Jurnal Akuntansi Muhammadiyah
JAM: JURNAL AKUNTANSI Muhammadiyah diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) secara berkala dua Edisi dalam setahun yaitu Edisi Januari-Juni dan Edisi Juli-Desember. JURNAL AKUNTANSI MUHAMMADIYAH adalah untuk menyebar luaskan informasi hasil karya tulis ilmiah kepada akademisi dan praktisi yang menaruh minat pada bidang akuntansi dan bisnis. JURNAL AKUNTANSI MUHAMMADIYAH menerima kiriman artikel yang ditulis dalam bahsa Indonesia atau bahasa Inggris. Penentuan artikel yang dimuat dilakukan melalui proses blind review oleh tim editor dengan mempertimbangkan aspek-aspek antara lain: terpenuhinya persyararatan baku untuk publikasi jurnal ilmiah dan kontribusi artikel terhadap perkembangan profesi, pendidikan akuntansi dan bisnis.
Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 1 (2012)"
:
12 Documents
clear
TINJAUAN YURIDIS DAN BISNIS TERHADAP DOKUMEN PERUSAHAAN
Muhammad Isa Ansari
Jurnal Akuntansi Muhammadiyah (JAM) Vol 3, No 1 (2012)
Publisher : University Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jam.v3i1.279
Dokumen perusahaan, baik dokumen keuangan maupun dokumen lainnya mempunyai kedudukan yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Dokumen perusahaan dapat dijadikan referensi bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan bisnis, disamping itu secara yuridis dokumen perusahaan merupakan alat bukti tertulis sebagaimana diatur dalam Pasal 1866 Kitab Undang-undang Hukum Perdata.  Berdasarkan telaahan terhadap Undang-undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan menujukkan bahwa dokumen perusahaan mempunyai arti penting baik secara yuridis maupun bisnis. Dari sisi yuridis bahwa dokumen perusahaan merupakan salah satu alat bukti tertulis (disamping saksi, persangkaan, pengakuan dan sumpah) dimana perlu dikelola dengan baik bahkan diperkenankan untuk dialihkan dari medium kertas ke dalam media microfilm, Compact Disk-Read Only Memory (CD-ROM), dan Write Once Read Many (WORM). Sementara itu dari sisi bisnis bahwa dokumen perusahaan merupakan sarana yang dipergunakan pelaku usaha untuk mengambil keputusan-keputusan bisnis. Secara bisnis pengololaan dokumen perusahaan dalam ketentuan UUDP terlihat lebih hemat dan efisien dan dapat mengurangi biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan. Keywords:    Yuridis, Bisnis,  Dokumen Perusahaan.Â
PENGARUH EARNING PER SHARE TERHADAP DIVIDEN TUNAI PADA PERUSAHAAN INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2010
Eva Susanti
Jurnal Akuntansi Muhammadiyah (JAM) Vol 3, No 1 (2012)
Publisher : University Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jam.v3i1.275
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh earning per share terhadap dividen tunai pada perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 3 periode (2008-2010). Penelitian ini menggunakan metode sensus. Setelah diseleksi populasi sasaran berjumlah 36 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa earning per share  berpengaruh terhadap dividen tunai pada perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Key Words : Earning Per Share, Dividen Tunai
ANALISIS MANANEJEMEN KREDIT PADA PT BPRS BAITURRAHMAN DI ACEH BESAR
Syamsidar -
Jurnal Akuntansi Muhammadiyah (JAM) Vol 3, No 1 (2012)
Publisher : University Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jam.v3i1.276
Bank merupakan sebagai perantara antara masyarakat kelebihan dana dengan masyarakat kekurangan dana, maka usaha pokok yang dilaksanakan bank adalah kegiatan-kegiatan pada sektor pengkreditan, atau penyaluran dana. Namun dalam usaha penyaluran dana tidak terlepas dengan resiko kegagalan atau kemacetan dalam pelunasannya, yang mana nasabah tidak mampu lagi untuk melunasi kreditnya.Begitu pula pada PT. BPRS Baiturrahman tidak terlepas dengan kredit macet, untuk menghindari hal tersebut maka diperlukan manajemen kredit yang efektif sehingga bank mampu untuk menurunkan kredit macet tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kredit yang diterapkan pada PT. BPRS Baiturrahman di Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpukan merupakan data primer dan data sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi.           