapkan dengan lesson study model Lewis.  Teknik pengambilan data dengan kolaborasi, observasi, kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Instrumen menggunakan lembar observasi, angket, pedoman wawancara dan kamera. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, analisis refleksi kolaboratif  oleh kelompok dan  pakar. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: (1)  Pola  penerapan pembelajaran berbasis lesson study pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik yang dapat meningkatkan pencapaian kompetensi bagi mahasiswa, (2) Kompetensi yang dicapai mahasiswa pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik yang dalam perkuliahannya menerapkan pembelajaran berbasis lesson study ditandai dengan jumlah mahasiswa yang meraih nilai di atas atau sama dengan 70 sebanyak 20 orang atau 66,66 %.
Aplikasi Robot Penentu Koordinat pada Perubahan Permukaan Dasar Sungai sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Hidrolika Suyitno Hadi Putro; Suprapto Suprapto
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18, No 1 (2009): (Mei)
Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.298 KB) | DOI: 10.21831/jptk.v18i1.7676

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat robot untuk mengetahui koordinat pada perubahan permukaan dasar sungai. Penelitian ini menggabungkan berbagai disiplin ilmu seperti mekanik, elektronik, informatika dan disiplin ilmu lainnya. Salah satu aplikasi robot pada bidang teknologi adalah sebagai penentu koordinat pada perubahan permukaan dasar sungai sebagai media pembelajaran mata kuliah hidrolika. Dengan mengetahui perubahan dasar sungai setiap saat, maka dapat digunakan untuk memprediksi berbagai macam perubahan pada sungai tersebut seperti terjadinya erosi, pendangkalan, perubahan aliran dan lain sebagainya. Penelitian yang disampaikan adalah eksperimen yang dimulai dengan merancang sebuah aplikasi robot penentu koordinat pada perubahan permukaan dasar sungai yang selanjutnya hasil rancangan tersebut digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah hidrolika.Hasil penelitian yang dilakukan adalah bahwa model media yang dirancang dapat bekerja dengan baik dan dapat menentukan koordinat X,Y dan Z yang diatur melalui keypad dan komputer PC yang dikomunikasikan melalui Bluetooth. Waktu yang digunakan untuk mengukur satu kali lebar permukaan sungai 78 cm adalah  85,25 detik dengan prosedur operasi yang sangat mudah.
Pengaruh Strategi Pengulangan Terhadap Kemampuan Retensi Belajar Pneumatik Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNY Ngadiyono, Yatin
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18, No 1 (2009): (Mei)
Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.493 KB) | DOI: 10.21831/jptk.v18i1.7684

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan merangkai sistem pneumatik pada mahasiswa yang diajar dengan strategi pengulangan dan demonstrasi di Jurusan Diknik Mesin FT UNY. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan variabel terikat keterampilan merangkai diagram pneumatik, variabel bebasnya adalah perlakuan strategi pembelajaran. Eksperimen menggunakan model classical experimental design. Sebagai populasi adalah 157 dengan sampel mahasiswa yang menjadi sumber data adalah 61 mahasiswa, dimana 31 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 mahasiswa menjadi kelompok kontrol. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan t-test. Hasil dari penelitian menunjukkan sebagian besar respon mahasiswa adalah positip, atau dengan kata lain mahasiswa merasa senang dengan pendekatan pengulangan. Tingkat  keterampilan kooperatif mahasiswa dapat dikatakan baik, karena sebagian besar mahasiswa memiliki inisiatif berbagi dan berdiskusi dalam penyelesaian tugas. Keterampilan pneumatik mahasiswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran pengulangan lebih tinggi dari sisi retensi maupun prestasi belajar dibandingkan mahasiswa yang tidak mendapat strategi pembelajaran pengulangan.
Analisis Sifat Mekanik Tulangan Beton Pasca Bakar (Sebagai Bahan Pengayaan Mata Kuliah Bahan Bangunan dan Struktur Beton) Agus Santoso
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18, No 1 (2009): (Mei)
Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.936 KB) | DOI: 10.21831/jptk.v18i1.7677

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis besarnya tegangan leleh tulangan beton bertulang  yang dibakar pada suhu 6000 Celcius dan 9000 Celcius  dengan tebal lindungan beton  2 cm dan 4 cm. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pengayaan pada mata kuliah  Bahan Bangunan dan Struktur Beton. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan pelaksanaannya dilakukan di Laboratorium Bahan Bangunan Fakultas Teknik UNY, Laboratorium Struktur dan Laboratorium Teknik Mesin Universitas Gajah Mada. Jumlah sampel  sebanyak 15 buah. Bentuk konstruksi beton berupa balok, dengan ukuran 15 x 20 cm dengan  panjang 45 cm. Tulangan yang digunakan adalah tulangan baja polos berdiameter 10 mm dan begel diameter 6 mm sebagai bahan untuk merangkai tulangan. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan mencari harga reratanya. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain besarnya tegangan leleh tulangan sebelum dilakukan pembakaran= 385,12 MPa, setelah dibakar pada suhu 6000 Celcius dengan tebal lindungan beton 2 cm  sebesar 385,25 MPa, sedangkan untuk tebal lindungan beton 4 cm sebesar 382,50 MPa. Besarnya tegangan leleh tulangan  beton setelah dilakukan pembakaran pada suhu 9000 Celcius dengan tebal lindungan beton 2 cm sebesar 374,97 MPa, sedangkan untuk tebal lindungan beton 4 cm sebesar  377,48 MPa.  Secara umum beton yang dibakar sampai dengan suhu sampai 9000 Celcius, tegangan lelehnya  masih memenuhi persyaratan, yaitu masih dalam satu kelas (SII 0136-80)dan penurunan tegangan  lelehnya sebesar 2,63%.
Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Lanjut Melalui Pembelajaran Menggunakan Modul dan Lembar Kerja dengan Soal Latihan Berjenjang Martubi Martubi
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18, No 1 (2009): (Mei)
Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.308 KB) | DOI: 10.21831/jptk.v18i1.7680

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Lanjut. Penelitian ini juga akan mencoba menemukan salah satu model pembelajaran yang tepat dan diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar mata kuliah Matematika Lanjut mahasiswa program non-reguler. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan subyek penelitian seluruh mahasiswa Program Studi Teknik Otomotif Jenjang Diploma Tiga (D3) Program Non-Reguler yang menempuh mata kuliah Matematika Lanjut pada semester genap tahun akademik 2007/2008 berjumlah 72 orang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas E sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan modul dan lembar kerja dengan soal latihan berjenjang dan kelas D sebagai kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data-data prestasi hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif menggunakan uji – t (t–test) satu arah.Hasil penelitian ini adalah: (1) prestasi belajar matematika lanjut dengan pembelajaran menggunakan modul dan lembar kerja dengan soal latihan berjenjang lebih baik dibanding yang tanpa lembar kerja dengan soal latihan berjenjang, (2) pembelajaran menggunakan modul  dan lembar kerja dengan soal latihan berjenjang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika lanjut mahasiswa, sehingga model pembelajaran ini diharapkan dapat dijadikan alternatif  untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah lain yang sejenis.

Page 1 of 1 | Total Record : 7