cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 19784538     EISSN : 2527421X     DOI : 10.21831
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2: Desember 2008" : 8 Documents clear
Pemodelan Persamaan Struktural dengan Analisis Linear Structure Relationship (Lisrel) Ida Mariati Hutabarat
Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: Desember 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.274 KB) | DOI: 10.21831/pg.v4i2.561

Abstract

The structural equation modeling is a part of statistics which can be used to analyze relation which is developed through one or more dependent variable which is explained by one or more independent variable, and at the same time one or more independent variable acts as an independent variable for the other dependent variable. In the covariance structure based structural equation modeling the analysis which is frequently used is the Linear Structure Relationship (LISREL) analysis. The aim of this study is to learn the accuracy and consistence of the estimated values of parameters of structural equation model using LISREL analysis. The difference between one path coefficient and another shows the difference of closeness level of the relationship between the independent variables and the latent variables in an expected block.
Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar Joko Sulianto
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: Desember 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.958 KB) | DOI: 10.21831/pg.v4i2.555

Abstract

Sudah menjadi tugas guru sebagai pengelola pembelajaran adalah menciptakan situasi dan kondisi yang memungkinkan siswa belajar secara berdaya guna dan berhasil guna. Suatu upaya agar tercipta kondisi yang kondusif sehingga siswa dapat belajar secara optimal, yaitu dengan melaksanakan pembelajaran yang menggunakan pendekatan yang dapat membuat siswa belajar secara mudah dan dengan perasaan senang. Salah satu prinsip yang dikembangkan dalam KTSP adalah berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya. Apa artinya? Artinya KTSP dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya. Peserta didik memiliki posisi sentral mempunyai makna bahwa kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Pendekatan pembelajaran matematika di sekolah yang diduga akan sejalan dengan harapan dari kurikulum dan dapat meningkatkan berpikir kritis siswa adalah pendekatan kontekstual. Dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan kontekstual materi disajikan melalui konteks yang bervariasi dan berhubungan dengan kehidupan siswa baik di rumah, di sekolah maupun di masyarakat secara luas, dan pengetahuan didapat oleh siswa secara konstruktivis.
Peningkatan Pembelajaran Geometri dengan Soal Open Ended Menantang Siswa Berpikir Tingkat Tinggi Endah Ekowati; Kukuh Guntoro
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: Desember 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.341 KB) | DOI: 10.21831/pg.v4i2.51

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui minat atau motivasi belajar siswa kelas 6 SD Buin Batu dalam  pembelajaran Geometri dengan soal Open Ended menantang siswa berpikir tingkat tinggi  (2)  untuk mengetahui bagaimana tingkat prestasi belajar matematika siswa kelas 6 SD Buin Batu dalam  pembelajaran Geometri dengan soal  Open Ended menantang siswa berpikir tingkat tinggi. Adapun tempat penelitian di dalam kelas 6 SD Buin Batu untuk penelitian peningkatan prestasi belajar. Metode penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Tanggart dengan tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan serta refleksi untuk setiap siklus dan  penelitian ini bersifat kolaboratif dengan  Kepala sekolah sebagai observer di kelas 6 SD – 3 SMP Buin Batu Sumbawa Barat. Hasil pengolahan data untuk tiap siklus diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (a) untuk siklus pertama, dari 20 orang siswa kelas 6 SD Buin Batu, terdapat 7 orang yang telah tuntas belajarnya secara individual dan 13 orang siswa yang tidak tuntas, sehingga secara klasikal terdapat 35 % dari seluruh siswa yang tuntas. Jadi penelitian ini perlu dilanjutkan dengan siklus selanjutnya, (b) dari 20 orang siswa kelas 6 SD Buin Batu, terdapat 10 orang yang telah tuntas belajarnya secara individual dan 10 orang siswa yang tidak tuntas, sehingga secara klasikal terdapat 50 % dari seluruh siswa yang tuntas sehingga terdapat peningkatan sebesar 15 %. Jadi penelitian ini perlu dilanjutkan dengan siklus selanjutnya, (c) pada siklus ketiga (terakhir) dari 20 orang siswa kelas 6 SD Buin Batu yang telah tuntas belajarnya 17 orang dan yang tidak tuntas 3 orang, sehingga pada siklus ini dihentikan penelitiannya karena terdapat 85 % secara klasikal telah tuntas belajarnya.
The Implementation of Microworld Logo in Classrooms Wahyu Setyaningrum
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: Desember 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (54.487 KB) | DOI: 10.21831/pg.v4i2.562

Abstract

The idea of Microworld Logo brought new perspectives in education. It gives inspiration to develop and look deeply into the powerful ways in which computers and educational software might improve teaching-learning processes. However, the implementation of this Logo seems to be unsuccessful. This paper discusses and evaluates the implementation of Logo in classrooms’ context and discusses some obstacles in its implementation in classrooms so that teachers could get lesson from that. It considers the notion of Logo’s history and its preceding implementation to identify the problems on Logo’s implementation. This study shows that the failure of Logo implementation might be comes from the limitations of Logo itself, human and technical resources, and learning environments that are related with curriculum and schools policies.
Mengembangkan Strategi dan Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematik E Elvis Napitupulu
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: Desember 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.765 KB) | DOI: 10.21831/pg.v4i2.557