Dari hasil analisis ini diperoleh bahwa manajemen kredit yang diterapkan PT. BPRS Baiturrahman sudah mampu dan efektif untuk mengolah kredit dengan menggunakan anaisis 5C, dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Untuk mengurangi agar tidak terjadinya kredit macet maka pihak PT. BPRS Baiturrahman melakukan pengawasan secara aktif dan fasif. Jika dilihat dari kolektibilitas tahun 2009-2011 kredit macet pada tahun 2009 sebesar 8% dan mengalami penurunan pada tahun 2010 sebesar 7% ketika tahun 2011 meningkat menjadi 8,5%. Keyword: Analisis Manajemen Kredit, BPRS Baiturrahman
SISTEM PENJUALAN TIKET PADA KAPAL CEPAT EXPRES BAHARI DI PELABUHAN ULEE LHEUE BANDA ACEH
Seri Murni
Jurnal Akuntansi Muhammadiyah (JAM) Vol 3, No 1 (2012)
Publisher : University Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jam.v3i1.277
Kapal Cepat Expres Bahari adalah perusahaan kapal penyebrangan laut milik swasta yang kegiatannya antara lain mengangkut penumpang dari dan ke Banda Aceh maupun kedaerah lainnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem Penjualan Tiket Kapal Cepat Expres Bahari di pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh. Data diperoleh dengan melakukan peninjauan langsung ke PT. Pelayaran Sakti Inti Makmur, mengadakan wawancara dengan pimpinan, kepala bagian, maupun para karyawan. Kemudian data tersebut diolah secara deskriptif yaitu dengan terlebih dahulu mengumpulkan data, menganalisis dan menafsirkan data sehingga memberikan gambaran mengenai permasalahan yang sedang diteliti dan secara kualitatif dengan membandingkan teori dengan praktik yang terjadi pada objek penelitian, sehingga akan dapat diketahui kesesuaian serta penyimpangan yang terjadi kemudian dibuat suatu kesimpulan yang dapat digunakan untuk penyelesaian masalah, serta melakukan perbaikan-perbaikan.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sistem dan prosedur yang sedang berjalan masih dilakukan secara manual sehingga untuk memproses suatu transaksi dan juga menyediakan informasi yang bergina dalam mengambil keputusan rentan terjadi kesalahan.Semua ini disebabkan oleh belum optimalnya penggunaan sistem dan prosedur yang ada dalam mendukung sistem penjualan tiket. Keywords: Sistem Penjualan Tiket, Kapal Cepat Expres Bahari dan Pelabuhan Ulee   Lheue Banda Aceh.
PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH (SAKD) TERHADAP TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN
Robinson -
Jurnal Akuntansi Muhammadiyah (JAM) Vol 3, No 1 (2012)
Publisher : University Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jam.v3i1.273
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan SAKD terhadap  transparansi  laporan  keuangan        dan  selain  itu  juga  bertujuan  untuk melihat pengaruh penerapan SAKD terhadap akuntabilitas laporan keuangan. Hasil  pengujian  pada  hipotesis  pertama  dapat  menunjukkan bahwa variabel independen mempengaruhi secara signifikan terhadap variabel dependen dengan  nilai  signifikansi    5%  (0,05),  sehingga  hipotesis  pertama  yang menyatakan  bahwa  penerapan  Sistem           Akuntansi  Keuangan  Daerah  (SAKD) berpengaruh terhadap transparansi laporan keuangan diterimaHasil  pengujian hipotesis  yang  kedua        menunjukkan  bahwa  variabel independen  mempengaruhi secara signifikan terhadap variabel dependen dengan nilai signifikansi 5% (0,05), sehingga hipotesis kedua yang menyatakan penerapan Sistem  Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD) berpengaruh  terhadap akuntabilitas laporan keuangan diterima.           Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu telah menerapkan SAKD sehingga dapat berpengaruh terhadap transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan. Keywords : Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Transparansi dan                  Akuntabilitas Laporan Keuangan.
PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARI’AH (LKS) KOPERASI SYARI’AH BAITUL QIRADH BADAN ZAKAT NASIONAL MADANI KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR
Surna Lastri
Jurnal Akuntansi Muhammadiyah (JAM) Vol 3, No 1 (2012)
Publisher : University Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jam.v3i1.278
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan efesiensi dalam penggunaan sistem informasi akuntansi sistem pembiayaan mudharabah pada Kopsyah BQ AL-fatah Madani sehingga dapat memberikan pelayanan yang tepat waktu mengurangi terjadinya kecurangan dan kesalahan.           Metode pengumpulan data dalam penulisan ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengolah data yang terkumpul dan selanjutnya ditetapkan berdasarkan landasan teori yang dibandingkan dengan kenyataan yang ada pada instansi tersebut. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan cara mempelajari teori dari berbagai literature sebagai alat dasar teoritis, sedangkan penelitian lapangan dilakukan secara observasi, wawancara langsung dengan karyawan/i yang telibat langsung dengan masalah penerapan sistem informasi akuntansi serta dokumentasi.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Kopsyah BQ Al-fatah Baznas Madani merupakan bentuk lembaga keuangan non bank atau lembaga keuangan Islam yang berfungsi sebagai sarana untuk memudahkan dan memperlancar aktivitas kehidupan perekonomian dengan mengumpulkan dana masyarakat yang tidak produktif dan menyalurkannya kedalam kegiatan yang produktif dimana sistem operasinya dilaksanakan menurut syariat Islam. Prosedur pembiayaan di LKS Kopsyah BQ tidak jauh bebeda dengan prosedur pemberian pinjaman pada bank konvensional, yaitu menerapkan prinsip-prinsip pembiayaan atau pinjaman yang kuat serta cermat dengan mempertimbangkan berbagai aspek namun tetap disesuaikan dengan prinsip syari’ah.  Keywords : Sistem Informasi akuntasi, Mudharabah dan Koperasi Syari`ah
AKUNTANSI PEMERINTAHAN SYARI’AH DAN KEMUNGKINAN PENERAPANNYA DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM
Aliamin -
Jurnal Akuntansi Muhammadiyah (JAM) Vol 3, No 1 (2012)
Publisher : University Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jam.v3i1.274
Ada dualisme pemberlakuan akuntansi keuangan pemerintahan daerah di Provinsi NAD yang tidak dialami oleh provinsi dan kabupaten/kota lain di Indonesia. Dualisme ini menyangkut dengan pengelolaan dalam APBA dan APBK, mulai dari perencanaan (proses penganggaran), pelaksanaan (pelaksanaan dan penatausahaan APBA/K) dan pengendalian (evaluasi dan Pemeriksaan). Berdasarkan UU No. 33 tahun 2004 pemerintah pusat memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah untuk mengatur daerahnya sendiri, termasuk pembagian keuangan (financial sharing) antara pemerintah pusat dan daerah.Pemerintah pusat mengeluarkan UU Pemerintahan Aceh (UUPA) No.11/2006, Provinsi NAD diberikan kewenangan lebih rinci tentang tugas-tugas yang diatur dalam mengelola otonomi daerah. Provinsi NAD mempunyai wewenang dalam bidang keuangan daerah, pemerintahan, dan hukum. Dimasukkannya zakat sebagai bagian dari PAD mengakibatkan penyelenggaraan keuangan daerah mengacu pada dua hukum, yakni konvensioan akuntansi keuangan daerah negara Republik Indonesia dan Shari’ah. Kedua sistem ini tentu saja tidak mungkin disatukan mengingat perbedaan substansi yang melandasinya. Tulisan ini mencoba mengulas dan menelaah tentang kemungkinan penerapan akuntansi syari`ah di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.Â
ANALISIS MANANEJEMEN KREDIT PADA PT BPRS BAITURRAHMAN DI ACEH BESAR
Syamsidar -
Jurnal Akuntansi Muhammadiyah (JAM) Vol 3, No 1 (2012)
Publisher : University Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jam.v3i1.276
Bank merupakan sebagai perantara antara masyarakat kelebihan dana dengan masyarakat kekurangan dana, maka usaha pokok yang dilaksanakan bank adalah kegiatan-kegiatan pada sektor pengkreditan, atau penyaluran dana. Namun dalam usaha penyaluran dana tidak terlepas dengan resiko kegagalan atau kemacetan dalam pelunasannya, yang mana nasabah tidak mampu lagi untuk melunasi kreditnya.Begitu pula pada PT. BPRS Baiturrahman tidak terlepas dengan kredit macet, untuk menghindari hal tersebut maka diperlukan manajemen kredit yang efektif sehingga bank mampu untuk menurunkan kredit macet tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kredit yang diterapkan pada