Abstract

Pemecahan masalah menempati posisi sentral dan merupakan satu bentuk belajar terpenting dalam matematika. Untuk memecahkan masalah, dituntut kemampuan anak memilih dan menerapkan strategi yang sesuai, menggunakan pengetahuan siapnya, di samping memanfaatkan pengalaman memecahkan masalah sebelumnya. Namun fakta di lapangan menunjukkan kemampuan pemecahan masalah di seluruh jenjang sekolah di Indonesia masih rendah. Guru sebagai pengajar dan instruktur di kelas punya kesempatan untuk dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak. Kemampuan itu dapat berkembang bila anak melihat bagaimana berbagai masalah dipecahkan dengan beragam strategi dan dan diberi pula kesempatan memecahkan bermacam masalah sambil membangun pengetahuan baru baginya.
Mengembangkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Matematika di SMP Bilingual Endang Listyani; Marsigit Marsigit; Kana Hidayati
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: Desember 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.436 KB) | DOI: 10.21831/pg.v4i2.563

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Matematika di SMP bilingual yang mengembangkan kreativitas siswa. Pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran yang mengembangkan metode yang mendorong siswa meningkat keaktifannya, memenuhi berbagai macam kebutuhan akademik siswa, mendorong siswa meningkat kemampuan penalaran Matematika dan strategi belajarnya, serta mengembangkan penggunaan alat peraga dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dalam bentuk studi lanjutan (follow up study). Penelitian dilaksanakan dengan diawali memilih 3 SMP Bilingual yang masing-masing mewakili 3 kabupaten atau kotamadya yang berbeda yaitu Bantul (SMP N I Bantul), Yogyakarta (SMP N 5 Yogyakarta), dan Kulonprogo (SMP N I Galur), kemudian tim peneliti dibantu 3 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika merencanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada tiap sekolah yang telah ditentukan dan dilaksanakan pada tahun 2008. Data pada masing-masing PTK dikumpulkan melalui instrumen yang disusun berdasarkan kajian teori tentang kreativitas siswa dalam belajar Matematika dari Shigeo Katagiri (2004) yang dituangkan dalam bentuk lembar observasi, angket, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan model pembelajaran tipe think pair share dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas VIII Bilingual SMP Negeri 1 Bantul, dengan model cooperative learning tipe STAD dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam hal peningkatan pemenuhan kebutuhan akademik siswa dalam belajar matematika di kelas VIII Bilingual SMP Negeri 5 Yogyakarta, sedangkan penggunaan alat peraga menjadi salah satu metode yang dapat digunakan dalam rangka mengembangkan krativitas siswa khususnya dalam aspek penalaran Matematika dan strategi belajar Matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 1.
Seleksi Model Neural Network Menggunakan Inferensi Statistik dari R^2 Increment dan Uji Wald untuk Peramalan Time Series Multivariat Dhoriva Urwatul Wustqa
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: Desember 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.448 KB) | DOI: 10.21831/pg.v4i2.564

Abstract

Dalam makalah ini akan dibahas tentang seleksi model neural network untuk peramalan time series multivariat melalui pendekatan statistika inferensial. Pembahasan mencakup dua kajian, yaitu kajian teoritis tentang sifat asimtotis dari penduga parameter model NN dan distribusi dari statistik uji yang digunakan, dan kajian empiris berupa penerapan teori untuk membentuk prosedur pemilihan model NN untuk peramalan time series multivariat. Prosedur yang diusulkan merupakan kombinasi dari metode forward berdasarkan pada inferensia statistik kontribusi penambahan R2 increment dan metode backward dengan uji Wald. Untuk melihat efektivitas dari prosedur digunakan data simulasi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa prosedur seleksi model dapat secara efektif diterapkan untuk pemodelan multivariat time series.
Tinjauan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika Ali Mahmudi
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 2: Desember 2008
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/pg.v4i2.559

Abstract

Di dunia yang begitu cepat berubah, kreativitas menjadi penentu keunggulan. Daya kompetitif suatu bangsa sangat ditentukan pula oleh kreativitas sumber daya manusianya. Tidak sebagaimana pandangan klasik yang menganggap kreativitas sebagai kemampuan yang hanya dimiliki oleh individu luar biasa, pandangan terkini mengenai kreativitas menempatkannya sebagai kemampuan yang dapat dibentuk atau dikembangkan melalui berbagai usaha, termasuk melalui kegiatan pembelajaran yang terencana dengan baik. Dalam artikel ini akan dikemukakan mengenai tinjauan umum kreativitas dalam pembelajaran matematika dan pengembangannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 8