PT. BPRS Baiturrahman di Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpukan merupakan data primer dan data sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis ini diperoleh bahwa manajemen kredit yang diterapkan PT. BPRS Baiturrahman sudah mampu dan efektif untuk mengolah kredit dengan menggunakan anaisis 5C, dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Untuk mengurangi agar tidak terjadinya kredit macet maka pihak PT. BPRS Baiturrahman melakukan pengawasan secara aktif dan fasif. Jika dilihat dari kolektibilitas tahun 2009-2011 kredit macet pada tahun 2009 sebesar 8% dan mengalami penurunan pada tahun 2010 sebesar 7% ketika tahun 2011 meningkat menjadi 8,5%. Keyword: Analisis Manajemen Kredit, BPRS Baiturrahman
SISTEM PENJUALAN TIKET PADA KAPAL CEPAT EXPRES BAHARI DI PELABUHAN ULEE LHEUE BANDA ACEH
Seri Murni
Jurnal Akuntansi Muhammadiyah (JAM) Vol 3, No 1 (2012)
Publisher : University Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jam.v3i1.277
Kapal Cepat Expres Bahari adalah perusahaan kapal penyebrangan laut milik swasta yang kegiatannya antara lain mengangkut penumpang dari dan ke Banda Aceh maupun kedaerah lainnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem Penjualan Tiket Kapal Cepat Expres Bahari di pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh. Data diperoleh dengan melakukan peninjauan langsung ke PT. Pelayaran Sakti Inti Makmur, mengadakan wawancara dengan pimpinan, kepala bagian, maupun para karyawan. Kemudian data tersebut diolah secara deskriptif yaitu dengan terlebih dahulu mengumpulkan data, menganalisis dan menafsirkan data sehingga memberikan gambaran mengenai permasalahan yang sedang diteliti dan secara kualitatif dengan membandingkan teori dengan praktik yang terjadi pada objek penelitian, sehingga akan dapat diketahui kesesuaian serta penyimpangan yang terjadi kemudian dibuat suatu kesimpulan yang dapat digunakan untuk penyelesaian masalah, serta melakukan perbaikan-perbaikan.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sistem dan prosedur yang sedang berjalan masih dilakukan secara manual sehingga untuk memproses suatu transaksi dan juga menyediakan informasi yang bergina dalam mengambil keputusan rentan terjadi kesalahan.Semua ini disebabkan oleh belum optimalnya penggunaan sistem dan prosedur yang ada dalam mendukung sistem penjualan tiket. Keywords: Sistem Penjualan Tiket, Kapal Cepat Expres Bahari dan Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh.
PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARI’AH (LKS) KOPERASI SYARI’AH BAITUL QIRADH BADAN ZAKAT NASIONAL MADANI KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR
Surna Lastri
Jurnal Akuntansi Muhammadiyah (JAM) Vol 3, No 1 (2012)
Publisher : University Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jam.v3i1.278
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan efesiensi dalam penggunaan sistem informasi akuntansi sistem pembiayaan mudharabah pada Kopsyah BQ AL-fatah Madani sehingga dapat memberikan pelayanan yang tepat waktu mengurangi terjadinya kecurangan dan kesalahan. Metode pengumpulan data dalam penulisan ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengolah data yang terkumpul dan selanjutnya ditetapkan berdasarkan landasan teori yang dibandingkan dengan kenyataan yang ada pada instansi tersebut. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan cara mempelajari teori dari berbagai literature sebagai alat dasar teoritis, sedangkan penelitian lapangan dilakukan secara observasi, wawancara langsung dengan karyawan/i yang telibat langsung dengan masalah penerapan sistem informasi akuntansi serta dokumentasi.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Kopsyah BQ Al-fatah Baznas Madani merupakan bentuk lembaga keuangan non bank atau lembaga keuangan Islam yang berfungsi sebagai sarana untuk memudahkan dan memperlancar aktivitas kehidupan perekonomian dengan mengumpulkan dana masyarakat yang tidak produktif dan menyalurkannya kedalam kegiatan yang produktif dimana sistem operasinya dilaksanakan menurut syariat Islam. Prosedur pembiayaan di LKS Kopsyah BQ tidak jauh bebeda dengan prosedur pemberian pinjaman pada bank konvensional, yaitu menerapkan prinsip-prinsip pembiayaan atau pinjaman yang kuat serta cermat dengan mempertimbangkan berbagai aspek namun tetap disesuaikan dengan prinsip syari’ah. Keywords : Sistem Informasi akuntasi, Mudharabah dan Koperasi Syari`ah